Absensi Online berbasis Cloud

absensi online berbasis cloud

Di era teknologi seperti sekarang ini, di mana produktivitas kerja dan efisiensi menjadi dorongan utama bagi perusahaan, agar berkembang menjadi lebih baik lagi. Perusahaan harus terus melakukan inovasi, yaitu salah satu inovasi yang dapat dilakukan adalah memperbaiki sistem manajemen kehadiran karyawan. Dengan menggunakan absensi online berbasis cloud. Hal ini difokuskan untuk meningkatkan produktivitas dan mengembangkan diri setiap karyawan dengan lebih efektif, namun tetap efisien.

Teknologi tidak hanya menyasar mesin dan perangkat lunak saja, tetapi juga sudah merambah bidang SDM atau sumber daya manusia. Hal terpenting yang berkaitan dengan kedisiplinan karyawan yaitu absensi. Apalagi saat ini absensi sudah tidak dilakukan secara manual tetapi sudah memakai mesin, agar lebih akurat dan fleksibel, salah satunya memakai absensi online berbasis cloud.

Absensi Online berbasis cloud yang muncul di era serba digital ini, sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi perusahaan, karena saat ini pergeseran model kerja tidak bisa dihindari. Model kerja kolaboratif seperti virtual working dan remote working akan menjadi next normal pasca-krisis seperti saat ini yaitu pandemik Virus Corona.

Apa saja kelebihan Absensi Online berbasis Cloud ?

Sistem cloud pada aplikasi absensi online berbasis cloud seperti yang ada di Jojonomic diharapkan mampu menjadi solusi kebutuhan modal kerja pada era next normal ini. Sistem cloud atau cloud computing sendiri memiliki pengertian sebagai sistem pengolahan dan penyimpanan melalui jaringan internet yang memiliki fungsi agar dapat menjalankan program melalui komputer yang telah terkoneksi satu sama lain pada waktu yang sama. Berikut alasan kenapa aplikasi absensi online yang menggunakan cloud lebih baik? diantaranya yaitu :

1. Tidak Perlu Instalasi Software

Sistem yang berbasis cloud ini pada dasarnya adalah berbasis internet. Satu-satunya penunjang atau media aplikasi yang Anda butuhkan adalah internet yang tersambung melalui platform apapun. Anda tidak perlu melakukan instalasi software yang dapat memenuhi kapasitas ruang penyimpanan.

Instalasi software juga sangat rawan dengan tindakan fraud. Sedangkan absensi online berbasis cloud memperkecil kemungkinan adanya tindakan fraud karena data yang disimpan pada cloud sudah terenkripsi dan sulit untuk diubah.

absensi online berbasis cloud

2. Keamanan Absensi Online berbasis Cloud Lebih Terjamin

Jika berbicara keamanan, sistem cloud bekerja secara kontraktif untuk mendeteksi adanya potensi pelanggaran. Sistem cloud akan melakukan backup setiap waktu dan disimpan pada beberapa server yang memungkinkan tidak adanya kegagalan sistem yang dapat menyebabkan kehilangan data.

Kelebihannya pada cloud storage, yaitu data yang sudah tersimpan terenkripsi sehingga akan sulit adanya tindak kecurangan.

3. Lebih Efisien dan murah

Tentu saja berbeda dengan on-premise, aplikasi absensi berbasis cloud benar-benar hanya menggunakan sambungan internet. Berbeda dengan sistem absensi manual yang perlu adanya biaya pembelian, pemasangan, dan juga perawatan. Selain itu dengan menggunakan aplikasi absensi berbasis cloud, Anda juga dapat mempermudah dan mempersingkat pekerjaan administrasi HR dalam tata kelola absensi.

Selain itu, sistem cloud dapat melakukan update fitur dan data secara otomatis yang mendukung sesuai kebutuhan industri saat ini. Berbeda dengan absensi manual yang perlu pembaruan sistem yang manual juga dan perlu biaya yang tidak sedikit.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

4. Mudah Diakses di Manapun

Dengan menggunakan cloud storage, penggunanya dapat mengakses data dengan cepat dan dimanapun asal pengguna terhubung dengan internet. Hal ini yang menjadi keunggulan sistem cloud pada aplikasi absensi karyawan. 

Misalnya saja ketika perusahaan Anda sedang menerapkan remote work from home, Anda dapat melakukan absensi dengan mudah melalui smartphone Anda atau ketika Anda sedang menemui client atau mendatangi gerai cabang, Anda tidak perlu lagi absen datang ke kantor.

absensi online berbasis cloud

Absensi Online berbasis Cloud mampu meningkatkan produktivitas

Bagi karyawan keseluruhan, absensi online berbasis cloud juga dapat meningkatkan produktivitas dan lebih berfokus pada pekerjaan utama. Karena seperti yang kita ketahui, karyawan seringkali disibukkan dengan hal-hal administratif. Misalnya saja seperti kesalahan absensi, pengajuan cuti sakit, atau pengajuan work from home yang dilakukan secara manual dan tentu ini sangat mengganggu produktivitas karyawan.

Dengan menggunakan absensi online, Anda kini dapat lebih fokus pada pekerjaan-pekerjaan krusial. Waktu Anda tidak lagi terbuang hanya untuk mengurus data karyawan secara manual.

Absensi online berbasis Cloud juga hemat biaya

Sebuah perusahaan dapat mencapai kesuksesannya karena dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah ketepatan waktu dan integritas yang dimiliki oleh seluruh karyawan. Dengan alasan itulah, setiap perusahaan harus memastikan seluruh karyawannya memiliki integritas yang tinggi. Tidak hanya memantau kedisiplinan absensi karyawan setiap bulan saja. Tetapi juga perusahaan harus memonitor loyalitas karyawan terhadap peraturan serta kultur yang ada di dalam perusahaan tersebut.

Untuk itu dengan absensi online berbasis cloud, Anda akan sangat terbantu serta mampu menghemat anggaran perusahaan yang digunakan untuk perbaikan komponen, seperti server, database, dan pusat data. Keuntungan lainnya adalah pemeliharaan alat seperti server, tagihan listrik, dan gaji. Benar-benar penghematan yang besar!

Akurat dan fleksibel memantau karyawan

Kinerja aplikasi absensi online berbasis cloud sangat membantu memantau kehadiran karyawan dimanapun mereka berada. Karena setiap orang atau karyawan dapat mengakses server cloud mereka dimanapun mereka berada menggunakan internet dan web-browser. Bahkan Anda juga dapat mengakses melalui smartphone. Tidak masalah dimana lokasi usaha Anda. atau posisi Anda berada. Anda tetap dapat memantau kapanpun dan dimanapun.

JojoTimes dari Jojonomic, aplikasi ini akan mengatur pengiriman data dari alat secara otomatis. Tim Anda tinggal membuat apa yang Anda butuhkan untuk perusahaan Anda. Teknologi Cloud telah mengubah banyak hal, begitu juga dalam dunia biometrika khususnya sidik jari. Memanfaatkan teknologi ini menjadi sesuatu yang sangat mungkin di masa ini.

absensi online berbasis cloud

Analisis Rekapitulasi Data Absensi yang Real-Time

Dengan menggunakan cloud, Anda dapat melakukan time tracking secara real-time. Misalnya Anda sedang dinas pergi ke luar kota, Anda dapat mengetahui siapa saja  yang hadir dan tidak di waktu yang sama.

Dengan sistem absensi online, Anda tidak membutuhkan lagi rekap absensi periodik yang berelembar-lembar hanya untuk mendata kehadiran karyawan setiap bulan. Informasi real-time sangat berguna jika Anda ingin menganalisa data absensi karyawan untuk mengambil keputusan yang sifatnya mendesak.

Jojonomic dengan software HR dan payroll JojoTimes tidak hanya hadir memenuhi kebutuhan menghitung gaji dan administrasi karyawan, namun sebagai software yang dapat digunakan untuk memberikan layanan mandiri bagi karyawan terutama saat melakukan absensi.

absensi online berbasis cloud

JojoTimes
Solusi Sistem HR Termudah untuk Memantau Kehadiran Karyawan Kapan Saja Di Mana Saja, JojoTimes meningkatkan kinerja perusahaan hingga 98% untuk mendukung perkembangan perusahaan, dengan mengelola administrasi secara otomatis dan memonitor karyawan.

FITUR POPULER

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Silahkan Coba Gratis JojoTimes sekarang, klik disini untuk coba Demo Gratis.

Tertarik mencoba sistem absensi online berbasis Cloud ? Anda bisa mencari tahu solusi lengkap absensi online berbasis cloud menggunakan Jojonomic di website kami. Anda juga dapat mencoba Aplikasi JojoTimes demo secara gratis. So, tunggu apa lagi, selamat mencoba