Analisis Pekerjaan : Pengertian, Manfaat, dan Jenis-jenisnya

analisis pekerjaan

Dalam manajemen sumber daya manusia, tindakan tertentu perlu dilakukan agar tugas, tanggung jawab dan fungsi pekerjaan dapat dirumuskan secara detail. Untuk melakukan ini, manajer sumber daya manusia harus melakukan tindakan yang disebut analisis pekerjaan.

Tentunya dengan menggunakan analisis pekerjaan, manajer SDM harus dapat membuat deskripsi pekerjaan yang lebih baik dan efektif. Analisis pekerjaan adalah salah satu tugas penting manajer sumber daya manusia.

Pengertian Analisis pekerjaan

analisis pekerjaan

Analisis pekerjaan terdiri dari dua kata, analisis dan pekerjaan. Analisis adalah aktivitas berpikir yang digunakan untuk mendeskripsikan topik sebagai bagian, komponen atau elemen, dan kemungkinan tautan ke fungsinya. Pekerjaan adalah sekumpulan tugas dan tanggung jawab yang akan dilaksanakan oleh pekerja dalam kurun waktu tertentu, sedang dilaksanakan dan telah dilaksanakan.

Analisa pekerjaan merupakan bagian dari rencana sumber daya manusia dan proses meneliti serta mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan operasi dan tanggung jawab suatu pekerjaan. Disini ditekankan bahwa ada dua aktivitas utama dalam analisis pekerjaan, yaitu mengumpulkan informasi tentang operasi dan tanggung jawab pekerjaan. Informasi dan melakukan penelitian yang lebih mendalam.

Maka dapat disimpulkan, Analisa pekerjaan adalah proses sistematis mengumpulkan informasi tertulis tentang jenis pekerjaan apa yang harus dilakukan di perusahaan untuk mencapai tujuan organisasi. Analisis pekerjaan bertujuan untuk menganalisis jenis pekerjaan, kualifikasi pekerja, perhitungan beban kerja, penempatan pekerja, dan menentukan standar kualitas pekerjaan.

Manfaat Analisis Pekerjaan

analisis pekerjaan

Analisis pekerjaan memiliki manfaat dalam suatu organisasi, termasuk:

  1. Menetapkan dasar struktur gaji yang wajar.
  2. Kajian tantangan lingkungan yang memengaruhi pekerjaan pribadi.
  3. Merencanakan kebutuhan sumber daya manusia di masa depan.
  4. Menentukan kebutuhan pelatihan karyawan baru dan lama.
  5. Mengatur pekerjaan karyawan sesuai dengan keahlian mereka.
  6. Mengembangkan standar kinerja kerja.
  7. Analisis elemen untuk membentuk posisi organisasi.
  8. Mendesain ulang pekerjaan untuk memperbaiki metode staf, mengurangi kesalahan, menghilangkan masalah yang tidak perlu, dan meningkatkan kinerja.

Tahapan Analisis Pekerjaan

analisis pekerjaan

Dalam analisa pekerjaan, dua langkah utama yang harus dilakukan yaitu:

  1. Menentukan tugas pokok, kegiatan, perilaku atau kewajiban yang akan dilakukan dalam pekerjaan tersebut.
  2. Menentukan pengetahuan (knowledge), ability (ability), skill (skill) dan beberapa karakteristik lainnya (faktor personal, sikap, ketangkasan atau karakteristik fisik dan mental yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut) yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut.

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Berikut deskripsi tahapannya:

Tahap pertama dari persiapan analisa kerja, Pada tahap persiapan dan analisis pekerjaan dilakukan identifikasi pekerjaan dan penyusunan daftar masalah yang akan menjadi pembahasan.
Pengumpulan data tahap kedua, Pengumpulan data dapat dilakukan melalui wawancara, observasi, angket dan kombinasi ketiganya.
Data tahap ketiga dan selesai, Pada tahap ini, sortir data yang tersedia / tidak terpakai, filter data yang relevan / tidak relevan, lalu analisis informasi yang dikumpulkan dengan staf terkait.

Pentingnya Analisis Pekerjaan

pentingnya

Detail yang dikumpulkan dengan melakukan analisis pekerjaan memainkan peran penting dalam mengontrol hasil pekerjaan tertentu. Menentukan keberhasilan suatu pekerjaan bergantung pada analisa pekerjaan yang adil, akurat, dan menyeluruh. Ini juga membantu merekrut orang yang tepat untuk pekerjaan tertentu.

Tujuan utama menyelesaikan seluruh proses adalah untuk menetapkan dan menetapkan kesesuaian yang sempurna antara pekerjaan dan karyawan. Analisis posisi juga dapat membantu manajer sumber daya manusia menentukan paket gaji dan tunjangan serta insentif lain untuk posisi tertentu.

Ini membantu mengevaluasi secara efektif kebutuhan pelatihan dan kinerja karyawan yang ada. Proses ini membentuk dasar untuk merancang dan menetapkan strategi dan kebijakan untuk memenuhi tujuan organisasi. Namun, analisa pekerjaan tertentu tidak dapat menjamin bahwa manajer atau organisasi akan mencapai hasil yang diinginkan.

Faktanya, mengumpulkan dan mencatat informasi untuk pekerjaan tertentu melibatkan banyak komplikasi. Jika informasi pekerjaan tidak benar dan diperiksa dari waktu ke waktu, karyawan tidak akan dapat bekerja dengan normal.

Kecuali jika manajer dan organisasi tidak tahu apa yang harus dia lakukan atau apa yang diharapkan darinya, waktu dan energi yang dihabiskan untuk analisa pekerjaan tertentu kemungkinan besar akan menyia-nyiakan sumber daya manusia. Oleh karena itu, sangat berhati-hati saat melakukan analisa pekerjaan. Lakukan penyelidikan atau penelitian menyeluruh atau tidak memihak terhadap manajer dan karyawan.

Manajer tahu siapa yang harus dipekerjakan dan mengapa. Mereka dapat menemukan kandidat yang cocok. Pada saat yang sama, karyawan yang ada atau calon karyawan tahu apa yang harus mereka lakukan, bagaimana melakukannya, dan apa hasil yang diinginkan. Analisa pekerjaan dapat menetapkan kecocokan yang tepat antara judul pekerjaan dan karyawan.

Jenis analisa pekerjaan

Analisis pekerjaan tradisional

Model tradisional ini hanya mencari informasi dari tiga aspek berikut: termasuk tanggung jawab unit organisasi yang harus menjadi tanggung jawab posisi yang ditunjuk, kendala pembinaan dan pelaksanaan, kewajiban umum personel yang memegang posisi tersebut, dan kualifikasi minimum yang diterima sebagai kualifikasi.

Analisis pekerjaan berorientasi hasil

Analisa pekerjaan yang berorientasi pada hasil semacam ini tidak membantu dalam perencanaan berorientasi anggaran, namun dapat meningkatkan produktivitas (deskripsi pekerjaan berorientasi hasil atau ROD).

Faktor Analisa Pekerjaan

Proses analisis pekerjaan melibatkan penyelidikan mendalam untuk mengontrol output, yaitu menjalankan pekerjaan dengan sukses. Proses ini membantu untuk mengetahui apa yang dibutuhkan departemen tertentu dan apa yang harus dikatakan oleh calon karyawan.

Analisa pekerjaan juga membantu untuk menentukan informasi rinci pekerjaan, termasuk jabatan, lokasi pekerjaan, ringkasan pekerjaan, tugas yang terlibat, kondisi kerja, kemungkinan bahaya, mesin, perkakas, dan bahan yang digunakan oleh karyawan yang ada atau calon karyawan. Namun, prosesnya tidak terbatas pada faktor-faktor tersebut.

Kesimpulan

Analisis pekerjaan juga memuat informasi tentang kualifikasi angkatan kerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Informasi ini meliputi penentuan tingkat pendidikan, pengalaman, evaluasi, pelatihan, inisiatif, kepemimpinan, keterampilan fisik, keterampilan komunikasi, rasa tanggung jawab, dan karakteristik emosional. Faktor-faktor ini bervariasi menurut jenis pekerjaan tertentu, senioritas, industri, dan risiko.

Software JojoTimes hadir menjawab tantangan manajer perusahaan dalam mengelola analisis pekerjaan yang rumit tersebut. Dengan pengenalan wajah dan fungsi GPS yang akurat, Anda dapat memahami apa yang dilakukan karyawan di mana pun mereka berada. Baik di kantor, menghadiri rapat, atau bekerja dari jarak jauh. Jangan khawatir, ini bukti pencegahan penipuan.

Laporan kehadiran bulanan yang dibuat secara otomatis memungkinkan karyawan Anda menghabiskan waktu mereka untuk tugas yang lebih mendesak, dan datang pada hari gajian. Tidak hanya membawa kecepatan yang lebih cepat ke perusahaan Anda, tetapi juga lebih akurat.

Dapatkan data komprehensif dari semua karyawan yang disimpan dengan aman di perangkat lunak berbasis cloud. Anda dapat dengan mudah mengimpor dan mengekspor sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda kapan saja. Tunggu apalagi, dapatkan jawaban atas segala tantangan perusahaan anda dalam analisis pekerjaan yang lebih komprehensif bersama JojoTimes. Daftarkan perusahaan anda sekarang dan nikmati uji coba gratisnya!