6 Kesalahan Karyawan dalam Bekerja yang Wajib Dihindari

6 Kesalahan Karyawan dalam Bekerja yang Wajib Dihindari

Kesalahan karyawan dalam bekerja dapat terjadi karena disengaja maupun tidak disengaja. Agar terwujud kinerja yang baik, sebisa mungkin Anda harus menghindari kesalahan tersebut demi perkembangan karier yang gemilang.

Kesalahan-kesalahan yang biasa terjadi dalam suatu pekerjaan akan memberikan dampak terhadap perkembangan perusahaan maupun terhadap individu yang bersangkutan. Untuk meminimalisir kerugian akibat kesalahan yang terjadi, alangkah lebih baik jika Anda selalu memerhatikan dan waspada terhadap hal-hal yang berisiko.

Tidak jarang sebagai karyawan kita cenderung menganggap remeh kesalahan ringan yang terjadi. Padahal kesahalan-kesalahan kecil tersebut dapat berakibat pada pemutusan hak kerja sehingga karier bisa mandek.

Nah, kira-kira apa saja sih kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam suatu pekerjaan?

Kesalahan Karyawan dalam Bekerja

Setidaknya, ada enam kesalahan karyawan dalam bekerja yang wajib dihindari. Di antaranya sebagai berikut:

1. Tidak Memiliki Kemauan untuk Belajar

Jika Anda sudah bekerja sebagai karyawan dengan jam terbang yang tinggi tentu Anda akan merasa sudah benar-benar menguasai bidang tersebut dan kerap terjebak dalam zona nyaman. Dalam kondisi seperti ini, Anda akan merasa bahwa apa yang dikerjakan sudah berjalan dengan baik dan normal. Bahkan, tidak membutuhkan hal baru untuk ditingkatkan, sehingga Anda akan merasa malas untuk belajar hal baru.

Kesalahan karyawan dalam bekerja karena Ketidakmauan untuk mempelajari hal baru adalah kesalahan yang akan berdampak pada perkembanngan karier yang Anda jalankan. Anda tidak akan memiliki perkembangan kemampuan sehingga sulit untuk mendapatkan peluang promosi jabatan. Hal ini tentu akan merugikan Anda, bukan?

Agar kesalahan ini dapat diantisipasi, Anda dapat memacu diri untuk terus mempelajari hal-hal baru. Pelajari semua hal yang menarik perhatian Anda, meskipun tidak selaras dengan bidang pekerjaan yang sedang dijalani. Anda juga dapat belajar hal-hal yang menjadi kekurangan Anda. Dengan begitu Anda dapat memperoleh pengetahuan baru dan sekaligus mengembangkan skill yang lebih sempurna.

2. Berupaya Menghindari Risiko

Ini adalah kesalahan umum yang sering dilakukan ketika seorang karyawan berada pada zona nyamanan. Menghindari risiko sebenarnya bukanlah hal yang patut disalahkan, namun hal tersebut harus dihindarkan dalam sebuah pekerjaan.

Mengapa? Karena dengan upaya menghindari risiko, secara tidak langsung, akan membuat Anda tetap pada zona nyaman Anda. Anda tidak akan merasakan sebuah perkembangan karier bahkan perubahan posisi yang lebih baik.

Sebaiknya Anda lebih berani untuk mencoba mengambil beberapa risiko yang ada. Misalnya, ketika atasan Anda menawarkan sebuah pekerjaan yang lebih sulit, cobalah untuk menerima tawaran tersebut. Mungkin pekerjaan tersebut akan membuat Anda tertekan, namun ketika Anda berhasil menyelesaikannya, Anda akan menjadi karyawan yang lebih baik dan berkompeten.

3. Kesalahan Karyawan dalam Bekerja Berikutnya: Mudah Panik dan Stres

Beberapa orang akan sering merasa panik dan stres dengan pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiran, belum lagi jika pekerjaan yang digarap dibatalkan atau tidak diterima begitu saja. Hal tersebut akan membuat Anda menjadi pribadi yang lebih mudah panik dan stres.

Mudah panik dan stres merupakan kesalahan karyawan dalam bekerja yang harus Anda hindari. Jika dibiarkan kesalahan tersebut akan menghambat karier Anda. Cobalah untuk melatih diri Anda dalam menghilangkan panik dan stres.

Bagi Anda yang belum bisa melakukan kontrol emosi secara mandiri, Anda dapat menggunakan jasa psikiater untuk meminta bantuan mengelola kepanikan dan stres yang sering muncul pada diri Anda.

4. Membiarkan Diri Anda Tidak Bahagia dengan Pekerjaan yang Ada

Sebagian orang pasti pernah berada pada kondisi di mana merasa tidak bahagia dengan pekerjaan atau tempat kerja. Ketidakcocokan pada suatu jenis pekerjaan atau tempat kerja harus segera dicarikan solusinya. Beberapa orang tetap bertahan bekerja tanpa merasa bahagia karena alasan ketakutan terhadap ketidakmampuan mereka untuk bekerja pada bidang yang lain.

kesalahan karyawan dalam bekerja

Jika Anda merasa melakukan kesalahan ini dalam bekerja, cara untuk menghindarinya adalah dengan mengajukan pengunduran diri atau resign. Keluarlah dari pekerjaan atau tempat kerja yang sudah membuat Anda kurang bahagia. Cari pekerjaan yang lebih cocok dengan kemampuan dan kepribadian Anda.

Bertahan pada kesalahan bekerja dengan memaksakan diri bekerja dalam ketidakbahagiaan akan membuat  performa dan reputasi kerja Anda menjadi kurang baik. Akhirnya, Anda akan berpotensi ditegur oleh atasan. Tidak menutup kemungkinan Anda juga akan mengalami pemecatan.

5. Mengabaikan Koneksi yang Dimiliki

Salah satu kunci sukses dalam karier adalah memiliki relasi yang bagus. Dengan relasi yang Anda miliki dapat memberikan manfaat pada karier Anda suatu saat nanti. Melalui relasi yang dimiliki Anda akan menadapatkan banyak saran berharga terkait pengembangan karier Anda ke depannya. Jadi, mengabaikan koneksi yang telah Anda miliki merupakan kesalahan dalam bekerja yang harus dihindari.

kesalahan karyawan dalam bekerja

Agar bisa terhindar dari kesalahan ini, sebisa mungkin Anda harus mulai melakukan komunikasi dengan para relasi. Contohnya, dengan bertanya terkait kabar terbaru mereka melalui media sosial atau telepon secara langsung. Anda juga dapat melakukan sebuah pertemuan makan siang atau makan malam di tempat makan favorit untuk membicarakan hal-hal yang ringan dan bermanfaat bagi karier Anda.

6. Kesalahan Karyawan dalam Bekerja Berikutnya: Tidak Meminta Kenaikan Gaji

Ini termasuk kesalahan karyawan dalam bekerja yang sering dilakukan. Mungkin Anda adalah salah satu dari orang-orang yang melakukan kesalahan ini dalam bekerja.

Ini wajar terjadi, mengingat rasa sungkan melanda diri kita untuk membahas hal-hal  terkait kenaikan gaji. Sering kali kita sungkan meminta kenaikan gaji kepada atasan. Hal tersebut bisa jadi dipandang sebagai tindakan yang kurang baik, bahkan membuat diri kita mendapat label gila harta.

Bukan hal yang salah jika Anda meminta sebuah kenaikan gaji. Apalagi, jika Anda merupakan karyawan teladan dengan performa kerja yang terus meningkat dan layak mendapatkan kenaikan gaji. Cobalah untuk lebih berani meminta kenaikan gaji dengan cara bernegosiasi.

Melakukan negosiasi gaji harus dilakukan pada kondisi dan waktu yang tepat. Buatlah negosiasi kenaikan gaji Anda setelah enam bulan atau setahun masa kerja. Gunakan cara bernegosiasi yang baik dan terangkan alasan kenapa Anda ingin mendapatkan kenaikan gaji secara rasional. Dengan melakukan hal itu, Anda bisa mendapatkan kenaikan gaji sesuai harapan Anda.

Itulah enam kesalahan karyawan dalam bekerja yang wajib dihindari. Sebisa mungkin kesalahan-kesalahan tersebut dapat dihindari dengan cara-cara yang (juga) sudah dijelaskan di atas.

Nah, bagi perusahaan, ada lho cara mudah memonitor kerja karyawan baik di dalam maupun luar perusahaan agar terhindar dari kesalahan dalam bekerja. Caranya yakni dengan menggunakan aplikasi HRIS JojoTimes dari Jojonomic.

kesalahan karyawan dalam bekerja

Aplikasi HRIS JojoTimes dari Jojonomic memiliki fitur unggulan seperti pemantauan real-time secara akurat, approval kapan pun dan di mana pun, mobile check in dan check out, sistem kehadiran terintegrasi dan lainnya. Fitur-fitur unggulan ini-lah yang dapat membantu perusahaan memantau kerja karyawan secara keseluruhan dengan bermodalkan smartphone saja. Di sisi lain, perusahaan juga bisa meningkatkan kinerja tim hingga 100 persen dengan bantuan aplikasi HRIS JojoTimes.

Yuk gunakan aplikasi HRIS JojoTimes dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini!