Apa Itu Aptitude Test? Pengertian dan Manfaat

apa itu aptitude test
Sumber : blog.boomr.com

Apa Itu aptitude Test ? – Aptitude Test atau Tes Bakat merupakan salah satu cara bagi perusahaan atau pemberi kerja untuk melihat dan menilai kemampuan kandidat melalui berbagai format pengujian yang bermacam – macam. Aptitude test akan menguji kemampuan anda dalam melakukan tugas dan bereaksi terdapat suatu situasi di tempat kerja. Beberapa kemampuan yang dimaksut antara lain adalah kemampuan dalam problem solving atau pemecahan masalah, prioritas serta ketrampilan numerik.

Tes prikometri merupakan bagian pilihan ganda yang memberikan anda beberapa pilihan dalam suatu persoalan. Dimana jawaban anda kemudian ditandai dan dihitung serta dibandingkan dengan kandidat yang lain. Anda bisa menggunakan test online yang gratis untuk mengukur atau mengasah kemampuan anda sendiri sebelum mengikuti aptitude test yang asli.

Tipe Aptitude Test

Aptitude test merupakan cara yang tepat bagi seorang manager atau leader untuk mengukur kecocokan kandidat dengan posisi yang ditawarkan. Aptitude test merupakan alat yang digunakan untuk melihat bagaimana kandidat akan menyelesaikan persoalan atau tantangan yang akan mereka hadapi nantinya ketika mengisi posisi tersebut. Anda bisa meminta kandidat untuk mengisi aptitude test pada saat interview atau bahkan melalukannya secara online sebelum memanggil kanddiat untuk tatap muka langsung. Hal ini tergantung dari proses rekrutmen masing – masing perusahaan. Berikut adalah beberapa tipe aptitude test yang biasanya diberikan oleh perusahaan untuk para kandidat yang ada, antara lain adalah :

  • Diagrammatic Reasoning – tujuan dari test tersebut adalah melihat kemampuan kandidat dalam sebuah alasan logis dengan menggunakan diagram dan flowchart.
  • Numerical Reasoning – mengukur kemampuan matematikal kandidat dengan menggunakan persentase, rata – rata dan sebagainya.
  • Verbal Reasoning – menilai kemampuan kandidat dalam sebuah permasalahan tentang logika verbal.
  • Inductive Reasoning – mengukur kemampuan kandidat dalam melihat pola dan menganalisa data ketika berada pada lingkungan yang penuh tekanan.
  • Situasional Judgement – mengetes atau menilai kemampuan kandidat dalam memecahkan suatu persoalan.
  • Logical Reasoning – menilai kemampuan anda dalam mengenali pola, urutan serta hubungan antara suatu bentuk dan imaginernya.
  • Abstrack Reasoning – hampir mirip dengan test IQ dan Asses pengetahuan umum, serta mengetahui kemampuan anda dalam menghadapi sebuah situasi yang baru.

Pertanyaan pada Aptitude Test

Jenis pertanyaan yang ada atau yang akan ditanyakan dalam aptitude test adalah biasanya menyesuaikan dari masing – masing posisi yang anda lamar. Perusahaan atau pemberi kerja mungkin akan emminta anda untuk mengidentifikasi angka yang hilang dari deretan angka yang ada, bentuk atau bahkan gambar yang berseri. Atau perusahaan juga bisa memberikan anda sebuah scenario tertulis yang mengharuskan anda untuk menjawab form tersebut. Verbal aptitude biasanya memiliki format tentang pilihan benar – salah satau tidak bisa memilih antar keduanya.

Meski pertanyaannya merupakan persoalan matematika atau berdasarkan pada pemecahan masalah (problem – solving), semuanya digunakan untuk mengetes kemampuan anda dalam memproses informasi yang didapatkan. Apakah sudah cukup cepat atau masih bisa lebih cepat lagi. Hal ini bisa menjadi salah satu senjata ampuh bagi para pembuat kerja untuk menganalisa berbagai kandidat yang ada dan menetapkan masing – masing ke dalam level yang berbeda – beda pula.

apa itu aptitude test
Sumber : s3.eu-west-1.amazonaws.com

Menyiapkan Diri Untuk Aptitude Test

Saran yang bisa digunakan untuk berhasil atau lolos test aptitude adalah dengan banyak – banyak berlatih. Anda bisa bertanya kepada perusahaan tempat melamar kerja atau pada pemberi kerja untuk menunjukkan jenis test apa yang akan anda ambil. Untuk kemudian digunakan sebagai bahan pembelajaran terlebih dahulu.

Memang benar bahwa dengan persiapan Latihan pun tidak menjamin kesuksesan anda dalam proses interview yang dilakukan. Namun, dengan banyak berlatih anda akan lebih familiar dengan jenis – jenis pertanyaan yang akan disampaikan. Bahkan ketika perusahaan menetapkan jam batas pengerjaan soal.

apa itu aptitude test
Sumber : connect2local.com

Aptitude test memang di desain untuk melihat apakah orang tersebut mampu melaksanakan pekerjaan yang diampu, atau memprediksi apakah orang tersebut akan bisa belajar ketika diberikan jenis Pendidikan dan pelatihan yang telah disiapkan. Aptitude test merupkaan representasi dari level kompetensi yang dimiliki oleh seseorang ketika diberikan suatu pekerjaan.

Fungsi dari aptitude test itu sendiri bisa jadi sangat beragam tidak hanya sebatas dunia industry dan sebagainya. Bahkan aptitude test bisa membantu para siswa untuk menentukan jenis pekerjaan apa yang mereka inginkan dan cocok.

Aptitude Test Vs Intelligence Test

Apakah perbedaan antara aptitude test dan intelligence test?

Telah diketahui bersama bahwa intelligent test didesain untuk mengukur kemampuan seseorang dalam memahami yang namanya general intelligence atau kapasitas mental global yang akan mempengaruhi seluruh aspek umum di dunia.

Sedangkan aptitude test didesain untuk mengukur jangkauan yang lebih sempit dan terperinci unntuk kemampuan yang dimiliki oleh kandidat alih – alih Test IQ – nya. Namun, hal inilah yang justru bisa menjadi kelemahan dari test aptitude itu sendiri. dimana saking terinci dan sempitnya, banyak jawaban dari soal yang diberikan telah bisa diprediksi dengan mudah oleh para kandidat.

Sumber : connect2local.com

Aptitude test memang bisa membantu anda dalam mendapatkan ide tentang apa yang bisa anda lakukan dengan baik atau apa yang mungkin saja baik bagi anda dengan seikit bantuan training atau pelatihan. Namun, hasil aptitude test itu sendiri tidak bisa didasarkan oleh seluruh karakter seseorang. Test tersebut tidak akan bisa memberi tahu dunia bagaimana anda yang sebenarnya. Dimana aptitude test bisa jadi ‘tidak sesuai’ tergantung dengan faktor – faktor lain seperti kesukaan atau hobi dan pengalaman.

Kesimpulan

Jenis aptitude test yang lebih special lagi bahkan dijabarkan untuk melihat kapasitas individu dalam area tertentu saja. Conothnya, seorang pebisnis yang sedang mencari kandidat untuk mengisi posisi programmer. Yang juga harus mengedepankan catatan pekerjaan kandidat beserta performanya dalam interview yang dilakukan. Meski hal ini dinilai sudah cukup. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan ingin kandidat untuk menyelesaikan aptitude test. Sebagai penentu apakah pekerja tersebut memiliki kemampuan yang cukup dalam menjalankan tanggung jawab yang akan ia emban. Semuanya tergantung dari masing – masing proses rekrutmen yang ada di perusahaan.

Kepribadian tentu bisa berubah-ubah sesuai dengan lingkungan dan apa yang dihadapi oleh orang atau individu masing – masing. Ada baiknya apabila tim HR mampu mempelajari bagaimana menghadapi karyawan dengan berbagai kepribadian yang berbeda – beda berdasarkan hasil dari Aptitude test yang ada.

Mengelola karyawan dengan beragam kepribadian tentu tidak mudah apalagi soal absensi karyawan. JojoTimes dari Jojonomic akan mempermudah tim HR untuk mendata absen karyawan. JojoTimes terbukti dapat meningkatkan kinerja tim hingga 100% dengan sistem monitoring aktivitas real-time, anti-fraud serta pengelolaan administrasi HR otomatis.

Semua berkat beberapa fitur ter – up to date dari JojoTimes, misalnya yaitu fitur-fitur seperti :

  • Alat pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Pengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Penyesuaian Tarif lembur yang dapat disesuaikan