Apakah Bitcoin Investasi Paling Menguntungkan, Benarkah?

Siapa yang tidak tau bitcoin, salah satu investasi yang menurut banyak orang menguntungkan ini ramai dibicarakan dan banyak yang mencoba mencaritahu apakah bitcoin investasi yang menguntungkan? Bagaimana orang tidak tertarik dengan investasi ini, desas desus mengatakan bahwa investasi bictoin bisa mendapatkan keuntungan hingga ratusan juta rupiah. Namun siapa sangka, investasi ini juga memiliki risiko yang tidak main-main dibandingkan dengan investasi lainnya.

Saking investasi bitcoin ini berisiko tinggi, banyak yang menilai bahwa investasi ini penipuan. Akan tetapi, hal ini sudah dibantah langsung oleh CEO Indodidax Oscar Darmawan yang menyatakan bahwa investasi ini bukanlah investasi penipuan.

Lantas apa sih sebenarnya investasi bitcoin itu? Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan berikut.

Apa itu bitcoin?

Apakah Bitcoin Investasi merupakan sebuah mata uang elektronik yang diciptakan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samara Satoshi Nakamoto. Bitcoin utamanya digunakan untuk transaksi internet tanpa menggunakan perantara atau jasa bank melainkan menggunakan sistem Peer To Peer (P2P).

Akan tetapi, karena bitcoin bekerja tanpa penyimpanan atau administrator tunggal, maka Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebagai mata uang yang terdesentralisasi. Bitcoin tidak seperti mata uang pada umumnya, dan bitcoin juga tidak bergantung pada satu penerbit utama.

Bitcoin bekerja menggunakan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node utama dari sebuah jaringan Peer To Peer (P2P) ke jurnal transaksi.

Menurut Oscar selaku CEO Indodidax, bitcoin adalah suatu investasi dalam bentuk mata uang kripto yang prinsipnya sama seperti berinvestasi di saham dan emas. Bitcoin ini sendiri merupakan produk teknologi mata yang digital yang biasa digunakan sebagai alat pembayaran untuk membeli sebuah produk, membayar jasa atau membeli sebuah aset investasi. Naik turunnya harga bitcoin murni dari supply-demand terhadap mata uang kripto itu sendiri.

Meski bitcoin merupakan alat pembayaran digital, namun bitcoin tidak ada bentuk fisiknya. Sampai sejauh ini bitcoin menjadi satu-satunya produk teknologi dengan riwayat permintaan yang bisa dihitung dan terbatas dengan teknologi blockhainnya. Itu artinya, setiap transaksi bitcoin akan dicatat dalam daftar public yang disebut blockhain untuk mencegah adanya orang yang membelanjakan koin yang bukan milik mereka, atau yang membuat salinan serta yang membatalkan transaksi.

Bagaimana cara kerja bitcoin?

Mungkin sampai saat ini masih banyak orang yang penasaran bagaimana cara kerja bitcoin yang dinilai menguntungkan itu. Namun, jika Anda adalah pengguna baru maka hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menginstall wallet bitcoin di ponsel atau komputer Anda. Dengan langkah pertama ini otomatis Anda akan dibuatkan alamat bitcoin pertama. cara kerjanya sama seperti email yang membuat Anda dapat salin berbagi alamat bitcoin kepada orang lain sehingga Anda bisa melakukan pembayaran atau menerima pembayaran. Akan tetapi, alamat bitcoin ini sebaiknya hanya digunakan sekali saja.

Sebelumnya dijelaskan blockhain, blockhain ini sendiri merupakan sebuah catatan transaksi public dimana jaringan bitcoin itu bersandar. Jadi, semua transaksi yang sudah dikonfirmasi akan tersimpan dalam rantai blok. Dengan begitu wallet bitcoin dapat menghitung sisa uang yang dapat dibelanjakan dan berbagai transaksi baru terverifikasi untuk memastikan bahwa memang dimiliki pengguna tersebut.

Selanjutnya dalam bitcoin terdapat istilah Private Keys, ini merupakan sebuah tramsaksi tramsfer nilai antar wallet bitcoin yang dimasukkan ke dalam rantai blok. Wallet bitcoin akan menyimpan sebagian data rahasia yang disebut sebagai kunci pribadi atau seed yang dapat digunakan untuk menandatangani tramsaksi, memberikan bukti secara mathematis bahwa memang benar berasal dari pemilik wallet bitcoin.

Kemudian pertambangan merupakan sistem yang digunakan untuk mengonfirmasi antrean transaksi dengan memasukkannya ke dalam blockchain. Dalam proses ini ditegaskan urutan kronologis blockchain, melindungi netralitas jaringan Anda dan memungkinkan agar komputer lain dapat menyetujui keadaan sistem. Agar dapat terkonfirmasi maka transaksi harus dirangkai dalam sebuah blok yang sesuai dengan aturan kriptografi ketat dan akan diverifikasi oleh jaringan.

Cara membeli bitcoin

Meski tidak didukung pemerintah atau bank sentral manapun, banyak orang percaya bahwa bitcoin merupakan mata uang digital yang dapat ditukar dengan mata yang tradisional. Namun, kenyataan menunjukkan bahwa nilai tukar bitcoin terhadap dolar menarik para calon investor untuk investasi pada mata uang.

Pada maret 2014 IRS menyatakan bahwa semua mata uang virtual termasuk bitcoin akan dikenakan pajak. Namun bukan sebagai pajak mata uang melainkan pajak property. Jadi, keuntungan dan kerugian dari investasi ini akan disimpan sebagai modal dan akan direalisasikan sebagai laba rugi atau modal, sedangkan sisanya akan disimpan sebagai persediaan yang akan dihitung sebagai laba/rugi biasa.

Sama seperti investasi lainnya, untuk membeli bitcoin juga menggunakan prinsip beli rendah dengan jual tinggi. Selain itu, cara paling kuno yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan mata uang adalah dengan membeli di bursa bitcoin.

Cara investasi bitcoin untuk pemula

Bagi calon investor bitcoin yang masih pemula dan mau mencoba belajar berinvestasi dengan bitcoin maka bisa mengikuti cara berikut:

Membuat akun

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuka akun bitcoin. Untuk membuka akun Anda bisa melakukannya melalui aplikasi di ponsel atau di website tertentu. Biasanya, akan ada data yang dibutuhkan seperti nama, alamat email, alamat rumah dan menyetujui ketentuan dan kebijakan dalam penggunaan investasi atau aplikasi tersebut.

Harus mendapatkan verifikasi dari KYC

Selanjutnya, Anda hanya perlu mendapat verifikasi dari KYC untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya. Jika Anda tidak mendapatkan verifikasi ini maka Anda tidak bisa melakukan transaksi meski sudah membuka akun.

Verifikasi KYC merupakan proses untuk melindungi semua pengguna. Proses KYC ini terdiri atas mengunggah foto, mengisi data pribadi, mengambil selfie gambar. Biasanya proses verifikasi ini membutuhkan waktu satu hari kerja.

Melakukan deposit

Agar Anda dapat membeli bitcoin aset kripto maka Anda harus melakuakn deposit terlebih dahulu ke rekening yang telah ditentukan. Ada banyak cara untuk melakuakn deposit mulai dari transfer bank, transfer virtual account, melalui e-wallet, setor tunai, supermarket (indomaret, alfamart, dsb) serta kartu kredit. Deposit dapat dilakukan mulai dari 300 ribu rupiah hingga 500 ribu rupiah. Namun hal ini tergantung dengan jenis aplikasi yang digunakan.

Mulai order

Selanjutnya Anda bisa melakukan order. Anda bisa melakukan order dengan cara Limit (Marker), Market (Taker/Instan), dan Order Book.

Mulai melakukan transaksi

Setelah Anda memilih pair yang ingin diperjualbelikan maka Anda bisa membuat order dengan cara memasukkan harga dan jumlah bitcoin yang akan dibeli. Kemudian nanti akan muncul jumlah rupiah yang dibutuhkan. Proses penjualan bitcoin sama dengan pembeliannya, hanya saja sekarang setelah eksekusi berhasil maka deposit rupiah dapat bertambah dan kepemilikan menjadi berkurang.

Penarikan Dana

Untuk menarik bitcoin ke dalam bentuk rupiah Anda bisa mengajukan penarikan menggunakan aplikasi yang digunakan. Perlu diketahui penarikan danaakan dikenakan biaya dan membutuhkan waktu sampai 1×24 jam.

Bagaimana? Apakah bitcoin investasi tipu-tipu? Jika penasaran bagaimana kalau Anda mencobanya. Tidak ada yang sulit, hanya saja kita tidak mau mencoba. Dengan demikian kita bisa rasakan manfaatnya seperti mendapat keuntungan dari investasi ini.

Nah, setelah kita mengetahui Apakah Bitcoin Investasi. Lalu, ada satu lagi nih info penting buatmu tentang software HR.

jojonomic

Untuk hal ini, kamu bisa juga menggunakan solusi bisnis Jojonomic. Melalui aplikasi JojoExpense, kamu bisa mendapat cara mudah untuk melakukan pencatatan keuangan secara digital, khususnya terkait pengajuan dana dan reimbursement. Kamu bisa lakukan di mana saja dan kapan saja. Kamu juga bisa terus memastikan keuangan perusahaanmu baik, karena hal ini dapat kamu lakukan dengan mudah. Selamat mencoba!