Apa Manfaat Investasi Bitcoin?

Investasi  BitcoinKarena sifat unik mata uang virtual, ada beberapa keuntungan yang melekat untuk bertransaksi melalui bitcoin daripada mata uang biasa. Meskipun berusia lebih dari satu dekade, lanskap mata uang digital terus berubah, termasuk investasi bitcoin.

Karena sebagian besar token yang belum teruji sebagai alat tukar, dan pengguna harus berhati-hati untuk mempertimbangkan manfaat dan risikonya.

Banyak yang mengatakan, bitcoin dirancang untuk menawarkan kepada pengguna serangkaian keunggulan unik dibandingkan metode pembayaran lainnya. Kita akan melihat lebih dekat pada yang di bawah ini, tetapi sebelum kita melakukannya, akan berguna untuk mengeksplorasi apa itu bitcoin.

Dengan lebih memahami bagaimana bitcoin dirancang, akan lebih mudah untuk melihat apa keuntungan menggunakan bitcoin untuk pembayaran.

Apa Itu Investasi Bitcoin?

Bitcoin adalah sistem cryptocurrency peer-to-peer terdesentralisasi yang dirancang untuk memungkinkan pengguna online memproses transaksi melalui unit pertukaran digital yang disebut bitcoin (BTC). Dimulai pada tahun 2009 oleh entitas misterius bernama Satoshi Nakamoto.

Akhirnya jaringan Bitcoin telah mendominasi dan bahkan mendefinisikan ruang cryptocurrency, menelurkan legiun pengikut altcoin dan mewakili bagi banyak pengguna alternatif mata uang datar pemerintah seperti dolar AS atau euro atau mata uang komoditas murni seperti koin emas atau perak.

Mengapa perlu bitcoin, jika sudah ada begitu banyak cara tradisional untuk melakukan pembayaran? Elemen kunci bitcoin adalah statusnya yang terdesentralisasi, artinya tidak dikendalikan atau diatur oleh otoritas pusat mana pun. Ini segera membedakannya dari mata uang fiat.

Pembayaran Bitcoin diproses melalui jaringan komputer pribadi yang terhubung melalui buku besar bersama. Setiap transaksi secara bersamaan dicatat dalam “blockchain” di setiap komputer yang memperbarui dan menginformasikan semua akun. Blockchain berfungsi sebagai buku besar terdistribusi dan meniadakan kebutuhan otoritas pusat untuk menyimpan catatan tersebut.

Bitcoin tidak dikeluarkan oleh bank sentral

Bitcoin tidak dikeluarkan oleh bank sentral atau sistem pemerintah seperti mata uang lainny. Sebaliknya, bitcoin “ditambang” oleh komputer melalui proses penyelesaian algoritme matematika yang semakin kompleks untuk memverifikasi blok transaksi yang akan ditambahkan ke blockchain, atau mereka dibeli dengan mata uang nasional standar dan ditempatkan ke dalam “dompet bitcoin” yang paling sering diakses melalui smartphone atau komputer.

El Salvador membuat tender legal Bitcoin pada 9 Juni 2021. Ini adalah negara pertama yang melakukannya. Cryptocurrency dapat digunakan untuk transaksi apa pun di mana bisnis dapat menerimanya. Dolar AS terus menjadi mata uang utama El Salvador.

Manfaat Investasi Bitcoin

Sekarang kita telah melihat ikhtisar singkat tentang apa itu bitcoin, kita dapat lebih memahami bagaimana cryptocurrency terkemuka ini memberikan manfaat potensial bagi penggunanya.

1. Otonomi Pengguna

Daya tarik utama bitcoin untuk banyak pengguna, dan memang salah satu prinsip utama cryptocurrency secara lebih umum, adalah otonomi. Mata uang digital memungkinkan pengguna lebih otonomi atas uang mereka sendiri daripada mata uang fiat, setidaknya secara teori. Pengguna dapat mengontrol bagaimana mereka membelanjakan uang mereka tanpa berurusan dengan otoritas perantara seperti bank atau pemerintah.

2. Kebijaksanaan

Pembelian Bitcoin bersifat rahasia. Kecuali jika pengguna secara sukarela mempublikasikan transaksi Bitcoin-nya, pembeliannya tidak pernah dikaitkan dengan identitas pribadinya, seperti pembelian hanya tunai, dan tidak dapat dengan mudah dilacak kembali kepadanya.

Faktanya, alamat bitcoin anonim berubah dengan setiap transaksi

Faktanya, alamat bitcoin anonim yang dihasilkan untuk pembelian pengguna berubah dengan setiap transaksi. Ini bukan untuk mengatakan bahwa transaksi bitcoin benar-benar anonim atau sepenuhnya tidak dapat dilacak, tetapi transaksi tersebut jauh lebih mudah dikaitkan dengan identitas pribadi daripada beberapa bentuk pembayaran tradisional.

3. Fokus Peer-to-Peer

Sistem pembayaran bitcoin murni peer-to-peer, artinya pengguna dapat mengirim dan menerima pembayaran ke atau dari siapa pun di jaringan di seluruh dunia tanpa memerlukan persetujuan dari sumber atau otoritas eksternal mana pun.

4. Penghapusan Biaya Perbankan

Meskipun dianggap standar di antara pertukaran cryptocurrency untuk membebankan apa yang disebut biaya “pembuat” dan “pengambil”, serta biaya setoran dan penarikan sesekali, pengguna bitcoin tidak dikenakan biaya perbankan tradisional yang terkait dengan mata uang fiat. Ini berarti tidak ada biaya pemeliharaan akun atau saldo minimum, tidak ada biaya cerukan dan tidak ada biaya deposit yang dikembalikan, di antara banyak lainnya.

Biaya Transaksi Bitcoin Sangat Rendah

5. Biaya Transaksi Sangat Rendah untuk Pembayaran Internasional

Transfer kawat standar dan pembelian asing biasanya melibatkan biaya dan biaya pertukaran. Karena transaksi bitcoin tidak memiliki lembaga perantara atau keterlibatan pemerintah, biaya transaksi dijaga sangat rendah. Ini bisa menjadi keuntungan besar bagi para pelancong. Selain itu, setiap transfer dalam bitcoin terjadi dengan sangat cepat, menghilangkan ketidaknyamanan persyaratan otorisasi dan waktu tunggu yang khas.

6. Pembayaran Seluler

Seperti banyak sistem pembayaran online, pengguna bitcoin dapat membayar koin mereka di mana pun mereka memiliki akses Internet. Ini berarti bahwa pembeli tidak perlu pergi ke bank atau toko untuk membeli produk. Namun, tidak seperti pembayaran online yang dilakukan dengan rekening bank atau kartu kredit AS, informasi pribadi tidak diperlukan untuk menyelesaikan transaksi apa pun.

7. Aksesibilitas

Karena pengguna dapat mengirim dan menerima bitcoin hanya dengan smartphone atau komputer, bitcoin secara teoritis tersedia untuk populasi pengguna tanpa akses ke sistem perbankan tradisional, kartu kredit, dan metode pembayaran lainnya.

Selain itu, sebagai pengusaha yang profesional, Anda juga perlu menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam memanajemen pengeluaran untuk kepentingan usaha secara efisien dan efektif. Anda dapat mengontrol anggaran usaha dengan baik hanya dengan modal smartphone.

strategi pemasaran kewirausahaan

Aplikasi JojoExpense dilengkapi dengan beragam fitur unggulan, seperti mobile approval, capture expenses, budget controlling, reimburse via app & web dan cash advanced. Beragam fitur unggulan ini berperan penting dalam mencapai tujuan sebagaimana disebut di atas.

Yuk gunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.