Akuisisi Adalah Salah Satu Langkah Strategis Dalam Bisnis

akuisisi adalah

Akuisisi adalah sebuah istilah yang tentu saja kurang familiar bagi masyarakat publik. Namun rupanya isilah ini sudah bukan hal asing lagi di dunia usaha dan ekonomi. Isilah akuisisi memang sering digunakan dalam bidang perekonomian yang di dalamnya erlibat beberapa organisasi. Istilah ini sendiri bisa diartikan sebagai pemindahan kepemilikan perusahaan atau aset.

Dalam hal ini terjadi pembelian saham dengan jumlah sebanyak lebih dari 50% di dalam industri perbankan. Kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya pengambilalihan kepemilikan atas sebuah perusahaan atau aset. Akuisisi ini juga dianggap sebagai suatu cara atau hal yang dilakukan dalam memperbesar sebuah perusahaan yaitu dengan cara memiliki perusahaan yang lainnya.

Ciri Akuisisi Adalah Berikut Ini

Penggabungan dua perusahaan

Pada proses akuisisi rupanya terjadi penggabungan antara dua jenis perusahaan. Dua perusahaan bisa bergabung karena adanya pengambilalihan atau takeover atas kepemilikan saham suatu perusahaan oleh perusahaan lainnya. Jadi pada proses ini terjadi pembelian aset perusahaan oleh perusahaan lainnya. Maka perusahaan yang akuisitormembeli sebagiansaham perusahaan yang diakuisisi sehingga dua perusahaan tersebut bergabung.

Pengendalian manajemen oleh akuisitor

Pada proses akuisisi rupanya perusahaan akuisitor melakukan pembelian terhadap perusahaan lainnya. Hal ini terjadi karena adanya kesepakatan tepatnya setelah perusahaan akuisitor bersedia membeli aset perusahaan lain dengan jumlah saham yang lebih banyak hingga lebih dari 50%. tentu saja proses manajemen perusahaan akan diambil alih oleh perusahaan akuisitor.

Pembelian saham atau aset perusahaan

Sudah bisa dilihat dengan sangat jelas bahwa pada proses akuisisi rupanya dua perusahaan bergabung karena adanya pembelian saham oleh suatu perusahaan atas aset perusahaan lainnya. Maka dalam hal ini proses pengambilalihan perusahaan terjadi karena adanya pembelian saham. Sedangkan saham sendiri merupakan bukti kepemilikan atas suatu aset perusahaaan oleh seseorang atau sebuah instansi perusahaan.

Perusahaan yang diambil alih akan melebur

Dalam akuisisi pada intinya terjadi proses ambil alih oleh perusahaan dengan jumlah saham yang lebih banyak. Sedangkan perusahaaan yang manajemennya diambiol alih bukan berarti berhenti beroperasi. Namun perusahaan yang diambil tetap bisa beroperasi bersama-sama dengan pihak perusahaan yang mengambil alih. jadi perusahaan yang dibeli akan tetap ada dan akan tetap beroperasi seperti biasa. Hanya saja kepemilikan dikuasai oleh perusahaan dengan jumlah kepemilikan saham mayoritas.

Kedua belah pihak perusahaan masih beroperasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pihak perusahaan yang dibeli sahamnya tetap boleh beroperasi. Jadi perusahaan tersebut tidak akan hilang karena perusahaan tersebut masih tetap ada. Hanya saja kepemilikannya sudah berubah karena diambil alih oleh perusahaan lain.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tujuan Akuisisi Adalah Sebagai Berikut

Meningkatkan keuntungan perusahaan

Setiap aktivitas perusahaan seperti misalnya akuisisi terjadi dengan disertai tujuan tertentu. Salah satu tujuan dari proses peleburan dua perusahaan tersebut misalnya untuk meningkatkan keuntungan. Atau bisa juga perusahaan melakukan proses peleburan dengan tujuan untuk memperoleh nilai tambah atas perusahaan yang ikut dalam proses akisisi.

Memperluas pangsa pasar perusahaan

Tujuan lainnya yang sekiranya ingin dicapai oleh sebuah perusahaan akuisitor adalah untuk memperluas pangsa pasar. Mungkin saja perusahaan yang diakuisisi selama ini telah berhasil memperoleh pangsa pasar yang cukup luas. Maka pihak perusahaan akuisitor bisa memperluas pangsa pasarnya sesuai dengan pangsa pasar yang sebelumnya telah dimiliki oleh perusahaan yang diakuisisi.

Mengamankan pasar dari pesaing

Bisa saja akuisisi dilakukan dengan tujuan unuk mengamankan pasar dari pesaing. Dalam hal ini sebuah perusahaan tentunya ingin memperkuat posisinya misalnya pada segmen pasar tertentu. Maka perusahaaan ini akan berusaha untuk mengakuisisi perusahaan pesaing yang sekiranya dianggap bisa melindungi segmen market yang ingin dikuasai. Tentunya perusahaan akuisitor akan menjadi kuat karena adanya gabungan dari perusahaan pesaing yang sudah kuat posisinya.

Mengembangkan produk baru

Mungkin saja sebuah perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya kemudian menghasilkan suatu produk baru. Kemudian produk baru yang dihasilkan tersebut dianggap berkualitas oleh perusahaan lainnya dan ingin dikembangkan. Maka perusahaan lain bisa saja mengakuisisi produk yang dicipakan sehingga bisa melakukan pengembangan produk secraa lebih lagi.

Manfaat Akuisisi Adalah Seperti Ini

Mengalami tingkat pertumbuhan yang lebih cepat

Selain memiliki tujuan tertentu rupanya proses akuisisi juga memiliki beberapa manfaat. salah satu manfaat dari proses pelebuaran dua perusahaan yaitu adanya tingkat pertumbuhan yang relatif lebih cepat bagi kedua belah pihak perusahaan. Dengan adanya peleburan dua perusahaan maka pertumbuhan menjadi lebih cepat daripada pertumbuhan yang dilakukan secara internal.

Mengurangi persaingan bisnis

Persaingan bisnis sekarang ini tampaknya semakin merebak. Sebab semakin banyak bisnis startup yang juga semakin berkembang. Maka persaingan bisnis sekarang ini tampak semakin ketat. Oleh karena itu sebaiknya persaingan bisnis bisa dilakukan. Untuk mengurangi persaingan bisnis inimaka bisa dilakukan pembelian perusahaan. Misalnya dengan cara melakukan pembelian aset perusahaan sehingga perusahaan bisa bergabung dengan perusahaan yang mengakuisisi.

Menembus pasar baru

Manfaat selanjutnya dari proses akuisisi adalah adanya kesempatan yang lebih luas bagi sebuah perusahaan untuk menembus pasar baru. Perusahaan akuisitor umumnya bisa memasuki pasar yang baru lebih tepatnya pasar yang telah dimiliki oleh perusahaan yang diakuisisi. Mungkin saja pasar tersebut tadinya belum bisa ditembus. Namun setelah mengakuisisi perusahaan maka perusahaan akuisior bisa menembus pasar tersebut.

Meningkatkan kemampuan manajerial

Selanjutnya manfaat dari akuisisi adalah adanya peningkatan kemampuan manajerial atau managerial skill. Dalam hal ini perusahaan bisa meningkatkan kemampuan para stafnya untuk bisa meningkatkan kemampuan manajerial. Harapannya agar nantinya perusahaan bisa memiliki SDM yang mampu mengelola aset perusahaan dengan baik.

Alasan Perusahaan Melakukan Akuisisi Adalah Umumnya Berikut Ini

Akuisisi adalah sebuah kondisi saat sebuah perusahaan dengan set yang lebih besar mengambil alih perusahaan lainnya. Tentunya hal ini terjadi karena beberapa kondisi seperti misalnya karena kondisi keuangan yang emmaksa sebuah perusahaan untuk menjual sahamnya pada perusahaan lain. Dengan cara ini maka nantinya perusahaan yang diakuisisi bisa tetap beroperasional walaupun aset kepemilikannya beralih ker perusahaan lain.

Selain itu bisa juga akuisisi terjadi karena adanya moif ekonomi. Dalam hal ini perusahaan ingin agar usahanya mengalami pertumbuhan secara lebih cepat. Maka dari itu selalu tetapkan sistem yang tepat pada perusahaan, misalnya melalui penggunaan payroll yang optimal. Salah satunya dengan menggunakan JojoPayroll, solusi payroll yang berbasis cloud yang dapat mendukung bisnis dan terintegrasi dengan sistem akuntansi maupun transfer bank yang real-time.

Hal ini karena ada beberapa fitur pendukung menarik yang terdapat di dalam JojoPayroll. Di antaranya yaitu sebagai berikut.

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Jadi jangan ragu, segera beralih pada aplikasi payroll buatan Jojonomic tersebut. Segera dapatkan demo gratis dan rasakan manfaatnya sekarang juga.