7 Cara Memanage Waktu dengan Baik

7 Cara Memanage Waktu dengan Baik

Masih sering gagal dalam memanage waktu dengan baik? Mungkin Anda salah satu dari sekian banyak orang yang membutuhkan tips memanage waktu yang tepat.

Manajemen waktu sebenarnya bukan hal baku dan dapat diterapkan secara terus-menerus. Dalam mengelola waktu dengan baik, Anda harus menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Oleh karena itu, manajemen waktu bisa terus berkembang dan dapat diimprovisasi.

Jika Anda berhasil dalam mengelola waktu dengan baik, tentu hal itu akan berdampak pada produktivitas dan hasil kerja yang lebih baik. Intip cara-cara memanage waktu dengan baik berikut ini.

Cara Memanage Waktu dengan Baik

Agar kegiatan Anda lebih teratur, rapi dan mampu mencapai tujuan yang diharapkan, Anda harus memanage waktu dengan baik. Berikut tujuh cara yang bisa Anda terapkan:

1. Buatlah Perencanaan yang Matang

Sebuah perencanaan akan membuat Anda lebih mudah menentukan rangkaian aktivitas yang harus Anda selesaikan dalam suatu waktu. Dengan perencanaan, semua aktivitas akan berjalan dengan teratur, tanpa harus memikirkan aktivitas apa yang selanjutnya harus Anda kerjakan.

Waktu yang Anda butuhkan pun akan lebih efektif dan efisien. Cobalah untuk membuat perencanaan aktivitas sebaik mungkin. Hal tersebut akan membantu Anda untuk lebih mudah mencapai tujuan yang diharapkan. Walaupun tak semua perencanaan dapat berjalan sesuai harapan, setidaknya dengan perencanaan yang matang akan memudahkan Anda memanage waktu dengan efektif.

2. Atur Manajemen Stres dengan Baik

Menguasai manajemen stres dengan baik adalah hal yang penting dilakukan dalam mengelola waktu yang efektif. Tidak jarang dalam melakukan aktivitas, Anda menemukan hambatan-hambatan yang dapat membuat Anda tertekan dan stres. Hal tersebut tentu sangat berdampak pada tujuan yang Anda harapkan.

Manajemen stres yang bagus akan memengaruhi performa dalam melakukan aktivitas dan akan berpengaruh terhadap manajemen waktu yang telah tersusun. Dengan mengelola stres secara tepat, performa beraktivitas akan meningkat dan manajemen waktu pun akan berjalan sesuai harapan.

Cobalah untuk tetap tenang dalam menghadapi semua tekanan yang datang tiba-tiba, sebisa mungkin lakukan aktivitas sesuai dengan manajemen waktu yang telah Anda buat. Jangan mudah stres dan panik dalam menghadapi sesuatu yang baru, tetap atur manajemen stres Anda secara terus-menerus.

3. Tingkatkan Kemampuan Komunikasi

Menjalin hubungan dengan banyak orang dibutuhkan kemampuan dalam berkomunikasi yang baik. Kemampuan tersebut akan memudahkan Anda dalam berinteraksi dengan orang lain. Dengan terjalinnya hubungan baik antar relasi Anda, maka setiap pekerjaan akan dapat diselesaikan dengan baik dan cepat.

Kemampuan komunikasi yang baik akan sangat berguna ketika mengalami kendala atau kesalahan dalam bekerja. Melalui kemampuan komunikasi yang Anda miliki, Anda dapat menyampaikan secara cepat dan tepat kesalahan apa yang terjadi dan bagaimana harus menyelesaikannya sesuai dengan kesepakatan yang Anda dan relasi Anda ambil.

Efektivitas komunikasi akan mempercepat sebuah pekerjaan. Hal ini merupakan bagian dari manajemen waktu yang harus dilakukan setiap orang, termasuk Anda.

4. Tetap Fokus

Untuk memanage waktu dengan baik, ada cara yang harus Anda terapkan secara terus-menerus, yaitu tetap fokus. Meskipun dalam kehidupan ini ada banyak persoalan yang menghampiri dan harus Anda selesaikan, tetapi Anda harus tetap fokus pada prioritas utama yang mesti dikerjakan terlebih dahulu.

memanage waktu

Fokus adalah skill yang harus Anda miliki dalam mengatur waktu yang telah direncanakan. Anda bisa mencapai tujuan dengan fokus pada kegiatan-kegiatan yang sudah Anda susun berdasarkan pengelolaaan waktu yang tepat. Dengan begitu, Anda tidak akan membuang-buang waktu untuk memikirkan hal-hal di luar apa yang sudah Anda susun.

Mulailah belajar untuk fokus dalam melakukan sebuah pekerjaan. Buang jauh-jauh hal-hal yang dapat menghambat hasil kinerja Anda.  Fokuskan tenaga dan pikiran Anda untuk menyelesaikan satu pekerjaan sebelum beralih pada pekerjaan selanjutnya. Anda akan menemukan manajemen waktu yang lebih baik!

5.  Cara Memanage Waktu Berikutnya: Berani Mengambil Keputusan

Cobalah untuk selalu membuat keputusan untuk apa yang Anda lakukan secara mandiri. Buatlah keputusan secara bijak dan berani untuk mengambil risiko. Jika Anda tidak pernah belajar mengambil sebuah keputusan, Anda akan banyak membuang waktu untuk berpikir dan menimbangkan berbagai hal.

memanage waktu

Kemampuan dalam mengambil keputusan dan mengambil risiko penting untuk Anda miliki, dengan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat akan sangat membantu Anda dalam mengelola waktu secara efektif.

Meskipun terlihat mudah, pengambilan keputusan adalah hal yang cukup sulit diterapkan jika Anda tidak terbiasa. Selalu terapkan pengambilan keputusan untuk diri Anda sendiri secara bijak, karena hal tersebut akan membuat Anda semakin berkembang.

6. Mulailah untuk Menanyakan Hal Baru secara Jelas

Agar standar kinerja Anda semakin meningkat dengan efektivitas manajemen waktu, Anda harus memulai untuk menanyakan hal-hal baru secara jelas kepada atasan Anda terkait pekerjaan yang diberikan.

Menanyakan pekerjaan sebelum melakukan pekerjaan yang diberikan secara jelas akan membantu Anda melakukan pekerjaan tersebut dengan mudah dan cepat daripada harus menerka-nerka dan merasa bingung ketika proses pekerjaan berjalan.

Anda bisa melakukan pekerjaan secara baik sesuai target dan cepat dengan manajemen waktu yang berjalan sesuai harapan. Jika Anda merasa kesulitan atau tidak memiliki kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaan yang dibebankan, sebaiknya Anda komunikasikan sejak awal. Dengan mengetahui kapabilitas dan kapasitas pekerjaan, manajemen waktu akan berjalan dengan baik.

7. Cara Memanage Waktu yang Terakhir: Menyusun Skala Prioritas

Membuat daftar pekerjaan yang harus Anda selesaikan adalah sesuatu yang wajib dilakukan jika Anda ingin memiliki manajemen waktu yang baik. Buatlah skala prioritas untuk menghindari aktivitas yang tidak seharusnya Anda kerjakan.

memanage waktu

Ini merupakan kunci dalam meningkatkan manajemen waktu, susunlah dengan penuh kehati-hatian. Jangan sampai Anda membuat skala prioritas yang keliru, hal itu akan membuat manajemen waktu Anda tidak berkembang atau malah berantakan.

Cara ini akan memudahkan Anda dalam membuat perencanaan kegiatan dan mengasah kemampuan fokus yang Anda miliki. Pengambilan keputusan yang bijak tentu juga akan berpengaruh terhadap kemampuan Anda dalam menyusun skala prioritas.

Itulah tujuh cara memanage waktu dengan baik. Setiap orang harus mengelola waktunya dengan baik, baik dalam urusan pribadi maupun urusan pekerjaan. Dengan melakukan itu, Anda dapat dengan mencapai tujuan yang diharapkan.

Dalam urusan pekerjaan, manajemen waktu sebaiknya tidak hanya dilakukan oleh karyawan, melainkan juga pihak manajemen. Sebab, jika kedua pihak terlibat dalam pengelolaan waktu yang baik, produktivitas kerja akan tercapai dengan baik juga.

Nah, perusahaan bisa memanage waktu kerja karyawan dengan baik menggunakan aplikasi HRIS JojoTimes dari Jojonomic. Aplikasi ini dapat membantu perusahaan memonitor kerja karyawan baik di dalam maupun luar kantor. Selain itu, perusahaan juga bisa meningkatkan produktivitas karyawan dengan bantuan JojoTimes.

Beberapa fitur unggulan yang tersedia di dalam aplikasi HRIS JojoTimes di antaranya: pemantauan real-time secara akurat, approval kapan pun di mana pun, pengaturan tugas, sistem kehadiran terintegrasi dan lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk gunakan aplikasi HRIS JojoTimes dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan gratis demo 14 hari dengan cara klik di sini.