Afirmasi Positif dan Peran Pentingnya dalam Dunia Kerja

Afirmasi positif

Kata afirmasi mungkin tak banyak dipahami oleh orang-orang. Namun sebenarnya kata yang satu ini memiliki makna yang cukup baik. Terlebih jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut KBBI, afirmasi merupakan sebuah kata yang merujuk pada penetapan yang positif, penegasan atau peneguhan. Secara sederhana, istilah ini digunakan untuk menyemangati diri sendiri dengan kalimat-kalimat positif.

Lewat penerapan afirmasi positif ini, Anda akan terhindar dari hal-hal atau pikiran negatif yang dapat merugikan diri. Seperti meragukan kemampuan diri sendiri, tidak percaya diri, pesimis dan lain-lain. Sehingga Anda akan menjadi seorang yang memiliki semangat juang serta belajar yang tinggi. Dengan demikian, tak akan ada lagi peluang untuk pikiran negatif yang menguasai diri Anda.

Lantas, kira-kira apa saja sih pentingnya melakukan afirmasi positif itu? Bagaimana cara mengimplementasikannya? Pada artikel kali ini, Jojonomic akan memberikan seluruh pembahasan tersebut secara lengkap untuk Anda. So, simak lengkap artikelnya berikut ini, ya.

Peran Penting Afirmasi Positif

Peran penting afirmasi positif

Dalam berbagai aspek, baik itu lingkungan pekerjaan maupun pendidikan, memberikan afirmasi positif terhadap diri sendiri merupakan hal yang perlu dilakukan. Ini akan membuat Anda kembali mendapatkan kepercayaan diri dan bisa mulai mengerjakan suatu hal dengan maksimal. Terlebih jika Anda adalah orang yang sering merasa ragu karena merasa tidak cukup mampu mengerjakan suatu tugas atau mengemban tanggung jawab tertentu.

Mengucapkan afirmasi positif untuk diri sendiri akan membantu Anda dalam memberikan keyakinan bahwa Anda bisa melalui semuanya dengan baik. Anda bisa mengerjakan apapun dengan mudah selama percaya dengan kemampuan diri Anda sepenuhnya. Bahkan hal-hal yang belum pernah Anda pelajari, jika Anda bersungguh-sungguh pasti bisa menguasainya.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.


Di sinilah afirmasi positif memegang peranan yang cukup penting dalam lingkungan kerja maupun pendidikan. Agar setiap orang yang sebelumnya merasa ragu dengan kemampuan mereka kembali percaya diri setelah memberikan semangat pada dirinya sendiri. Karena hanya Andalah yang mengetahui kemampuan serta batasan diri Anda. Namun jika Anda tidak pernah mencobanya, tentu Anda tidak akan mengetahui sampai mana batas kemampuan diri Anda, bukan?

Untuk itu, menerapkan afirmasi positif pada dalam diri akan membantu Anda menyelesaikan suatu tugas atau mengemban tanggung jawab tertentu dengan lebih mudah. Anda hanya perlu percaya diri dan yakin bahwa Anda bisa melaluinya dengan baik. Kesampingkan setiap risiko atau kemungkinan terburuk yang mungkin bisa Anda alami, karena semua itu hanya ada di pikiran Anda. Mereka tak benar-benar ada sampai nanti Anda berhasil melakukannya.

Contoh Penerapan Afirmasi Positif dalam Dunia Kerja

Contoh afirmasi positif dalam dunia kerja

Berdasarkan penjelasan singkat di atas, Anda sudah bisa memahami bahwa afirmasi merupakan hal yang cukup berguna dalam mengembalikan kepercayaan diri dan memaksimalkan potensi yang Anda miliki. Namun demikian, hal ini akan sulit diterapkan jika Anda tidak mengetahui tata caranya. Nah, di bawah ini adalah beberapa contoh penerapan afirmasi positif dalam dunia kerja yang bisa Anda coba.

1. “Saya percaya bisa melakukan banyak hal selama saya berusaha dan terus mencoba”

Ucapkan kalimat ini pada diri Anda sendiri saat menemui rintangan dalam pekerjaan. Misalnya saja tiba-tiba pimpinan perusahaan memberikan tugas yang selama ini belum pernah Anda kerjakan. Dengan hanya penjelasan singkat, Anda harus menyelesaikan pekerjaan tersebut hari ini sebelum apel sore saat pulang kerja.

Dengan mengucapkan kalimat tersebut dan memantapkannya pada diri Anda, otak akan bekerja dan memberikan keyakinan bahwa Anda memang bisa melakukan segalanya selama Anda mau berusaha dan terus mencoba. Tidak masalah untuk bertanya sesekali pada atasan mengenai hasil kerja yang Anda lakukan. Apakah sudah sesuai dengan permintaan atau belum? Karena lewat hal tersebut, Anda akan belajar banyak hal, terutama dalam memenuhi ekspektasi pimpinan dan membuatnya bangga terhadap kinerja Anda nantinya.

2. “Saya membuka diri dan mau belajar pada hal-hal baru”

Membuka diri terhadap hal yang belum pernah Anda pelajari atau ketahui sebelumnya merupakan cara paling mudah untuk berkembang dan menambah wawasan Anda terhadap berbagai hal. Dalam dunia kerja, Anda akan menemukan banyak pengalaman baru yang bisa diperoleh dari rekan maupun atasan di perusahaan. 

Anda pun bisa menerapkan hal yang Anda pelajari tersebut dalam kehidupan sehari-hari untuk mengembangkan potensi serta kompetensi dalam diri. Selain itu, jika perusahaan melakukan rotasi karyawan pada masing-masing divisi, kalimat afirmasi positif yang satu ini juga akan membantu Anda dalam meyakinkan diri sendiri untuk belajar lebih terhadap berbagai macam hal.

3. “Saya akan meninggalkan kebiasaan buruk saya di masa lampau dan menggantinya dengan kebiasaan baru yang lebih positif”

Jika kemarin Anda adalah sosok yang sulit fokus dan kurang produktif di kantor. Mulai hari ini cobalah untuk mengucapkan kalimat afirmasi positif yang satu ini. Di mana Anda berjanji untuk berusaha meninggalkan kebiasaan buruk yang lama dan menggantinya dengan kebiasaan baru yang lebih positif. Seperti dengan mulai membuat to do list, membagi waktu antara bekerja dan beristirahat, fokus terhadap tujuan utama, lebih produktif saat jam kerja di kantor dan lain-lain.

Anda tak harus berhasil melakukannya dalam sekali percobaan. Karena tak ada seorang pun yang dapat berubah dalam sekejap. Mereka juga membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang untuk akhirnya menciptakan kebiasaan positif yang baru.

4. “Saya tidak malu untuk bertanya ketika ada hal yang tidak dipahami saat proses pembelajaran”

Bekerja di suatu perusahaan, artinya Anda akan belajar banyak hal baru dari seluruh orang yang terlibat dalam operasionalnya. Anda bisa belajar tentang pemasaran dari divisi marketing, belajar tentang keuangan dari divisi administrasi dan keuangan, belajar tentang leadership dari atasan atau pimpinan perusahaan dan masih banyak lagi lainnya.

Bahkan jika Anda adalah seorang karyawan baru dalam sebuah perusahaan dan sedang dalam masa orientasi atau adaptasi terhadap sistem serta alur kerja perusahaan tersebut. Tak ada salahnya jika Anda bertanya saat tiba pada suatu penjelasan namun Anda tidak memahaminya. Karena seperti kata pepatah, lebih baik bertanya daripada sesat di jalan.

Buang gengsi dan rasa malu Anda. Gantikan dengan keinginan serta tekad kuat untuk belajar hal baru dan membuka diri dengan semua hal tersebut.

5. “Kerja keras yang saya lakukan pasti membuahkan hasil yang memuaskan”

Dalam bekerja, Anda pasti akan menemukan titik jenuh terlebih ketika Anda merasa bahwa yang Anda lakukan saat ini tidak memberikan dampak sama sekali. Percayalah bahwa setiap tanggung jawab dan tugas yang Anda selesaikan penting bagi kelangsungan perusahaan tempat Anda bekerja.

Selain itu yakinkan pada diri Anda bahwa setiap kerja keras yang Anda lakukan saat ini dengan sungguh-sungguh pasti akan memberikan hasil yang memuaskan di masa mendatang. Sebagai contoh, cobalah menoleh ke belakang dan lihatlah bagaimana usaha yang Anda lakukan saat itu hingga membawa Anda ke titik yang sekarang. Sekecil apapun proses yang Anda lakukan, mereka semualah yang membentuk Anda saat ini dan akan begitu seterusnya.

Penutup

Jojo Times

Demikianlah artikel mengenai definisi dari afirmasi positif, peran penting serta contohnya dalam dunia kerja. Sebagai seorang yang tengah merintis karir, Anda harus bisa meyakinkan diri sendiri bahwa Anda berharga dan setiap proses yang Anda lakukan dengan sungguh-sungguh akan memberikan hasil yang maksimal di masa mendatang.

Jangan pernah mati berharap bahwa Anda tidak bisa meraih kesuksesan. Sebab Anda adalah apa yang Anda pikirkan saat ini dan Anda usahakan. Jika Anda berpikir bahwa Anda adalah sosok yang pasti dan yakin akan sukses maka Anda tak boleh hanya membayangkannya namun juga harus diimbangi dengan usaha dan doa. Karena sukses tidak terjadi dengan sendirinya, ia butuh proses dan pencapaian yang begitu panjang. Namun tak semua orang bisa melihatnya.

Afirmasi positif diperlukan untuk membantu seseorang dalam meningkatkan semangat kerja serta bekerja lebih produktif dari biasanya. Selain itu, perusahaan juga dapat berperan dalam membantu meningkatkan produktivitas karyawan lewat menggunakan sistem absensi seperti Jojo Times.

Jojo Times merupakan sebuah aplikasi yang dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerja tim hingga 100 persen. Lewat berbagai macam fiturnya yang cukup lengkap mulai dari monitoring karyawan, laporan kehadiran bulanan, mobile check-in dan check-out, biometric face recognition dan masih banyak lagi lainnya. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Times dan permudah cara Anda dalam mengelola absensi perusahaan dan tingkatkan efektivitas kinerja tim sekarang juga!