Android 10 : Fitur dan Perubahan Android 10 Sebagian Besar Informasi

Terima kasih kepada Google yang menyediakan sebagian besar informasi, serta permainan kami dengan Android 10, kami mendapat ide bagus tentang semua fitur dalam versi sistem operasi Google ini.

Tema Gelap, mode gelap di seluruh sistem Android 10

Ada mode gelap seluruh sistem yang datang ke Android 10 dan itu disebut Tema Gelap. Sejauh ini terbatas pada beberapa menu dan aplikasi tertentu, tetapi semakin banyak aplikasi yang tersedia dalam mode gelap sepanjang waktu.

Kamu dapat memicu Tema Gelap dengan dua cara berbeda, dan keduanya berada dalam bayangan pemberitahuan. Cara pertama adalah dengan tombol pengaturan cepat Tema Gelap dedikasi yang beralih antara Tema Terang default dan Tema Gelap baru.

Cara kedua adalah dengan mengaktifkan mode Penghemat Baterai, yang secara otomatis mengaktifkan Tema Gelap Android 10. Ini adalah keuntungan bagi ponsel dengan layar OLED, yang akan membakar lebih sedikit piksel dengan mematikan piksel di bagian layar yang sengaja berwarna hitam.

Kesehatan Digital Android 10

Di iOS 12 Apple memperkenalkan Waktu Layar untuk memantau penggunaan perangkat, dan Android 10 memiliki versinya sendiri yang disebut Kesejahteraan Digital, kecuali itu tidak hanya berlaku untuk ponsel kami sendiri. Kesehatan Digital memberi kami berbagai cara untuk mengelola waktu layar dengan cara yang sehat.

Salah satu alat Kesejahteraan Digital adalah mode Fokus, yang memungkinkan kami membungkam aplikasi selama beberapa waktu untuk membantu kami berkonsentrasi pada hal lain.

Lalu ada Family Link, jadi kami dapat memantau berapa banyak waktu yang dihabiskan tanggungan kami untuk game atau aplikasi lain, dan berapa lama mereka menghabiskan waktu di ponsel mereka secara umum.

Balasan cerdas

Penggemar berbagai alat Google mungkin menyukai Balasan Cerdas, yang menyarankan tanggapan ke email kami di Gmail, menggunakan pembelajaran mesin untuk menghasilkan beberapa balasan yang sesuai. Yang harus kami lakukan adalah memilihnya, alih-alih mengetik sendiri jawabannya.

Ini sekarang tersedia di Android 10, jadi kami dapat dengan cepat menanggapi teks atau pesan lain tanpa membuka aplikasinya sendiri. Fitur tersebut juga menyarankan tindakan lain, seperti membuka Peta jika alamat dikirim, atau Kalender jika mengenali tanggal.

Android Q tidak memiliki Android Beam

Salah satu fitur yang tidak dimiliki Android 10 adalah Android Beam , metode berbagi NFC peer-to-peer saat dua perangkat berdekatan. Menempatkan ponsel secara berurutan tidak akan melakukan apa pun dalam perangkat lunak beta dan final, kami mengonfirmasi di Google IO.

Akankah Google mengganti Android Beam dengan metode berbagi peer-to-peer lainnya? Itu masih harus dilihat, tetapi sepertinya tidak mungkin.

Menutup celah privasi

Sebuah laporan dari Institut Ilmu Komputer Internasional menemukan bahwa lebih dari 1.300 aplikasi di Google Play Store AS secara rutin mengambil data pribadi dari pengguna meskipun secara eksplisit ditolak oleh setelan izin yang relevan.

Pembuat aplikasi telah menggunakan beberapa solusi cerdas untuk mendapatkan info yang mereka inginkan: jika pengguna mengatur izin mereka untuk tidak membagikan data lokasi, aplikasi mengambil alamat MAC mereka dari router yang terhubung ke telepon. Mereka menyimpan nomor IMEI pengenal perangkat yang diakses oleh satu aplikasi dan membagikannya dengan orang lain. Mereka bahkan menentukan lokasi pengguna dengan metadata gambar.

Google dilaporkan memperbaiki masalah ini dengan rilis penuh Android 10, meskipun tidak dalam versi beta yang direncanakan sebelumnya.

Dukungan lipat

Android 10 sedang mempersiapkan ponsel yang dapat dilipat di masa mendatang. Atau “perangkat lipat dan layar baru yang inovatif,” menurut entri Blog Pengembang Android.

Android adalah satu-satunya sistem operasi yang mendukung perangkat yang dapat dilipat. Jadi kemungkinan besar semua ponsel yang dapat dilipat akan menjalankan Android 10 saat dirilis

Multitasking Android Q ‘gelembung’

Kamu pernah melihat UI gelembung sebelumnya jika kami pernah menggunakan kepala obrolan Facebook Messenger. Ini adalah cara mudah untuk menjaga percakapan aktif di layar sebagai foto profil mengambang kecil. Sambil melakukan tugas normal kami di seluruh antarmuka. kami dapat mengetuk foto tersebut saat ingin beralih kembali ke percakapan.

Google mendukung ide ini di seluruh Android 10 dan menyebutnya sebagai cara baru untuk melakukan banyak tugas. Sejauh ini, contohnya ada di Message dan Hangouts. Tetapi Google mengurangi waktu pengembangan, konsistensi interaktivitas, dan perlindungan privasi pengguna. Jadi harap melihatnya di aplikasi tambahan di luar ekosistem Google.

Fitur privasi Android 10 baru

Pengguna akan memiliki kontrol lebih besar atas akses aplikasi ke info lokasi, file bersama, dan repositori seperti Foto dan Video. Perubahan bermanfaat lainnya: alih-alih aplikasi secara otomatis mengalihkan fokus ketika mereka memiliki Aktivitas di latar belakang (seperti alarm atau panggilan). Pembuat aplikasi dapat memilih untuk mengirim pemberitahuan prioritas tinggi terlebih dahulu.

Yang memungkinkan pengguna mengontrol cara aplikasi mengakses penyimpanan eksternal (misalnya, di kartu MicroSD). Ini juga akan lebih melindungi pengguna agar tidak diidentifikasi dengan membatasi akses ke pengenal perangkat yang tidak dapat disetel ulang, seperti nomor seri dan / atau IMEI ponselmu, dan mengacak alamat MAC-nya saat terhubung ke jaringan Wi-Fi yang berbeda.

Ini mungkin beberapa perubahan paling memberatkan bagi pengembang di Android 10, itulah sebabnya, seperti yang tertulis dalam entri Blog Pengembang Android: “Kami menyampaikan perubahan ini kepada kami lebih awal, sehingga kami dapat memiliki waktu sebanyak mungkin untuk mempersiapkan.”

5G

Android 10 memiliki beberapa trik khusus untuk 5G. API baru akan memungkinkan aplikasi mendeteksi latensi dan kecepatan koneksi pengguna, serta mendeteksi jika koneksi diukur.

Ini akan memberi pengembang kontrol yang lebih baik atas berapa banyak data yang akan dikirim ke pengguna, terutama ketika mereka memiliki koneksi yang lebih buruk atau memiliki batas pengunduhan data.

Alat pengembang untuk aplikasi: pengaturan sistem, konektivitas, media, dan lainnya

Pengembang akan dapat menampilkan pengaturan sistem yang penting secara kontekstual dalam aplikasi mereka, yang memanfaatkan fitur ‘Slices’ yang disertakan di Android 9 Pie. Jadi, alih-alih harus menavigasi ke Pengaturan untuk mengaktifkan Mode Pesawat atau mengaktifkan / menonaktifkan Wi-Fi atau Data Seluler, katakanlah, kami dapat melakukannya langsung di browser selulermu.

Ada juga penyesuaian pada konektivitas, termasuk ‘Wi-Fi adaptif’ yang memungkinkan mode kinerja tinggi / latensi rendah, yang akan berguna untuk hal-hal seperti game online atau panggilan suara.

Suka semua kedalaman dan keburaman dalam perangkat lunak kamera Pixel? Di Android 10, aplikasi dapat meminta data kedalaman (JPEG + metadata XMP + peta kedalaman dan keyakinan) untuk, katakanlah, menawarkan “opsi buram dan bokeh khusus di aplikasimu,” seperti yang disarankan pos Android. “Kamu bahkan dapat menggunakan data tersebut untuk membuat gambar 3D atau mendukung kasus penggunaan fotografi AR di masa mendatang.”

Android 10 juga akan mendukung lebih banyak codec multimedia: AV1 untuk memungkinkan penyedia media mengalirkan video berkualitas tinggi, Opus untuk pengkodean audio, dan HDR10 + untuk video rentang dinamis tinggi “pada perangkat yang mendukungnya” – seperti, katakanlah, keluarga Samsung Galaxy S10 .

Sedangkan untuk bermain game, Android 10 beta meningkatkan dukungan untuk OpenGL bersama dengan perbaikan bug dan fungsionalitas lainnya.

Ada juga aplikasi payroll atau aplikasi penggaian online, namanya JojoPayroll. Aplikasi tersebut dapat menghitung secara otomatis gaji, tunjangan dan berbagai hal yang berkaitan dengan penggajian. Lalu bisa dilakukan dengan mudah hanya melalui gadget.