5 Apa Fungsi Iklan Dalam Bisnis Dan Pemasaran

Apa fungsi iklan mungkin secara sekilas telah diketahui oleh masyarakat. Iklan biasanya mengandung kalimat yang bersifat persuasif. Kalimat ajakan ditujukan bagi Anda dan masyarakat lainnya agar berkeinginan dan bersedia membeli produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh media iklan. Pada dasarnya iklan bisa muncul dimana saja baik di media cetak maupun di media elektronik. Bagaimanapun bentuknya tetap saja sebuah iklan memiliki fungsi utama yaitu membantu sebuah perusahaan untuk meningkatkan penghasilan. Tentunya penghasilan bisa dicapai melalui adanya minat konsumen untuk melakukan pembelian produk yang diiklankan.

Iklan Sebagai Pemberi Informasi

Melalui sebuah iklan yang ditayangkan di media manapun tentu Anda akan mendapatkan informasi. Tentu saja informasi tersebut berkaitan dengan sebuah produk barang atau jasa yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan. Dengan adanya iklan maka produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan bisa diinformasikan ke masyarakat. Ada banyak informasi yang bisa Anda peroleh melalui iklan. Misalnya saja informasi mengenai nama merek dari produk yang ditawarkan. Atau mungkin Anda bisa mendapatkan informasi mengenai komposisi produk dan perusahaan yang membuat produk tersebut. Anda bahkan juga bisa mendapatkan informasi mengenai harga produk dan di area mana saja produk itu bisa didapatkan. Masih banyak informasi lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan adanya iklan. Jika suatu iklan menawarkan layanan dari suatu jasa maka Anda juga tetap akan mendapatkan informasi mengenai jasa yang ditawarkan tersebut. Informasi yang dipeoleh dari iklan tentunya akan semakin meningkatkan citra positif dari produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Iklan Sebagai Penyambung Komunikasi

Apa fungsi iklan berikutnya juga dapat dilihat dari segi komunikasi. Dengan banyaknya informasi yang bisa Anda dapatkan melalui iklan maka hal ini cukup mengaskan bahwa iklan berfungsi sebagai penyambung komunikasi. Komunikasi yang dimaksud disini adalah komunikasi antara produsen pembuat produk barang atau jasa dengan konsumen yang merupakan sasaran atau target. Konsumen tentunya diharapkan agar dapat meningkatkan daya belinya melalui iklan. Dengan adanya iklan maka diharapkan agar konsumen bisa mendapatkan banyak informasi pendukung yang tentunya berkaitan dengan produk barang atau jasa yang dijual dan ditawarkan melalui iklan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Dalam sebuah iklan juga tentunya terkandung informasi mengenai cara bagaimana Anda dapat menghubungi pihak pembuat produk. Jadi Anda bisa melakukan komunikasi dengan produsen yang membuat produk. Komunikasi antara konsumen dan produsen di era digital seperti sekarang ini bisa terjalin melalui media teknologi canggih. Misalnya melalui komputer atau telepon seluler yang terhubung pada jaringan internet. Melalui media elektronik inilah Anda dapat berkomunikasi secara langsung dengan pihak produsen pembuat produk. Anda bisa menanyakan informasi mengenai produk secara lebih detail dan sebagainya.

Fungsi Iklan Sebagai Hiburan

Tidak hanya sebagai jembatan untuk sarana komunikasi dan memberikan informasi mengenai suatu produk saja tetapi sebuah iklan juga berfungsi sebagai hiburan. Siapa saja pasti memiliki penilaian terhadap sebuah iklan. Secara umum sebuah iklan dinilai mengandung konsep dengan nuansa yang menghibur. Memang biasanya sebuah iklan yang hadir berupa gambar dua dimensi pada media cetak memiliki warna yang mencolok dan kata-kata yang menarik.

Perbedaan Social Media Advertising dan Paid Search | Strategy PR

Terkadang brand ambassador yang ada pada sebuah iklan juga begitu menghibur dan menarik perhatian para konsumen. Demikian pula iklan yang ditayangkan berupa video dan sejenisnya. Iklan tersebut biasanya mengandung konten video yang menarik atau lucu dan seringkali disertai dengan adanya slogan. Terkadang lagu atau jingle produk yang ditawarkan pada iklan juga sangat menarik dan enak untuk didengar serta dilihat. Tentu saja iklan yang seperti ini akan menghibur seluruh lapisan masyarakat. Iklan menjadi tampak sangat menarik dan membuat masyarakat ingin selalu melihatnya atau menontonnya. Hal ini akan membuat produk yang diiklankan selalu timbul dalam benak masyarakat.

Fungsi Iklan Untuk Pemasaran

Sebuah iklan sudah tentu menjadi bagian dari strategi pemasaran. Oleh karena itu setiap iklan akan selalu dibuat dengan semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian masyarakat. Tidak hanya itu saja tetapi melalui iklan yang menarik inilah maka masyarakat diharapkan agar dapat tertarik dan meningkat minatnya terhadap produk yang diiklankan. Meningkatnya minat masyarakat tentu akan membuat permintaan akan suatu produk menjadi naik.

Naiknya permintaan dari masyarakat atau permintaan pasar inilah yang menjadi target dari sebuah iklan. Maka dari itu apa fungsi iklan yang merupakan salah satu bentuk dari strategi pemasaran ini harus dibuat dengan sangat menarik dan bersifat persuasif. Dengan adanya iklan yang menarik maka minat pembeli bisa meningkat sehingga produk semakin laku keras di pasaran. Iklan diharapkan agar dapat merangsang konsumen untuk semakin memperhatikan suatu produk dan kemudian membeli produk. Pada dasarnya inilah tujuan utama dari sebuah iklan yaitu untuk memasarkan produk sehingga semakin laku di pasaran.

Fungsi Ekonomi dan Fungsi Sosial

Secara ekonomi maka sebuah iklan dinilai akan memberikan keuntungan pada berbagai pihak yaitu pihak produsen dan pihak pembuat iklan serta pihak konsumen. Melalui adanya iklan maka produk yang dihasilkan oleh produsen bisa semakin laris. Sedangkan bagi pembuat iklan tentunya iklan yang mengalami kesuksesan akan memberikan keuntungan finansial yang lebih besar pada akhirnya. Bagi konsumen tentunya iklan akan memberikan banyak informasi mengenai suatu produk sehingga konsumen bisa membeli produk dengan penuh pertimbangan.

Tidak hanya dari segi ekonomi tetapi apa fungsi iklan juga bisa berfungsi dipandang dari segi sosial. Seringkali sebuah iklan mengajak Anda dan masyarakat untuk melakukan kegiatan sosial. Misalnya ajakan untuk mengumpulkan donasi agar donasi bisa berguna bagi masyarakat yang sedang tertimpa musibah. Jadi sebuah iklan sebenarnya tidak selalu bertujuan untuk hal-hal yang bersifat komersil. Seringkali iklan juga dijadikan sebagai sarana untuk sosialisasi program pemerintah dan lain sebagainya. Jadi dengan adanya iklan maka Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai berbagai kegiatan non-komersil.

Iklan tentu saja banyak dibutuhkan terutama untuk memperlancar kegiatan pemasaran dari suatu produk. Dengan adanya iklan maka promosi dapat dilakukan dengan harapan agar bisa mencapai target. Iklan sendiri bisa dikatakan sebagai suatu informasi yang mengandung sebuah pesan. tentunya pesan yang terdapat di dalamnya ini bisa membuat orang lain menjadi tertarik baik dengan tampilan iklan maupun dengan produk yang sedang ditawarkan. Dengan kata lain promosi yang ada pada media tersebut bersifat persuasif dan dapat mempengaruhi orang yang meihatnya menjadi tertarik dengan produk yang sedang diiklankan. Maka jika Anda merupakan seorang pelaku bisnis dan ingin memasarkan produk tentu bisa membuat iklan sebagai media yang bisa membuat orang tertarik untuk membeli produk. Maka dari itu iklan harus dibuat semenarik mungkin dan membuatnya diperlukan beberapa strategi agar tujuan bisa dicapai.

Tips Membuat Fungsi Iklan Yang Efektif

Kalimat persuasif

Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah iklan yang menarik. Jika iklan menarik maka orang yang melihatnya pasti akan suka saat melihatnya. Namun sebenarnya media promosi berupa iklan haruslah dibuat dengan adanya susunan kalimat yang bersifat persuasif. Artinya kalimat yang terampang di media promosi tersebut haruslah bisa mengundang rasa tertarik dari orang yang melihatnya. Hingga akhirnya ornag yang melihat iklan tersebut bisa terpengaruh dan memutuskan untuk membeli produk yang sedang diiklankan.

Gambar berkualitas tinggi

Saat membuat iklan sebaiknya gunakan gambar dengan kualitas tinggi. Gambar berkualitas tinggi tentu saja bisa tampil dengan sangat baik. Setidaknya gambar yang terpampang di media promosi tidaklah pecah. Bahkan gambar yang muncul di tampilan iklan bisa tampak halus. Tidak hanya itu saja tetapi gambar yang dihadirkan dengan kualitas tinggi juga akan muncul dengan warna yang cerah dan jelas. Warnanya akan utuh sehingga gambar bisa terlihat semakin jelas.

Desain menarik

Sebagai media promosi yang bertujuan untuk memperkenalkan suatu produk maka sudah tentu desain yang ada pada iklan haruslah dibuat semenarik mungkin. Desain yang menarik tentu akan membuat orang menjadi semakin suka melihat desain tersebut. Demikian pula jika desain sebuah iklan menarik maka orang yang melihatnya tidak akan melepaskan pandangannya dari media iklan tersebut. Oleh karena itu berikan desain yang paling menarik dalam pembuatan iklan. Sebisa mungkin iklan juga dibuat unik sehingga tampilannya berbeda dengan media iklan lainnya.

Media untuk fungsi iklan yang tepat

Beberapa iklan mungkin dibuat dengan menarik dan kalimat yanga da pada iklan tersebut juga bisa mengajak orang untuk berminat terhadap produk yang sedang dipromosikan. Namun sayangnya sebuah iklan bisa saja dihadirkan di media yang tidak tepat. Misalnya bahan yang digunakan untuk dijadikan sebagai media iklan tidak begitu berkualitas. Hingga kahirnya gambar iklan menjadi tidak jelas atau bahkan bsia saja buram. Tentu hal ini akan mengurangi rasa tertarik masyarakat pada media promosi tersebut.

Tampilkan keunggulan produk

Promosi produk sebenarnya harus dilakukan dengan teknik tertentu. Misalnya dengan menampilkan keunggulan produk sehingga produk membuat khalayak menjadi tertarik. Keunggulan produk bisa menjadi salah satu senjata bagi produk sehingga produk bisa menarik minat banyak konsumen. Oleh karena itu keunggulan yang ada pada produk tersebut sebaiknya dicantumkan pada media iklan. Maka ornag yang melihatnya akan semakin tertarik dan bersedia membeli produk. Keunggulan produk ini pada akhirnya bisa menjadi suatu keunggulan kompetitif yang membuatnya menjadi mampu bersaing dengan produk lainnya.

Lokasi strategis

Tipsterakhir yang bisa menjadi masukan untukANda sekalian terutama para pelaku bisnis adalah pasanglah iklan di lokasi yang strategis.Lokasi strategis yang dimaksud disini adalah lokasi yang sekiranya dilewati oleh banyak orang. Tidak hanya dilewati saja tetapi tempatkanlah media promosi yang berukuran cukup besar di lokasi yang membuat orang bisa membacanya. Tempatkan media pada lokasi yang sekiranya bisa membuat orang bisa memperhatikan produk yang diiklankan sehingga nantinya apa yang menjadi tujuan daripembuatan media iklan bisa didapatkan.

Syarat Memaksimalkan Fungsi Iklan

Menarik

Sebuah iklan tentu saja harus dibuat dengan semenarik mungkin. Ada banyak hal yang bisa diterapkan agar media promosi tersebut bisa tampil sangat menarik. Salah satunya adalah dengan memperhatikan gambar produk yang ditampilkan di media. Gambar produk haruslah tampak bagus dan menarik. Selain itu desain media juga harus dibuat semenarik mungkin agar orang yang melihatnya sangat tertarik dan tidak bosan saat melihatnya. Jadi pada dasarnya media promosi ini harus dibuat dengan tampilan yang menawan dan bahkan sebisa mungkin dibuat mencolok namun tidak meninggalkan kesan elegan.

Informatif

Selain menarik sudah tentu media promosi yang dibuat untuk kepentingan bisnis ini haruslah bersifat informatif. Yang dimaksud dengan informatif disini adalah media promosi yang dibuat tersebut haruslah bsia menyampaikan pesan kepada khalayak. Apa yang terpampang di media tersebut juga harus bisa memberikan informasi kepada orang yang melihatnya. Jadi pembuatan media promosi ini diharapkan agar dapat membuat orang bsia mengetahui dan mengenal produk secara lebih lagi sehingga orang tertarik dengan produk tersebut.

Persuasif

Syarat lainnya dari sebuah iklan yaitu bersifat persuasif. Artinya disini iklan bisa membuat orang yang melihatnya menjadi tertarik baik terhadap tampilan iklan sekaligus terhadap produk yang sedang diiklankan. Dengan kata lain promosi yang dilakukan melalui media ini bisa seolah membujuk konsumen hingga tertarik dengan produk yang ditawarkan dan ingin membelinya. Maka setiaporang yang melihat iklan tersebut jadi ingin mencoba produk yang diiklankan. Iklan juga bisa mengajak orang yang melihatnya menjadi simpati baik terhadapproduk yang ditawarkan maupun terhadap brand perusahaannya. maka setiaporang bisa ingin mencoba produk sehingga melakukan proses pembelian produk.

Jelas

Hal terakhir yang juga perlu diperhatikan dalam membuat iklan adalah adanya sifat jelas pada media tersebut. Jadi isi iklan haruslah jelas dan tentu saja tidak membuat bingung orang yang melihatnya. Bahkan isi daripada media tersebut sebaiknya cenderung singkat sehingga bisa dicerna dengan lebih mudah oleh orang yang melihatnya. Kalimat yang dijadikan sebagai slogan dan ajakan pada media juga sebaiknya tidak terlalu bertele-tele sehingga tidak membuat konsumen menjadi bingung.

Pemanfaatan Fungsi Iklan

Apa fungsi iklan pada dasarnya dijadikan sebagai sebuah media untuk bisa memberikan informasi kepada pasar mengenai kehadiran suatu produk. Jadi dengan hadirnya media tersebut maka semua orang bsia semakin mengenal produk yang ditawarkan. Bisa juga orang yang melihatnya menjadi semakin tertarik dengan produk yang diiklankan. Hingga saat ini semau pelaku bisnis tentu menggunakan media iklan untuk mempromosikan produk yang sedang ditawarkannya kepada para konsumen. Maka penjualan produk bisa semakin lancar dan bisa mencapai target. Dengan demikian sebuah iklan bisa dimanfaatkan sebagai media untuk mempermudah sebuah perusahaan dalam mencapai target atau tujuan.

Apa fungsi iklan bagi perusahaan dan bisnis memang harus ditentukan sejak awal. Demikian pula halnya dengan sistem keuangan perusahaan sebaiknya ditentukan pengelolaannya dengan baik. Seperti misalnya melalui penggunaan produk seperti JojoExpense. Dimana nantinya penggunaan produk ini dapat memberikan aneka ragam manfaat pada keuangan perusahaan mulai dari sistem pencatatan keuangan yang tepat dan akurat, proses reimburse yang lebih sistematis dan cepat, serta menghindari resiko adanya penipuan keuangan perusahaan atau fraud.

Semua ini bisa didapatkan berkat adanya fitur menarik di dalam JojoExpense. Mulai dari adanya fitur Digital Reimbursement, OCR (Auto Read Receipt) on mobile, Multiple Receipts Attachment, Approval Policies by Amount, Multi-stage Approval & Disbursement Flow, serta berbagai macam fitur lainnya. Karena itu, sebaiknya jangan ragu dan segera dapatkan produk yang satu ini. Dapatkan juga coba gratis di perusahaan Anda. Biarkan sistem keuangan perusahaan Anda berjalan lebih sistematis, efisien dan efektif hanya bersama JojoExpense.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.