Apa Manfaat dari Viral Marketing untuk Bisnis?

Era sekarang ini pebisnis online membutuhkan cara yang strategis guna memasarkan produk onlinenya, misalnya viral marketing. Pemasaran menjadi bagian penting dalam bisnis, untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan akan mendapatkan pelanggan setia. Pemasaran produk online ini sendiri dipermudah, dengan adanya konsumen yang ikut mengkomunikasikan produk tersebut secara online.

Seperti yang kita tahu, informasi online sangat mudah untuk tersebar melalui individu satu ke individu lain. Pemasaran tradisional sebenarnya masih saja dilakukan hingga sekarang, yaitu dari mulut ke mulut. Namun, dengan perkembangan teknologi, pemasaran secara digital juga semakin ampuh untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan. Dunia bisnis online sendiri memiliki strategi yang disebut viral marketing.

Cara ini merupakan proses pemasaran yang menyebarkan informasi secara luas dan tersebar secara cepat lewat individu satu ke individu lainnya. Konten viral memang sedang menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat. Segala sesuatu yang viral akan lebih mudah diketahui orang banyak, bahkan tak butuh waktu lama untuk bisa mengetahui konten viral tersebut.

Kekuatan Internet dalam Membuat Sesuatu Viral

Seperti fenomena yang ada sekarang ini bagaimana internet memiliki kekuatan untuk membuat sesuatu menjadi viral dalam sekejap. Hal tersebut disebabkan karena individu-individu yang saling menukar informasi secara cepat. Inilah alasan mengapa proses pemasaran produk online sangat cocok dilakukan, agar mendapatkan perhatian banyak orang dan akhirnya mendapat banyak pembeli.

Viral marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang mendorong individu untuk menyampaikan sebuah pesan pemasaran kepada individu lainnya sehingga menciptakan potensi pertumbuhan eksponensial dalam paparan dan pengaruh pesan pemasaran tersebut.

Layaknya sebuah virus, strategi viral marketing memanfaatkan perkalian cepat untuk melontarkan pesan ke ribuan individu, bahkan jutaan.

Bila dalam strategi marketing tradisional kita sering mendengar istilah “mulut ke mulut”, hal serupa juga kita kenal dalam dunia internet dengan istilah viral marketing, atau creating a buzzleveraging the media, hingga network marketing.

Melihat fenomena fidget spinner, entah pernah mencobanya atau tidak, menawarkan studi kasus yang sangat berharga mengenai bagaimana internet memiliki kekuatan untuk membuat sesuatu menjadi viral dan bagaimana bisnis online Anda dapat mengeksplor viral marketing untuk mencakup lebih banyak orang.

Fungsi dari Viral Marketing

Dengan kata viral tersebut, Anda pasti sudah tau apa fungsi dari viral marketing itu sendiri, yaitu mendorong seseorang untuk menyampaikan, membagikan, dan menginformasikan konten atau produk yang ada di pasaran. Konten promosi yang viral, maka akan mendapatkan perhatian masyarakat. Karena penyebaran informasi yang terjadi begitu cepat, terlebih dengan dukungan media sosial seperti sekarang ini.

Dalam hal ini secara berkelanjutan dan berkala, sehingga tidak hanya dalam waktu sesaat namun akan bertahan lama. Dengan sistem ini, maka informasi akan menyebar secara cepat dan perlu Anda ketahui, bahwa seseorang akan lebih percaya dengan informasi yang disampaikan oleh orang atau teman katakan.

Bagaimana Cara Kerja Viral Marketing?

Anda yang masih bingung bagaimana cara kerja dari Viral Marketing itu sendiri, beginilah cara kerjanya, pertama seseorang mendapatkan sesuatu yang menarik. Hal menarik tersebut menjadikan orang tersebut tertarik dan menyukainya. Lalu orang tersebut rela membantu menyebarkan konten, sehingga akan ada banyak orang yang mendapatkan konten.

Jika orang lain yang mendapatkan konten tersebut juga tertarik, maka akan ikut serta membantu menyebarkannya ke yang lain pula. Hal tersebut akan terjadi berulang dan berkelanjutan dengan sendirinya, begitu seterusnya hingga menjadi viral. Jadi, tidak membutuhkan waktu lama untuk informasi tersebut diketahui orang banyak.

Bila dilihat memang cukup mudah, namun hal tersebut tentunya butuh proses yang panjang dan tidak terjadi begitu saja. Kuncinya adalah konten yang menarik dan yang unik, sehingga belum banyak diketahui banyak orang. Bukan saja mengandalkan konten, Anda juga harus memiliki produk dan jasa yang unik atau belum banyak ditawarkan.

Dengan mengetahui cara marketing yang tepat, Anda akan mendapatkan manfaat yang sangat banyak. Dalam waktu singkat, produk atau jasa Anda akan laku keras di pasaran. Jadi, sembari mempersiapkan strategi yang matang. Anda juga harus mempersiapkan diri untuk mendapatkan orderan yang melimpah nantinya. Jangan sampai, konsumen sudah berdatangan akan kecewa karena Anda belum siap menerima orderan tersebut.

Lalu Bagaimana Menerapkan Viral Marketing dalam Bisnis?

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda terapkan dalam menggunakan strategi virtual marketing dalam bisnis yang Anda jalankan.

1. Cari Sesuatu yang Dapat Menjadi Trend dan Booming

Jika Anda menginginkan strategi viral marketing dalam bisnis, maka anda harus pintar-pintar mencari sesuatu yang nantinya dapat trend dan viral di masyarakat. Dalam hal ini yang berperan penting adalah timing. Saat seseorang mengetahui dan mempelajari sesuatu ide, mungkin akan terasa biasa saja saat pertama kali mencari informasi yang terkait tentang ide tersebut.

Namun semakin menarik ide dan topik, maka tentunya akan semakin tinggi nilainya dalam mesin pencarian. Dan hal tersebut sangat normal terjadi. Sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui tren-tren terkini ataupun sesuatu yang nantinya dapat menjadi viral di masyarakat.

2. Menjual Produk yang Agak Viral

Tidak ada salahnya jika Anda mengadopsi produk-produk yang saat ini sedang viral ke dalam bisnis Anda. Karena sifatnya yang musiman, maka jangan terlalu mengharapkan jika penjualan dapat berjalan jangka panjang. Seiring dengan berjalannya waktu, tentu saja trend tersebut nantinya akan digantikan dengan trend yang baru.

Apalagi perkembangan internet yang semakin cepat saat ini, akan membuat pergeseran trend juga semakin cepat. Sehingga jangan terlalu memfokuskan diri pada produk-produk yang viral saat itu saja. Peka pada perkembangan trend terbaru dan selalu bersiaga jika terdapat produk viral baru yang ada di masyarakat. Dan kemudian anda bisa mengadopsinya ke dalam bisnis yang Anda jalankan.

3. Cobalah Melakukan Penjualan Offline Melalui Trend Online

Jika Anda memiliki lapak offline yang digunakan untuk berjualan, mengapa tidak mencoba untuk memanfaatkan trend online yang saat ini memang sedang naik daun. Anda bisa mencoba menjual produk-produk anda melalui online dan offline. Hal ini tentunya akan mendatangkan keuntungan yang berkali lipat.

4. Lakukan Kreasi Dengan Konten yang Berkaitan Dengan Trend

Konten adalah segalanya dalam bisnis, baik itu yang dapat menarik perhatian maupun hingga mengubah niat pengunjung menjadi konsumen tetap. Konten menjadi hal yang paling mudah digunakan untuk menarik perhatian konsumen di pasaran dikarenakan konten dapat diakses oleh siapapun. Sehingga buatlah konten yang semenarik dan sekreatif mungkin yang memang berkaitan dengan tren-tren terbaru.

Kelebihan dari Viral Marketing

Tentunya dengan sistem pemasaran tersebut banyak kelebihan yang bisa didapatkan. Kelebihan pertama adalah less cost, secara tidak langsung banyak dari kita sering menyebarkan konten yang viral ke sosial media. Walaupun Anda bukan target dari konten mereka, namun dengan Anda menyebarkan konten tersebut maka secara tidak sadar Anda akan membantu memasarkan konten tersebut.

Anda hanya bermodalkan suatu konten yang unik dan menarik. Dengan modal itu tanpa Anda suruh sudah pasti konten tersebut akan di share dan di publish banyak orang. Namun jangan hanya asal membuat konten yang viral, namun bagaimana konten tersebut akan bertahan dengan adanya konten viral lain yang sedang tren pada masa itu.

Kelebihan kedua adalah mampu meningkatkan brand. Brand sangat penting dalam dunia bisnis. Dengan memiliki brand yang sudah terkenal, maka konsumen tidak hanya membeli untuk pertama kali, namun juga membuat konsumen terus membeli dari bisnis Anda. Brand ini akan lebih memudahkan konsumen untuk mengingatnya dan menyebarluaskannya.

Brand akan mempercepat proses marketing yang Anda lakukan. Jika bisnis Anda memiliki kualitas yang baik dan memuaskan, maka brand bisnis Anda pun akan naik dan lebih terkenal. Inilah pentingnya dari sebuah brand, mempertahankan suatu bisnis sehingga terus dikenal konsumen dan tidak hilang begitu saja.

Viral marketing bisa diartikan sebagai suatu jenis aktivitas yang cenderung seseorang untuk dapat menyampaikan atau membagikan dan memberikan informasi mengenai produk yang sedang ada di pasaran. Jadi konten promosinya cenderung bersifat viral sehingga dapat menarik perhatian masyarakat. Dengan adanya promosi jenis ini maka nantinya penyebaran informasi bisa terjadi dengan begitu cepat.

Selain itu penyampaian informasi juga bisa dilakukan dengan lebih mudah karean adanya berbagai macam dukungan dari segala sesuatu yang trend. Misalnya saja seperti adanya bantuan dan dukungan dari media sosial yang saat ini sedang populer dan banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat. Tentunya hal ini membuat penyebaran informasi tidak lagi sulit untuk dilakukan.

Strategi Viral Marketing

Menggunakan humor yang menarik

Para audiens umumnya lebih tertarik pada suatu hal yang sekiranya bersifat menarik. Bahkan banyak pula audiens yang lebih suka sesuatu bersifat lucu dan bahkan menggelitik. Untuk itu Anda bisa membuat promosi produk yang sekiranya melibatkan unsur humor di dalamnya. Misalnya membuat video yang lucu sehingga tampak menarik bagi banyak orang. Tentu cara ini akan menjadi suatu cara yang sangat efektif dan bisa memberikan hasil yang sesuai dengan harapan. Maka promosi yang dilakukan dengan tambahan humor akan membuat produk semakin banyak dilirik dan dibeli oleh konsumen.

Melakukan kegiatan baru yang unik

Untuk menciptakan sesuatu yang bersifat unik juga bisa saja dilakukan kegiatan promosi produk yang baru. yang dimaksud dengan baru dalam hal ini adalah adanya kegiatan baru sehingga tampak unik. Bahkan sebisa mungkin apa yang dilakukan oleh perusahaan sebaiknya belum pernah ada sebelumnya. Maka tentu saja hal tersebut nantinya akan menarik perhatian banyak orang.

Bahkan hal baru yang terjadi tersebut bisa saja menjadi viral hingga mengundang rasa penasaran dari masyarakat. Mungkin saja apa yang Anda lakukan dan diselenggarakan nantinya bahkan bisa saja memecahkan rekor. Jika hal ini sampai terjadi maka produk yang dipromosikan akan smeakin mengundang perhatian bagi para audiens.

Mengoptimalkan konten yang dibuat

Strategi lain yang juga bisa dilakukan oleh Anda jika ingin melakukan viral marketing adalah dengan mengoptimalkan konten yang dibuat. Dengan mengoptimalkan konten maka nantinya produk yang dipromosikan bisa dibagikan di media sosial dengan lebih mudah. Tepatnya setelah Anda memastikan bahwa audiens semakin terdorong untuk membagikan konten tersebut melalui berbagai media sosial yang ada.

Setiap konten memang sebaiknya dibuat dengan semaksimal mungkin agar nantinya bisa memberikan hasil yang optimal. Maka audiens akan tergerak dan terdorong untuk turut mempromosikan produk yang dianggapnya sedang menjadi trend karena banyak diperbincangkan baik di pasar nyata maupun di dunia media sosial.

Membuat video reaksi

Selanjutnya untuk melakukan viral marketing juga bisa dilakukan kegiatan membuat konten video yang lebih memusatkan fokus pada reaksi dari orang lain. Konten mengenai reaksi dari orang lain bisa dibuat dengan cukup unik sehingga bisa dibagikan oleh seorang audiens kepada audiens lainnya. Terlebih lagi jika reaksi yang diberikan dalam konten tersebut bersifat unik dan lucu maka nantinya akan ada banyak audiens yang menyukainya.

Pembuatan video rekasi yang diciptakan ini nantinya bisa dibagikan atau dishare secara berulang kali hingga nantinya konten tersebut menjadi viral. Untuk itu sebaiknya buatlah video tentang reaksi unik dari orang yang sedang mencoba menggunakan produk Anda sehingga video inibisa menginspirasi banyak audiens.

Memberikan hadiah khusus

Pemberian hadiah oleh sebuah perusahaan atau sebuah toko online mungkin saat ini sudah bukan menjadi hal yang asing lagi. Misalnya seperti pembuatan konten dari audiens dengan imbalan berupa hadiah khusus tentu akan menjadi suatu strategi promosi yang terbaik terutama di asa sekarang ini.

Hal ini bahkan bisa cepat viral karena tidak sedikit orang yang tertarik dengan sebuah hadiah. Maka promosikan hadiah melalui berbagai media sosial agar nantinya para audiens semakin tertarik untuk membuat konten berisikan promo produk. Bahkan bukan tidak mungkin setiap orang yang mengikuti kontes online tersebut akan berusaha untuk memberikan tampilan terbaik demi mendapatkan hadiah.

Menjalin kerja sama

Menjalin hubungan kerja sama dengan perusahaan lain rupanya juga bisa menjadi suatu strategi viral marketing yang bisa dibilang cukup efektif. Sebab tindakan bermitra misalnya dnegan lembaga atau organisasi sosial akan membuat masyarakat semakin mudah tertarik. Setidaknya kerja sama yang dijalin dengan lembaga sosial dapat menarik simpati dari masyarakat luas. Kerja sama ini juga bisa dilakukan misalnya melalui kolaborasi dengan produk lainnya misalnya dalam jangka waktu tertentu. Jalinan mitra ini nantinya bisa membantu perusahaan Anda dalam mempromosikan produk.

Menjalankan Teknik Viral Marketing

Mendorong terjadinya mouth to mouth

Beberapa hal bisa dilakukan dengan suatu teknik yang unik sehingga bisa terjadi proses viral marketing. Misalnya saja bisnis Anda dikemabngkan dengan cara melakukan promosi yang mendorong terjadinya mouth to mouth. Mungkin melalui media sosial Anda bisa membuat suatu program yang membuat audiens tergerak untuk melakukan promosi produk secara mouth to mouth. Maka produk yang dipasarkan akan menjadi semakin viral dan membuat banyak orang menjadi tertarik.

Memberikan reward atau penghargaan

Teknik marketing yang viral juga bisa dilakukan dengan cara memberikan reward atau penghargaan. Teknik ini sebenarnya hampir sama dengan strategi pemberian hadiah pada audiens yang telah berhasil membuat konten terbaik dan lain sebagainya. Hanya saja reward bsia diberikan dengan berbagai cara seperti misalnya melalui metode giveaway yang saat ini sedang menjadi suatu trend di kalangan para pengguna media sosial.

Mengadakan harga promo dan diskon

Cara lainnya yang juga bisa menjadi rekomendasi bagi Anda adalah mengadakan harga promo dan diskon. Sudah tentu harga promo dan adanya diskon sanagt ditungu-tunggu oleh banyak orang. Maka produk yang dijual dengan banderol harga promo tentu akan sangat menarik perhatian. Bahkan peluang diketahuinya produk tersebut di tengah masyarakat lebih besar. Oleh karena itu teknik ini bisa dicoba terutama untuk bisnis startup.

Penerapan Viral Marketing

Viral marketing saat ini tampaknya semakin banyak dilakukan oleh berbagai perusahaan. Melalui strategi dan teknik dari viral marketing tersebut maka diharapkan agar seluruh produk yang dikeluarkan oleh perusahaan bisa laris terjual. Namun sekarang ini tampaknya strategi dan teknik marketing yang seperti ini semakin banyak diterapkan oleh berbagai macam perusahaan.

Sebab sekarang ini semakin banyak bisnis yang menjalankan marketing dengan cara demikian. Penggunaan media sosial semakin maksimal sehingga promosi produk bisa dilakukan secara lebih baik. Oleh karena itu bisa dibilang bahwa penerapan viral marketing ini semakin merebak dengan disertai adanya berbagai keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan melalui strategi marketing ini. Maka dari itu tidak ada salahnya mencoba melakukan penerapan jenis marketing dengan strategi viral tersebut.

Ucapkan selamat tinggal pada antrean untuk check-in atau melapor ke kantor sebelum dan sesudah rapat, dan ucapkan salam pada optimasi waktu yang lebih baik untuk karyawan Anda. Kurangi waktu untuk tugas-tugas rumit ini dan biarkan karyawan Anda fokus pada passion mereka. Dengan pengenalan wajah dan fitur GPS yang akurat, Anda dapat mengetahui apa yang sedang dilakukan karyawan Anda di mana pun mereka berada. Apakah mereka di kantor, pergi ke pertemuan atau bekerja dari jauh. Jangan khawatir, ini bukti penipuan. Tingkatkan kinerja tim hingga 100% dengan sistem monitoring aktivitas real-time, anti-fraud dan pengelolaan administrasi HR otomatis. JojoTimes solusi untuk semua kebutuhan Mobile HR.