Anggaran Untuk Marketing Yang Harus Direncanakan Dengan Tepat

Anggaran untuk marketing sudah tentu merupakan bagian yang penting dalam operasional suatu perusahaan. Marketing sendiri bisa digambarkan sebagai roda bagi suatu perusahaan. Sebab maju mundurnya perusahaan bergantung pada kesuksesan tim marketing dalam melakukan berbgaai usaha untuk terus mengembangkan produk yang dijual oleh perusahaan. Semakin banyaknya produk yang terjualmaka pencapaian target dari perusahaan bisa semakin mudah untuk terwujud. Bahkan di dalam suatu perusahaan rupanya salah satu kunci sukses dalam perusahaan tersebut adalah adanya teknik marketing.

Oleh karena itu untuk mencapai kerja yang efektif oleh tim marketing serta mencapai target dibutuhkan anggaran yang memang disiapkan untuk tim marketing. Sebenarnya banyak perusahaan yang seringkali melakukan perencanaan anggaran untuk pemasaran dengan berdasar pada anggaran yang sama seperti di tahun sebelumnya. Hal ini dipandang sebagai cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mencapai target penjualan oleh perusahaan sehingga perusahaan bisa tepat sasaran.

Selain itu memberikan anggaran pemasaran sama dengan tahun sebelumnya juga dipandang dapat mengurangi pemborosan sehingga cara ini bisa lebih bermanfaat dan dapat memberikan keuntungan. Namun sebenarnya setiap tahun akan selalu diperlukan biaya yang semakin berkembang. Oleh karena itu sebaiknya setiap perusahaan menyiapkan anggaran untuk pemasaran denganjumlah yang setidaknya lebih banyak daripada anggaran di tahun sebelumnya. Tentunya dengan budget yang bertambah tetap bisa diperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya sehingga perusahaan bisa mencapai target.

Membuat Budget

Membuat atau merencanakan budget sebagai anggaran untuk pemasaran bisa dimulai dengan adanya strategi pemasaran. Sebaiknya sebelum menghitung anggaran untuk pemasaran maka terlebih dahulu sejajarkan sasaran pemasaran Anda dengan sasaran strategis serta dengan visi pertumbuhan perusahaan. Strategi pemasaran yang dibuat sudah seharusnya melibatkan adanya peran dari tim eksekutif dan tim penjualan serta tim marketing yang ada di perusahaan. Masing-masing tim bisa saling berdiskusi sehingga penentuan budget untuk marketing bisa berjalan efektif.

Untuk menentukan budget juga sudah tentu Anda harus mengetahui biaya operasional yang dibutuhkan. Biaya yang perlu untuk diketahui antara lain biaya untuk waktu dan tenaga yang harus turut dikeluarkan dalam melakukan pemsaran. Selian itu jangan lupa untuk menganggarkan biaya yang bisa digunakan untuk tetap dapat menjalankan perusahaan dan bertahan walaupun ada banyak persaingan di luar sana. Membuat budget untuk pemasaran juga bisa dilakukan dengan menyelaraskan sasaran perusahaan dengan sasaran pemasaran yang telah Anda tetapkan. Anda bisa mengawali langkah dengan mengidentifikasi anggaran pemasaran perusahaan secara lebih jelas dan rinci sehingga rencana budget untuk marketing dapat dikembangkan.

Strategi Anggaran

Beberapa strategi bisa diterapkan jika Anda ingin mengidentifikasi anggaran seperti misalnya strategi rencana target. Strategi ini cocok untuk perusahaan yang igin mempertahankan pelanggan lama sekaligus ingin menambah pendapatan agar bbisa mencapai target. Selain itu ada pula strategi lean plan yang cocok untuk perusahaan yang ingin mempertahankan posisi pasar mereka tanpa adanya tujuan pertumbuhan yang bersifat ambisius. Yang terakhir ada strategi rencana perenggangan yang cocok untuk digunakan oleh perusahaan yang ingin mengejar pertumbuhan dan pangsa pasar di tiap tahunnya. Anda juga bisa mengalokasikan anggaran pemasaran perusahaan misalnya dengan berpatokan pada anggaran pemasaran di tahun lalu. Terutama anggaran untuk biaya iklan atau promosi yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan dalam usaha mendapatkan sejumlah konsumen dan pelanggan.

Dengan danya perencanaan anggaran yang tepat untuk melakukan usaha pemasaran maka diharapkan agar biaya yang telah dikeluarkan oleh perusahaan akan berguna secara efektif. Selain itu diharapkan pula agar anggaran biaya tidak akan lebih besar daripada keuntungan yang didapat oleh perusahaan. Hal lain yang juga bisa turut menjadi bahan pertimbangan dalam merencanakan budget dan anggaran untuk pemasaran adalah keunggulan dan kelemahan produk yang akan dipasarkan. Produk yang dipasarkan tentu akan berpengaruh terhadap proses pemasaran. Maka sebelum memasarkan sebuah produk sebaiknya Anda melakukan riset kepada para pelanggan terlebih dahulu agar tidak membuat biaya pengeluaran untuk pemasaran produk menjadi membengkak. Pemasaran produk setidaknya harus bisa mencapai target sasaran sehingga anggaran bisa semakin diminimalkan dan tidakakan menimbulkan kerugian pada perusahaan.

Evaluasi

Seberapa besar anggaran yang direncanakan untuk melakukan pemasaran produk sebaiknya tetap diakhiri dengan tindakan evaluasi. Namun sebelumnya Anda juga harus bisa mengerti dengan lebih jelas mengenai alokasi dana anggaran yang direncanakan oleh perusahaan. Setelah itu barulah Anda bisa melakukan evaluasi terhadap rencana anggaran atau budget.

Tindakan evaluasi bisa dilakukan dengan kegiatan cek ulang terhadap rencana anggaran. Setelah budget digunakan untuk kegiatan pemasaran juga tentunya Anda harus tetap mengadakan evaluasi agar Anda bisa melakukan pengecekan terhadap pengeluaran perusahaan. melalui kegiatan cek dan evaluasi inilah maka And abisa menilai apakah biaya operasional untuk pemasaran produk sudah sesuai dengan rencana anggaran perusahaan. Apakah biaya yang dikeluarkan tidak melebihi budget perusahaan atau justru melebihi budget. Dengan melakukan tindakan evaluasi ini maka Anda bisa terus melakukan evaluasi terhadap efektivitas anggaran pemasaran.

Melalui evaluasi ini pula Anda bisa merencanakan pengeluaran dan budget untuk memasarkan produk di hari esok. Suatu tindakan evaluasi juga diperlukan agar anggaran pemasaran bisa bersifat efektif. Tentunya dibutuhkan suatu ketelitian yang lebih rinci dalam melakukan evaluasi terhadap hasil pemasaran agar Anda dapat melihat apakah pembuatan budget dan rencana anggaran untuk pemasaran yang telah dilakukan itu telah memberikan hasil yang maksimal serta mencapai target. Sebab dalam hal ini dibutuhkan evaluasi melalui perhitungan yang mendalam.

Tujuan Anggaran Untuk Marketing

Tentu saja saat memastikan pembuatan anggaran untuk marketing ini ada beberapa tujuan penting yang umumnya ingin dicapai oleh perusahaan.  Seluruh tujuan tersebut penting untuk diperhatikan, beberapa di antara tujuan tersebut antara lain yaitu sebagai berikut.

Merencanakan Pengeluaran Dengan Tepat

Merencanakan anggaran membantu untuk merencanakan mana pengeluaran yang penting dan mana yang tidak penting. Hal ini tentu saja harus direncanakan sejak awal sehingga perusahaan bisa memilah dengan baik mana yang harus diutamakan serta mana yang dapat dilakukan jika masih ada sisa anggaran. Oleh karena itu anggaran harus dipersiapkan dengan baik dan benar, sehingga nantinya perusahaan hanya mengeluarkan dana untuk hal-hal yang esensial saja.

Efektifitas Dana Perusahaan

Merencanakan anggaran dengan tepat juga membantu untuk memastikan penggunaan dana perusahaan secara efektif dan efisien. Hal ini sangat penting supaya jangan sampai dana perusahaan digunakan dengan tidak jelas dan tanpa catatan yang sesuai. Hal ini bisa membuat defisit pada dana yang dimiliki oleh perusahaan. Sehingga tidak terasa dengan penataan anggaran yang buruk maka lambat laun dapat membuat perusahaan merugi dan tidak mendapatkan keuntungan yang semestinya. Apabila hal ini terjadi tentu saja hal-hal yang kurang baik dapat terjadi lebih lanjut, misalnya membuat pengurangan karyawan harus dilakukan atau memangkas keuntungan perusahaan yang berimbas pada gaji karyawan.

Menghindari Kejadian Yang Tidak Diinginkan

Perencanaan anggaran yang tepat juga membantu menghindari kondisi-kondisi darurat penting yang tidak diinginkan. Misalnya saja jika terjadi sesuatu dalam bisnis yang berhubungan dengan strategi pemasaran yang dipilih. Dengan pengaturan anggaran yang sesuai secara tidak langsung maka akan terdapat dana darurat yang bisa dimanfaatkan secara lebih maksimal. Lain halnya saat perusahaan tidak melakukan penganggaran dengan baik, maka jika terjadi sesuatu kondisi yang tiba-tiba atau darurat maka perusahaan tidak mampu mengeluarkan biaya yang sesuai kebutuhan tersebut.

Penghematan Anggaran Untuk Marketing

Tentunya dalam merencanakan anggaran untuk marketing perlu dilakukan penghematan yang sesuai. Dalam hal ini jika merencanakan penghematan tentu saja harus sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan dana marketing yang memang diperlukan. Jangan sampai terlalu dibatasi hingga akhirnya metode pemasaran tidak maksimal dan merugikan perusahaan. Atau jangan sampai karena tidak berhemat maka akhirnya dana yang digunakan terlalu besar dan tidak sesuai dengan pemasukan yang didapatkan.

Oleh karena itu dalam melakukan penghematan anggaran untuk marketing pada perusahaan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain yaitu sebagai berikut:

Rencana Pemasaran Yang Dipilih

Pastikan untuk merencanakan teknik pemasaran yang dipilih, sehingga dapat direncanakan dengan tepat apa saja sistem pemasaran yang dibutuhkan serta berapa biaya yang harus dikeluarkan. Pastikan hal ini direncanakan secara selektif, sehingga dapat dilakukan perencanaan biaya yang efektif dan efisien pula. Oleh karena itu sangat penting bagi divisi marketing atau pemasaran perusahaan untuk memberikan pengajuan anggaran dan perencanaan lebih dahulu, supaya dapat dilihat dan dianalisa apakah hal tersebut sudah tepat dan sesuai dengan anggaran perusahaan atau tidak.

Permintaan Potongan Harga Pada Teknik Pemasaran Yang Dipilih

Tidak perlu segan jika ingin meminta potongan harga pada jenis pemasaran yang dipilih. Misalnya jika membayarkan harga spanduk atau banner promosi untuk produk perusahaan. Umumnya jika berlangganan atau membeli dalam jumlah besar maka dikenakan harga yang lebih murah. Oleh karena itu jika hal ini bisa dilakukan sebaiknya perusahaan meminta potongan harga untuk memastikan bahwa dana anggaran yang dikeluarkan untuk pemasaran jauh lebih minim dan lebih hemat.

Memilih Pemasaran Yang Efektif

Jangan lupa untuk memilih jenis pemasaran dan strategi yang terbukti efektif. Karena hal ini menentukan keberhasilan dari strategi tersebut. Jangan sampai sudah mengeluarkan dana namun ternyata strategi yang dipilih tidak berhasil, sehingga dana atau anggaran perusahaan terbuang dengan percuma. Oleh sebab itu sangat penting bagi tim pemasaran untuk melakukan analisa mana pemilihan strategi yang paling sesuai. Misalnya jika saat ini banyak calon konsumen yang lebih tertarik dengan media sosial, maka pilihan ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk dilakukan. Sehingga hasilnya lebih maksimal dan optimal dalam meningkatkan pendapatan perusahaan.

Manfaat Perencanaan Anggaran Untuk Marketing

Tentu saja ada banyak manfaat yang bisa didapatkan apabila melaksanakan anggaraan untuk marketing secara optimal. Beberapa dari manfaat yang bisa didapatkan antara lain yaitu sebagai berikut:

Sebagai Parameter Tanggung Jawab Tim Pemasaran

Merencanakan anggaran sejak awal artinya memberikan tanggung jawab pada tim pemasaran untuk mengelola dana tersebut sebagaimana mestinya. Sehingga dibutuhkan peran serta tim pemasaran dalam melaksanakan tanggung jawab tersebut semaksimal mungkin. Pastikan dana yang tersedia tercukupi untuk melaksanakan semua rencana pemasaran yang telah dilakukan di awal. Jangan sampai ada kekurangan dalam penggunaan dana sehingga membuat anggaran menjadi lebih besar dari rencana semula.

Membantu Efektifitas Dan Efisiensi Dana Perusahaan

Melakukan perencanaan anggaran untuk marketing juga membantu memberikan manfaat berupa dana perusahaan yang lebih efektif dan efisien. Tanpa perancanaan yang tepat bisa jadi penggunaan dana pemasaran yang diperlukan berlebihan dan tidak terkontrol dengan baik. Sehingga dapat mengakibatkan dana yang dikeluarkan untuk pemasaran lebih besar dari pemasukan yang diperoleh dari hasil pemasaran tersebut. Oleh karena itu penting juga adanya melakukan evaluasi apakah strategi pemasaran yang digunakan cukup efektif di kemudian hari. Karena hal ini juga memimpin pada penggunaan dana perusahaan yang paling tepat dalam hal marketing dan pemasaran tersebut.

Menyalurkan Dana Perusahaan Pada Strategi Pemasaran Yang Terbaik

Merencanakan anggaran juga sama artinya dengan menyalurkan dana yang dimiliki perusahaan pada sistem marketing atau pemasaran yang paling tepat. Tentunya tim marketing perusahaan telah memikirkan semaksimal mungkin dan memilih strategi yang paling sesuai dengan kemampuan dana perusahaan. Sehingga pada akhirnya penggunaan dana perusahaan tepat pada sasaran dan di satu sisi tujuan marketing juga dapat tercapai dengan maksimal.

Pentingnya Merencakanan Anggaran Untuk Marketing Perusahaan

Tentunya dari penjelasan di atas sudah cukup jelas bahwa merencanakan anggaran untuk marketing pada perusahaan sangat perlu dilakukan. Tidak hanya untuk mencapai beberapa tujuan penting di atas, namun juga untuk memastikan bahwa visi dan misi perusahaan dapat dicapai sepenuhnya. Sehingga apa yang menjadi target utama dalam didirikannya perusahaan atau dijalankannya sebuah bisnis, dapat tercapai secara maksimal.

Apabila target, serta visi dan misi perusahaan terlaksana dengan baik melalui perencanaan anggaran yang tepat, tentunya pendapatan perusahaan dapat meningkat lebih jauh. Sehingga dari sini maka bisnis juga bisa berkembang lebih baik dan lebih maju ke depannya. Makin besar bisnis yang dibangun tentu membawa pada kesuksesan yang lebih baik. Dengan anggaran yang terencana, tentu saja membuat kondisi keuangan perusahaan makin baik dan makin terkontrol lebih sempurna.

Kesimpulan

Menentukan anggaran untuk marketing tentu membutuhkan analisa maupun persiapan yang cermat. Supaya dalam prosesnya tidak terjadi kesalahan yang merugikan. Oleh sebab itu gunakan sistem dan program yang lebih tepat guna dan serba otomatis. Seperti misalnya dengan menggunakan JojoExpense. Dimana anggaran yang dikeluarkan perusahaan sesuai dengan jumlah yang nantinya dikeluarkan secara riil. Jangan sampai anggaran mengalami kebocoran atau terjadi kesalahan. Berkat program yang lebih sistematis dan terkontrol, maka besar anggaran akan lebih mudah dipantau. Tidak hanya itu saja, tetapi dengan program otomatis tersebut tentunya perusahaan bisa lebih mudah melakukan pemantauan. Sehingga resiko penipuan serta kecurangan terhadap keuangan maupun anggaran perusahaan bisa diminimalkan.

Tentunya semua ini bisa tercapai berkat dari adanya fitur menarik yang diberikan oleh JojoExpense. Di antaranya yaitu fitur yang berupa sebagai berikut:

  • Capture Expenses
  • Unlimited Expense Category
  • Real-Time Reporting
  • Custom Format Report
  • Data Analytics
  • ISAP, Oracle, and Other ERP Integration
  • Sync with Various Finance / HR System

Serta ada banyak lagi fitur menarik dari program yang satu ini. Oleh sebab itu tentu tidak diragukan lagi, segera coba gratis JojoExpense di perusahaan Anda. Biarkan sistem ini bekerja secara optimal membantu keuangan dan anggaran perusahaan Anda. Sehingga ke depannya tidak ada lagi pekerjaan tim keuangan yang tidak efektif dan efisien, bahkan jauh lebih aman dan terkendali.