Apa Itu HRBP?

apa itu hrbp
Sumber : karlyn.medium.com

Apa Itu HRPB? Biasanya, setelah sebuah rencana strategis dibuat oleh bagian eksekutif perusahaan, sangat jarang sekali berbagai strategi tersebut yang benar – benar akan terlaksana. Kaitan dari departemen HR dalam penerapan nyata strategi perusahaan merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan. Karna HR merupakan bagian dari suatu bisnis atau usaha yang mengetahui hampir segala jenis bidang atau departemen yang ada di sebuah bisnis itu sendiri termasuk orang – orang didalamnya. Namun, hanya baru – baru ini saja pemilik bisnis menyadari potensi seorang human resources yang professional untuk menjadi seorang partner bisnis.

Seorang human resources business partner merupakan professional yang memiliki banyak penaglaman di bidang HR dan telah bekerja secara dekat dengan banyak petinggi di perusahaan atau menolong organisasi emncapai impiannya masing – masing. Tugas dan tanggung jawab HRBP adalah mensejajarkan bisnis secara objective bersama dengan management dan pekerja serta hubungan antara bagian HR dengan bisnis itu sendiri. mereka memberikan masukan serat dukungan kepada para manager terkait isu yang strategis dan membantu mereka mengimplementasikan jenis human resources yang terintegrasi dan high – performing.

Apa Itu HRBP?

HRBP lebih banyak berhubungan dengan para direktur atau C – suite daripada human resources departemen itu sendiri. seorang HR professional yang berpengalaman sering disamakan dengan mereka yang bekerja sebagai manager HR padahal keduanya merupakan jenis posisi yang sangat berbeda.

apa itu hrbp
Sumber : www.herzing.edu

Meskipun keduanya sama – sama pekerjaan yang berada di bawah tim human resources, dan juga sama – sama memiliki pengetahuan yang mumpuni dibidang HR, namun tugas yang diembang oleh HRBP dan manager HR ternyata sangat jauh berbeda. Berada di bagian menagament, seorang HR manager memiliki karyawannya sendiri dan bertanggung jawab dalam membuat kebijakan – kebijakan serta prosedur – prosedur di dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Sedangkan HRBP tidak memiliki tugas administrative sama sekali. Mereka bertanggung jawab dalam proses guiding atau bimbingan serta komunikasi strategis perusahaan. Mereka dapat berkolaborasi dengan bagian human resources untuk beberapa isu dan ide yang mungkin nantinya akan berguna dalam pengembangan strategi terhadap suatu isu yang dibahas.

Apa Fungsi Utama HRBP Dalam Suatu Organisasi?

Tujuan utama atau tugas utama seorang human resources business partner adalah menggunakan kapabilitas HR untuk mencapai tujuan luas perusahaan atau organisasi. Tugas dan tanggung jawab HRDP bisa sangat beragam tergantung dari tujuan yang ingin dicapai perusahaan itu sendiri.

Seorang yang bekerja sebagai HRBP memiliki kemampuan dan jabatan yang bisa membantu manager bisnis untuk menyelaraskan aktivitas yang ada di bagian SDM dengan strategi yang terorganisir. HRBP juga mampu membantu menyelesaikan berbagai persoalan dalam sudut pandang orang di luar bisnis itu sendiri. Berikut adalah beberapa kunci daerah yang bisa dipegang oleh HRBP antara lain adalah :

  • Manajemen Perubahan : mempercepat perubahan untuk menjangkau atau memenuhi kebutuhan bisnis yang diinginkan.
  • Organization Engineering : memahami bagaimana cara organisasi bekerja dan cara terbaik untuk mencapai kesuksesan.
  • Management culture atau budaya : mengendalikan culture atau budaya yang ada di perusahaan serta memastikan bahwa smeuanya berjalan sesuai dnegan budaya yang diinginkan oleh perusahaan.
  • Inklusi : berjuang untuk setiap karyawan, tidak peduli warna kulit, jenis kelamin, umur atau bahkan agama apapun.
  • Marketing : bisa memanfaatkan karyawan sebagai salah satu brand ambassador dan mampu menjadi seorang sumber rekrutmen yang kuat.
apa itu hrbp
Sumber : pbs.twimg.com

Kriteria HRBP yang Handal

Sebuah hubungan yang strategis antara perusahaan dnegan HRBP membutuhkan kemampuan serta kemauan untuk bisa berkomunikasi dan emmbangun ikatan dengan orang – orang secara luas. Hubungan strategis adalah sebuah hubungan yang mampu memberi dan menerima, dimana kedua belah pihak harus memiliki sesuatu yang bisa mereka tawarkan untuk mendapatkan sesuatu dari orang lain atau lawan bicaranya. Istilah kerennya adalah win – win solution.

Hubungan saling menguntungkan seperti ini akan berkontribusi pada rekatnya jalinan antar departemen dalam suatu perusahaan. Yang mana memang fungsi HRDP – lah untuk mengisi Gap atau jarak antar departemen agar bisa Bersatu dan berjuang mencapai tujuan perusahaan secara bersama – sama.

Seseorang bisa dikatakan sebagai HRBP yang handal apabila memiliki rkiteria – kriteria sebagai berikut. Antara lain adalah :

Ketajaman Bisnis

Melibatkan berbagai hal termasuk dengan pemahaman yang kuat tentang fungsi dan prioritas bisnis itu sendiri, serta berpusat pada pemahaman dan penanganan resiko atau peluang bisnis. seorang HRBP yang handal ahrus mampu mengetahui keunggulan bisnis yang mereka tangani dan membandingkannya dengan perusahaan atau organisasi lain. Baik dalam hal teknologi yang mereka gunakan sampai market share yang ada.

Sumber : connect2local.com

Kepemimpinan yang Strategic

Semua hal yang dibutuhkan oleh seorang HRBP mencakup kemampuan berpikir tentang gambaran luas tentang perubahan perusahaan atau organisasi serta bagaimana cara taktis untuk mencapainya. Sebuah strategi penilaian bakat yang benar sangat penting dilakukan oleh seorang HRBP.

HR Understanding

Seorang HRBP harus memiliki pemahaman yang mendalam terkait proses dan aktivitas dari HR itu sendiri. Hal ini merupakan pernyaratan dasar yang harus dimiliki oleh seorang HRBP. Dimana mereka harus mampu memberikan saran kepada organisasi atau bisnis serta mengimplementasikan rencana tersebut. HRBP harus dapat menghubungkan tantangan bisnis dengan aktivitas serta hasil SDM itu sendiri.

Analytical Skills

Sebagai seseornag yang akan bertanggung jawab untuk menganalisa dan membuat rencana agar suatu tujuan bisa tercapai. Sangat masuk akan apabila seorang HRBP harus bisa mengunakan dashboards dan memberikan wawasan serta kesimpulan dari data tersebut.

Stakeholder Management

Seorang HRBP harus mampu mempromosikan inisiatif HR ke pada C – Suite atau bagian stakeholder perusahaan. Sehingga HRBP harus memiliki yang namanya management stakeholder yang baik. Management stakeholder itu sendiri merupakan proses menjaga hubungan yang baik. Dengan orang – orang yang memiliki dampak paling besar di suatu perusahaan atau organisasi. Istilah kasarnya, HRBP harus mampu menjalin hubungan yang dekat dengan mereka yang merupakan petinggi – petinggi dari suatu organisasi atau perusahaan.

Kolaborasi atau komunikasi dengan para stakeholder tersebut merupakan bagian yang penting. Untuk membuat HRBP bisa membangun seluruh sendi yang ada di perusahaan dalam suatu inisiatif yang strategis.

Kamu tertarik untuk menjadi seorang HRBP dalam artikel apa itu hrbp? Jangan ragu dan takut untuk mengelola karyawan atau sumber daya manusia dalam suatu perusahaan atau organisasi. Kamu bisa menjadi seorang HR yang handal dan kompeten. Dengan memiliki berbagai kriteria HRBP dalam apa itu hrbp yang telah disebutkan sebelumnya.

Tahukah kamu bahwa ada satu aplikasi yang bisa mempermudah pekerjaan HRBP anda? Anda dapat mengurus dan mengelola data karyawan dengan mudah dan sistematis hanya dengan menggunakan aplikasi JojoTimes dari Jojonomic.

Semua data karyawan termasuk absensi, ijin cuti, dan keperluan HR lainnya. Bisa kamu pantau dengan mudah menggunakan aplikasi yang satu ini! Buruan, tunggu apa lagi? Coba aplikasi ini sekarang dan dapatkan Free trialnya sekarang juga!