6 Buku Teori Pemasaran Terbaik yang Wajib Dibaca

6 Buku Teori Pemasaran Terbaik yang Wajib Dibaca

Buku teori pemasaran dapat Anda jadikan koleksi untuk menambah ilmu dan wawasan. Beberapa rekomendasi buku teori pemasaran yang wajib Anda baca akan diulas dalam artikel ini.

Jika Anda seorang yang berkarier pemasaran dan hobi membaca, tidak ada salahnya memperkaya pengetahuan dengan beberapa buku yang berkaitan dengan manajemen pemasaran.

Ilmu tentang pemasaran yang terus berkembang bisa Anda ikuti dengan membaca buku terkait. Tidak hanya sebagai tambahan ilmu, dengan membaca buku tentang pemasaran akan menambah kualitas diri Anda sebagai orang yang menggeluti bidang tersebut.

Buku Teori Pemasaran Terbaik

Kebiasaan membaca adalah sesuatu baik dan harus tetap dijaga. Untuk Anda yang sedang ingin mengetahui lebih banyak hal tentang teori pemasaran, cobalah untuk membaca salah satu buku yang akan di ulas berikut ini. Buku-buku di bawah ini adalah buku teori pemasaran terbaik yang bisa Anda jadikan koleksi.

1. Marketing 4.0 – Philip Kotler, Hermawan Kartajaya dan Iwan Setiawan

Rekomendasi pertama adalah buku hasil kolaborasi tiga penulis terkemuka. Hermawan Kartajaya merupakan salah satu pakar pemasaran yang aktif dalam menuangkan pemikirannya lewat buku-buku pemasaran. Begitu pun dengan dua penulis lainnya yang juga telah banyak menghasilkan karya terkait buku pemasaran.

Di tahun 2010, Philip Kotler, Hermawan Kartajaya dan Iwan Setiawan juga sudah menerbitkan buku marketing berjudul Marketing 4.0.

Sesuai dengan judul yang diusung, tim penulis memberikan pemaparan yang lugas tentang perbedaan signifikan antara marketing 1.0 hingga marketing 4.0.

Seperti yang sudah banyak orang tahu pada perkembangan marketing 4.0 tentu sejalan dengan perkembangan teknologi. Ya, ciri khas yang paling menonjol dari marketing ini adalah pemanfaatan teknologi sebagai sarana memperlakukan para konsumen potensial secara manusiawi.

Melalui jaringan internet dan media sosial akan terjalin hubungan yang efektif antara pemasar dengan pelanggan. Sehingga konektivitas menjadi salah satu kunci menjalankan pemasaran.

Dalam buku ini Anda akan banyak menemukan hal-hal baru terkait pemasaran dan teknologi. Jadikan Marketing 4.0 sebagai buku yang wajib Anda baca di era digital seperti saat ini.

2. Seni Negosiasi – Roger Dawson

Salah satu skill yang harus dimiliki seorang pemasar adalah kemampuan negosiasi. Negosiasi adalah keahlian utama yang harus ada dalam dunia pemasaran. Dengan proses negosiasi yang baik akan membuat kepentingan pihak yang bekerja sama terpenuhi sehingga transaksi dapat dilakukan.

Buku seni negosiasi merupakan salah satu buku yang dapat Anda jadikan rujukan untuk melejitkan kesuksesan bisnis yang Anda garap. Dengan menggunakan konsep negosiasi yang tepat, akan mudah bagi Anda meraih kesuksesan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Buku karya Roger Dawson ini wajib Anda baca karena konsep negosiasi yang diulas dalam buku ini akan memberikan wawasan kepada Anda untuk menggunakan proses negosiasi yang tepat.

Buku ini juga akan membantu Anda belajar menjadi negosiator ulung dan handal.

3. Buku Teori Pemasaran Berikutnya: Manajemen Pemasaran – Philip Kotler & Kevin Lane Keller

Buku teori pemasaran berikutnya yang wajib ada dalam daftar buku bacaan Anda adalah buku karya Kotler dan Keller, berjudul Manajemen Pemasaran. Dengan buku ini, Anda bisa mempelajari konsep-konsep dasar pemasaran secara benar.

Tidak hanya sebuah teori dalam dunia pemasaran, dalam bukunya ini Kotler juga menambahkan pembahasan tentang pentingnya posisi pelanggan dalam rantai marketing.

Dalam dunia bisnis, kepuasan pelayanan memiliki pengaruh besar terhadap kesetiaan pelanggan. Bahkan, tren yang kini muncul adalah banyaknya perusahaan yang mengarah pada TCS (Total Customer Satisfaction).

Buku yang terdiri dari 11 bab ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Banyak hal tentang pemasaran yang diulas secara mendalam mulai dari konsep dasar hingga penerapan yang relevan dengan dunia pemasaran.

Dengan membaca buku ini Anda akan lebih paham tentang manajemen pemasaran dan strategi pemasaran efektif yang bisa diaplikasikan di lapangan.

4. Marketing in Crisis – Rhenald Kasali

Buku karya Rhenald Kasali ini sangat menarik untuk dibaca. Marketing in Crisis merupakan buku teori pemasaran yang cukup mudah dipahami dan diaplikasikan karena berasal dari pengalaman sang penulis.

buku teori pemasaran

Dalam buku ini, Rhenald Kasali menuangkan pengalamannya saat menggeluti dunia marketing yang penuh tantangan. Rhenald juga membeberkan pengetahuan, strategi dan teknik marketing therapy yang dapat diterapkan di mana pun.

Secara khusus, dalam buku ini tertuang tentang krisis dan dampaknya terhadap kehidupan manusia, termasuk pada pasar, perilaku konsumen, daya beli dan lain sebagainya.

Dalam buku ini, penulis juga ingin memperlihatkan bahwa terdapat pasar yang bisa tiba-tiba muncul setelah krisis berakhir. Dengan membaca buku ini, Anda akan semakin paham dan tahu cara menghadapi situasi yang tidak sesuai ekspektasi dalam dunia pemasaran. Menarik, kan?

5. Buku Teori Pemasaran Berikutnya: New Wave Marketing – Hermawan Kartajaya

Jika dibandingkan buku sebelumnya, buku marketing satu ini terbilang klasik. Meskipun begitu, buku ini tetap relevan untuk dibaca hingga saat ini lho.

buku teori pemasaran

Dalam buku New Wave Marketing, penulis memaparkan perbedaan antara konsep pemasaran lama dengan konsep yang baru.

Konsep tersebut tersusun atas 9 elemen menjadi 12C, yakni co-creation, currency, communal activation, conversation, character, care, collaboration, confirmation, clarification, codification dan commubitization.

Dengan konsep-konsep yang tertuang dalam buku tersebut, strategi permasaran akan terus mengalami perubahan. Jika Anda tidak bisa mengikuti gelombang perubahan maka Anda akan tertinggal.

6. YouTility – Jay Baer

Seperti diketahui, untuk mencapai peningkatan penjualan dibutuhkan strategi marketing yang efektif. Apa gunanya jika kampanye marketing dilakukan dengan ide gila, tapi tidak dapat membantu Anda mencapai tujuan yang diharapkan?

Anda harus mampu membuat strategi marketing yang kreatif dan efektif agar dapat melejitkan penjualan produk barang atau jasa yang Anda tawarkan.

Dalam buku teori pemasaran karya Jay Baer ini Anda akan banyak memahami tentang cara membangun hubungan dengan customer. Menurutnya, kesungguhan dalam membantu seseorang adalah cara yang tepat untuk menimbulkan loyalitas customer. Sehingga tujuan dalam meningkatkan penjualan pun akan terwujud.

Tak jarang para business leader lupa bahwa memberikan nilai tambah produk atau jasa yang ditawarkan sesuai kebutuhan konsumen adalah cara terbaik dalam membangun kepercayaan dan loyalitas.

Itulah enam buku teori pemasaran terbaik yang wajib dibaca. Anda bisa memanfaatkan waktu luang di tengah menekuni bisnis untuk memabaca semua isi dari buku-buku di atas. Tak perlu tergesa-gesa untuk menyelesaikannya. Baca dan cermati teori yang ada dan terapkan di lapangan.

Menerapkan metode pemasaran yang efektif sama pentingnya dengan menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Dengan fitur yang ada, seperti mobile approval, capture expenses, budget controlling dan lainnya, aplikasi JojoExpense bisa membantu Anda dalam mengelola anggaran perusahaan/bisnis yang lebih efisien dan efektif. Menariknya, Anda cukup bermodalkan smartphone untuk melakukan aktivitas pengelolaan anggaran perusahaan tersebut.

Yuk gunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan gratis demo 14 hari dengan cara klik di sini.