Analisis Keuangan : Pengertian, Jenis, dan Contohnya

analisis keuangan

Setiap perusahaan harus membuat laporan keuangan atas aliran dana perusahaan, terlepas dari apakah dana tersebut digunakan untuk biaya operasional atau biaya lainnya. Pembuatan laporan keuangan tidak bisa dianggap remeh, karena nantinya akan dilakukan analisis keuangan untuk mengetahui setiap detil komponen yang ada. Saat menganalisis laporan keuangan, Anda tidak bisa sembarangan.

Fungsi pelaporan keuangan adalah untuk mengetahui arus kas dan laba rugi suatu perusahaan atau perusahaan. Setelah membuat laporan keuangan, Anda tidak hanya sekedar melihat laporan keuangan, Anda juga harus dapat memeriksanya dan harus dianalisis untuk mengetahui berbagai hal terkait situasi keuangan perusahaan.

Analisis keuangan diperlukan agar laporan keuangan yang Anda hasilkan tidak terbatas pada laporan semata. Ada beberapa teknik analisis laporan keuangan yang dapat digunakan untuk berbagai jenis laporan keuangan. Beberapa teknik ini meliputi analisis ukuran umum, analisis tren, analisis perubahan persentase, dan analisis industri.

Meskipun keempat teknik analisis keuangan tersebut memiliki fungsi yang berbeda, namun ke semuanya dapat memberikan gambaran tentang potensi keuangan perusahaan. Setiap bisnis atau perusahaan harus melakukan analisis laporan keuangan yang tepat untuk mencapai tujuannya.

Pengertian Analisis Keuangan

analisis keuangan

Analisis keuangan adalah kemampuan yang digunakan untuk mengevaluasi kelangsungan bisnis, stabilitas, profitabilitas bisnis, sub-bisnis atau proyek. Analisis keuangan dilakukan oleh seorang profesional yang menggunakan informasi yang ditampilkan dalam laporan keuangan untuk menampilkan laporan dalam bentuk rasio.

Laporan tersebut biasanya diberikan kepada manajemen puncak perusahaan sebagai acuan untuk mengadopsi kebijakan perusahaan. Berdasarkan hasil analisis tersebut, manajemen dapat mengambil berbagai keputusan manajemen, seperti:

  • Melanjutkan atau menghentikan operasi bisnis atau bagian dari bisnis.
  • Memproduksi atau membeli bahan mentah selama proses produksi.
  • Beli atau sewa mesin produksi.
  • Menerbitkan saham atau bernegosiasi untuk mendapatkan pinjaman bank untuk menambah modal kerja perusahaan.
  • Berbagai keputusan lain memungkinkan pihak manajemen untuk membuat pilihan yang tepat tentang berbagai pilihan yang ada dalam manajemen perusahaan.

Analisis Laporan Keuangan

analisis keuangan

Analisis laporan keuangan adalah metode atau teknik yang digunakan untuk memeriksa laporan keuangan secara komprehensif. Umumnya, perusahaan atau organisasi menggunakan analisis ini untuk memeriksa semua jenis laporan keuangan secara berkala. Analisis ini sangat penting karena Anda dapat melihat stabilitas keuangan bahkan menghitung untung rugi perusahaan.

Saat melakukan analisis keuangan, analis menjelaskan setiap komponen laporan keuangan untuk memperoleh informasi rinci. Informasi mengenai komponen laporan keuangan sangat penting untuk menentukan status keuangan perusahaan. Sehingga dapat dijadikan sebagai acuan pengambilan keputusan.

Tujuan Analisis Keuangan

analisis keuangan

Analisa keuangan biasanya mengevaluasi bisnis berdasarkan kondisi Profit, Solva, Likuid, dan Stabil.

Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan dan mendukung pertumbuhan dalam jangka pendek dan panjang. Profitabilitas perusahaan biasanya dilihat dari laporan laba rugi perusahaan yang menunjukkan laporan kinerja perusahaan.

Solvabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi seluruh kewajibannya yang diukur dengan membandingkan seluruh kewajiban dengan seluruh aset dan membandingkan semua kewajiban dengan ekuitas.

Likuiditas adalah kemampuan perusahaan untuk mengukur kewajiban lancarnya dengan menggunakan rasio antara aktiva lancar dan kewajiban lancar.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Stabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan untuk mempertahankan usahanya dalam waktu yang lama tanpa mengalami kerugian. Untuk menilai stabilitas perusahaan digunakan laporan laba rugi dan neraca perusahaan serta berbagai indikator keuangan dan non keuangan lainnya.

Jenis laporan keuangan yang dapat dianalisis

laporan

Saat menganalisis laporan keuangan, beberapa jenis analisa biasanya digunakan. Masing-masing jenis analisis ini digunakan untuk tujuannya sendiri. Berikut adalah berbagai jenis laporan analisa yang biasa digunakan oleh akuntan perusahaan untuk memperoleh informasi lengkap dari laporan keuangan.

Tentu saja, ketika menganalisis laporan keuangan, manajer atau akuntan perusahaan tidak dapat menggunakan jenis analisis yang sama untuk semua laporan keuangan. Setiap laporan keuangan harus dianalisis dengan menggunakan jenis analisis yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa laporan keuangan yang biasanya dianalisis oleh manajer atau akuntan:

Perubahan laporan status keuangan

Dalam laporan perubahan status keuangan, manajer atau akuntan keuangan dapat melihat sumber dan penggunaan kas. Dengan kata lain, manajer dapat melihat setiap sumber dan bagaimana dana perusahaan digunakan. Adanya laporan ini sangat penting bagi manajer atau akuntan untuk menganalisis perubahan laporan keuangan dan arus kas perusahaan.

Neraca

Neraca dalam bidang akuntansi merupakan laporan keuangan suatu perusahaan dan menunjukkan status keuangan perusahaan pada waktu tertentu. Komponen tertentu yang termasuk dalam neraca merupakan data historis dari aset yang ada. Data tersebut menunjukkan setiap sumber dana atau modal, baik yang berasal dari pemegang ekuitas maupun hutang perusahaan.

Laporan laba rugi

Seperti namanya, laporan tersebut menunjukkan status keuangan suatu perusahaan yang meraup untung atau merugi. Laporan laba rugi ini mencantumkan berbagai catatan untung dan rugi yang dialami perusahaan. Catatan laba rugi perusahaan dapat berasal dari penjualan produk perusahaan dan biaya yang harus ditanggung perusahaan.

Contoh Analisis Laporan Keuangan

Contoh analisa keuangan sederhana. Untuk lebih memahami analisis keuangan perusahaan, Anda dapat melihat contoh berikut. Misalnya, Anda dapat membandingkan kas $150.000 di neraca tahun berjalan dengan kas $100.000 di neraca tahun sebelumnya. Uang tunai tahun ini bisa dikatakan 1,5 atau sebanyak 150% dari total tahun sebelumnya. Atau naikkan 50% atau Rp 50.000.000.

Program analisis juga dapat digunakan secara luas untuk memeriksa hubungan dalam laporan keuangan. Misalnya, asumsikan bahwa total aset $1.000.000 di neraca termasuk $50.000 dalam bentuk tunai dan $250.000 dalam persediaan. Secara relatif, saldo kas total adalah 5% dari total aset. Persediaan menyumbang 25% dari total aset.

Metode Analisis Keuangan

Analisa keuangan biasanya menggunakan rasio keuangan solvabilitas, profitabilitas dan tingkat pertumbuhan bisnis.

  • Kinerja selama periode waktu tertentu, seperti 5 tahun.
  • Kinerja masa depan: Gunakan kinerja masa lalu dan angka dari teknik matematika dan statistik, termasuk skor saat ini dan masa depan. Metode kalkulasi ini adalah penyebab kesalahan analisis keuangan, dan statistik masa lalu dapat menyebabkan prakiraan yang rendah untuk masa depan.
  • Perbandingan kinerja berarti membandingkan kinerja beberapa perusahaan dalam industri sejenis.

Kesimpulan

Analisis keuangan adalah alat yang berguna dengan banyak keuntungan. Pertama, anda dapat memberikan informasi kepada investor, yang akan mempengaruhi keputusan untuk menginvestasikan dananya di perusahaan atau perusahaan yang Anda kelola.

Kedua, pemerintah dan otoritas yang telah memperoleh informasi dapat menentukan apakah perusahaan atau perusahaan tersebut memenuhi prinsip akuntansi dan standar akuntansi yang berlaku. Dengan cara ini, badan pemerintah akhir dapat menganalisis jumlah pajak yang dikumpulkan.

Analisa laporan keuangan merupakan laporan yang sangat penting untuk operasional suatu bisnis atau perusahaan. Bagi anda yang kesulitan membuat laporan keuangan, bisa menggunakan software akuntansi yang sudah teruji dan terbukti.

Anda dapat memilih software akuntansi JojoExpense. Dengan menggunakan JojoExpense, akan memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan dengan cepat dan akurat. Daftarkan perusahaan Anda sekarang dan nikmati uji coba gratisnya!