Annual Report & Financial Report, Bedanya Apa?

Setiap perusahaan dalam periode tertentu (biasanya pada akhir tahun) akan mengeluarkan beberapa laporan. Laporan ini dapat dibagi menjadi beberapa bentuk ada laporan tahunan atau annual report, laporan finansial, dan laporan berkelanjutan (sustainability report). Laporan-laporan ini adalah bentuk pertanggung jawaban perusahaan terhadap pemegang saham/kepentingan dan masyarakat. Tetapi terkadang masih ada yang bingung tentang perbedaan laporan-laporan ini, terutama untuk annual report dan laporan finansial (financial report), memang apa saja sih perbedaannya? Yuk kita lihat!

Apa sih Annual Report itu?

Annual report atau laporan tahunan adalah sebuah laporan yang dibuat secara komprehensif untuk melaporkan seluruh hambatan dan pencapaian sebuah perusahaan dalam kurun satu tahun. Karena bersifat komprehensif, maka laporan ini dibuat dengan dasar data yang akurat.

Mengapa Annual Report Dikeluarkan oleh Perusahaan?

Bikin Annual Report

Untuk sebuah perusahaan apalagi yang sudah melakukan IPO, laporan tahunan menjadi sesuatu yang penting dan krusial. Laporan tahunan juga merupakan sebuah bentuk pertanggung jawaban kepada pemegang saham dan orang-orang lain yang tentang pencapaian dan hambatan perusahaan.

Selain itu biasanya ada peraturan yang mewajibkan sebuah perusahaan untuk mengeluarkan laporan tahunan jika sudah melantai di bursa saham (walaupun kebijakannya berlainan di tiap negara).

Jika disederhanakan maka kita bisa menarik kesimpulan bahwa laporan tahunan perusahaan memiliki beberapa fungsi, yaitu:

  • Sebagai informasi pencapaian dan prestasi perusahaan dalam satu tahun.
  • Sebagai sebuah media pemasaran yang kreatif, karena dalam sebuah laporan tahunan terdapat tulisan dan gambar yang dapat dibuat sebagus dan semenarik mungkin.
  • Sejalan dengan hal di atas, laporan dapat dijadikan sebagai sarana promosi untuk meningkatkan daya tarik konsumen.
  • Sumber informasi untuk menjelaskan deskripsi pekerjaan dan fungsi bidang kerja perusahaan.

Isi dan Persyaratan

Karena berbentuk sebuah laporan sistematis dan komprehensif, mengerjakan sebuah laporan tahunan bukanlah sebuah perkara mudah, selain itu karena banyak data yang digunakan, membuat sebuah laporan tahunan juga memakan waktu yang tidak sebentar.

Ada beberapa point yang harus diperhatikan guna membuat laporan yang komprehensif, yaitu:

  • Laporan dibuat sebagai sumber informasi kepada publik mengenai prestasi perusahaan.
  • Ditujukan kepada calon investor, analis keuangan, karyawan, pemerintah, dan media masa.
  • Membuat poin-poin yang mudah dimengerti oleh publik.
  • Menyertakan grafik dan foto dengan desain yang lengkap serta menarik untuk setiap ulasan.
  • Mengelompokkan bagian laporan keuangan untuk memudahkan pencarian data yang detail.
  • Menyertakan komentar pimpinan sebagai rujukan strategi untuk memenuhi visi dan misi perusahaan.

Beda Annual Report dan Financial Report

Tetapi terkadang masih banyak orang yang menganggap bahwa annual report sebuah perusahaan dan financial report sebuah perusahaan adalah sesuatu yang sama tapi beda. Jika laporan tahunan menjabarkan semua pencapaian dan kendala perusahaan, maka laporan keuangan hanya menyajikan informasi keuangan perusahaan dalam periode akutansi tertentu. Laporan ini terkadang dikeluarkan secara bersamaan atau menjadi sebuah satu kesatuan sehingga banyak yang beranggapan bahwa keduanya sama.

Financial Report

report

Laporan keuangan adalah sebuah laporan tentang keuangan perusahana yang sudah ditambahkan dengan informasi-informasi lain yang berkaitan secara langsung atau tidak langsung. Informasi ini misalnya sumber daya keuangan perusahaan, pendapatan, current cost, atau informasi tentang prospek perusahaan sebagai bagian dari pengungkapan informasi yang cukup.

Fungsi Financial Report untuk Perusahaan

Fianancial report memiliki tujuan dibalik pembuatannya, yaitu:

  • Menyediakan informasi yang berguna untuk investor, kreditor , dan pengguna potensial lain untuk mengambil keputusan rasional terkait dengan investasi, kredit, atau sejenis
  • Menaksir cash flow perusahaan, sumber untuk menilai jumlah, waktu, dan ketidakpastian prospek penerimaan kas dari dividen atau bunga dan pendapatan dari penjualan, penembusan, atau jatuh tempo sekuritas dan peminjaman.
  • Memberikan informasi tentang sumber daya ekonomi dan klaim atas sumber daya keuangan dan perubahannya.

Untuk menunjang tujuannya, laporan keuangan juga memiliki beberapa karakteristik yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Dapat dipahami

Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan mudah dan dapat dipahami oleh pembaca, bentuk dan istilah yang digunakan harus sesuai dengan karakteristik orang sekiranya akan membaca laporan tersebut.

  • Relevan

Data yang disajikan baru dan dapat digunakan sebagai sebuah variable dalam pertimbangan pengambilan keputusah keuangan perusahaan.

  • Keandalan

Laporan keuangan bebas dari pengertian yang menyesatkan, kesalahan material, dan data yang tidak penting serta tidak akurat.

  • Dapat diperbandingkan

Data yang disajikan akan berguna dan dapat diperbandingkan dengan laporan keuangan pada peruode sebelumnya.

Isi dan Syarat

Biasanya dalam sebuah laporan finansial akan terdapat beberapa hal yang wijib disertakan, yaitu:

  • Neraca keuangan
  • Laporan laba-rugi yang komprehensif
  • Leporan perubahan ekuitas
  • Perubahan posisi keuangan, misalnya arus kas atau arus dana
  • Catatan dan laporan lain yang mendukung penjelasan

Walau digunakan sebagai sebuah pertanggung jawaban perusahaan, tidak dipungkiri bahwa laporan tahunan dan laporan keuangan sebuah perusahaan juga dapat dijadikan sebuah alat untuk menjalankan strategi pemasaran. Bila kita berbicara tentang strategi pemasaran menggunakan laporan ini maka perusahaan akan memberitahukan bahwa keadaan mereka baik-baik saja. Hal ini dilakukan dengan maksud menarik pengguna eksternal dan pemodal potensial untuk menggunakan/menanamkan modalnya pada perusahaan yang bersangkutan.

Selain itu design dan penyajian konten sebuah laporan juga dapat dijadikan selling point tersendiri. Jika laporan tersebut menarik dan mudah dimengerti maka akan banyak orang yang akan membaca laporan tersebut. Hal ini pastinya membawa keuntungan sendiri, dengan banyaknya orang yang berminat untuk membaca, maka akan makin banyak pula orang yang terpapar dan mengetahui perusahaan tersebut untuk menjadi infestor potensial perusahaan.

Untuk membuat laporan keuangan yang baik, kita membutuhkan data yang mudah dibaca dan terpercaya. Untuk mempermudah mendapatkan data dan input yang mudah, ada baiknya anda memiliki sebuah sistem pencatatan pengeluaran yang terintegrasi, mudah, dan dapat dipercaya. Jojonomic mempunyai solusi tersebut untuk anda.

Lebih Mudah Mengatur dan Mengawasi Keuangan Dengan JojoExpense

JojoExpense adalah sebuah solusi manajemen keuangan untuk membantu mempermudah pengelolaan keuangan perusahaan. Anda tidak perlu membuang waktu utnuk melakukan penghitunagn terkait dengan cash advance, rimbursment, dan disbursement. Semua tersedia dalam perangkat JojoExpense.

Dengan JojoExpense anda dapat mengelola seluruh anggaran perusahaan melalui ponsel. menyetujui atau menolak reimbursement, disbursement, dan cash advance kapanpun dimanapun. Selain itu anda juga dapat memantau budgeting karyawan.

Sistem dalam JojoExpense memiliki anti-fraud system yang sudah teruji, sehingga dapat mengurangi tindak penipuan dalam menjalankan tugasnya.

Untuk invoice berjumlah kecil yang berkaitan dengan cash advance, reimbursement, dan disbursement anda tidak perlu repot mengumpulkan bukti pembayaran yang terkadang dapat tercecer. JojoExpense hanya membutuhkan foto dari bukti pembayaran tersebut dan anda dapat langsung mengajukan cash advance, reimbursement, atau disbursement.

Tidak perlu lagi repot-repot memindai berkas kecil dan pengawasan yang ketat, cukup terhubung dengan internet maka anda dapat melakukan pengawasan pada keuangan perusahaan anda.

Tunggu apa lagi? Download solusi keuangan JojoExpense versi demo di Jojonomic untuk mencoba. Tingkatkan efisiensi dan produktifitas perusahaan anda dengan JojoExpense.