Apa itu Loyalty Program: Pengertian dan Cara Menyusun Agar Diminati

Apa itu Loyalty Program? Apakah kamu tahu bahwa biaya untuk mendapatkan pelanggan baru lebih mahal dibanding mempertahankan pelanggan lama? Apalagi dengan banyaknya pesaing yang mempunyai kesamaan dengan bisnis kamu sehingga membuat bisnis kamu tidak unik lagi. Berikut ini kami akan memberikan satu solusi yang dijamin tidak akan gagal untuk meningkatkan penjualan kamu asal dilakukan dengan baik dan terstruktur dengan rapi. Solusinya adalah dengan loyalty program atau program loyalitas.

Loyalty program menjadi hal yang wajib dilakukan oleh setiap pebisnis untuk mempertahankan pelanggan entah yang aktif atau yang biasa-biasa saja. Sehingga benefit yang kamu berikan membuat mereka betah dan memandang bisnis kamu berbeda dengan bisnis lain yang mempunyai kesamaan produk atau barang. Pada artikel ini kamu akan mempelajari pengertian, cara menyusun, tujuan dan bagaimana agar loyalty program kamu diminati para pelanggan.

Pengertian Loyalty Program

Hand drawing Loyalty concept pie chart on whiteboard

Apa itu Loyalty Program? Loyalty program adalah sebuah program penghargaan yang diberikan perusahaan kepada pelanggan untuk menjaga mereka tetap setia dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Gampangnya, pebisnis menggunakan program ini agar bisnisnya bisa awet dan tidak cepat mati karena kehabisan pelanggan. Kamu mungkin tanpa sengaja sering menjumpai bahkan ikut berpartisipasi kepada sebuah perusahaan dengan mengikuti loyalty program mereka.

Misalnya, program membership, poin, cashback, diskon, hingga beli 1 gratis 1. Tentu dengan program ini membuat pelanggan lama betah atau bahkan menarik temannya agar membeli produkmu juga.

Tetapi tujuan utama dari loyalty program sesungguhnya adalah bagaimana pemilik bisnis melakukan delevery benefits kepada customenya.

Dari program ini kamu akan meningkatkan engagement rate produk dari bisnis kamu.

Semakin tinggi persentase engagementnya, semakin bagus untuk bisnismu.

Cara Menyusun Loyalty Program dengan Benar

Untuk praktiknya di bisnis kamu, loyalty program tersusun oeh beberapa komponen yang dimana komponen tersebut wajib adanya, oke simak aja apa saja komponen tersebut.

  • Nama Program

Hal yang pertama tentunya menentukan nama program yang sekiranya mudah diingat dan mudah dalam pengucapannya. Contohnya adalah “Gebyar Hadiah Ramadhan”.

  • Latar Belakang Program

Latar belakang adalah alasan yang membuat program tersebut terbentuk, bisa karena pelanggan yang mulai tidak aktif atau hubungan antar pelanggan yang mulai merenggang.

  • Tujuan Program

Apa itu Loyalty Program, Loyalty program mempunyai 4 tujuan utama atau sering disebut sebagai 4R, Relationship (menjaga hubungan), Retention (meningkatkan penjualan), Referral (membuat pelanggan lama mengundang pelanggan baru), dan Recovery (mengaktivasi pelanggan lama yang mulai tidak aktif). Setidaknya program kamu harus mempunyai satu dari empat tujuan tadi.

  • Target Program

Nah, setelah jelas tujuannya sekarang kamu harus menentukan target program kamu secara jelas entah berupa bilangan atau persentase. Misalkan kepuasan pelanggan harus berapa persen, berapa persen yang harus kamu capai untuk penjualanmu, atau berapa persen pelanggan yang mengaktivasi.

  • Target Pelanggan

Target pelanggan adalah untuk siapa program tersebut, untuk pelanggan paling aktif, atau pelanggan yang jarang melakukan transaksi.

  • Bentuk Program

Setelah itu tentukan bagaimana bentuk dari program tersebut. Apakah undian akhir tahun, hadiah jalan-jalan, gratis ongkir atau apa saja sesuai kreatifitas masing-masing.

  • Lokasi Program

Lokasi programnya harus jelas, apakah untuk jangkauan nasional, atau lokal. Promosinya juga, apakah di media cetak atau media sosial.

  • Periode Program

Periode program harus ditulis dan jelas, soalnya banyak yang kadang salah paham karena periode program telah kadaluarsa dan pihak perusahaan lupa mencabut program tersebut.

  • Biaya Program

Kalau ini mah sepertinya gak boleh main-main. Yang pertama tujuannya ingin meningkatkan penjualan malah membuat pengeluaran sia-sia terhadap bisnismu.

Cara Agar Loyalty Program Diminati Pelanggan

loyalitas pelanggan
Portrait of a beautiful receptionist showing available services and costs to a client, with a smile

Eits tunggu jangan senang dulu, bisa saja program kamu tidak diminati para pelanggan. Mungkin cara berikut bisa membantu agar loyalty program yang kamu buat bisa dilirik, dan disukai pelanggan.

  • Hindari Diskon yang Tidak Kreatif

Apabila loyalty program yang sudah kamu buat berhubungan dengan diskon maka harus berhati-hati, soalnya pesaing kamu yang lain juga banyak yang menggunakan cara tersebut. Buat sekreatif mungkin dengan tidak terlalu banyak mengorbankan profit.

  • Buat Program yang Bisa Meningkatkan Brand

Semua  pelanggan yang setia apalagi tentu menginginkan penghargaan yang tidak jauh dari identitas brandmu Apa brand positioning yang Anda pakai? Benarkah atau cocokkah dengan brand milikmu, atau kamu melupakan identitas brandmu hanya karena memaksakan program yang kamu inginkan. Contoh sambel gratis untuk setiap pembelian paket A.

  • Memanfaatkan Data yang Jelas Tentang Pelangganmu

Sebenarnya ini adalah hal yang paling penting sebelum membuat program, pebisnis yang baik adalah pebisnis yang mempunyai data dari setiap pelanggannya, misalkan pelanggan A biasanya membeli produkmu yang mana, atau biasanya berapa banyak yang dibeli.

Contoh Loyalty Program

pentingnya data pelanggan

Loyalty Point atau Poin Loyalitas

Mungkin ini adalah yang sering kamu jumpai kan, membeli apa misalnya dari sebuah toko, maka kamu akan mendapatkan poin dan dari poin yang sudah terkumpul bisa ditukarkan berbagai barang atau benefit yang telah disiapkan oleh toko atau perusahaan.

Event Terbatas

Selanjutnya adalah loyalty program yang berhubungan dengan musim, waktu tertentu atau kejadian tertentu, misalkan diskon khusus tahun baru, atau undian berhadiah ketika ulang tahun toko atau perusahaanmu.  Bisa juga ketika ada pelanggan yang ulang tahun, kamu memberikan hadiah gratis atau sekedar ucapan selamat ulang tahun.

Program Tingkatan (Tier)

Selanjutnya adalah untuk bisnis yang menggunakan sistem membership sebagai strategi marketingnya. Misalkan kamu menawarkan beberapa paket misalkan basic atau pro, lalu kamu memberikan selisih harga sedikit akan tetapi service yang diterima jauh lebih baik, atau bisa dengan menggunakan kode promo atau referral.

Kemitraan

Contoh program selanjutnya  adalah program kemitraan, di mana di program yang satu ini pelanggan akan diberikan kesempatan untuk bisa menjadi mitra kerja dengan perusahaan dan bisa menjadi pengguna produk-produk perusahaan dengan harga lebih murah. Nah dengan kemitraan ini, pelanggan akan sukarela menyebarluaskan produk kamu.

Program Value Brand

Loyalty program yang satu ini dipakai untuk memperkuat identitas dari toko atau perusahaan kamu. Misalkan beli 2 dapat 1 produk, yang membuat pelanggan kamu mikir-mikir lagi mau beli satu produk, soalnya nanggung. Nah itu dia semua hal yang bisa aku sampaikan tentang loyalty program, jadi bagaimana? Apakah kamu sudah membayangkan strategi atau bentuk loyalitas pelanggan yang cocok untuk bisnis kamu. Harap berhati-hati jangan sampai loyalty programmu tidak sesuai dengan database pelanggan yang kamu punya.

Banyak cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dalam berbisnis. Memberikan pelayanan yang terbaik dan memanfaatkan fasilitas sistem digital untuk setiap laporan penjualan dan keuangan kamu adalah solusinya

Nah, jika kamu memerlukan software akuntansi untuk kegiatan pembukuan bisnis, kamu bisa menggunakan Aplikasi JojoExpense yang memiliki fitur terlengkap, mudah digunakan, dan harga yang terjangkau.

loyalitas pelanggan

Produk populer untuk meningkatkan produktivitas perusahaan
Hemat waktu, uang, dan tenaga dengan otomasi sekaligus streamlining tugas HR & Finance.

Aplikasi JojoExpense

Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

Aplikasi JojoExpense memiliki fitur yang populer

  1. Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  2. Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  3. Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari. Buktikan kinerjanya dengan klik Coba Gratis Sekarang