5 Strategi Program Penghargaan Karyawan

penghargaan karyawan

Hadiah atau penghargaan yang diberikan sebuah perusahaan tidak harus selalu saat perayaan – perayaan besar seperti ulang tahun perusahaan atau lebaran dan sebagainya. Anda bisa melakukan program penghargaan karyawan secara kecil – kecilan seperti menetapkan pegawai teladan sebulan sekali dan sebagainya. Jika dilakukan dengan benar, sebuah strategi program penghargaan karyawan yang baik akan menjadi bagian penting dari keseluruhan pengalaman menyenangkan seorang pegawai di perusahaan yang anda dirikan.

Bagaimana cara anda melakukan atau menerapkan penghargaan tersebut? Tidak peduli jenis pendekatan apa yang dilakukan, berikut adalah beberapa pertanyaan kunci yang harus anda cari tahu jawabannya, antara lain adalah :

  • Bagaimana reaksi pegawai?
  • Apakah apresiasi tersebut meningkatkan kinerja seorang pegawai?

Dalam banyak kasus, sangat sulit untuk melacak keberhasilan suatu program penghargaan karyawan itu sendiri. Namun, dengan strategi pendekatan yang tepat, hal itu dapat dirubah dengan sangat mudah.

penghargaan karyawan

5 Tahapan Keberhasilan Penghargaan Karyawan

Program penghargaan karyawan merupakan bagian penting dari pengalaman seorang karyawan itu sendiri. Berikut adalah 5 proses penerapan program penghargaan karyawan :

  1. Memberikan karyawan sebuah pilihan penghargaan yang sangat berkesan.
  2. Membuat skema proram penghargaan pekerja yang mudah untuk diawasi.
  3. Mengikat apresiasi karyawan dalam sebuah pengakuan yang nyata.
  4. Menggabungkan penghargaan sebuah tim menjadi sebuah apresiasi ke masing – masing pekerja.
  5. Biarkan pegawai anda saling memberikan penghargaan ke satu sama lain.

Memberikan Pegawai Pilihan Sebuah Penghargaan yang Berkesan

Sebuah keberagaman merupakan bumbu yang membuat kehidupan tetap menarik. Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sebuah penghargaan yang ingin diberikan kepada pegawai tidak harus berbentuk uang. Kesalahan utama dari banyak pengusaha adalah menganggap bahwa uang merupakan apa yang benar – benar diinginkan oleh karyawan sebagai salah satu bentuk bonus. Biarkan pekerja memilih sendiri jenis penghargaan yang mereka anggap paling berkesan atau paling memotivasi.

penghargaan karyawan

Membuat Sebuah Program Penghargaan Karyawan yang Mudah Dilacak

Kunci penting dalam bisnis, anda tidak akan bisa memaksimalkan apa yang tidak anda ukur. Dan bisa dikatakan hampir mustahil mengukur sebuah impact dari penghargaan karyawan yang bersifat tradisional, dilakukan secara manual dan sebagainya. Jika anda memberikan seseorang hadiah atau apresiasi Ketika rapat tim sedang berjalan, bagaimana anda akan mengukur tingkat produktifitas, moral serta impact apresiasi tersebut kedalam proses produksi itu sendiri?

Sebuah platform penghargaan atau apresiasi public ternyata bisa menjadi senjata ampuh dalam mengukur investasi ‘bayangan’ anda dalam program rewards tersebut. Ditambah lagi, Ketika sebuah rewards dihubungkan dengan peningkatan skill serta nilai, anda bisa melacaknya melalui jumlah waktu seorang pegawai mampu menunjukkan kerja terbaiknya.

Anda juga bisa melacak hubungan antara jumlah rewards yang anda berikan dengan metrics kunci layaknya keterlibatan karyawan, retensi, tingkat ketidakhadiran karyawan atau produktivitas itu sendiri. Melalui hal inilah anda bisa melihat langsung dampak program tersebut.

penghargaan karyawan

Memberikan Penghargaan yang Mampu Terlihat Dengan Nyata

Salah satu alat yang penting dalam meningkatkan keterlibatan karyawan adalah dengan memberikan mereka apresiasi yang dibutuhkan. Tidak seperti jenis bonus yang terstruktur, terkadang pemberian apresiasi yang mendadak atau tiba – tiba akan membuat pegawai jauh lebih tersentuh. Secara tidak langsung hal tersebut akan memberi dampak yang prositif serta mendorong nilai keterlibatan yang bagus. Pun hal ini akan menambah erat ikatan antara penerima dan pemberi itu sendiri.

Investasi dalam program apresiasi karyawan dan sebagainya akan menunjukkan kepada anda efek program tersebut pada tahun – tahun mendatang. Dimana diharapkan, dengan hal tersebut mampu membuat pekerja berkontribusi aktif dalam proses produksi. Tidak peduli sekecil apapun penghargaan yang anda berikan, hal tersebut bisa berarti sangat besar bagi orang lain.

Memberikan Penghargaan Karyawan Secara Dalam Tim

Studi menunjukkan bahwa memberikan penghargaan bagi karyawan dapat meningkatkan tingkat keterlibatan dari pegawai itu sendiri. Dalam salah satu jurnal penelitian bisnis dilaporkan bahwa memberikan penghargaan pada tim dapat meningkatkan kerja sama dari tim itu sendiri.

Sistem penghargaan tim biasanya tidak akan menghasilkan sosok ‘superior’ dari grup itu sendiri, bahkan dalam banyak kesempatan kerja sama yang dilakukan juga meningkatkan performa masing – masing individu.

Jadi koneksi dalam suatu tim merupakan faktor besar tentang bagaimana tingkat keterlibatan mereka dalam bisnis yang anda dirikan. Memberikan apresiasi kepada tim yang telah bekerja dengan baik. Atau dengan melibatkan pengalaman baru untuk tim sebagai salah satu pilihan akan meningkatkan Kerjasama dari tim itu sendiri. Dampak yang bisa didapatkan oleh perusahaan adalah pencapaian – pencapaian yang sebelumnya mungkin belum berhasil diambil oleh suatu tim.

penghargaan karyawan

Mengijinkan Pemberian Rewards Dari Pekerja ke Pekerja

Tahukah anda jika pengakuan atau pengharga dari pekerja ke pekerja digabungkan dengan penghargaan karyawan yang berasal dari perusahaan hal ini akan menjadi sebuah program yang sangat powerful. Meskipun semua orang selalu suka diberi penghargaan oleh manager atau orang lain. Namun dengan mengetahui rekan – rekan kerja menghormati anda hal ini akan menambah motifasi.

Dalam salah satu studi soasial, yang mengatur sejumlah pegawai diberikan sejumlah penghargaan langsung. Dan sejumlah karyawan lain diberikan penghargaan untuk diberikan ke teman lainnya. Terbukti bahwa tim yang diberikan bonus untuk dibagikan kepada orang lain memiliki tingkat performa yang jauh lebih baik daripada grup yang diberikan bonus secara langsung.

Hal ini menunjukkan bahwa membiarkan pekerja untuk saling memberikan penghargaan ke satu dengan yang lainnya akan memberikan tingkat performance yang jauh lebih tinggi.

Ketika program penghargaan karyawan tidak dilakukan dengan benar, bahkan seorang pekerja terbaikpun akan merasa terbebani hingga tidak termotivasi. Secara tidak langsung, kejadian tersebut akan membebani suatu produksi dalam bisnis hingga bahkan bisa mengurangi tingkat efisiensi dari pabrik itu sendiri.

Ketika seorang pemimpin ingin meningkatkan kinerja suatu karyawan anda bisa menggunakan cara atau program pemberian penghargaan itu sendiri. Sekarang setelah anda memahami atau memiliki level kepahamanan yang cukup tinggi tentang bagaimana sebuah program penghargaan karyawan bekerja. Berikut adalah beberapa ide bonus yang bisa anda berikan kepada karyawan antara lain adalah :

  1. Melibatkan karyawan dalam pengembangan sosial media dan website. Dimana dengan menggunakan website atau social media yang dimiliki oleh perusahaan. Anda bisa memberikan spotlight atau apresiasi kepada karyawan yang anda inginkan. Pastikan untuk mendapatkan ijin memasang foto pegawai sebelum memasangnya di internet.
  2. Membagikan makanan kepada karyawan
  3. Mengirimkan karangan Bungan Ketika pegawai tengah melakukan suatu perayaan dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Kini perusahaan tidak perlu lagi pusing memikirkan bagaimana mencatat kehadiran karyawan dan memberikan bonus. Anda bisa menggunakan Aplikasi JojoTimes dari Jojonomic dalam membantu masalah absensi karyawan yang dilakukan secara online. Aplikasi JojoTimes terbukti mampu meningkatkan kinerja tim atau bisnis atau bahkan perusahaan hingga 100% dengan sistem monitoring aktivitas real-time. Pun anda bisa mendapatkan layanan anti-fraud serta kemudahan dalam pengelolaan administrasi HR secara otomatis