Apa itu After Sales Service?

After Sales Service

Dalam berbisnis, Anda perlu paham apa itu after sales service. After sales servie alias layanan purna jual mengacu pada semua hal yang Anda lakukan untuk merawat dan memberi kepuasan pelanggan Anda dalam bentuk layanan yang berharga setelah mereka membeli produk Anda. Jenis layanan purna jual pelanggan ini penting untuk bisnis apa pun, tetapi terutama untuk bisnis kecil di mana setiap klien itu dianggap sangat penting.

Pentingnya  after sales service

After Sales Service
Young couple talking to a sales person in a car showroom

Layanan purna jual berkualitas tinggi baik untuk Anda dan oleh karena itu baik juga untuk pelanggan Anda. Ketika Anda membantu mereka mendapatkan hasil maksimal dari produk atau layanan Anda, mereka secara alami lebih bahagia dengan itu. Itu membuat mereka lebih cenderung memesan lagi, dan memberi tahu dunia juga.

Dengan kata lain: semakin Anda membuat pelanggan Anda kagum, semakin besar kemungkinan mereka akan membuat Anda kagum kembali dengan loyalitas dan antusiasme mereka. Mereka akan menjadi duta merek, pengulas, dan suara tepercaya yang akan memberi Anda ulasan hebat, menyanyikan pujian Anda di media sosial, dan memberi Anda umpan balik yang jujur ​​tentang produk dan fitur baru.

Mari kita lihat beberapa contoh dukungan purna jual yang akan membuat pelanggan senang saat menjalankan bisnis baru. Atau mulai demo dan pelajari bagaimana Keap dapat membantu Anda meningkatkan layanan purna jual pelanggan Anda.

Cara untuk menyenangkan pelanggan setelah penjualan

Para pelaku bisnis menyebut after sales service sebagai bagian dari siklus hidup penjualan karena seharusnya berputar ke belakang untuk penjualan di masa depan, tidak berakhir hanya dengan satu proses closing saja. Dengan mengingat hal itu, berikut adalah delapan praktik yang akan membantu Anda membangun hubungan pelanggan yang kuat yang membuat mereka datang kembali.

1. Kartu Ucapan

Kartu ucapan terlihat sederhana, namun sangat berkesan bagi pelanggan Anda. Pilih momen yang akan bermakna bagi pelanggan, seperti ucapan selamat ulang tahun atau ucapan terima kasih setelah Anda melakukan presentasi penjualan. Susun pesan Anda dengan hati-hati; pastikan untuk mengatakan bahwa Anda akan dengan senang hati melayani pelanggan tersebut. Saat ini proses ini bahkan dapat diotomatisasi jika CRM Anda terintegrasi dengan layanan aplikasi digital.

2. Bikin Kemasan unik

Kemasan yang bagus dan berkualitas baik selalu bernilai investasi tinggi. Kemasan yang bagus dapat menyenangkan bagi pelanggan. Karena hal itu adalah bentuk layanan purna jual yang baik untuk pelanggan Anda dan (secara harfiah) membuat merek Anda terlihat bagus.

3. Kupon diskon maupun voucer belanja

Apakah Anda baru saja menyelesaikan penjualan? Mengapa tidak memulai layanan yang lain? Memperluas kupon terima kasih kepada pelanggan baru ibarat kata Anda memulai siklus hidup penjualan dari awal lagi. Jika Anda menerima complain akibat produk yang tidak sesuai dengan bisnis Anda, pikirkan pendekatan lain: dapatkah Anda membantu mereka memberikan produk Anda sebagai hadiah? Atau bisakah Anda membuat kupon yang ingin mereka berikan kepada teman atau kolega?

4. Panggilan telepon sederhana

Sentuhan manusia adalah inti dari hubungan pelanggan, jadi jadwalkan panggilan tindak lanjut kepada pelanggan Anda dalam waktu tiga puluh hari setelah penjualan. Ini lebih dari membantu layanan purna jual; Anda dapat mempelajari poin-poin penting, baik atau buruk, tentang produk Anda. Saaat kontak pelanggan, jangan mencoba untuk menjualnya di sini; dengarkan saja. Jika mereka tidak menjawab telepon, jangan khawatir: tinggalkan pesan sederhana terima kasih atas bisnis mereka dan beri tahu mereka bahwa Anda siap menjawab pertanyaan.

5. Tutorial pemakaian produk

Mungkin produk Anda bernuansa, agak sulit dipelajari, atau memiliki fitur yang kurang dimanfaatkan. Jika iya, coba buat atau hosting tutorial yang memudahkan. Tutorial adalah bentuk aftercare pelanggan yang bermanfaat, karena membantu pelanggan saat mereka mengembalikan merek Anda ke layar radar mereka.

6. Survei

Sudahkah Anda bertanya kepada pelanggan Anda bagaimana perasaan mereka? Mereka mungkin ingin menawarkan umpan balik namun bingung cara mengungkapkannya. Kondisi ini bisa diatasi dengan metode survei reguler. Beberapa bisnis menambahkan kupon saat survei selesai, sehingga pelanggan dapat merasa suara mereka didengar dan Anda bisa mendapatkan nilai penting sebagai imbalannya.

7. Koneksi ulang tahun

Mengucapkan “Selamat ulang tahun!” pada waktu yang tepat bisa jadi sangat berkesan bagi pelanggan. Ucapan melalui email atau hadiah bisa sangat kuat kesan yang ditimbulkan. Ucapan seperti ini juga membantu Anda menjangkau pelanggan hingga berbulan-bulan setelah penjualan, ketika ingatan mereka tentang merek Anda mungkin memudar. Coba pasangkan metode kupon  diskon atau voucer belanja dengan email yang berisi kata-kata indah untuk mengucapkan selamat ulang tahun yang tulus kepada mereka. Yang terbaik dari semuanya, email ulang tahun mudah diotomatisasi dan membuat pelanggan terkesan.

8. Pengumuman liburan, sepele namun berkesan

Liburan adalah alasan bagus untuk menghidupkan kembali loyalitas pelanggan. Beri tahu pelanggan hari mana Anda akan buka (atau tutup) dan jelaskan promosi atau penjualan yang Anda jalankan. Sekali lagi, ini adalah kesempatan lain untuk memulai siklus hidup penjualan yang baru.

Layanan purna jual yang bagus menghasilkan referral yang baik

Jika layanan purna jual dari perusahaan Anda bagus, jangan takut untuk meminta referensi. Dan jangan lupa untuk memberi mereka hadiah! Pikirkan tentang memulai program referral dengan imbalan yang jelas dan bermanfaat, seperti kartu hadiah dalam jumlah kecil atau tiket film. Anda akan menunjukkan penghargaan Anda dan membangun loyalitas pelanggan sekaligus.

Beberapa hal yang perlu diingat ketika mengejar referral:

Jangan memaksakan atau menjual dengan keras. Bersikaplah santun dan jangan agresif etika meminta rujukan, tetapi fokuslah pada nilai produk atau layanan Anda dan bagaimana pelanggan dapat membagikan manfaat yang diberikan kepada mereka.

Orang suka mengikuti instruksi. Jika Anda meminta pelanggan untuk meninjau bisnis Anda, banyak yang akan melakukannya. (Bayangkan itu!) Pastikan instruksi Anda jelas dan mudah diikuti sehingga niat baik mereka dihargai.

Jangan meniru

Temukan cara-cara kreatif dan strategis agar bisnis unik Anda dapat memberi penghargaan kepada pelanggan atas referensi mereka. Pastikan itu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda serta strategi penjualan Anda.

Jadi, apa itu after sales service? Layanan purna jual ini berfokus pada memuaskan pelanggan setelah penjualan, tetap berhubungan, meminta ulasan dan referensi, dan menghargai loyalitas pelanggan. Buatlah program loyalitas pelanggan yang efektif dalam membangun hubungan pelanggan (dan penjualan). Jika Anda belum memiliki program loyalitas pelanggan, mungkin inilah saatnya untuk mulai melakukan brainstorming.

Jika ada produk dan layanan baru, pastikan pelanggan Anda, dulu dan sekarang, harus menjadi yang pertama tahu saat Anda meluncurkan fitur baru. Ini adalah kasus di mana after sales service pelanggan juga dapat menjadi pra-perawatan untuk produk baru Anda: bagikan berita, lalu saksikan saat pelanggan terlibat dan menyebarkan berita tersebut.

Nah agar karyawan sales Anda bersemangat dalam bekerja dan tidak cepat bosan dalam bekerja, perusahaan sebaiknya menggunakan aplikasi HRIS JojoTimes dari Jojonomic. Aplikasi ini dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerja karyawan, meningkatkan efisiensi bekerja dan memonitor aktivitas karyawan baik di dalam maupun luar perusahaan.

Ada beragam fitur unggulan yang disematkan pada aplikasi HRIS JojoTimes, di antaranya Mobile Check In & Check Out, Accurate GPS Location via Geotagging, Biometric Face Recognition dan lainnya. Tentunya, fitur-fitur unggulan tersebut dapat membantu perusahaan untuk mencapai perkembangan yang signifikan.

Yuk gunakan aplikasi HRIS JojoTimes dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan gratis demo 14 hari dengan cara klik di sini.