Perkembangan Alat Transportasi dari Masa ke Masa

perjalanan

Perkembangan Alat Transportasi dari Masa ke Masa ー Alat transportasi merupakan salah satu penunjang kehidupan sehari-hari manusia, baik itu di pedesaan maupun di perkotaan. Dengan menggunnakan alat transportasi manusia dapat berpindah tempat dengan lebih cepat dan efisien.

Dalam perkembangannya, transportasi dari masa ke masa terus bergerak perlahan, bahkan terus berevolusi. Pada zaman dulu, moda transportasi dibantu dengan pemanfaatan hewan untuk perjalanan di darat dan penggunaan rakit untuk perjalanan yang melintasi sungai.

Lantas bagaimana perkembangan dan transformasi transportasi di dunia? Pada artikel kali ini, Jojonomic akan mengulas secara dalam sejarah alat transportasi di dunia dan juga di Indonesia, simak terus artikel dibawah ini!

Alat Transportasi Sebelum Industrialisasi

Mengenal Transportasi dari Masa ke Masa, Bermula dari Penemuan Roda :  Okezone Nasional

Transportasi diawali dengan penemuan roda pada sekitar 3500 tahun sebelum masehi yang digunakan untuk mempermudah memindahkan suatu barang. berikut ditunjukkan perkembangan didalam transportasi dari zaman ke zaman:

Tahun Temuan
3500 SM Penemuan roda, sebagai cikal bakal transportasi modern
3500 SM Kapal pertama sekali dikembangkan
2000 SM Kuda digunakan oleh manusia untuk transportasi
770 Sepatu kuda digunakan untuk pertama sekali
1492 Leonardo Da Vinci membuat lebih dari 100 gambar rancangan pesawat terbang
1620 Cornelis Drebbel membuat kapal selam pertama
1662 Blaise Pascal menciptakan bus angkutan umum pertama yang ditarik kuda melayanai trayek tetap, berjadwal dan penerapan sistem tarif
1769 Mobil pertama yang digerakkan dengan mesin uap
1783 Kapal uap praktis pertama dikembangkan oleh Marquis Claude Francois de Jouffroy d’Abbans – yang menggunakan roda kayuh
1790 Sepeda pertama sekali ditemukan dan digunakan
sumber: https://id.wikibooks.org/wiki/Moda_Transportasi/Sejarah_transportasi

Dari tabel diatas jelas terlihat bahwa kuda merupakan salah satu moda transportasi yang paling penting dalam kehidupan manusia, dan penggunannya pun masih dapat kita rasakan di zaman modern ini. Kuda banyak tercatat dalam sejarah dalam bentuk tunggangan ataupun kereta kuda yang banyak ditemukan dalam relief-relif yang menjadi fakta sejarah transportasi.

Alat Transportasi Setelah Zaman Industrialisasi

Jenis Lokomotif Kereta Api di Indonesia

Perkembangan transportasi setelah zaman industrialisasi berjalan dengan sangat cepat, inovasi pada zaman ini juga tak kalah cepatnya, sehingga muncul lah alat-alat transportasi yang pada saat itu mutakhir yang jauh lebih efektif dan efisien dalam menunjang kehidupan manusia.

Dimulai dengan penerapan mesin uap untuk angkutan kereta api dan kapal laut, kemudian disusul dengan ditemukannya mesin dengan pembakaran dalam. Penemuan selanjutnya yang sangat mempengaruhi sistem transportasi adalah dengan dikembangkannya mesin turbin gas, yang kemudian menjadi turbo jet yang digunakan pada pesawat terbang. Di transportasi laut penemuan yang spectakuler adalah dengan pengembangan bahan bakar nulir, banyak digunakan untuk kapal selam.

Berikut ditunjukkan perkembangan transportasi setelah zaman industrialisasi:

Tahun Temuan
1801 Lokomotif uap pertama yang ditemukan oleh Richard Trevithick yang kemudian disempurnakan oleh George Stephensen
1858 Jean Lenoir mengembangkan mobil pertama yang digerakkan dengan mesin dengan pembakaran dalam
1867 Sepedamotor pertama yang digerakkan dengan bahan bakar
1879 Werner von Siemens merancang dan mengembangkan kereta api listrik yang pertama
1885 Bens membuat kendaraan produksi pertama
1899 Ferdinan von Zeppelin menerbangkan pesawat balon udara pertama
1903 Orville and Wilbur Wright. pada tanggal 17 Desember 1903, Wright bersaudara membuat penerbangan pertama
1908 Henry Ford menerapkan sistem produksi ban berjalan untuk pembuatan mobil secara massal
1926 Roket berbahan bakar cair pertama diluncurkan
1932 Pemerintah Jerman membangun Autobahn/Jalan Bebas Hambatan pertama
1939 Pesawat terbang jet pertama Jerman diterbangkan atas dasar desain turbin yang dibuat Hans von Ohain ditahun 1936
1942 Helicopter yang didisain dan di produksi oleh Igor Sikorsky
1947 Pesawat supersonik pertama dterbangkan
1953 Kapal yang digerakkan dengan nuklir pertama diluncurkan
sumber: https://id.wikibooks.org/wiki/Moda_Transportasi/Sejarah_transportasi

Sejarah Alat Transportasi Darat di Indonesia

Tunggu 2 Tahun Lagi, Harga Mobil Listrik Baru Bisa Murah

Mobil

Kendaraan bermotor pertama hadir di Indonesia (Hindia Belanda) tahun 1893. Orang pertama yang memiliki kendaraan bermotor di Indonesia adalah orang Inggris, John C Potter, yang bekerja sebagai Masinis Pertama di Pabrik Gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur. Potter memesan langsung sepeda motornya ke pabriknya, Hildebrand und Wolfmuller, di Muenchen, Jerman. Potter pun satu-satunya orang yang menggunakan kendaraan bermotor di Indonesia pada saat itu.

Industri otomotif Indonesia dimulai tahun 1920 ketika General Motors (GM) mendirikan pabrik perakitan Chevrolet di Tanjoeng Priok (halaman 89), lalu pada tahun 1955, Pemerintah Indonesia mendatangkan mobil dari luar negeri untuk mendukung pelaksanaan Konferensi Asia-Afrika di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, 18-24 April. Mobil-mobil itu adalah Plymouth Belvedere, Opel Kapitan, dan Opel Kadett.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Motor

Sepeda motor pertama di Indonesia tiba pada tahun 1893, Sepeda motor lain terlihat pada tahun 1902 yang juga digunakan untuk menarik wagon yaitu sepeda motor Minerva buatan Belgia. Mesin Minerva saat itu juga dipesan dan digunakan pada merk motor lain sebelum bisa membuat mesin sendiri, diantaranya adalah Ariel Motorcycles di Inggris.

Tercatat PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT Federal Motor.

Sejarah Alat Transportasi Udara di Indonesia

Tunggu Edaran Satgas, Kemenhub: Naik Pesawat dan KA Masih Mengacu Aturan  Lama : Okezone Nasional

Pesawat terbang jenis Antoinette merupakan pesawat pertama yang terbang di Indonesia pada tahun 1911. Pesawat tersebut di terbangkan Gijs Kuller (orang Belanda) untuk didemonstrasikan di daerah Semarang, Yogya dan Medan, Batavia dan Solo.

Sejarah Transportasi Laut di Indonesia

Siap-siap Naik Kapal Pesiar Terbesar di Dunia pada 2022

Perusahaan pelayaran pertama didirikan di Indonesia pada tahun 1890 oleh pemerintah colonial Belanda yaitu perusahan pelayaran KPM (Koninkelijitke Paketvaart Maattscappi) dan merupakan satu-satunya perusahaan yang oleh pemerintah Belanda diberikan hak monopoli di Bidang pelayaran di Indonesia disamping kewenangan administrasi pemerintah sampai batas tertentu yang berkaitan dengan pelayaran saat itu.

Sejarah Perkeretaapian di Indonesia

Inilah Nama Kereta Api yang Diadaptasi dari Nama Hewan

Perjalanan panjang kereta api di Indonesia dimulai dari zaman penjajahan Belanda Tahun 1840 sampai saat ini 2021. Secara historis penyelenggaraan kereta api dimulai sejak zaman Pemerintah kolonial Hindia Belanda (1840-1942), kemudian dilanjutkan pada masa penjajahan Jepang (1942- 1945) dan setelah itu diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia (1945 – sekarang).

Dapat kita lihat bahwa penyelenggaraan perkeretaapian dimulai dari swasta (pada zaman Belanda), nasionalisasi republik, perusahaan negara (BUMN), dan sekarang dengan regulasi yang mendorong keterlibatan swasta dalam penyelenggaraan infrastruktur perkeretaapian diarahkan untuk dapat diselenggarakan oleh swasta.

Alat untuk Menunjang Efisiensi Bisnis Anda

Semua proses produksi dan kinerja perusahaan akan berjalan dengan baik dan lancar jika ditunjang oleh teknologi digital. Terutama sekali untuk manajemen keuangan yang berkaitan dengan pengelolaan aset serta pengeluaran anggaran perusahaan.

Agar semua tujuan tersebut tercapai maka diperlukan software yang bisa membantu kinerja team keuangan Anda untuk menampilkan laporan keuangan yang detail dan akurat serta cepat.

Untuk pengelolaan pembukuan yang lebih baik, Anda bisa menggunakan software akuntansi JojoExpense yang dapat mengoptimalkan proses pencatatan keuangan bisnis Anda. Gunakanlah software akuntansi JojoExpense yang memiliki fitur terbaik dan mudah digunakan sekalipun Anda tidak memiliki pemahaman mendalam tentang ilmu akuntansi dan IT.

JojoExpense Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, serta memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

Jadi tunggu apalagi, segera coba gratis JojoExpense sekarang juga!