Pentingkah Analisis Kinerja Keuangan pada Perusahaan?

analisis kinerja keuangan

Sebuah perusahaan dimanapun baik itu perusahaan besar atau kecil mengukur kinerja manajemen keuangan perusahaan dengan metode analisis kinerja keuangan. Karena hal tersebut berkaitan erat dengan pengukuran dan penilaian kinerja internal perusahaan.

Perusahaan perlu mengukur efektifitas keuangan perusahaan agar bisa mengetahui langkah kedepannya bagi perkembangan perusahaan, dan semua ini bisa dilakukan jika mampu mengelolanya dengan baik.

Namun seberapa penting analisis keuangan perusahaan dilakukan ? kita akan bahas lebih detail dalam artikel dibawah ini.

Pengertian Analisis Kinerja Keuangan 

Pengertian dari analisis kinerja keuangan adalah rangkaian aktivitas keuangan pada suatu periode tertentu yang dilaporkan dalam laporan keuangan diantaranya laporan laba rugi dan neraca.

Selain itu kinerja keuangan juga adalah suatu analisis yang dilakukan untuk melihat sejauh mana suatu perusahaan telah melaksanakan dengan menggunakan aturan-aturan pelaksanaan keuangan secara baik dan benar.

Berdasarkan pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa kinerja keuangan adalah usaha formal yang telah dilakukan oleh perusahaan yang dapat mengukur keberhasilan perusahaan dalam menghasilkan laba, sehingga dapat melihat prospek, pertumbuhan, dan potensi perkembangan baik perusahaan dengan mengandalkan sumber daya yang ada. Untuk itu perusahaan dapat dikatakan berhasil apabila telah mencapai standar dan tujuan yang telah ditetapkan.

analisis kinerja keuangan

Tujuan membuat Laporan Keuangan

Suatu kegiatan dalam analisis laporan keuangan dapat dilakukan dengan menentukan dan mengukur antara pos-pos pengeluaran dan pemasukan yang ada dalam laporan keuangan. Kemudian, analisis laporan keuangan juga dapat dilakukan dengan menganalisis laporan keuangan yang dimiliki dalam satu periode atau beberapa periode tertentu.

Selain itu tujuan laporan keuangan perusahaan adalah menyediakan informasi posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi yang berkepentingan untuk dipakai dalam pengambilan keputusan, terutama masalah pengeluaran dan pemasukan keuangan perusahaan.

Tidak hanya itu beberapa manfaat yang ada dapat dipakai untuk mengetahui bahwa analisis laporan perusahaan sangat perlu dilakukan untuk memantau kinerja dan produktifitas perusahaan agar berjalan dengan baik. Sehingga apabila analisis terhadap laporan keuangan tidak dilakukan, mungkin perusahaan akan mengalami beberapa masalah dalam menentukan langkah kedepannya.

Manfaat Analisis kinerja Keuangan

Kita ketahui bahwa analisis laporan keuangan sangat penting bagi perusahaan, karena analisis laporan keuangan digunakan perusahaan untuk menentukan langkah tepat yang akan diambil perusahaan kedepannya. Selain untuk menentukan langkah perusahaan kedepannya, analisis laporan keuangan juga digunakan untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan perusahaan.

Ada beberapa manfaat analisis keuangan yaitu :

  1. Mengetahui posisi keuangan perusahaan dalam satu periode tertentu, baik harta, kewajiban, modal, maupun hasil yang dicapai untuk beberapa periode;
  2. Mampu menilai kelemahan dan kekuatan apa yang dimiliki perusahaan
  3. Untuk menentukan langkah-langkah perbaikan apa saja yang perlu dilakukan ke depan yang berkaitan dengan posisi keuangan perusahaan saat ini;
  4. Melakukan penelitian kinerja manajemen ke depan apakah perlu penyegaran atau tidak karena sudah dianggap berhasil;
  5. Digunakan sebagai pembanding dengan perusahaan sejenis tentang hasil yang telah mereka capai.

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tahap Analisis Laporan Keuangan

Kinerja keuangan setiap perusahaan berbeda-beda karena itu tergantung kepada ruang lingkup bisnis yang dijalankannya. Berikut ini adalah beberapa metode dalam menganalisis kinerja keuangan suatu perusahaan, yaitu :

  1. Review terhadap data laporan keuangan sehingga hasil laporan keuangan tersebut dapat dipertanggungjawabkan.
  2. Menerapkan metode perhitungan yang disesuaikan dengan kondisi dan permasalahan yang sedang dilakukan sehingga hasil dari perhitungan tersebut dapat memberikan kesimpulan sesuai dengan analisis yang diinginkan.
  3. Melakukan perbandingan terhadap hasil hitungan yang sudah diperoleh tersebut kemudian melakukan proses perbandingan dengan hasil hasil hitungan dari berbagai perusahaan lainnya.
analisis kinerja keuangan

Analisis Evaluasi Laporan Keuangan Perusahaan

Kinerja keuangan perusahaan dapat dinilai dengan beberapa alat analisis, dan berdasarkan tekniknya analisis keuangan dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu :

1. Analisis perbandingan laporan keuangan

Teknik analisa dengan cara membandingkan laporan keuangan dua periode atau lebih dengan menunjukkan perubahan, baik dalam jumlah (absolut) maupun dalam persentase (relatif). 

2. Menganalisa tren (tendensi posisi)

Cara yang dipakai untuk mengetahui tendensi keadaan keuangan perusahaan apakah menunjukkan kenaikan atau bahkan penurunan.

3. Persentase per komponen (common size)

Teknik analisa ini dipakai untuk mengetahui persentase investasi pada masing-masing aktiva perusahaan terhadap keseluruhan atau total aktiva maupun utang.

4. Analisis sumber & penggunaan modal kerja

Cara atau teknik yang dipakai untuk mengetahui besarnya sumber dan penggunaan modal kerja melalui dua periode waktu yang dibandingkan.

5. Analisis sumber dan penggunaan kas

Teknik atau metode yang dipakai untuk mengetahui kondisi kas perusahaan disertai sebab terjadinya perubahan kas pada suatu periode waktu tertentu.

6. Rasio keuangan

Metode analisa keuangan untuk mengetahui hubungan di antara pos tertentu dalam neraca maupun laporan laba rugi baik secara individu maupun secara simultan.

7. Analisis perubahan laba kotor

Teknik analisis untuk mengetahui posisi laba dan sebab-sebab terjadinya perubahan laba.

8. Analisis break event

Cara untuk menganalisis dan mengetahui tingkat penjualan yang harus dicapai agar perusahaan tidak mengalami kerugian.

Kegiatan Perusahaan berkaitan dengan keuangan perusahaan

Divisi dalam perusahaan yang ikut menentukan hidup dan matinya perusahaan adalah divisi keuangan. Seluruh kegiatan perusahaan berdasarkan sudut pandang keuangan dibagi kedalam dua bentuk kegiatan yang utama yaitu ; 

  1. Kegiatan perusahaan yang menggunakan dana (allocation funds)
  2. Aktifitas dalam perusahaan yang mencari atau menghasilkan dana(raising funds) kedua kegiatan perusahaan ini sering disebut fungsi keuangan. 

Ketika perusahaan begitu bersemangat melakukan kegiatan yang menggunakan dana (allocation funds) namun terhambat dalam mencari/menghasilkan dana (raising funds) maka perusahaan dikatakan mengalami kesulitan keuangan atau financial distress. 

analisis kinerja keuangan

Analisa kinerja keuangan dengan proses cepat dan akurat

Cara menganalisa efektifitas keuangan perusahaan merupakan proses pengkajian secara kritis terhadap review data, menghitung, mengukur, menginterpretasi, dan memberi solusi terhadap keuangan perusahaan pada suatu periode tertentu. Untuk itu tetap pegang kendali bisnis Anda dan dapatkan gambaran lengkap performa bisnis secara real time dan bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

  1. Ringkasan keuangan instan dan real time
  2. Bisa diakses lewat perangkat mobile apapun
  3. Tampilan yang bisa disesuaikan

Lebih efisien dengan laporan keuangan tercepat

Pertahankan kinerja bisnis Anda, dengan kemudahan membuat laporan lewat tools siap pakai dan mudah digunakan. Dengan sistem otomatis, dapatkan laporan yang Anda inginkan dengan mudah dan minim resiko kekeliruan perhitungan JojoExpense.

analisis kinerja keuangan

Produk populer untuk meningkatkan produktivitas perusahaan

Hemat waktu, uang, dan tenaga dengan otomatisasi sekaligus streamlining tugas HR & Finance.

Fitur JojoExpense menjadi solusi kinerja keuangan Anda

Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

FITUR POPULER

  1. Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  2. Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan.
  3. Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance.

Silahkan uji kinerja software dari Jojonomic, dengan klik Demo Gratis disini.