Apa itu Daring ? Serta Penerapan dalam Sistem Komunikasi

apa itu daring

Zaman serba teknologi seperti sekarang ini, semua akses itu dipermudah oleh jaringan internet melalui aktifitas Daring. Nah, apa itu Daring ? yaitu akronim dari dalam jaringan. Artinya terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan lain sebagainya.

Kegiatan yang bisa dikategorikan Daring adalah webinar, kelas online, KKN online, hingga kuliah online. Intinya semua kegiatan tatap muka maupun komunikasi yang dilakukan menggunakan jaringan internet dan komputer.

Untuk komunikasi Daring sendiri, cukup banyak contohnya dan jenis komunikasi tersebut selalu berkembang dari waktu ke waktu. Lalu apa sih, pengertian dari komunikasi daring? Apa saja jenis dan contohnya? Ketahui jawabannya pada uraian di bawah ini ya.

Sebenarnya Apa Itu Daring?

Sebelum kita bahas tentang komunikasi daring lebih detail, kita akan kilas balik kegiatan komunikasi antar individu, bahwa sudah sejak dahulu manusia adalah mahluk sosial yang selalu membutuhkan akses komunikasi untuk menambah wawasan dan pergaulan.

Di era sekarang yang serba digital tidak hanya komunikasi yang dilakukan secara online namun juga sistem pendidikan. Salah satunya dengan cara online atau terkenal dengan istilag Daring, dan saat ini Daring adalah istilah yang cukup sering disebut dan jadi pembahasan global.

Perlu Anda ketahui bahwa Daring adalah kependekan dari “dalam jaringan” atau sepadan dengan istilah “online” dalam bahasa Inggris. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka, tetapi melalui platform yang telah tersedia.

Baru-baru ini, kata daring memang semakin populer semenjak pandemi virus Covid-19. Sehingga pandemi membuat berbagai kegiatan belajar dan komunikasi dilakukan secara online atau daring. Berikut ini kita akan bahas lebih detail apa itu komunikasi Daring ?

apa itu daring

Apa itu Komunikasi Daring ?

Komunikasi daring atau yang biasa disebut sebagai komunikasi online mungkin secara tidak sadar sering kita lakukan sehari-hari. Komunikasi jenis ini terdiri dari dua kata, yaitu “komunikasi” dan “daring”.

Kata komunikasi berarti melakukan hal tertentu yang berkaitan dengan penggunaan informasi yang seragam agar bisa menyampaikan maksud kepada orang lain secara jelas. Sedangan daring berarti berada dalam dunia maya atau dunia semu.

Sehingga komunikasi daring berarti sebuah metode hubungan dengan orang lain yang dilakukan melalui dunia maya agar bisa menyampaikan suatu maksud tertentu. Selain itu, juga dapat diartikan sebagai proses pemindahan informasi dari orang satu ke orang lain melalui jaringan internet. Jenis komunikasi yang satu ini juga sering disebut dengan cyberspace.

Komunikasi secara Daring

Seperti yang disinggung sebelumnya, daring adalah kata yang lekat dengan kegiatan komunikasi sehari-hari. Oleh karena itu, daring tidak bisa hanya dimaknai sebagai kependekan dari “dalam jaringan”.

Komunikasi terdiri dari dua platform, yaitu komputer dan telekomunikasi. Artinya, proses pertukaran komunikasi harus dilakukan melalui jaringan komputer, dan secara garis besar.

Komunikasi daring terbagi menjadi dua macam

1. Komunikasi daring sinkron atau serempak

Komunikasi daring sinkron dilakukan dengan bantuan alat seperti komputer, smartphone, atau media lainnya. Disebut komunikasi serempak karena dilakukan secara serempak, bersamaan, atau secara real time.

Jenis-Jenis Komunikasi Daring Sinkron

Komunikasi daring sinkron masih terbagi dalam tiga jenis. Adapun ketiga jenis tersebut adalah sebagai berikut.

1. Komunikasi Sinkron Call

Komunikasi sinkron call adalah komunikasi daring yang bisa dilakukan via telepon. Artinya, seseorang yang tengah berjauhan bisa saling berhubungan dengan menggunakan fitur telepon yang terdapat pada suatu aplikasi.

2. Komunikasi Sinkron Chat

Sesuai dengan namanya, komunikasi sinkron chat dilakukan dengan format berbagi chat ataupun pesan obrolan, secara tertulis dengan lawan bicara. Saat ini terdapat berbagai platform penyedia jasa komunikasi daring chat, antara lain WhatsApp Chat, Line Chat, SMS.

3. Komunikasi Sinkron Video Call

Jenis lain dari komunikasi daring adalah komunikasi sinkron video call. Komunikasi daring sinkron jenis ini membuat dua orang yang berkomunikasi bisa saling bertatap muka meski berjauhan. Dengan begitu, kalian bisa mengetahui keadaan lawan bicara hanya melalui layar smartphone ataupun layar komputer.

2. Komunikasi Asinkron atau tidak serempak.

Sementara komunikasi asinkron tidak dilakukan serempak atau bersamaan.

apa itu daring

Apa itu Daring ? dan Jenis-Jenis Komunikasi Daring Asinkron

Apa itu daring ? sudah banyak yang paham pastinya, sekarang kita bahas tentang komunikasi daring yang disebut komunikasi daring asinkron juga terbagi dalam dua jenis. Berikut kedua jenis komunikasi daring asinkron tersebut.

1. Komunikasi Asinkron Chat

Komunikasi asinkron chat bisa dilakukan dengan menggunakan komputer maupun smartphone dan juga jaringan internet. Namun berbeda dengan komunikasi sinkron chat, komunikasi asinkron ini hanya bisa berbagi pesan singkat menggunakan beberapa platform yang tersedia, tapi komunikasi yang terjalin bersifat tertunda.

2. Komunikasi Asinkron Video

Berbeda dengan jenis komunikasi sinkron video call, komunikasi asinkron video ini hanya bisa berbagi rekaman video kepada lawan bicara. Sehingga, komunikasi tidak bisa berjalan interaktif dua arah. Atau dengan kata lain, kalian tidak bisa secara langsung mengetahui keadaan lawan bicara.

Itulah di antaranya beberapa ulasan mengenai daring adalah kependekan dalam jaringan, serta penjelasan mengenai komunikasi daring dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Kelebihan Komunikasi Online

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, tidak heran jika cyberspace lebih diminati terutama bagi kaum millenial. Berbagai kelebihan di bawah ini menjadi latar belakangnya :

  1. Sangat menghemat waktu dan biaya
  2. Memudahkan proses interaksi jarak jauh
  3. Sebagai sarana perdagangan online
  4. Sebagai sarana riset bagi para ilmuwan
  5. Menjadi media hiburan yang cukup interaktif

Contoh Komunikasi Daring yang Perlu Anda Tahu

Penegrtian apa itu Daring ? sudah kita bahas diatas, berikut jenis-jenis komunikasi daring yang terdiri dari komunikasi sinkron dan asinkron. Namun, walaupun sudah mengetahui berbagai hal tersebut, tidak ada salahnya Anda tidak mengetahui tentang contoh komunikasi tersebut.

Berikut ini kami berikan contoh dari masing-masing jenis komunikasi online hanya untuk anda :

apa itu daring

1. Contoh Komunikasi daring sinkron

Jenis komunikasi yang satu ini memiliki kelebihan yaitu real time communication. Contoh dari jenis komunikasi yang satu ini adalah :

Text messaging

Chatting atau text messaging adalah salah satu metode komunikasi online yang bisa dilakukan secara bersamaan. Pihak yang satu menuliskan pesan yang ingin disampaikan melalui aplikasi SMS ataupun berbagai aplikasi chatting lainnya. Seperti halnya Inbox Facebook, DM Instagram, Whatsapp, Telegram, dan lainnya.

Pihak lain yan berada dalam line yang sama juga akan menuliskan pesan yang ingin mereka sampaikan walaupun waktunya bersamaan. Dan ketika kedua pesan dari kedua arah tersebut dikirim, mereka tidak akan bertabrakan, dan bahkan akan sampai pada waktu yang sama satu dengan lainnya.

Video calling atau video messaging

Sama halnya seperti pesan teks, pesan video atau pun video calling bisa disebut sebagai jenis kommunikasi online sinkron. Pesan video memang hampir sama seperti pesan teks yang dilakukan tanpa bertatap muka langsung.

Namun ketika melakukan video calling kedua pihak akan bertatap muka. Berbagai aplikasi yang bisa digunakan untuk video calling contohnya adalah Whatsapp, Zoom, Google Meet, dan lain sebagainya.

Di masa pandemi corona covid-19 seperti sekarang ini, Anda bisa memanfaatkan video call untuk berinteraksi. Nah, salah satu platform yang banyak direkomendasikan adalah Google Meet dimana secara otomatis sudah tersedia gratis bagi pelanggan G Suite yang dapat dipesan melalui

Sound calling atau sound messaging

Panggilan suara merupakan jenis komunikasi yang sinkron, baik dilakukan dengan aplikasi messaging atau menggunakan aplikasi real time. Contohnya, anda bisa melakukan sound calling atau sound messaging  dari fitur telepon ponsel atau melalui Whatsapp dan Telegram.

2. Contoh komunikasi daring asinkron

Walaupun jenis komunikasi yang satu ini tidak menyuguhkan fitur real time, namun kelebihannya memiliki fitur penundaan dan editing. Berbagai contoh jenis komunikasi secara asinkron adalah e-book yang dapat diunduh gratis di internet dan video yang dibuat oleh Vlogger di Youtube.

E-book yang dibuat oleh pembuat konten serta video yang telah diedit habis-habisan oleh Vlogger adalah contoh komunikasi tidak langsung. Mereka menyajikan berbagai informasi yang sudah disempurnakan tanpa diketahui prosesnya oleh para pemirsa.

Nah, bagi kalangan eksekutive atau perusahaan tentunya tidak mungkin memakai sistem komunikasi asinkron ya, karena semua data harus real time, untuk melihat kinerja karyawan dan laporan keuangan yang valid. Seperti yang ada dalam Software Jojonomic melalui aplikasinya Jojotimes.

apa itu daring ?

Human Resource Suites

Solusi lengkap dan praktis manajemen sumber daya manusia perusahaa, serta produk populer untuk meningkatkan produktivitas perusahaan yang
Hemat waktu, uang, dan tenaga dengan otomasi sekaligus streamlining tugas HR & Finance.

Aplikasi JojoTimes adalah solusi Anda

Solusi Sistem HR Termudah untuk Memantau Kehadiran Karyawan Kapan Saja Di Mana Saja, JojoTimes meningkatkan kinerja perusahaan hingga 98% untuk mendukung perkembangan perusahaan, dengan mengelola administrasi secara otomatis dan memonitor karyawan.

FITUR yang sangat POPULER

  1. Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  2. Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  3. Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  4. Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Buktikan kinerjanya secara gratis dan anda pasti penasaran, klik link ini Gratis Sekarang