5 Penyebab yang Bikin Karyawan Gak Betah di Tempat Kerja

5 Penyebab yang Bikin Karyawan Gak Betah di Tempat Kerja

Merasa bosan dan gak betah di tempat kerja? Anda perlu mengetahui apa penyebab perasaan gak betah itu muncul pada pekerjaan yang sedang Anda geluti sekarang ini. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap kinerja dan hasil yang akan Anda dapatkan.

Sebagai karyawan, sudah sewajarnya Anda mendapatkan hak-hak dalam bekerja. Namun, pada kenyataannya masih banyak karyawan yang merasa tidak nyaman dengan tempat kerjanya karena hak-hak yang belum terpenuhi semua.

Tidak sedikit karyawan yang bimbang dengan pilihan bertahan atau resign saja. Bukan masalah kuat atau tidaknya seseorang melakukan pekerjaan itu. Akan tetapi, ketika Anda mengerahkan semua tenaga dan pikiran dengan maksimal, seharusnya Anda mendapatkan kenyamanan yang setimpal pula untuk hal tersebut.

Nah, selain alasan tidak terpenuhinya hak-hak dalam bekerja, boleh jadi terdapat alasan lain yang membuat Anda merasa gak betah di tempat kerja. Apa saja penyebab yang membuat karyawan gak betah? Simak pembahasan di bawah ini.

Penyebab Karyawan Gak Betah di Tempat Kerja

Setidaknya ada lima penyebab karyawan gak betah di tempat kerja. Berikut Jojonomic paparkan secara lengkap dan jelas:

1. Sikap Atasan yang ‘Ada-ada Saja’

Berbagai tipe karakter atasan dapat kita jumpai di tempat kerja, mulai dari yang ada-ada saja hingga yang normal apa adanya. Atasan dengan tipe ada-ada saja tentu akan membuat pusing karyawannya.

Seperti senang melimpahkan pekerjaan di luar batas kewajaran bahkan ketika sedang cuti. Ada juga yang gaya bicaranya gak enak didengar dan tajam dalam memberi perintah. Atau, atasan yang otoriter, yang gak mau menerima saran dan masukan dari bawahannya.

Keragaman tipe atasan yang ada-ada saja tersebut tak jarang berdampak pada psikis dan kinerja karyawannya. Para karyawan akan tidak maksimal dalam bekerja atau bisa jadi mereka merasa gak betah dan memutuskan untuk resign.

Perlu diingat, tidak semua atasan memiliki tipe ada-ada saja kok!

2. Rekan Kerja yang Berniat Menjatuhkan

Rekan kerja merupakan unsur penting yang memengaruhi kualitas kerja. Adapun rekan kerja yang produktif akan memberikan dampak positif kepada diri Anda. Namun sebaliknya jika ada kompetisi di dalamnya tentu akan memberikan dampak yang kurang menyenangkan.

Ada tipe rekan kerja yang saling support, bahkan ada pula yang dapat membahayakan posisi Anda. Gak sedikit karyawan yang merasa gak betah di tempat kerja disebabkan rekan kerja yang berniat menjatuhkan secara terang-terangan atau diam-diam dengan bermuka dua.

Siapa sih yang betah kalo kayak gitu?

3. Gaji segitu-gitu aja, workload gak ada habisnya

Penyebab lain yang bikin gak betah di tempat kerja adalah masalah gaji dan beban kerja. Rasanya kurang beruntung banget jika kita bekerja dengan kondisi di luar ekspektasi kita.

gak betah tempat kerja

Ketika sudah 100 persen mengerahkan tenaga dan pikiran, namun hanya mendapatkan sedikit penghargaan. Nah, hal itu pasti berpengaruh pada kenyamanan bekerja.

Pekerjaan yang baik adalah ketika sebuah tanggung jawab yang diberikan dihargai dengan  penghargaan yang sepadan.

4. Penyebab Gak Betah di Tempat Kerja Berikutnya: Tidak Bisa Berkembang

Pekerjaan yang tidak sehat adalah pekerjaan di mana Anda sulit untuk mengembangkan kemampuan atau ide yang Anda miliki. Apalagi jika ada tekanan bertubi-tubi yang kita rasakan dalam bekerja. Pusing sekali, bukan?

Dengan tidak mendukungnya suasana kerja dengan pengembangan diri kita akan membuat tidak nyaman dan merasa gak betah. Jika Anda berada pada kondisi seperti itu, sebaiknya Anda pikirkan dengan bijak solusi apa yang bisa Anda lakukan. Jangan sampai kondisi seperti itu berdampak pada kesehatan atau emosional Anda.

5. Berkurangnya Kualitas Hidup

Beban kerja yang di luar batas bisa membuat kualitas hidup Anda berkurang. Kerja keras boleh, tapi Anda harus tetap meluangkan waktu untuk kepentingan pribadi Anda, agar bisa tetap merasakan hidup yang berkualitas.

Melakukan me time  adalah kebutuhan setiap orang, jangan sampai pekerjaan memaksa Anda untuk melewatkan hal-hal penting dalam hidup.

Tanda Karyawan Gak Betah di Tempat Kerja

Ketika Anda sudah mulai gak betah di tempat kerja, maka akan ada tanda-tanda yang muncul. Berikut tanda-tanda yang dimaksud:

1. Mudah Mengeluh

Kebiasan dalam mengeluh adalah kebiasaan yang kurang baik. Dalam dunia kerja, hal tersebut dapat menandakan bahwa Anda sudah mulai tidak betah dengan pekerjaan atau tempat di mana Anda bekerja.

Selalu mengeluh tentang pekerjaan yang dikerjakan merupakan tanda bahwa Anda sudah tidak berada pada pekerjaan tersebut. Anda akan selalu merasa memiliki beban yang berat dan tidak pernah merasa puas dengan pencapaian kerja yang Anda lakukan.

Agar tetap terjaga kualitas kerja dan tetap nyaman di tempat Anda bekerja, cobalah untuk selalu berpikir positif saat berada di tempat kerja Anda.

2. Sulit Berkonsentrasi

Merasa sulit konsentrasi dan lebih mudah bosan saat bekerja? Mungkin Anda sudah tidak nyaman atau tidak suka dengan pekerjaan Anda.

Tanda tersebut sering muncul pada seseorang yang membenci pekerjaannya atau sudah bosan dengan apa yang dikerjakan.

Ketika Anda merasa tidak nyaman di tempat kerja, Anda akan mulai merasa cepat lelah sehingga sulit untuk berkonsentrasi. Pada akhirnya, Anda akan lebih memilih melakukan hal lain yang dapat memicu semangat Anda dengan bermain media sosial atau melakukan hal lainnya.

3. Waktu Bekerja Terasa Lebih Lama

Meskipun jam kerja Anda tetap berjalan secara normal setiap harinya, namun Anda merasa bahwa waktu berjalan sangat lama. Tanda ini menunjukkan bahwa Anda sudah gak betah di kantor.

Anda pun akan merasa bahwa hari kerja menjadi beban dan tidak setenang weekend. Bahkan jika Anda sudah benar-benar merasa tidak nyaman dengan pekerjaan atau tempat kerja Anda, hari Senin akan menjadi ketakutan tersendiri buat Anda.

Cobalah untuk tetap menikmati proses yang Anda lakukan, dan tetap tenang saat menghadapi pekerjaan yang membebani Anda. Dengan begitu pekerjaan Anda tidak akan terpacu dengan waktu, sehingga Anda merasa nyaman dan enjoy menjalani kerja.

Itulah lima penyebab yang bikin karyawan gak betah di tempat kerja berikut tanda-tanda yang muncul. Masalah tidak betah di tempat kerja harus segera di atasi. Pasalnya, jika masalah itu terus muncul setiap hari maka dapat mengganggu kehidupan karyawan. Mereka akan terus ‘dihantui’ oleh ketidaknyamanan dan ketidaktenangan.

Nah, selain dari diri karyawan, perusahaan juga harus terlibat dalam mengatasi permasalahan tersebut. Misalnya, perusahaan bisa menyediakan tempat kerja yang nyaman dengan konsep outdoor atau konsep tempat kerja yang tidak biasa lainnya. Selain menghilangkan rasa ‘gak betah’, hal itu juga bisa memacu kreativitas karyawan lho! Oleh karenanya, tidak ada salahnya pihak perusahaan melakukan hal itu.

Di sisi lain, perusahaan juga perlu menggunakan aplikasi HRIS JojoTimes dari Jojonomic. Aplikasi ini dapat membantu perusahaan meningkatkan produktivitas karyawan dalam bekerja dan meningkatkan kerja tim hingga 100 persen.

Aplikasi HRIS JojoTimes tersedia dengan berbagai fitur unggulan, seperti Movile Check In & Check Out, Fake ID Detection, Accurate GPS location via Geotagging dan lainnya. Anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan cara klik di sini! Dapatkan juga gratis demo selama 14 hari.