Apa Itu Jasa Akuntan Serta Tipe Apa yang Paling Sering Digunakan ?

Apa itu Jasa Akuntan – Semua jenis akuntan akan selalu terlibat aktif dalam pencatatan analisis finansial sebuah bisnis. Mulai dari pembukuan serta melakukan assessing kemampuan keuangan suatu perusahaan atau organisasi. Namun, pengalaman nyata ternyata bisa sangat berbeda dari teori yang ada. Hal ini tergantung pada masing – masing lingkungan bisnis yang ditempati, pun dengan status management serta pengalaman yang berbeda pula.

Jika anda ingin meng – hire atau memperkerjakan seorang akuntan di perusahaan anda, atau jika ingin berkarir sendiri di dunia keuangan dan akuntansi, sangat penting bagi anda untuk mengetahui apa itu jasa akuntan dan apa saja macam – macamnya.

Apa Itu Jasa Akuntan?

Jasa Akuntan merupakan jasa yang mengatur, mengukur, memproses, serta mengkomunikasikan informasi finansial maupun non finansial terkait dengan entitas ekonomi di suatu organisasi. Secara garis besar, tugas seorang akuntan adalah mempertanggung jawabkan segala kegiatan berbasis analisis dan persiapan terhadap suatu catatan keuangan perusahaan. Dimana lebih luas lagi, tugas seorang akuntan tidak hanya terpaut pada penyiapan dan analisis data keuangan saja. Namun, hal – hal seperti data management, analisis dan konsultasi, membuat pernyataan finansial dan memastikan regulasi keuangan berjalan dengan baik.

apa itu jasa akuntan

Tipe Jasa Akuntansi

Setelah mengetahui fungsi serta tanggung jawab seorang akuntan, hal selanjutnya yang harus anda pahami adalah jenis – jenis jasa akuntansi itu sendiri. Berikut adalah empat jenis jasa akuntansi yang harus anda ketahui, antara lain adalah :

Public Accounting

Jenis akuntan yang satu ini bisa juga disebut sebagai jenis jasa asuransi atau jaminan. Dimana public accounting bisa dijabarkan dalam tipe yang bermacam – macam dan sangat luas. Tugas atau fungsi utama jenis akuntan yang satu ini adalah mencatat pembukuan, menganalisa keuangan, serta melayani management akun. Sebagai salah satu pengertian dari apa itu jasa akuntan.

Anda bisa menggunakan jasa akuntan yang satu ini apabila benar – benar membutuhkan pelayanan – pelayan seperti persiapan dan tax advice, konsultasi dibidang kompensasi karyawan serta menginginkan sebuah design sistem akuntansi di suatu perusahaan. Beberapa public accounting akan melakukan audit dari catatan keuangan klien yang mereka tangani untuk memastikan laporan tersebut telah dikelola dengan baik. Bagian paling penting yang diperlukan oleh public accounting adalah Riwayat data finansial dan bagaimana cara perusahaan mengidentifikasi error.

Management Accounting

Management akuntan biasanya berfokus pada pencatatan serta analisis data keuangan perusahaan, untuk digunakan sebagai dasar pembuatan desain management asset, penganggaran dana, evaluasi performance serta management pengeluaran atau management biaya.

Akuntan management juga sering terlibat dalam perencanaan penganggaran dalam proses perilisan suatu produk baru. Mereka juga menyiapkan data – data keuangan yang dibutuhkan oleh investor serta pihak – pihak perpajakan. Lebih jauh lagi, akuntan management memiliki kemampuan untuk menggunakan data – data di masa lalu maupun sekarang untuk merencanakan perkembangan bisnis anda kedepan.

apa itu jasa akuntan

Govermental Accounting

Jenis akuntan yang satu ini melibatkan tugas public accountant dalam sebuah instansi pemerintahan. Dimana tugas utama akuntan adalah memastikan bahwa pendapatan dan pengeluaran telah sesuai dengan hukum yang berlaku. Mereka juga terlibat dalam penganggaran serta management asset – asset pemerintahan.

Internal Auditing

Akuntan yang termasuk kedalam jenis audit internal bekerja dengan memberikan penilaian tentang kegiatan management keuangan di suatu perusahaan atau organisasi. Mereka juga bertanggung jawab untuk melacak mismanagement atau kesalahan management, penipuan serta waste dari perusahaan itu sendiri. Audit internal akuntan akan mengevaluasi pengeluaran anda, sistem management, serta operasi efisiensi kerja yang berkaitan dengan hukum serta regulasi yang ada.

Di samping itu, akuntan audit internal bisa ditempatkan sesuai dengan spesifikasinya masing – masing seperti audit dalam teknologi informasi, compliance auditing dan audit lingkungan. Mereka juga memberikan perusahaan pandangan yang luas mengenai dimana letak improvement yang bisa ditingkatkan oleh perusahaan.

apa itu jasa akuntan

Perbedaan Antar Masing – Masing Jasa Akuntan

Ada banyak jasa yang ditawarkan dari masing – masing jenis akuntansi yang telah disebutkan dalam ulasan sebelumnya. Beberapa jenis layanan yang paling sering dijumpai antara lain adalah :

Pembukuan

Pembukuan yang dilakukan oleh seorang akuntan melibatkan kegiatan – kegiatan dasar yang harus dilalui oleh para pebisnis kecil hingga menengah untuk memastikan keakuratan akuntan tersebut. Dimana pemegang buku catatan keuangan dapat memperbarui sistem keuangan yang ada menggunakan perangkat lunak atau membuat hard copy dari informasi keuangan tersebut. Kegiatan dasar lain yang wajib ada dalam proses pembukuan adalah pencatatan hutang dan piutang yang akan dipantau sebagai bagian dari pembukuan tersebut.

Akuntan ‘Sewaan’

Seorang akuntan yang ‘disewa’ biasanya memiliki keahlian yang luar biasa. Mereka beberapa mungkin merupakan bagian dari badan akuntansi professional yang memang bekerja secara ‘sewa’. Akuntan yang disewa seringkali memiliki ketrampilan dan pengalaman yang professional terkait management hingga audit. Akuntan tersebut biasanya juga sudah memiliki spesifikasinya masing – masing dalam bidang akuntansi. Pintar – pintarlah memilih agar uang sewa akuntan yang anda keluarkan benar – benar mampu bekerja secara efisien.

apa itu jasa akuntan

Akuntan Pajak

Seperti namanya, seorang akuntan pajak hanya menspesifikasikan pekerjaannya dibidang pajak. Baik itu pajak pendapatan individua tau bahkan berbagai jenis pajak yang diperlukan dalam suatu perusahaan atau organisasi. Akuntan pajak yang professional biasanya dapat melakukan tugasnya dengan sangat baik. Seperti saat melakukan klaim atau menghindari pembayaran pajak yang tidak perlu. Jika anda atau perusahaan memiliki masalah tentang pembayaran pajak atau mengajukan sejumlah pengambalian dana, jenis akuntan yang satu ini mungkin yang paling cocok untuk kebutuhan anda.

Jasa Akuntan Pengendali Keuangan

Akuntan yang bekerja dalam pemberian layanan pengandali keuangan akan melibatkan pengelolaan berbagai fungsi bisnis seperti membentuk tugas – tugas untuk pekerja, mengurus seorang klien baru atau mengawasi perkembangan dari staff itu sendiri. Dalam kata lain, akuntan pengendali keuangan dapat melakukan berbagai tugas audit secara eksternal maupun internal demi memastikan bahwa kualitas serta efisiensi pekerjaan dapat dipaksa hingga ke tingkat paling maksimal.

Forrensic Accounting

Akuntan forensic terlibat dalam melacak dana yang hilang atau  berbagai ‘ketidak jujuran’ yang mungkin muncul dalam proses akuntansi atau melalui laporan keuangan yang ada. Layanan ini dapat membantu anda atau perusahaan untuk mengungkap kebenaran mengenai tuduhan penipuan dan penggelapan. Layaknya pengacara, akuntan forensic biasanya memiliki latar belakang hukum serta sering diminta untuk bekerja sama dengan polisi dan sebagainya.

Accounting Audit

Akuntan yang berada dalam tim auditor bertanggung jawab terhadap pemeriksaan laporan keuangan demi memastikan keakuratan serta validitas laporan tersebut. Audit akuntan akan membutuhkan catatan serta Riwayat tanda terima dari berbagai aktifitas finansial yang ada.

Untuk mengatasinya, Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan outsourcing yang bertanggung jawab. Nantinya, gaji karyawan akan dikirimkan ke perusahaan outsourcing dengan menggunakan JojoPayroll dari Jojonomic. Dengan menggunakan JojoPayroll, Anda atau perusahaan akan lebih mudah untuk transfer, mencetak slip gaji ataupun melakukan penghitungan otomatis yang akurat.

Apalagi saat ini JojoPayroll dari Jojonomic menggunakan cloud yang memungkinkan data tersimpan dengan aman dan mudah untuk diakses dimana saja dan kapan saja. Jadi, anda bisa mendapatkan versi gratisnya di sini dan coba kemudahannya sekarang juga.