Apa itu Email Marketing dan Bagaimana Cara Kerjanya?

proses payrollEmail marketing adalah chanel pemasaran langsung yang paling menguntungkan, menghasilkan laba atas investasi rata-rata $42 untuk setiap $1 yang dibelanjakan dalam sebuah survey yang dilakukan oleh DMA, 2019. Panduan pemula ini akan menjelaskan dengan tepat apa itu email dan cara kerjanya. Pada akhirnya, Anda akan memiliki pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar bersama dengan pengetahuan untuk meluncurkan pemasaran email untuk bisnis Anda.

Email marketing harus menjadi pilar utama strategi pemasaran digital Anda. Tidak melakukan pemasaran email seperti meninggalkan uang di atas meja.

Tetapi jika Anda agak bingung harus mulai dari mana, itu sangat normal. Email marketing  punya segmen yang luas. Sangat mudah bagi pemula untuk tersesat didalamnya.

Sebaiknya pelajari cara melakukan pemasaran email sebelum meluncurkan kampanye email pertama Anda. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik dan menghindari kekeliruan yang hanya akan membuang buang waktu saja.

  • Apa itu email marketing?
  • Mengapa bisnis Anda tetap membutuhkan email marketing pada tahun 2021 ini?
  • Bagaimana cara kerja email marketing?
  • Bagaimana memulai email marketing?

Apa itu email marketing?

Email marketing adalah saat Anda mengirim pesan email komersial ke ‘pelanggan email’ Anda — kontak yang telah mendaftar ke daftar email Anda yang memberikan izin untuk menerima komunikasi email dari Anda. Email marketing digunakan untuk menginformasikan, mendorong penjualan, dan membangun komunitas di sekitar merek Anda (mis. dengan buletin).

Contoh berbagai jenis email pemasaran

Email dapat berupa promosi atau informasi dan memenuhi tujuan tertentu dalam perjalanan pembeli.

Email promosi

Kampanye pemasaran email digunakan untuk mempromosikan, baik itu untuk mempromosikan penawaran khusus, rilis produk baru, ebook, atau webinar. Kampanye dapat terdiri dari 3 – 10 email yang dikirim selama beberapa hari atau minggu.

Email promosi memiliki ajakan bertindak yang jelas — atau disingkat CTA. CTA mewakili tindakan spesifik yang Anda ingin pembaca lakukan, apakah itu mengunjungi halaman web atau melakukan pembelian. Email pemasaran jenis ini dikirim sesuai kebutuhan dan sesuai dengan ritme bisnis Anda.

Email informasi

Buletin: Buletin, seperti namanya, membagikan berita yang terkait dengan bisnis Anda (pencapaian baru tercapai, kemampuan produk baru) atau untuk menyoroti kasus penggunaan produk. Dikirim sesuai dengan jadwal yang ditetapkan (mingguan, dua mingguan, bulanan), buletin membantu menjaga koneksi yang konsisten dengan pelanggan Anda.

Fokuslah pada aspek surat. Bayangkan Anda sedang menulis surat satu-ke-satu kepada pelanggan Anda tentang sesuatu yang menarik minat mereka. Dengan kata lain, buletin adalah kesempatan untuk berbagi wawasan, pemikiran, kiat – apa pun yang paling memberi nilai bagi audiens Anda.

Email Pengumuman

Email adalah cara sempurna untuk memberi tahu pelanggan tentang pengumuman perusahaan, rilis baru, perubahan layanan, dll. Sebagai saluran, email memiliki formalitas yang diperlukan untuk menyampaikan pesan penting. Ini akan menjelaskan mengapa email menjadi saluran pilihan bagi merek yang mengirimkan komunikasi krisis selama COVID-19.

Apakah pemasaran email masih penting di tahun 2021?

Email bukanlah teknologi baru. Faktanya, ini adalah salah satu alat komunikasi digital pertama yang muncul kembali pada tahun 1971. Tetapi pahami ini: Pemasaran email — hampir 50 tahun — lebih banyak digunakan saat ini daripada sebelumnya.

Ungkapan ‘Email sudah mati’ akan terpental di sekitar ruang gema pemasaran sesekali. Tapi jangan percaya. Email hanya semakin besar. Lihat saja statistik ini:

  • Pada 2019, ada 3,9 miliar pengguna email global (sumber: Statista)
  • 80% orang Amerika memeriksa email mereka setidaknya sekali sehari, dengan hampir seperempat dari mereka memeriksa email pribadi mereka beberapa kali sehari (Fluent Inbox Report, 2018)
  • 80% profesional bisnis percaya bahwa pemasaran email meningkatkan retensi pelanggan (Emarsys, 2018)

Mengingat angka-angka tersebut, tidak mengherankan jika email dipuji sebagai saluran paling efektif dalam pemasaran B2B. Tidak memiliki strategi pemasaran email berarti kehilangan peluang penjualan dan kesempatan untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Pentingnya Email Marketing

Email marketing

Terlepas dari munculnya media sosial dan email spam yang tidak, email tetap menjadi cara paling efektif untuk memelihara prospek dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Ada banyak alasan Anda harus menjadikan pemasaran email sebagai salah satu prioritas utama Anda, tetapi berikut adalah 3 teratas:

  • Email adalah saluran komunikasi #1. Tahukah Anda bahwa setidaknya 99% konsumen memeriksa email mereka setiap hari? Itu tidak bisa dikatakan tentang saluran komunikasi lainnya.
  • Anda memiliki daftar Anda. Pada platform media sosial apa pun, akun Anda (bersama dengan semua penggemar dan postingan Anda) dapat ditangguhkan atau dihapus kapan saja, dengan alasan apa pun, tanpa pemberitahuan. Namun, Anda memiliki daftar email Anda. Tidak ada yang bisa mengambil petunjuk itu dari Anda.
  • Email hanya mengkonversi lebih baik. Orang yang membeli produk yang dipasarkan melalui email menghabiskan 138% lebih banyak daripada mereka yang tidak menerima penawaran email. Faktanya, pemasaran email memiliki ROI (pengembalian investasi) sebesar 4400%. Itu sangat besar! Dan jika Anda bertanya-tanya apakah media sosial berkonversi lebih baik, pikirkan lagi: nilai pesanan rata-rata email setidaknya tiga kali lebih tinggi daripada media sosial.

Email hanyalah cara terbaik untuk melakukan penjualan online. Sekarang setelah Anda mengetahui pentingnya pemasaran email, mari pelajari cara terbaik untuk melakukannya.

Bagaimana Melakukan Pemasaran Email?

Ingin tahu bagaimana cara memulai pemasaran email? Pemasaran email terdiri dari beberapa bagian yang bergerak, tetapi itu tidak berarti harus rumit. Begini cara rusaknya…

  1. Mulai Dengan Daftar Anda: Intinya adalah Anda tidak dapat mengirimkan kampanye pemasaran email jika Anda tidak memiliki siapa pun untuk mengirimnya. Dan hal lain yang perlu diingat adalah bahwa pemasaran email tidak akan berfungsi jika Anda tidak memiliki orang yang tepat dalam daftar Anda.
  2. Tambahkan Penyedia Layanan Email: Penyedia layanan email (ESP) memungkinkan Anda mengelompokkan audiens Anda, mengatur daftar Anda, dan mendistribusikan kampanye email ke audiens Anda. Anda juga dapat melacak hasil untuk meningkatkan kampanye mendatang. ESP yang baik harus terintegrasi dengan alat pemasaran Anda yang lain sehingga Anda dapat mengaktifkan semuanya secara otomatis saat Anda meningkatkan prospek.
  3. Menumbuhkan Daftar Email Anda

Apa yang kebanyakan orang lakukan ketika mereka ingin membuat daftar email adalah dengan meletakkan formulir optin di situs web mereka dan berharap orang-orang mendaftar. Sayangnya, strategi ini biasanya tidak bekerja dengan baik. Untuk mengembangkan daftar email Anda, Anda perlu menarik orang dengan penawaran yang menarik.

Anda membutuhkan lead magnet. Apa itu Lead Magnet?

Lead Magnet adalah sesuatu yang luar biasa yang Anda berikan secara gratis dengan imbalan alamat email. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun untuk membuatnya; kebanyakan magnet timah adalah materi digital seperti PDF, file audio MP3, atau video yang dapat Anda buat sendiri dengan biaya minimal atau tanpa biaya. Lead magnet seharusnya masuk dalam pengelolaan admin marketing.

Selain itu, sebagai pengusaha yang profesional, Anda juga perlu menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam memanajemen pengeluaran untuk kepentingan usaha secara efisien dan efektif. Anda dapat mengontrol anggaran usaha dengan baik hanya dengan modal smartphone.

strategi pemasaran kewirausahaan

Aplikasi JojoExpense dilengkapi dengan beragam fitur unggulan, seperti mobile approval, capture expenses, budget controlling, reimburse via app & web dan cash advanced. Beragam fitur unggulan ini berperan penting dalam mencapai tujuan sebagaimana disebut di atas.

Yuk gunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.