Apakah Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank?

Apakah Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank?

Sudah tahu belum apakah fungsi lembaga keuangan bukan bank? Lembaga keuangan bukan bank atau disingkat LKBB merupakan kelompok lembaga yang berperan penting dalam perekonomian Indonesia. Sebagai salah satu lembaga keuangan di Indonesia, LKBB berperan sebagai penghimpun dana dengan mengeluarkan surat berharga yang kemudian didistribusikan kepada masyarakat.

Perkembangan lembaga keuangan bukan bank sudah dimulai sejak tahun 1972. Di awal kemunculannya, lembaga ini diharapkan dapat mendorong perkembangan pasar modal di Indonesia. Adapun Surat Kepmenkeu No 38/MK/VI/1972 memuat kelegalan atau bentuk sah dari lembaga keuangan bukan bank ini.

Agar lebih mudah memahami apa saja fungsi lembaga keuangan bukan bank. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank

Seperti yang telar diatur dalam Surat Keputusan Menteri Keuangan No 38/MK/VI/1972, lembaga keuangan bukan bank merupakan lembaga yang melakukan aktivitas keuangan secara langsung maupun tidak langsung dalam mengumpulkan dana dari publik dengan menerbitkan surat berharga kemudian menyalurkannya guna melakukan investasi di beragam perusahaan yang memiliki prospek bagus. Jika dilihat dari kegiatan usaha yang dijalankan, lembaga ini memiliki kemiripan dengan bank. Oleh karena itu, lembaga ini tetap dinamakan sebagai lembaga keuangan.

Lembaga keuangan bukan bank memiliki ‘tugas mulia’ bagi negara khususnya dalam bidang ekonomi. Dengan adanya lembaga ini, nilai konsumsi domestik akan bergerak maju dan mendorong laju perekonomian negara.

Kegiatan usaha LKBB di Indonesia antara lain: menghimpun dana dari masyarakat dengan menerbitkan surat berharga, memberikan fasilitas kredit  kepada perusahaan swasta atau pemerintah dalam jangka pendek, menengah hingga jangka panjang, menyertakan modal perusahaan dan penjualan saham pada pasar modal, menjadi perantara bagi perusahaan untuk memperoleh tenaga ahli finansial dan melaksanakan kegiatan usaha di bidang keuangan atas persetujuan Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Apakah Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank Secara Umum?

Apakah fungsi lembaga keuangan bukan bank secara umum? lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan bukan bank memiliki peran dan fungsi yang sama. Lembaga keuangan bukan bank berperan penting bagi terwujudnya perekonomian modern di Indonesia.

Adapun fungsi dari lembaga keuangan bukan bank, antara lain:

  • Melancarkan proses pertukaran barang dan jasa dengan menggunakan uang dan instrumen kredit lainnya.
  • Menghimpun sejumlah dana dari masyarakat yang berbentuk simpanan dan mendistribusikannya kepada masyarakat lain yang membutuhkan dalam bentuk pinjaman.
  • Memberikan pengetahuan serta informasi terkait tugas lembaga keuangan sebagai pihak ahli dalam analisis ekonomi dan kredit bagi kepentingan pihak lain dan berkewajiban menyebarkan informasi dan kegiatan yang berguna serta menguntungkan untuk pihak lain atau nasabahnya.
  • Memberikan sebuah jaminan hukum dan moral terkait keamanan dana masyarakat yang telah dipercayakan kepada suatu lembaga keuangan.
  • Membangun serta memberikan likuiditas, yakni dapat memberikan keyakinan terhadap para nasabahnya bahwa dana yang disimpan akan dikembalikan pada waktu jatuh tempo.

Apakah Fungsi Lembaga Keuangan Bukan Bank Secara Khusus?

Jika di atas adalah penjelasan tentang fungsi secara umum, lantas apakah fungsi lembaga keuangan bukan bank secara khusus? Nah, inilah beberapa fungsi khusus lembaga keuangan bukan bank dalam industri jasa keuangan.

1. Sebagai Tempat Menyimpan Uang

Fungsi khusus lembaga keuangan bukan bank yang pertama adalah sebagai tempat penyimpanan uang. Tidak hanya bank yang dapat digunakan sebagai wadah penyimpanan uang, lembaga keuangan bukan bank ternyata juga bisa.

Lembaga keuangan ini dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan Anda untuk memisahkan uang yang Anda miliki dengan uang untuk kepentingan lain, misalnya untuk kepentingan investasi. Jika Anda berniat untuk melakukan investasi, Anda tidak perlu repot membuka rekening baru. Dengan kata lain, Anda bisa menggunakan jasa LKBB.

Contohnya, seperti asuransi unit link. Dengan adanya LKBB ini, publik mempunyai cara lain dalam menabung dan mengembangkan keuangannya.

2. Penyedia Modal

Sama halnya seperti bank yang memberikan layanan pemberian pinjaman modal, lembaga keuangan bukan bank juga menyediakan fasilitas penyediaan modal dalam bentuk yang berbeda. Modal yang telah disiapkan oleh lembaga keuangan bukan bank dapat diakses perseorangan untuk unit usaha kecil dan menengah atau perusahan-perusahan swasta.

Setiap lembaga keuangan bukan bank memiliki kebijakan masing-masing terkait syarat dan ketentuan dalam penyediaan modal. Koperasi dan fintech merupakan contoh lembaga keuangan dalam lembaga keuangan bukan bank yang ‘tugasnya’ menyediakan modal bagi masyarakat.

3. Pengadaan Kredit

Bagi Anda yang merasa kesulitan memiliki barang-barang mewah dengan hagra yang tidak murah, lembaga keuangan bukan bank bisa Anda jadikan jalan pintas. Anda dapat mengajukan beberapa kredit seperti kredit kendaraan bermotor, ponsel, laptop dan lain sebagainya ke lembaga keuangan bukan bank. Salah satu contohnya adalah perusahaan pembiayaan.

Hampir sama dengan bank, proses pengajuan kredit pada lembaga keuangan ini yang berbasis usaha pengadaan kredit akan disertai dengan proses survei. Setelah mengajukan dokumen, tidak lebih dari satu minggu tim survei akan datang untuk melihat usaha yang Anda jalankan.

4. Pengajuan Pinjaman

Anda sedang membutuhkan dana pinjaman? Tidak usah khawatir, lembaga keuangan bukan bank juga dapat dijadikan sarana untuk mengajukan pinjaman. Pengajuan pinjaman dapat Anda lakukan dengan atau tanpa jaminan, karena saat ini sudah banyak lembaga peminjaman yang tidak memerlukan jaminan dari nasabahnya.

Biasanya pengajuan pinjaman tanpa jaminan pada lembaga sejenis ini akan dikenakan bunga yang jauh lebih tinggi. Selain itu, denda keterlambatan pembayaran cicilan juga cukup besar.

5. Pelaksana Kegiatan Keuangan

Fungsi lain yang dijalankan lembaga keuangan bukan bank adalah menjadi pelaksana kegiatan keuangan.  Semua jenis usaha lembaga ini harus berdasarkan persetujuan dari Menteri Keuangan Indonesia, termasuk melalui Otoritas Jasa Keuangan. Jadi, Anda bisa memilih lembaga keuangan semacam ini yang telah terdaftar dan berizin dari OJK.

6. Mencari Tenaga Ahli

Sebagai salah satu lembaga keuangan yang memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi negara, lembaga keuangan bukan bank juga memiliki fungsi dalam hal mencari tenaga ahli. Lembaga keuangan bukan bank dapat bertindak sebagai perantara dalam mendapatkan tenaga ahli bagi perusahaan maupun perseorangan yang membutuhkan. Para tenaga ahli ini nantinya diharapkan dapat memberikan wawasan baru di bidang finansial.

Itulah penjelasan tentang fungsi lembaga keuangan bukan bank. Sekarang Anda sudah tahu nih apakah fungsi lembaga keuangan bukan bank baik secara umum maupun khusus. Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui apa itu aplikasi JojoPayroll dari Jojonomic.

Aplikasi JojoPayroll adalah aplikasi yang dirancang untuk memudahkan perusahaan dalam mengelola penggajian secara akurat, cepat dan praktis. Aplikasi ini telah tersebat beragam fitur unggulan seperti payroll berbasis cloud, perhitungan payroll akurat, perhitungan prorate otomatis dan lainnya. JojoPayroll juga diketahui memberikan kemudahan transfer gaji secara real time ke lebih dari 150 akun bank yang ada di Indonesia.

Yuk gunakan aplikasi JojoPayroll sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.