Advertising Campaign Adalah: Pengertian dan Tips Membuatnya

Advertising Campaign Adalah: Pengertian dan Tips Membuatnya

Advertising campaign adalah jawaban dari masalah yang berkaitan dengan cara meningkatkan brand awareness. Banyak pengusaha yang melakukan kesalahan besar dalam memasang sebuah iklan guna meningkatkan brand awareness dengan tidak memerhatikan strategi yang tepat.

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mendalami berbagai macam strategi meningkatkan brand awareness termasuk strategi kampanye iklan atau advertising campaign.

Nah, sebelum membuat sebuah iklan, ada baiknya jika Anda mengetahui banyak tentang advertising campaign. Untuk menjawab rasa keingintahuan Anda tentang advertising campaign. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Advertising Campaign Adalah…

Sebelum tahu lebih banyak tentang apa itu advertising campaign, mari kita kulik definisinya terlebih dahulu.

Advertising campaign adalah sebuah strategi iklan yang dirancang khusus untuk digunakan pada berbagai media pemasaran guna mencapai tujuan yang telah direncanakan. Adapun tujuan yang dimaksud di antaranya dapat meningkatkan brand awareness, meningkatkan kuantitas penjualan dan membidik target pasar yang tepat.

advertising campaign adalah

Dapat dikatakan bahwa strategi advertising campaign memiliki peran yang sangat penting dalam beriklan. Namun, tak sedikit para pengusaha yang mengabaikan hal tersebut karena beranggapan bahwa kampanye iklan hanya perlu memasang iklan, tidak perlu perencanaan dan strategi yang matang.

Jika Anda berharap iklan yang Anda pasang berdampak besar terhadp bisnis, maka seharusnya Anda benar-benar fokus dengan strategi iklan yang tepat dan efektif. Nah, untuk memaksimalkan advertising campaign, perlu strategi khusus agar tercapai hasil yang diinginkan.

Berbagai macam media kini bisa dijadikan sebagai wadah beriklan, mulai dari offline hingga online. Dan, di zaman serba teknologi seperti saat ini, iklan online lebih mendominasi dan memiliki kekuatan yang luar biasa.

Anda dapat membuat kampanye iklan melalui Instagram, Twitter, Facebook dan lain sebagainya. Melalui platform-platform tersebut dapat dipastikan jangkauan pelanggan akan lebih luas. Jangan lupa untuk membuat perencanaan yang matang dan mengatur advertising campaign dengan baik sejak awal.

Tahapan dalam Membuat Advertising Campaign Adalah…

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa advertising campaign adalah sebuah strategi penting dalam periklanan. Oleh karena itu, Anda harus serius dalam mengaturnya untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Nah, berikut akan dijabarkan proses atau tahapan-tahapan yang dapat Anda lakukan dalam membuat advertising campaign. Simak dengan saksama!

1. Buat Riset Pasar

Di tahap pertama, sebelum melakukan advertising campaign, Anda harus melakukan penelitian terkait pasar bisnis Anda atau dikenal dengan riset pasar.

advertising campaign adalah

Riset pasar tidak hanya membantu Anda menentukan produk sesuai kebutuhan, namun juga sebagai langkah awal melihat target pasar bisnis Anda. Ketika Anda sudah menemukan pasar yang tepat, secara otomatis iklan yang dipasang akan berpotensi untuk meningkatkan penjualan produk bisnis Anda.

Lakukan riset pasar secara menyeluruh dan buat kriteria sespesifik mungkin mulai dari usia, minat, lokasi dan perilaku konsumen dengan cermat.

2. Menentukan Tujuan

Tanpa adanya tujuan yang jelas, sudah bisa ditebak nantinya advertising campaign Anda tidak akan menghasilkan pencapaian yang memuaskan. Bisa jadi advertising campaign yang Anda lakukan hanya akan membuang tenaga, pikiran dan biaya.

Buatlah tujuan dalam beriklan dengan jelas. Apakah advertising campaign Anda ditujukan untuk meningkatkan brand awareness atau hanya sekadar memberi pesan kepada target pasar saja?  Pikirkan dengan matang agar tujuan dan tindakan yang Anda ambil berjalan selaras.

3. Tahapan Ketiga Advertising Campaign Adalah Menentukan Target Iklan

Setelah memiliki data tetang pasar dan tujuan yang ingin dicapai, sekarang Anda dapat menentukan target iklan.  Jika Anda sudah menentukan target pasar, misalnya konsumen Anda adalah berusia 18-35 tahun, maka dengan mudah Anda dapat memasang iklan di berbagai media sosial.

Melalui platform seperti Instagram, Twitter, Facebook dan media sosial lainnya, Anda akan banyak diuntungkan karena kebanyakan target pasar Anda adalah pengguna aktif platform tersebut, yakni para anak muda atau milenial.

Tak hanya beriklan secara manual, pada platform tersebut juga sudah terdapat fitur untuk menargetkan iklan Anda, sehingga pekerjaan Anda akan lebih mudah. Dan  pastinya, iklan Anda akan diarahkan pada target pasar yang tepat.

4. Mendesain Iklan yang Menarik

Langkah selanjutnya dalam advertising campaign adalah membuat desain iklan yang menarik. Ya, buatah desain iklan semenarik dan seunik mungkin. Hal tersebut dapat menarik perhatian para konsumen untuk ‘berinteraksi’ dengan iklan tersebut.

advertising campaign adalah

Gunakan tema yang bagus dan desain yang menggambarkan brand Anda. Pikirkan dengan baik hal apa saja yang akan Anda muat dalam iklan seperti info produk, copywriting dan lainnya.

5. Tentukan Media Beriklan yang Tepat

Memilih media yang tepat dalam advertising campaign adalah satu hal yang perlu dipertimbangkan dengan matang. Ketepatan memilih media akan meningkatkan keefektivan iklan Anda untuk dilihat dan dibaca oleh target pasar.

Cermati apakah iklan Anda cocok ditempatkan pada media offline atau online. Menentukan media beriklan yang tepat berarti akan berpeluang meningkatkan keberhasilan Anda dalam beriklan.

6. Jadwalkan Penayangan Iklan

Seperti yang sudah Anda ketahui, advertising campaign adalah salah satu kegiatan yang akan dilakukan secara teratur oleh agensi dalam satu tahun penuh.

Oleh sebab itu, penting untuk Anda membuat jadwal advertising dengan teratur sehingga dapat menjangkau konsumen lebih banyak lagi.

Karakteristik Advertising Campaign yang EfektifAdalah…

Keefektifan suatu advertising campaign mungkin sudah diatur oleh tim pengiklan di setiap perusahaan. Namun, tak ada salahnya jika Anda mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat advertising campaign yang efektif. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

1. Call to Action yang Persuasif

Hal utama yang perlu diperhatikan dengan baik dalam advertising campaign adalah penerapan call to action (CTA). CTA yang persuasif akan mengarahkan konsumen mengambil tindakan pada iklan yang Anda pasang. Misalnya, mengklik iklan tersebut atau melakukan pembelian produk yang Anda tawarkan.

Jadi, buatlah CTA semenarik mungkin melalui kalimat persuasif yang membuat para konsumen ‘terhipnotis’ untuk melakukan sebuah pembelian.

2. Mudah Diingat

Semakin menarik kampanye iklan yang Anda buat, semakin mudah iklan tersebut mengendap diingatan para konsumen yang melihatnya. Buatlah desain semenarik mungkin berikut copywriting dan maskot yang unik untuk diikutsertakan dalam desain iklan.

Pilihlah perpaduan gambar, warna dan jenis teks yang tepat agar iklan terlihat lebih profesional dan menarik.

3. Memberikan Nilai Positif

Karakteristik lain yang harus ada dalam advertising campaign adalah kampanye iklan yang mengedukasi. Dengan memasang iklan yang informatif dan bernilai akan membangun kepercayaan konsumen. Karakteristik ini merupakan kunci dalam kampanye iklan agar efektif.

Nah, sekarang Anda tahu bahwa advertising campaign adalah sesuatu yang penting dalam dunia bisnis. Untuk melakukan advertising campaign yang efektif, Anda bisa menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Aplikasi yang dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan, seperti budgeting control, cash advanced, mobile approval dan lainnya ini dapat membantu Anda dalam mengatur dan mengontrol pengeluaran perusahaan.

Sehingga, pengeluaran perusahaan untuk keperluan advertising campaign bisa diatur dengan baik, efektif dan tepat saran. Yuk gunakan aplikasi JojoExpense sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.