Analisis Jurnal : Pengertian, Cara Analisa, dan Contohnya

analisis jurnal

Hal pertama yang harus diajarkan sebelum belajar menulis karya ilmiah adalah memahami karya tulis ilmiah itu sendiri melalui contoh analisis jurnal. Makalah ilmiah biasanya dipublikasikan di jurnal. Jurnal ilmiah adalah majalah terbitan dan biasanya memuat KTI (Karya Tulis Ilmiah).

KTI sebenarnya memuat data dan informasi ilmiah dan teknis yang disampaikan, serta ditulis dan diterbitkan secara berkala sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah. Oleh karena itu, beberapa dosen akan memberikan pekerjaan rumah kepada mahasiswanya untuk menganalisis jurnal tersebut. Tanggung jawab tugas tersebut meliputi:

  • Sediakan bagi siswa pengantar jurnal yang sebenarnya.
  • Dapat meningkatkan kemampuan analitik mahasiswa dalam menghasilkan jurnal ilmiah.
  • Mahasiswa dapat menemukan kelemahan dan kelebihan jurnal yang dianalisis.

Oleh karena itu, untuk memudahkan Anda dalam memahami analisis jurnal, mohon perhatikan pengertian analisis jurnal berikut ini:

Pengertian Analisis Jurnal

analisis jurnal

Analisis jurnal adalah kegiatan untuk memperhatikan esensi utama dari penelitian yang telah dipublikasikan oleh sumber daya ilmiah, kemudian memadukannya dengan gagasan dan gagasan penganalisis. Dalam analisis jurnal, kita akan memberikan pernyataan singkat dan deskriptif dari jurnal.

Dengan cara ini, pembaca analisis dapat memahami arti dari keseluruhan isi jurnal tanpa perlu repot membaca keseluruhan isinya. Ini adalah metode untuk menganalisis artikel jurnal agar lebih efektif, jelas, dan bermanfaat. Arti dari analisis jurnal mengacu pada proses pemecahan topik penelitian atau materi kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih kecil untuk lebih memahami hasil penelitian yang telah diusulkan.

Teknik analisis jurnal ini telah digunakan dalam penelitian pendidikan masa Aristoteles (384-322 SM), meskipun analisis sebagai konsep formal merupakan perkembangan yang relatif baru dalam karya ilmiah baik dalam bentuk jurnal internasional maupun nasional.

Bagaimana Cara Analisis Jurnal?

analisis jurnal

Dari penjelasan pernyataan tersebut diatas dapat dikatakan bahwa ada beberapa ketrampilan menulis yang dibutuhkan ketika melakukan analisis jurnal, yaitu antara lain:

Pastikan standar kualitas

Disadari atau tidak, kebanyakan jurnal sangat terspesialisasi, seperti politik, hukum, ekonomi, dan kewirausahaan. Meskipun beberapa jurnal menerbitkan artikel dan berbagai jenis karya ilmiah di berbagai bidang ilmiah, Jurnal ilmiah yang mengandung unsur artikel peer-review untuk memastikan bahwa artikel tersebut memenuhi standar kualitas jurnal dan validitas ilmiah. Oleh karena itu, sebelum menganalisis dan mereview jurnal pastikan jurnal tersebut memenuhi standar ilmiah yang akan kita kaji.

Berikan informasi rinci

Penerbitan hasil penelitian merupakan bagian penting dari semua jenis metode penelitian ilmiah. Oleh karena itu, ketika mendeskripsikan percobaan atau perhitungan, informasi yang cukup rinci harus disediakan sehingga peneliti independen dapat mengulangi percobaan atau perhitungan tersebut untuk memverifikasi hasil. Detail ini seperti menuliskan kekuatan dan kelemahan serta mencatat temuannya dalam buku catatan.

Pastikan Ilmiah

Terakhir, saat menulis laporan analisis untuk setiap artikel jurnal, harap pastikan bahwa metode bahasa yang digunakan memenuhi standar bahasa yang kita yakini. Misalnya untuk Indonesia, menurut PUBI atau KBBI, ini karena catatan artikel kita adalah bagian dari catatan ilmiah yang permanen.

Contoh Analisis Jurnal dan Penerapannya

analisis jurnal

Sebelum menerapkan analisis jurnal yang sesuai, lakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Baca ringkasannya. Abstrak adalah salah satu elemen dalam jurnal yang berbentuk paragraf pendek. Keuntungan dari abstrak adalah Anda dapat memahami sebagian kecil dari jurnal. Secara umum, abstrak diekspresikan dalam 200 kata.
  2. Latar belakang penelitian. Pada tahap ini, coba aktifkan penganalisis untuk memahami dengan cermat dan akurat subjek yang disajikan. Salah satu contohnya adalah mengetahui mengapa penelitian dilakukan dan apakah didasarkan pada tema integrasi penunjukan penelitian lainnya.
  3. Menarik kesimpulan secara langsung. Menarik kesimpulan secara langsung dapat menghemat waktu Anda untuk memahami atau sekedar memahami abstrak dari keseluruhan kajian (jurnal).
  4. Temukan poin atau posisi utama artikel. Dengan memahami dan menguasai makna argumen utama. Analis akan dapat lebih memahami dan menguasai isi jurnal. Ini akan mencegah Anda mengulanginya di buku harian. Meski begitu, tidak ada salahnya membaca ulang catatan tersebut, agar konten yang Anda analisis bisa lebih dalam dan efektif.
  5. Tinjau argumennya. Setelah menyelesaikan operasi di atas, harap membaca faktor-faktor penting dalam jurnal, dan kemudian meninjau poin-poin penting yang dicatat oleh peneliti.

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Judul Analisis Jurnal

Penerapan Metode Audiovisual STM dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmiah Siswa SDN 4 Tingkat Nuda Penida

Rangkuman Isi jurnal

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sains siswa dengan menerapkan metode STM berbantuan audio visual. The Society of Science and Technology (STM) merupakan bagian terjemahan dari Society of Science and Technology (STS). Upaya ini bertujuan untuk mengenalkan iptek dalam pengalaman dan kehidupan sehari-hari manusia, dengan tetap lebih memperhatikan permasalahan yang dihadapi masyarakat saat ini. Intinya, yang memiliki komponen iptek itu lokal, regional, nasional atau global. Dalam metode STM, media dapat membantu proses pembelajaran sains melalui metode STM di kelas yaitu melalui penggunaan media audiovisual.

Tuliskan Kelebihan Jurnal

Siswa dapat menemukan dan menyusun apa yang telah dipelajari dari kegiatan pembelajaran. Melatih siswa untuk peka terhadap dampak lingkungan akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Susunan kelompok lebih beragam, memberikan kesempatan kepada siswa yang masih kurang kemampuan bertanya atau mengutarakan pendapat, serta merefleksikan semua hasil karya siswa.

Tuliskan Kelemahan Jurnal

Penerapan metode STM tentunya akan sangat bermanfaat untuk pembelajaran, karena selalu menghubungkan materi dengan kehidupan nyata dan lingkungan dunia siswa. Namun dalam kegiatan pembelajaran tidak mungkin secara langsung mengajak siswa untuk berpartisipasi pada objek pembelajaran utama yang terdapat di lingkungan setiap hari.

Menyarankan dan Solusi

Guru dapat memberikan materi pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan nyata, karena dalam proses pembelajaran tidak dapat secara langsung mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam objek pembelajaran utama di lingkungan setiap hari. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran akan sangat membantu untuk mewujudkan metode STM, karena media merupakan wadah dari pesan tersebut, dan sumber atau saluran yang diharapkan dapat meneruskannya kepada sasaran atau penerima pesan tersebut.

Kesimpulan

alat

Demikianlah cara melatih kemampuan anda dalam memahami jurnal yang bisa dianalisis. Dalam proses ini untuk memaksimalkan analisis, perlu sering dilakukan latihan menulis, terutama keterampilan dasar berupa berpikir kritis dan logika.

Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan tingkat kognitif Anda dengan berbagai cara dan agar pembaca lebih mudah memahami tulisan anda, harap rajin mempelajari tulisan tersebut agar bisa mengoreksi kalimat atau kata yang hilang. Begitupun dengan laporan keuangan yang membutuhkan kemampuan logika berpikir dan analisis yang tepat.

JojoExpense, software akuntansi terpopuler dalam membuat laporan keuangan dan analisis tepat untuk mengatasi analisa laporan keuangan yang sangat sulit. Bersama dengan team Profesional Jojonomic, JojoExpense memberi solusi tepat dalam analisis keuangan perusahaan anda.

Segera daftarkan perusahaan anda sekarang juga dan nikmati uji coba JojoExpense secara gratis!