7 Alasan Melakukan Retensi Karyawan

manajer personalia adalah
alasan emlakukan retensi

Alasan Melakukan Retensi – Retensi karyawan merupakan hal penting dalam suatu perusahaan, terutama bagi karyawan yang memiliki kinerja baik. Retensi karyawan atau biasa diartikan sebagai kemampuan perusahaan dalam mempertahankan karyawannya. Perputaran karyawan dalam dunia kerja dinilai sangat mahal. Hal ini dikarenakan perputaran karyawan sangat mempengaruhi organisasi itu sendiri. Ketika perputaran karyawan sering terjadi, maka semakin sulit pula untuk dikelola.

Alasan Melakukan Retensi

Menurut penelitian yang dilakukan Institut kerja pada tahun 2018, terdapat peningkatan tersedianya lapangan kerja. Semakin banyaknya lapangan kerja yang tersedia menyebabkan pekerja semakin mudah memilih dan berganti pekerjaan. Hal ini menyebabkan retensi karyawan sangat penting dalam perusahaan atau organisasi. Karena ketika pergantian karyawan semakin sering terjadi maka, kinerja dari perusahaan akan terganggu.

 Sekarang anda dapat mulai melakukan analisis terkait strategi retensi yang dapat anda gunakan dan renungi. Dibawah ini kami akan memaparkan alasan melakukan retensi yang dapat gunakan sebagai masukan. Alasan melakukan retensi dapat anda simak sebagai berikut.

Perkerja yang Handal Menjadi Incaran

Dengan lapangan kerja yang semakin tersedia luas, menjadikan perang untuk mendapatkan karywan handal makin sengit. Setiap perusahaan tentunya ingin mempunyai karyawan yang mumpuni sehingga mampu memberikan kinerja baik. Yang nantinya akan berujung dengan kesuksesan perusahaan. Apabila anda sudah menemukan karyawan handal tersebut dan berhasil mempekerakannya.

Maka langkah selanjutnya yang anda pikirkan yaitu bagaimana cara mempertahankannya. Atau bagaimana agar pekerja tersebut tidak berhenti dan berpindah kerja. Hal ini dapat menjadi alasan melakukan retensi, karena karyawan handal adalah salah satu faktor penunjang perusahaan. Dapat menjadi faktor penjamin keseuksesan perusahaan anda kedepannya.

Karena dengan meningkatkan retensi terhadap karyawan- karyawan handal anda. Dapat menjadi faktor peningkatan keberhasilan perusahaan anda.

alasan melakukan retensi

Kepemilikan Adalah Aset Berharga

Kemampuan seorang kareyawan akan semakin berkembang seiring beralannya waktu. Sehingga dapat dikatakan, semakin lama orang berkerja ditempat tersebut maka akan semakin kompeten. Seorang karyawan yang sudah lama bekerja akan menjadikan dirinya lebih menyatu dengan tempat diamana dia bekerja. Dan semakin erat pula hubungan karyawan tersebut dengan keberhasilan pada perusahaan anda.

Survei mneyatakan seak tahun 2012, sangat sulit untuk menemukan pekerja atau karyawan yang sudah bekerja konsisten dalam suatu tempat. Karena itu retensi karyawan terasa sangat dibutuhkan. semakin sulit untuk ditemukan, maka organisasi akan semakin mencarinya. Karena itu retensi karyawan sangat dibutuhkan.

Besarnya Biaya Perputaran

Hal lain yang dapat menjadi alasan melakukan retensi adalah besarnya biaya perputaran. Jangan kira dengan adanya perputaran karyawan membuat anda tidak mengeluarkan uang atau hanya mengeluarkan sedikit. Karena pada faktanya, untuk mendapatkan karyawan baru anda perlu melakukan pemilihan dan perekrutan lagi. Dari perekrutan dan pemilihan ini tentu saja anda akan membutuhkan uang.

Tidak sampai disitu, angan kira dengan anda sudah mendapatkan karyawan baru semua selesai. Karena pada dasarnya karyawan baru masih perlu adanya pembiasan dan juga biaya lagi untuk melatih dan mengembangkan kemampuan karyaan baru tersebut. Dengan total jumlah biaya perputaran karyawan ini anda dapat kembali memikirkan perlunya retensi karyawan. Terlebih kemampuan karyawan baru anda tidka bisa dijamin akan sebagus dari karyawan yang telah berhenti.

alasan melakukan retensi

Faktor Retensi Karyawan yang Sering Diabaikan

Ada banyak perusahaan yang menyadari pentingnya retensi karyawan. Namun pada faktanya dia tidak sadar untuk melakukan perbaikan dari banyak faktor di organisasinya. Bahwasannya banyak sekali faktor yang mempengaruhi kenapa karyawan ingin berhenti dari pekerjaannya. Berikut ini adalah faktor – faktor retensi yang sangat penting untuk diperhatikan. Namun masih banyak perushaaan yang kurang peduli akan faktor tersebut.

Jadwal Kerja yang Fleksibel

Seiring perkembangan zaman, tenaga kerja saat ini melalukan pekerajan dengan cara yang berbeda. Pola pikir terkait jam kerja sangatlah berbeda. Karena itu pengusaha harus mampu mempersiapkan jadwal kerja yang flesibel bagi tenaga kera baru. Namun survei dilapangan menunjukkan ada banyak perusahaan yang tidak ingin terbuka terkait pola pikir fleksibel ini. Banyak dari meraka yang merasa kurang setuju dan menolak gagasan ini.

Ketika dengan adanya pola pikir baru mengenai fleksibilitas yang diterapkan dalam perusahaan ini. maka posisi pekerjaan yang fleksibel ini. Akan sangat berpengaruh terhadap pemikiran untuk mempertahankan karyawan yang ada. Karena ketika pendekatan terhadap pekerjaan memiliki pola pikir yang berubah. Maka sifat pekerjaan yang dilakukan itu juga kan semakin berkembang.

Pengaruh Kesehatan Dan Kebugaran

Apa hal penting yang menjadi prioritas banyak orang dalam hidup. Kesehatan adalah salah satunya. Percuma ketika kita punya uang banyak, namun diri kita sakit-sakitan. Karena itu tunjangan kesehatan dalam suatu pekerjaan juga merupakan hal penting.  Hal ini akan berpengaruh ketika pekerja mulai memikirkan untuk melanjutkan atau berhenti dari pekeraan yang dilakukannya.

Penelitian mengungkapkan lebih dari 60% jam dalam sehari dihabiskan pekerja dalam kantor. Karena itu pekerjaan pada faktanya memberikan dampak besar terhadap kehidupan kita sehari –hari. Jam kerja di kantor yang lama mempengaruhi gaya hidup karywan. Kebiasaan makan dan juga olahraga yang akhirnya berdampak besar bagi kesehatan. Hal lainnya yaitu pengeluaran biaya yang digunakan karyawan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Hal seperti yang disebutkan diatas yang kemudian dapat menjadi renungan terkait perhatian perusahaan kepada karyawannya. Survei membuktikan akibat dari kurangnya dukungan dan perhatian perusahaan terhadap kesehatan karyawan menyebabkan peluang stress meningkat.

Peghargaan Kinerja Baik

Meski terkesan sepele, namun perhargaan atau apresiasi terhadap kinerja karyawan sangatlah penting. Bayangkan ketika kita telah berhasil melakukan pekerjaan kita dengan sebaik mungkin. Namun tidak ada sama sekali orang yang memberikan penghargaan atas kerja keras kita tersebut. Maka pada akhirnya akan membuat kita menjadi tidak bersemangat untuk melakukan kerja sebaik mungkin lagi lain kali.

Penghargaan pada kinerja karyawan tidak selalu harus berbentuk hadiah fisik, meski itu ide yang baik. Namun pengahrgaan atau apresiasi lainnya dapat berupa dengan memberikan hiburan yang tepat bagi karyawan tersebut. Berikanlah pujian kepada mereka yang sudah melakukan kerja sebaik mungkin. Anda dapat juga mencoba dengan memberikan tanggung jawab kepada mereka, baru setelah itu berikan hadiah untuk mereka.

Hal ini sama halnya ketika memilih sistem keuangan perusahaan yang paling efektif. Salah satunya dengan beralih menggunakan JojoExpense. Sebagai produk sistem pengatur keuangan, JojoExpense dari Jojonomic akan membantu anda dalam mengatur pemasukan maupun pengeluaran keuangan perusahaan secara lebih optimal. Selain itu membantu juga untuk mencegah resiko penipuan yang terjadi dalam management keuangan perusahaan.

Hal ini berkat beberapa fitur menarik yang ada dalam JojoExpense. Beberapa fitur andalan dari produk Jojonomic termasuk fitur-fitur berikut di bawah ini.

  • Monitor distribusi uang kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan proses pengarsipan reimbursement otomatis yang dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang sudah disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Karena itu jangan ragu, segera saja daftarkan perusahaan Anda untuk menggunakan JojoExpense. Nikmati uji coba gratis selama 14 hari dan rasakan kemudahan dalam mengatur keuangan perusahaan.