Advertising Artinya : Pengertian, Tujuan, Manfaat Bagi Perusahaan

Di era modern seperti saat ini, banyak sekali iklan yang seringkali kita lihat mulai dari layar televisi, internet, youtube dan lain-lain. Hal tersebut dikenal dengan istilah Advertising. Advertising artinya hal yang seringkali digunakan perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya.

Melalui advertising ini, maka perusahaan dapat menjangkau lebih luas pelanggan dengan berbagai gaya iklan dan kata-kata persuasif yang dapat menarik hati para pelanggan. Tidak heran jika banyak orang menggunakan iklan sebagai salah satu strategi dalam berbisnis.

Akan tetapi, sampai saat ini beberapa orang masih belum memahami arti advertising yang sebenarnya. Beberapa dari mereka juga masih meraba-raba dan mencoba memahami makna dari advertising. Lantas apa sebenarnya advertising itu? Berikut penjealsannya.

Apa Itu Advertising?

Advertising artinya suatu penyajian pesan secara persuasif kepada masyarakat luas melalui media massa guna mempromosikan produk ataupun jasa yang dijual suatu perusahaan. Dapat dijelaskan juga bahwa advertising artinya jasa periklanan yang digunakan untuk menekspresikan peluang sekaligus untuk mendramatisasi produk yang akan dijual perusahaan dengan konsep yang dapat menarik perhatian pelanggan.

Advertising menjadi media yang sudah tersebar luas dan dapat memungkinkan produk yang dijual perusahaan dapat terjual berulang-ulang oleh pelanggannya. Dengan iklan ini, maka dapat memungkinkan para konsumen untuk menerima sekaligus membandingkan pesan yang disampaikan dengan pesan pesaing lainnya.

Advertising artinya usaha yang bergerak dibidang periklanan. Usaha ini tidak lepas dari yang namanya ide dan kreatifitas karena untuk membuat suatu iklan yang menarik perlu adanya ide yang bagus dan kreatif untuk dapat menarik konsumen. Advertising juga menyediakan jasa pembuatan konsep iklan, percetakan maupun penempatan sebuah iklan yang tepat.

Akan tetapi, hal ini tergantung dari jenis usaha advertising. Ini disebabkan seiring berkembangnya zaman dunia dan bisnis mengalami perubahan. Sehingga perusahaan akan membutuhkan advertising untuk meningkatkan jumlah penjualan produk dan jasa.

Tujuan Advertising

Tujuan dari advertising diantaranya yaitu:

  • Untuk menyadarkan konsuemn sekaligus memberikan informasi terkait produk atau jasa perusahaan.
  • Menimbulkan rasa tertarik dan suka pada diri konsumen terhadap produk dan jasa yang dihasilkan perusahaan.
  • Meyakinkan kebenaran tentang apa saja yang ditujukan dalam iklan sekaligus menggerakkan konsumen dalam berusaha memiliki dan menggunakan produk dan jasa yang dijual perusahaan.

Manfaat Advertising

Advertising bermanfaat sebagai berikut:

  • Meningkatkan prospek konsumen untuk mengetahui manfaat dari produk dan jasa yang ditawarkan.
  • Membantu membangun dan mempertahankan identitas perusahaan.
  • Mampu meningkatkan reputasi perusahaan.
  • Mendorong konsumen untuk membeli produk dan jasa lebih banyak.
  • Menarik konsumen baru untuk menggantikan konsumen lama yang hilang.
  • Membantu meningkatkan taraf penjualan.
  • Membantu mempromosikan dan memperkenalkan bisnis langsung ke konsumen, investor dan berbagai pihak lainnya.

Fungsi Advertising

Fungsi dari kegiatan advertising diantaranya yaitu:

Sebagai Sumber Informasi

Dengan adanya iklan, maka akan memudahkan masyarakat menerima informasi dan memilih produk alternatif yang lebih baik sesuai dengan kebutuhannya. Itu artinya, iklan yang ditayangkan dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dibandingkan yang lainnya. Biasanya iklan yang disajikan berisi tentang deskripsi produk, distribusi atau tempat pembeliannya dan berbagai informasi lainnya yang dibutuhkan masyarakat.

Kegiatan Ekonomi

Dengan iklan maka akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Hal ini dikarenakan produsen akan terdorong untuk tetap melakukan produksi dan melakukan perdagangan produknya untuk melengkapi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang.

Pembagian Beban Biaya

Dengan adanya periklanan maka akan tercipta skala ekonomi yang besar bagi setiap produknya. Hal ini tentu akan membuat biaya produksi dan distribusi per unitnya turun sehingga menciptakan harga jual yang murah kepada masyarakat.

Sumber Dana Media

Periklanan akan menjadi sumber dana media yang menunjang media untuk tetap eksis. Hal ini terbukti dengan banyaknya media bermunculan yang menjadikan persaingan bsinis semakin ketat.

Sebagai Sarana Kontrol

Dengan adanya kegiatan periklanan, maka masyarakat dapat membedakan berbagai produk yang asli maupun produk tiruannya.

Dampak Advertising

Selain memiliki peran positif, perlu diketahui bahwa advertising memiliki dampak negatif dengan adanya iklan yang bermunculan seperti berikut ini:

  • Iklan yang bermunculan dapat dianggap merusak tata bahasa yang berlaku.
  • Iklan dapat dianggap mampu mendorong orang menjadi lebih materialistis.
  • Advertising dianggap dapat mendorong konsumen untuk membeli barang yang tidak perlu atau yang tidak diinginkan.
  • Ikaln yang bermunculan dianggap berlebihan.
  • Iklan dapat dianggap menciptakan suatu stereotip.

Ciri-Ciri Advertising

Ciri-ciri advertising umumnya sebagai berikut:

Mengkomunikasikan Sebuah Tema

Periklanan dapat mengkomunikasikan pesan penjualan tentang produk yang dijual dengan menggunakan tema tertentu kepada masyarakat luas.

Iklan Bersifat Jangka Panjang

Periklanan hendaknya mampu memberikan dampak yang tidak langsung dengan cara melakukan promosi sehingga iklan yang dibuat hendaknya bersifat jangka panjang.

Mampu Membangun Citra

Periklanan yang ditayangkan dapat membentuk citra terhadap masyarakat luas pada brand yang ditonjolkan pada suatu produk dan jasa yang ditawarkan.

Membedakan Diri

Setiap iklan suatu brand tentu memberikan perbedaan dengan brand lainnya. Hal ini membuktikan bahwa dengan advertising maka akan memperlihatkan identitas suatu brand secara tegas sehingga dapat diketahui keunggulannya dan perbedaannya dibandingkan dengan produk pesaingnya.

Mampu Memberikan Sebuah Nilai

Iklan dianggap dapat memberi nilai terhadap produk dan jasa yang ditawarkan sehingga dapat menimbulkan persepsi tertentu dalam diri konsumen terhadap produk yang dilihatnya.

Komponen Perencanaan Advertising

Pembuatan iklan haruslah sejalan dengan perencanaan marketing yang baik. Untuk itu, berikut merupakan komponen perencanaan advertising yaitu:

  1. Tujuan periklanan
  2. Strategi periklanan
  3. Program dan Anggaran

Syarat Membuat Advertising Yang Baik

Untuk membuat advertising yang baik, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan yaitu:

  1. Perhatian (Attention)
  2. Minat (Interest)
  3. Kebutuhan (Desire)
  4. Keinginan (Convicition)
  5. Tindakan (Action)

Pentingnya Advertising Bagi Perusahaan

Berdasarkan penjelasan diatas, sudah sangat jelas bahwa keberadaan advertising memberikan peran penting bagi suatu usaha. Untuk itu pentingnya advertising bagi perusahaan dapat dilihat sebagai berikut:

  • Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang produk dan jasa yang ditawarkan
  • Sebagai alat mempromosikan produk dan layanan agar semakin banyak digunakan konsumen
  • Seabgai perbandingan antar competitor

Itu dia penjelasan dan seluk beluk mengenai advertising. Intinya, advertising digunakan suatu perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya.

Iklan adalah suatu media yang sangat cocok untuk digunakan dalam mempromosikan produk yang sedang ditawarkan atau dijual. Maka media ini seringkali dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan untuk mempromosikan produk yang dikeluarkan dan dipasarkannya.

Seperti juga saat memilih aplikasi pembayaran payroll perusahaan. Sebaiknya gunakan aplikasi yang sudah jelas mampu mempermudah pembayaran payroll setiap bulannya. Contohnya dengan menggunakan JojoPayroll yang merupakan aplikasi payroll dari Jojonomic. Dengan aplikasi ini tentu saja pembayaran payroll lebih otomatis, lebih mudah dan lebih akurat.

Manfaat tersebut berkat beberapa fitur andalan yang disematkan di dalam JojoPayroll. Fitur-fitur ini meliputi sebagai berikut:

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Maka dari itu tidak perlu ragu jika ingin beralih menggunakan aplikasi yang satu ini. Percayakan pembayaran payroll perusahaan Anda pada aplikasi payroll besutan Jojonomic tersebut. Segera daftar dan dapatkan demo gratis 14 hari di perusahaan Anda sekarang juga.