Affiliate Programs Marketing – Pengertian & Cara Kerjanya

Affiliate Programs

Dalam dunia internet marketing, ada banyak sekali model bisnis yang bisa diterapkan. Salah satu yang paling populer adalah Affiliate Programs Marketing atau yang lebih dikenal dengan bisnis afiliasi. Model bisnis yang satu ini menerapkan prinsip berbasis komisi, dimana ketika kamu berhasil menjual barang atau jasa orang lain kepada konsumen. Maka secara otomatis kamu akan mendapatkan komisi berupa uang dari penjualan produk yang telah dilakukan.

Saat ini Affiliate Marketing menjadi bisnis yang cukup diminati, dimana selain bisa mendapatkan keuntungan kamu pun juga tidak perlu menyetok barang sendiri. Bisnis ini bisa menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki modal terbatas. Pelakunya pun bisa dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, karyawan, dan lain sebagainya.

Istilah bisnis afiliasi sendiri sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Namun bukan tidak mungkin jika sebenarnya kamu belum tahu apa itu bisnis afiliasi dan bagaimana cara kerjanya. Untuk lebih tahu tentang model bisnis yang satu ini, yuk simak ulasan berikut:

Apa Itu Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah sistem bisnis yang melibatkan orang ketiga sebagai pihak yang akan menjual produk barang atau jasa kepada konsumen dengan imbalan berupa komisi. Komisi akan diberikan saat affiliater (seorang yang menjalankan bisnis afiliasi) berhasil menjual produk dari sebuah perusahaan atau produsen yang bekerjasama dengan dirinya.

Sebagai contoh, misal kamu tidak memilik produk atau jasa yang bisa dijual, kemudian kamu ingin menjual produk atau jasa orang lain kepada konsumen/pembeli. Dari penjualan tersebut, pihak pertama (owner) berhak memberikan komisi kepada kamu yang telah berhasil menjual produk atau jasanya.

Bisnis ini sangat tepat dipilih untuk kamu yang ingin mencoba usaha namun tidak memiliki modal yang cukup. Mengapa demikian? Karena melalui bisnis afiliasi kamu tetap bisa berjualan meskipun tidak memiliki modal dan stok barang. Barang bisa berasal dari perusahaan, perseorangan, home industri, dan lain-lain.

Cara Kerja Affiliate Programs Marketing

Affiliate Programs

Bagi yang ingin menjadi affiliater, modal utama yang diperlukan adalah jaringan internet. Selain jaringan internet, kamu juga harus memiliki beberapa akun media sosial. Dimana akun-akun inilah yang akan kamu gunakan untuk mempromosikan produk barang atau jasa kepada konsumen hingga mereka berminat untuk membelinya.

Menjadi seorang affiliater kamu juga diharuskan untuk mendaftarkan diri ke perusahaan atau situs afiliasi. Kemudian kamu akan mendapatkan sebuah link afiliasi yang digunakan untuk berpromosi. Link yang diberikan harus dipromosikan melalui sosial media yang kamu miliki. Ketika ada yang mengklik link tersebut atau membeli produk yang kamu promosikan, maka kamu akan mendapatkan komisi dari perusahaan.

Perlu diketahui, bahwasanya besarnya komisi yang kamu terima sangat bervariasi tergantung dari produk barang atau jasa yang kamu jual dan syarat yang telah ditentukan oleh pihak perusahaan.

Jenis Pembayaran Affiliate Marketing

Ada beberapa jenis pembayaran yang bisa diterima oleh affiliater dari bisnis afiliasi yang dijalankan. Dimana mereka bisa mendapatkan komisi atau keuntungan tanpa perlu membeli produk yang dipromosikan. Affiliater juga tidak perlu menyetok barang, sehingga sangat mudah bagi para pemula untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Berikut jenis pembayaran untuk affiliate marketer:

1.      Pay Per Click

Sistem pembayaran yang satu ini didapatkan dari banyaknya jumlah klik yang dihasilkan dari pembaca. Affiliater akan mengarahkan pembaca dari media atau platform marketing affiliate ke website marchant. Dalam hal ini affiliater harus bisa melakukan promosi sebaik mungkin agar pembaca penasaran dan berpindah ke website marchant dengan mengklik link yang disediakan. Semakin banyak pembaca yang berkunjung ke web marchant, maka semakin banyak jumlah komisi yang didapat.

2.      Pay Per Lead

Untuk sistem pembayaran yang satu ini bisa didapatkan apabila affiliater mampu mengajak konsumen atau pembaca mengunjungi web marchent yang kemudian melakukan tindakan tertentu, seperti mencoba akun demo, menggunakan layanan produk atau jasa gratis untuk promo, mendaftar jadi anggota platform, mendownload software atau file, dan lain-lain. Baru setelah konsumen benar-benar mencoba melakukan salah satu dari tindakan tersebut, maka affiliater berhak mendapatkan komisi.

3.      Pay Per Sale

Sistem pembayaran yang satu ini adalah yang paling standart dan banyak digunakan. Dimana affiliater bisa mendapatkan komisi dari jumlah persentase penjualan barang atau jasa kepada konsumen. Jumlah persentase biasanya ditentukan oleh pihak marchent atau perusahaan. Jadi, affiliater tinggal mempromosikan saja agar pembelinya semakin banyak.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Afiliasi

Mengingat bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar dan tidak harus memiliki produk atau jasa yang bisa dijual. Maka siapapun bisa menjalankan bisnis afiliasi dengan mudah hingga sukses. Untuk menjadi seorang affiliater yang sukses hingga mendapatkan penghasilkan yang besar, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

·         Selektif  Dalam Memilih Produk

Salah satu hal yang bisa memperlancar promosimu di bidang afiliasi adalah pemilihan produk yang tepat. Sebagus apapun skill marketing yang kamu miliki, namun jika produk yang kamu jual memiliki kredibilitas yang buruk atau kurang menarik di pasaran. Bisa jadi bukan malah mendatangkan keuntungan namun justru membuang-buang yang kamu gunakan untuk melakukan promosi. Jadi, pilihlah produk yang tepat sebelum kamu melakukan kerjasama dengan marchent atau perusahaan yang ingin kamu promosikan produknya.

·         Mengenal Target Audiens

Untuk yang baru memulai bisnis afiliasi sangat penting bagi kamu untuk mengenal target audiens. Kamu bisa mengelompokan audiens berdasarkan produk barang atau jasa yang dipromosikan. Dengan audiens yang tertarget, maka promosi yang kamu lakukan pun bisa tepat sasaran di mata para konsumen/pembeli.

·         Fokus Pada Ulasan yang Menarik Pembeli

Karena di dalam bisnis afiliasi bahasa marketing menjadi modal utama, maka fokuslah untuk membuat ulasan yang bisa menarik pembeli. Misalnya kamu bisa membuat ulasan-ulasan yang sesuai dengan niche produk yang dijual, menambahkan image produk yang menarik, dan lain sebagainya.

·         Perbanyak Source

Source adalah metode yang akan digunakan dalam mempromosikan produk yang akan kamu affliate. Dibanding hanya menggunakan satu source, akan lebih baik jika kamu menggunakan beberapa source untuk meningkatkan penjualan. Misalnya selain memasarkan produk lewat sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, kamu juga bisa memasarkan lewat blog, email marketing, marketplace, dan lain-lain.

Bagaimana, sudah tahukan tentang Affiliate Programs Marketing itu apa? Nah, untuk kamu yang ingin memulai bisnis namun masih terhalang dengan ketersediaan modal, produk, dan lain sebagainya. Sepertinya bisnis afiliasi bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu yang tidak memiliki produk barang atau jasa yang bisa dijual namun tetap mendapatkan keuntungan.

JojoCampaignManager

Untuk kamu yang ingin terjun dalam bisnis Affiliate Programs atau baru ingin mencobanya. JojoCampaignManager sepertinya bisa jadi pilihan tepat dalam melakukan promosi atau kampanye yang sukses menarik pelanggan. Keuntungan lain yang bisa kamu peroleh dalam satu aplikasi ini antara lain seperti optimalisasi multichannel marketing yang lebih mudah, pemasaran konten yang lebih terpusat, dan pastinya kamu bisa melakukan komunikasi tanya jawab dengan pelanggan dimanapun berada. Jadi, tunggu apalagi! Ayo gunakan fitur digital yang satu ini untuk mempermudah bisnis afiliasimu.