Akuntansi Sektor Publik Bagi Perusahaan

Perusahaan negeri pasti membutuhkan akuntansi sektor publik sebagai acuan untuk membuat berbagai keputusan. Pemerintahan pusat serta daerah harus menggunakan akuntansi sejenis ini. lalu selain dua hal tersebut apa saja yang termasuk kedalam sector public?. Sector public meliputi LSM atau lembaga swadaya masyarakat, instansi pendidikan dan rumah sakit.

Kendati hasil akhir yang diberikan hampir sama. Akuntasi pada sector ini akan sangat berbeda dengan komersil. Ini terlihat dari tujuan utama sector public yaitu memberikan pelayanan. Dimana pemberian pelayanan kepada public seringkali perusahaan tidak mendapatkan profit dalam hal finansial.

Tapi pemerintah mengakalinya dengan memperlakukan pajak. Kemudian pajak ini akan menjadi sebuah pemasukkan untuk berbagai perusahaan milik Negara ini. perbedaan dari akuntansi sektor publik dengan komersil adalah pada metode pelaksanaan. Sektor pemerintahan memiliki standar dalam pengerjaan akuntansinya sendiri. Mari kita pelajari lebih dalam mengenai akuntasi ini.

Akuntansi Sektor Publik Lebih Kompleks

Seperti yang diketahui pengelolaan organisasi yang memiliki tujuan untuk publik memang lebih kompleks. Daripada organisasi komersil yang hanya berfokus kepada laba. Sebab organisasinya saja sudah heterogen sekali jadi dalam pengambilan keputusan terkait akuntansi sektor publik. Setiap orang didalamnya harus melakukan keputusan berdasarkan hasil analisa akuntansi ini.

Keuntungan yang dimiliki oleh lembaga dengan sektor publik mungkin dari dana yang tidak terbatas. Sebab ia akan selalu disokong oleh pemerintah melalui pajak. Masalahnya hanya pada penggunaa dana itu sendiri. Seringkali melimpahnya dana ini malah disalahgunakan oleh anggota didalam organisasi publik tersebut.

Contoh penyalahgunaan yang paling sering terjadi adalah seperti korupsi. Mungkin ini karena lemahnya pengawasan akuntansi sektor publik sehingga setiap anggota bisa dengan bebas melakukan jenis kecurangan seperti ini. apabila pengawasan lebih ketat mungkin tindak kejahatan korupsi tidak akan pernah ada.

Tapi karena pada dasarnya semua anggota yang berada didalam perusahaan atau organisasi tersebut adalah manusia. Jadi tidak akan pernah lepas dari keadaan gelap mata ketika melihat sejumlah uang yang begitu besar dan tanpa diberlakukannya pengamanan.

Disinilah fungsi terpenting yang dimiliki oleh akuntansi sektor publik. Pencegahan daripada tindak kejahatan korupsi. Apabila dana yang dimiliki oleh organisasi publik digunakan dengan baik. Sudah pasti profit utamanya akan dirasakan oleh masyarakat Negara tersebut. Uniknya karena orientasinya untuk memberikan pelayanan.

Maka objek dan targetnya tidak selalu mengenai tentang uang saja. Ini yang menjadi pembeda dari organisasi komersil dan pemerintahan. Sebab walaupun tidak mendapatkan profit berupa uang, sektor publik bisa dikatakan sukses jika memberikan pelayanan yang bermanfaat kepada masyarakat.

Akuntansi Sektor Publik Berikan Pelayanan Nomor Satu Adalah Tujuan Pasti

Sebagai sebuah organisasi sektor publik maka tujuannya adalah untuk memberikan pelyanan sebaik-baiknya. Maka didalam akuntansi sektor publik analisa pertama yang dilakukan adalah dari segi pelayanan dan hasil darinya. Harus ditentukan barometer yang jelas. Entah itu dari tersampaikannya pelayanan secara merata ataukah berdasarkan hasil pelayananya.

Tentu saja organisasi seperti inipun memiliki stakeholder sebagai penyedia dana tambahan. Mungkin terlihat lebih mudah untuk mendapatkan stakeholder ketika kondisi organisasi adalah berfokus kepada sektor publik. Tapi kenyataannya tidak seperti itu, stakeholder yang akan menanamkan dana investasinya juga akan mempertimbangkan keuntungan.

Peran serta  akuntansi sektor publik untuk memberikan segala informasi dan mengkomunikasikannya kepada para stakeholder merupakan nilai positif. Tanpa adanya akuntasi dengan orientasi sektor publik. Maka para pengelola organisasi tersebut akan kewalahan dalam menjalankan aktivitasnya. Apalagi jika organisasi tersebut ingin melebarkan sayapnya.

Laporan Keuangan Merupakan Evaluasi Dan Bentuk Pertanggungjawaban

Dalam segi ekonomi akuntansi sektor publik tetap harus melakukan laporan keuangan. Fungsi laporan keuangan ini sebagai barometer evaluasi dari segi internal. Berbagai perbaikan dan peningkatan bisa didapatkan setelah dikeluarkannya laporan keuang. Para anggota bisa melihat dengan jelas apakah dana yang telah dikeluarkan memang efektif atau tidak.

Sedangkan dari segi eksternal akuntansi sektor publik membuat laporan guna mempertanggungjawabkan setiap penggunaan. Mungkin ini akan sesuai dengan peraturan pemerintah yang mengharuskan transparansi penggunaan dana oleh organisasi-organisasi sektor publik.

Tentu saja laporan keuangan dijadikan acuan untuk menilai kualitas dari organisasi tersebut. Sekaligus laporan ini menjadi perbandingan bagi setiap organisasi sektor publik yang berperan didalam sebuah Negara. Contohnya saja dari laporan keuangan anda bisa mengetahui kualitas LSM A dan B. dilihat dari bagaimana kedua LSM itu untuk menggunakan setiap dana yang dimilikinya.

Perbandingan harus dilakukan dengan dua variable yang memiliki jumlah dana sama. Kemudian target yang dimilikinya juga sama. Dengan begitu anda bisa langsung mendapatkan keputusan mengenai kualitas dari masing-masing LSM tersebut.

Lebih jauh lagi akuntansi sektor publik akan membuat laporan keuangan sebagai jalan menentukan sikap selanjutnya. Apabila ada beberapa program kerja yang dinilai kurang efektif dan menghabiskan dana banyak. Maka sudah seharusnya program kerja seperti itu dicabut dan tidak dijalankan kembali.

Pembuatan Standar Akuntasi

Selanjutnya untuk mendapatkan hasil yang memuaskan anda harus menentukan sebuah standar. Dengan begini setiap orang yang terlibat didalam organisasi tersebut akan berkerja sesuai standar. Bisa dipahami bahwa standar ini adalah sebuah target minimal pencapaian. Tanpa mempedulikan standar tentu perkembangannya akan terhambat.

Standarisasi ini kemudian akan menjadi sebuah hal yang mendorong anggota untuk selalu konsisten dalam pelaporan keuangannya. Selanjutnya akuntansi sektor publik dapat digunakan oleh seluruh organisasi yang berfokus kepada sektor publik. Mungkin sudah menjadi keharusan apabila organisasi tersebut mengutamakan pelayanan bagi publik.

Tentu saja para anggota tidak ingin menghasilkan implikasi negative dalam pelaksaan organisasinya. Maka dari itu standarisasi dalam menjalankan akuntasi jenis ini sangat diperlukan. Mungkin jika masih awal berdiri anda tidak perlu memasang barometer yang terlalu tinggi. Cukup dengan memasang standarisasi yang diperkirakan bisa dijangkau oleh setiap anggota.

Manfaatkan Kemajuan Teknologi Untuk Akuntansi

Sudah sewajarnya organisasi sektor publik mulai melirik kemajuan teknologi untuk mempermudanya dalam mengelola berbagai hal. Salah satu utility yang bisa dimanfaatkan oleh akuntansi sektor publik adalah software JojoExpense. Aplikasi buatan Jojonomic ini telah diterapkan oleh lebih dari 300 perusahaan ternama dengan hasil yang memuaskan.

Apa saja keuntungan yang dimiliki sebuah software ini?. pertama anda bisa melakukan proses akuntansi secara otomatis. Setiap analisa dan perhitungan akan otomatis dilakukan oleh software JojoExpense. Tanpa harus campur tangan anda. Cukup masukkan saja perintah apa yang ingin dilakukan dan tunggu hasilnya.

Kedua JojoExpense menjadi software terbaik dengan aglgoritma yang bisa mendeteksi flow cash mencurigakan. Jadi anda bisa terhindari dari beragam cara penipuan khususnya korupsi jika dalam akuntansi sektor publik. Terakhir adalah anda bisa mendapatkan sejumlah informasi yang lebih mendalam. Berkat penyimpanan dan pemberkasan yang dimiliki oleh perangkat lunak ini.

Majulah dengan menggunakan demo dari JojoExpense sekarang juga. Sebab sudah tidak zaman lagi akuntansi yang merepotkan. Melainkan sekarang zamannya serba praktis dan efisien.