7 Cara Menjadi Orang yang Cekatan dalam Bekerja

5 Cara Menjadi Orang yang Cekatan dalam Bekerja

Cara menjadi orang yang cekatan dalam bekerja memang bukan pekerjaan mudah. Terlebih, jika selama ini Anda terbiasa dengan kerja dengan ritme santai. Namun, Anda tidak perlu risau, di dalam artikel ini akan kami bahas secara detail dan jelas mengenai cara menjadi orang yang cekatan dalam bekerja.

Cekatan, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), memiliki arti cepat dan mahir. Adapun mahir memiliki arti cakap dan terampil.

Dalam dunia kerja saat ini, karakter cekatan harus dimiliki setiap pekerja. Apapun jenis pekerjaannya, kerja dengan tempo lama akan menjadi suatu masalah. Oleh karenanya muncul istilah: kalau bisa bekerja dengan cepat dan tepat, kenapa harus membutuhkan banyak waktu!

Cara Menjadi Orang yang Cekatan dalam Bekerja

Setidaknya ada lima cara menjadi orang yang cekatan dalam bekerja. Dengan menerapkan cara-cara yang akan dipaparkan di bawah ini, pekerjaan Anda dijamin akan cepat selesai dan hasilnya sesuai dengan ekspektasi.

Berikut ini lima cara menjadi orang cekatan dalam bekerja:

1. Buat Perencanaan yang Matang

Apapun jenis pekerjaan yang Anda jalani, jika tidak didahului dengan perencanaan yang matang, maka kemungkinan akan ‘amburadul’ di akhirnya. Menyusung perencanaan itu penting agar pekerjaan Anda lebih teratur sehingga cepat selesai.

Sebagai tips, perencanaan yang matang bisa dilakukan dengan memerhatikan deadline pekerjaan terlebih dahulu. Kemudian, Anda bisa membagi pekerjaan ke dalam beberapa bagian dengan memerhatikan mana yang paling penting untuk segera diselesaikan.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur/aplikasi pengingat waktu atau jadwal kerja di smartphone Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih disiplin dalam bekerja sehingga apa yang telah direncanakan sebelumnya betul-betul berjalan dengan maksimal.

2. Selesaikan Pekerjaan Satu Per Satu

Mungkin Anda pernah mendengar suatu pernyataan yang menyebutkan bahwa sejumlah pekerjaan yang dikerjakan secara bersamaan dalam waktu singkat adalah bagian dari produktivitas. Bisa jadi pekerjaan memang cepat selesai, namun bagaimana dengan hasilnya? Apakah memuaskan?

Ketahuilah, dalam dunia kerja, kita dituntut untuk menyuguhkan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan yang diharapkan. Nah, untuk mendapatkan hal itu maka dibutuhkan fokus dalam bekerja.

Sementara itu, menyelesaikan sejumlah pekerjaan sekaligus akan memudarkan fokus. Oleh karenya, adalah suatu kewajaran apabila kita mempertanyakan kualitas dari hasil kerja yang diselesaikannya itu.

Sebagai tips, fokuslah dalam menyelesaikan satu pekerjaan. Jika sudah selesai, Anda bisa berpindah ke pekerjaan lain dan menyelesaikannya dalam waktu yang telah ditargetkan.

3. Minimalisir Berbagai Gangguan Selama Bekerja

Selama bekerja, Anda disarankan untuk meminimalisir berbagai gangguan di sekitar. Misalnya, Anda perlu menurunkan volume dering smartphone agar nantinya jika ada pesan WhatsApp dan telepon masuk, Anda tidak terganggu. Jika memungkinkan, Anda bisa menyimpan telepon di tempat tertentu sehingga keberadaannya tidak terlihat oleh mata. Bahkan, seorang berna Bridget Baker merekomendasikan kita semua untuk memanfaatkan mesin penjawab di ponsel agar terhindar dari gangguan yang bisa ditimbulkan darinya.

Selain gangguan yang ditimbulkan smartphone, tentunya masih ada banyak lagi gangguan lain yang perlu Anda minimalisir. Oleh karenanya, Anda sebaiknya mengidentifikasi hal itu terlebih dahulu sebelum melakukan suatu pekerjaan.

4. Istirahat Juga Dibutuhkan

Seorang yang kerja cekatan yang identik dengan cepat dan pintar juga membutuhkan istirahat. Dan, bentuk istirahat yang terbaik adalah tidur di siang hari.

Bukan tanpa alasan tidur di siang hari dianggap sebagai waktu istirahat yang terbaik. Pasalnya, tidur siang dianggap mampu memberikan energi baru sekalipun hanya 30 menit saja. Jadi, jangan tidur terlalu lama ya! Yang malah tidak produktif karena banyak pekerjaan terbengkalai.

Untuk diketahui, praktik tidur siang ini sudah cukup banyak diterapkan di perusahaan-perusahaan barat. Namun sayangnya perusahaan di Indonesia tampaknya belum ada yang mempraktikkan hal penting ini.

5. Cara Jadi Orang yang Cekatan itu Berani Tolak Ajakan Orang Lain

Terkadang godaan yang sulit ditahan bagi orang yang sedang bekerja adalah ajakan dari orang lain. Orang lain bisa dari rekan kerja, teman hangout, keluarga dan lainnya.

Kami menyarankan Anda menolak semua ajakan dari siapapun selama Anda bekerja. Misalnya, saat Anda work from home (WFH), tiba-tiba ada salah satu keluarga yang mengajak berwisata di suatu tempat. Maka, katakanlah ‘tidak’ untuk ajakan tersebut.

Tegaskan kepada keluarga Anda bahwa Anda baru bisa pergi setelah semua pekerjaan beres. Dengan merespons seperti itu, keluarga Anda akan memahaminya bahwa Anda sedang fokus untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dan tidak akan mengganggu Anda lagi.

6. Cara Menjadi Orang yang Cekatan itu Tidak Pernah Mengeluh

Mengeluh adalah sesuatu yang membuang-buang waktu dan energi. Oleh karenanya, jangan sampai Anda mengeluh selama bekerja. Misalnya, dalam pikiran Anda berkata ‘Aduh! Pekerjaan tak selesai-selesai nih’, ‘banyak sekali pekerjaannya sampai numpuk seperti gunung’ dan lainnya.

Pikiran-pikiran semacam itu sebaiknya dibuang jauh-jauh. Anda bisa lhocepat merasa lelah atau bahkan dibuat kesal karena terus-terusan memikirkan pekerjaan yang menumpuk.

Nah, tindakan yang bijak adalah segera mengeksekusi pekerjaan, bukan terus-terusan berpikiran mengeluh. Ganti pikiran mengeluh itu dengan kata-kata ‘saya hampir menyelesaikan pekerjaan sesuai target’. Pikiran semacam ini akan semakin memacu semangat Anda untuk terus fokus menyelesaikan pekerjaan hingga tuntas.

7. Kerja di Ruang Tertutup

Seperti diketahui, banyak perusahaan yang mengadopsi interior kantor yang terbuka sehingga tidak ada sekat yang jelas antara ruang karyawan satu dengan karyawan lainnya. Ide interior seperti ini memang bagus karena bisa memudahkan interaksi antar karyawan dalam bekerja. Selain itu, jika ada karyawan yang sudah merampungkan pekerjaan, karyawan lain akan ‘terpancing’ untuk meningkatkan speed-nya agar (juga) segera menyelesaikan pekerjaannya.

Namun, konsep interior tanpa sekat yang jelas ini bisa menjadi masalah bagi karyawan-karyawan yang menyukai gangguan sekecil apapun selama bekerja. Ya, ruangan terbuka sangat mungkin menimbulkan gangguan berupa keramaian.

Nah, jika Anda adalah karyawan yang memiliki karakter seperti itu maka ada baiknya untuk memilih bekerja di tempat tertutup. Sebab, bagi Anda, ruang tertutup adalah tempat yang terbaik untuk meningkatkan fokus kerja.

Di sisi lain, bagi ‘bos’ perusahaan yang hanya menerapkan ruang tanpa sekat bagi karyawannya, ada baiknya untuk segera membangunkan beberapa ruang tertutup juga. Ini penting dilakukan agar produktivitas karyawan tetap terjaga dengan baik sehingga segala pekerjaan bisa diselesaikan dengan tepat waktu dan sesuai harapan.

Selain itu, bos perusahaan juga harus menjajal penggunaan aplikasi HRIS JojoTimes dari Jojonomic. Aplikasi ini berguna untuk memonitor kinerja kerja karyawan baik di dalam maupun luar kantor (misalnya saat melakukan pertemuan dengan pihak lain). Lebih lanjut, aplikasi HRIS juga menyediakan laporan kehadiran bulanan secara otomatis bagi perusahaan. Sehingga, karyawan tidak perlu lagi disibukkan dengan melaporkan kehadirannya secara konvensional yang membuang-buang waktu itu. Pada akhirnya, karyawan bisa bekerja dengan produktif dan sesuai target.

Aplikasi HRIS dilengkapi dengan fitur unggulan, di antaranya: pemantauan real-time secara akurat, approval kapapun dan dimanapun, mobile check in & check out, pengaturan lembur karyawan, pengaturan tugas karyawan dan sistem kehadiran terintegrasi. Tunggu apa lagi? Yuk gunakan aplikasi HRIS JojoTimes dari Jojonomic sekarang juga. Dapatkan gratis demo 14 hari dengan cara klik di sini!