Alat Perekam Suara untuk Podcast

Alat Perekam Suara untuk Podcast

Sudahkah Anda tahu apa alat perekam suara untuk podcast? Jika belum, mari kita simak artikel ini!

Podcast berbeda dengan radio. Jika radio hanya disiarkan dalam bentuk suara atau audio, podcast disiarkan dalam bentuk audio dan video. Dengan kata lain podcast bisa ditonton dan didengarkan di beberapa platform online, seperti YouTube, Spotify dan lainnya.

Saat ini podcast tengah naik daun dan kerap dijadikan media diskusi dan penyampaian aspirasi baik dalam hal politik, akademis, finansial dan lainnya. Pada umumnya, siaran podcast memiliki fokus topik pembahasan untuk didiskusikan selama beberapa waktu tertentu. Namun, ada juga podcaster yang tidak menyuguhkan fokus topik pembahasan dalam siaran podcast-nya.

Jika Anda tertarik menjadi podcaster, Anda harus mengetahui sejumlah alat yang harus disiapkan untuk membuat podcast berkualitas. Apa saja alat yang dimaksud? Temukan jawabannya di bawah ini!

Alat Perekam Suara untuk Podcast

Setidaknya ada lima alat yang wajib Anda siapkan untuk membuat podcast berkualitas. Di antaranya sebagai berikut:

1. Mikrofon

Pembuatan podcast tidak bisa dilakukan jika tidak ada mikrofon. Ya, mikrofon adalah alat yang wajib ada yang harus Anda siapkan untuk membuat podcast berkualitas. Pada umumnya, penonton podcast mengetahui beda mikrofon kualitas rendahan dengan kualitas nomor wahid melalui suara yang terdengar. Oleh karenanya, kami sarankan Anda untuk menyiapkan mikrofon yang bukan rendahan agar ‘bersahabat’ di telinga penonton.

Untuk diketahui, mikrofon sendiri memiliki dua jenis, yakni mikrofon analog dan mikrofon USB. Mikrofon analog mengharuskan Anda menyiapkan perangkat tambahan untuk mengonversikan suara (audio) ke dalam bentuk digital. Sedangkan mikrofon USB tidak membutuhkan perangkat tambahan untuk mengonversikan audio ke dalam bentuk digital

Jadi, mikrofon USB memiliki harga yang lebih murah dibandingkan mikrofon analog. Namun, mikrofon USB menghasilkan kualitas audio tidak sebagus yang dihasilkan mikrofon analog. Jadi, kami merekomendasikan Anda menggunakan mikrofon analog untuk membuat podcast berkualitas.

2. Perekam XLR Portabel

Alat kedua yang perlu Anda siapkan adalah perekam XLR portabel. Ini merupakan perangkat tambahan yang wajib ada jika Anda menggunakan jenis mikrofon analog. Ya, sebagaimana diterangkan di atas, perekam XLR portabel ini berperan menangkap suara lalu mengonversikannya ke dalam bentuk digital.

Rekaman audio bisa disimpan ke dalam memori card yang kemudian bisa dipindahkan ke komputer dengan cara memasukkannya di slot yang tersedia. Sehingga, Anda bisa mendengarkan rekaman audio tersebut via komputer.

3. Alat Perekam Suara untuk Podcast Berikutnya: Audio Interface

Jika Anda ingin merekam suara podcast secara langsung ke komputer dengan mikrofon analog, maka Anda membutuhkan alat bantu berupa audio interface. Alat ini dapat membantu Anda dalam memasukkan satu atau beberapa mikrofon analog dan mengubah audio analog ke bentuk digital.

Pada umumnya, audio interface dapat terhubung ke komputer dengan bantuan USB atau Firewire. Anda dapat memperoleh alat ini dengan harga yang beragam. Ya, audio interface ditawarkan dengan harga beragam sesuai dengan spesifikasi dan juga kualitas yang dihasilkan.

4. Perangkat Komputer

Alat berikutnya yang harus Anda hadirkan untuk membuat podcast adalah perangkat komputer. Dalam pengerjaan podcast, komputer berperan dalam proses perekaman, pengeditan hingga pengunggahan podcast yang telah Anda buat.

alat perekam suara untuk podcast

Nah, Anda harus memerhatikan cara Anda merekam, karena cara yang Anda gunakan akan berpengaruh terhadap perangkat komputer yang Anda perlukan. Anda dapat merekam secara langsung dengan komputer ataudengan menggunakan alat khusus. Jika Anda memutuskan merekam menggunakan alat khusus, sebaiknya Anda menggunakan port yang tepat.

Misalnya, Anda memilih menggunakan mikrofon analog dengan perekam XLR portabel atau audio interface maka peralatan lain yang perlu disiapkan adalah jack audio-in 3,5 mm, port USB dan (dalam keadaan tertentu) siapkan juga port Firewire.

Sebelum mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli beberapa peralatan. Sebaiknya Anda dapat memastikan cara yang Anda gunakan dan memastikan komputer yang Anda miliki telah dapat mendukungnya atau tidak.

5. Alat Perekam Suara untuk Podcast Berikutnya: Digital Audio Workstation

Alat perekam suara untuk podcast selanjutnya adalah digital audio workstation. Untuk mengahasilkan rekaman dan editan dengan kualitas yang bagus, Anda memerlukan alat ini. Jangan lagi bingung, karena kini telah banyak pilihan digital audio workstation yang bisa Anda gunakan, mulai dari yang berbayar hingga gratisan.

Jika Anda memiliki cukup banyak bujet untuk menghasilkan podcast yang berkualitas, Anda bisa menggunakan DAW berlisensi yang biasa digunakan oleh profesinal, seperti Reason atau Pro Tools.

Jika Anda seorang pemula dalam dunia podcast, Anda bisa mencoba Adobe Audition yang memiliki tarif lebih murah. Bahkan, ketika Anda tidak ingin mengeluarkan bujet tambahan, Anda bisa memanfaatkan software gratis seperti Audicity.

6. Pop Filter

Semakin lengkap alat perekam suara untuk podcast Anda, maka semakin berkualitas pula hasilnya. Pop filter adalah salah satu alat yang Anda butuhkan untuk menghasilkan suara audio yang jelas.

alat perekam suara untuk podcast

Dengan menggunakan alat ini, suara rekaman yang Anda buat akan lebih bagus. Pop filter mungkin memang kurang terlalu dibutuhkan. Namun, tidak ada salahnya menggunakan alat ini karena biayanya (juga) tidak mahal. Bahkan, Anda bisa lho meminimalisir biaya pembelian dengan cara membuatnya sendiri dengan menggunakan beberapa barang yang sudah tersedia di sekitar rumah Anda.

7. Headphone

Untuk mendengarkan hasil rekaman yang Anda buat, Anda memerlukan headphone yang baik. Alat ini merupakan alat esensial dalam proses pembuatan podcast. Di samping itu, alat ini juga sangat berguna untuk Anda yang sering mengadakan interview dengan para narasumber secara online.

Tidak harus merogoh kocek yang dalam, rekomendasi headphone untuk seorang podcaster adalah Audio-Technica ATH-M30x. Perlu diingat, hindari penggunaan headphone dengan mikrofon sebab kualitas keduanya cenderung kurang bagus.

8. Boom Mikrofon

Meski bukan termasuk alat yang teramat dibutuhkan di awal memulai podcast, namun boom dapat berguna sebagai tempat meletakkan mikrofon ketika podcast Anda sudah berjalan.

Dengan bantuan boom, kualitas suara rekaman Anda akan jauh lebih baik. Selain itu, Anda dapat menghindari kram pada lengan karena terlalu lama memegang mikrofon. Tentunya, dengan adanya boom mikrofon, aktivitas podcast Anda menjadi makin mudah dan tidak melelahkan.

Itulah delapan alat perekam suara untuk podcast yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, sudah siap untuk menjadi podcaster handal dan profesional? Lengkapi alat-alatnya dulu ya!

Selain itu, podcaster yang cerdas juga harus menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Aplikasi ini dapat membantu Anda mengelola pengeluaran secara efisien, akurat dan praktis.

alat perekam suara untuk podcast

JojoExpense didukung oleh fitur-fitur unggulan, seperti catat pengeluaran otomatis, approval di mana pun, pengumpulan data otomatis, transfer real-time dan lainnya. Selain dapat membantu mengelola pengeluaran, aplikasi ini juga dapat membantu Anda mengontrol anggaran agar terkelola dengan baik.

Yuk gunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.