Aplikasi Audit Keuangan Perusahaan Terbaik di Indonesia

Menemukan Aplikasi Audit Keuangan terbaik untuk bisnis Anda adalah tugas yang menantang, karena setiap perangkat lunak akuntansi memiliki kelebihannya sendiri. Sistem akuntansi adalah salah satu perangkat lunak terpenting untuk bisnis apa pun di Indonesia. Tidak ada bisnis yang tidak mengelola keuangan, dan pengelolaan keuangan akan menjadi sangat rumit di beberapa perusahaan, sehingga peran aplikasi keuangan sangat dibutuhkan.

Selain mengelola pembayaran kepada pemasok atau menerbitkan faktur kepada pelanggan, ada banyak proses dalam pengelolaan keuangan yang perlu disederhanakan, seperti pengelolaan pajak, rekonsiliasi bank, pengelolaan utang dan piutang, dan sebagainya.

Jika saat ini Anda sedang mencari software akuntansi untuk mengotomatisasi keuangan bisnis Anda, maka Anda sedang membaca artikel yang tepat. Di bawah ini adalah daftar software akuntansi terbaik di Indonesia yang bisa Anda pertimbangkan.

Cara Memilih Software Aplikasi Audit Keuangan Akuntansi

Aplikasi Audit Keuangan

Dengan banyaknya software akuntansi yang menawarkan fungsi dan harga yang berbeda, Anda mungkin bingung harus memilih yang mana. Namun dengan beberapa pertimbangan, Anda akan lebih mudah menemukan software akuntansi yang paling cocok untuk bisnis Anda.

Dua hal penting yang perlu Anda pertimbangkan adalah kebutuhan bisnis dan anggaran Anda. Semakin kompleks kebutuhan bisnis Anda, semakin banyak fitur software akuntansi yang Anda butuhkan. Ukuran bisnis Anda dan jumlah karyawan juga merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan.

Perusahaan besar dan menengah dengan jumlah karyawan yang banyak membutuhkan software akuntansi yang mudah disesuaikan dan diintegrasikan dengan berbagai modul lainnya, seperti pembelian, inventaris, manajemen sumber daya manusia, dan penjualan. Juga ingat bahwa semakin banyak penyesuaian yang Anda butuhkan, semakin banyak yang akan Anda keluarkan untuk sistem akuntansi.

Mengapa Perusahaan Harus Melakukan Pencatatan Keuangan dengan Aplikasi Audit Keuangan?

Aplikasi Audit Keuangan

Adanya aplikasi corporate finance ini memang sangat membantu para pelaku usaha untuk mengontrol keuangan perusahaan.

Selain itu, pencatatan keuangan juga merupakan faktor yang sangat penting dalam pembangunan berkelanjutan perusahaan. Berikut beberapa alasan mengapa pencatatan keuangan penting dan harus diperhatikan:

1. Aplikasi Audit Keuangan membantu Memahami status keuangan perusahaan

Sebagai pelaku komersial, tentunya kita berharap dapat memperoleh peningkatan pendapatan yang berkesinambungan setiap tahunnya. Untuk itu, pencatatan keuangan sangat berpengaruh.

Dengan menyimpan catatan keuangan, Anda dapat lebih mudah membandingkan situasi keuangan perusahaan tahun ini dengan tahun sebelumnya.

Anda dapat melihat apakah laba perusahaan mengalami kenaikan atau penurunan.

Kemudian Anda juga dapat mengetahui biaya mana yang dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan untuk menghemat uang. Jelas bahwa catatan keuangan adalah untuk memantau kondisi keuangan umum atau khusus.

2. Membantu membuat keputusan

Seperti yang kita ketahui bersama, keuangan merupakan aspek penting dalam dunia bisnis. Dari hasil pencatatan keuangan, kita dapat memahami keadaan keuangan perusahaan saat ini.

Selain itu, kita juga dapat mengambil keputusan yang tepat untuk masa depan bisnis kita. Misalnya, meskipun pelanggan selalu memberikan ulasan positif, penjualan produk bisnis kami tidak memenuhi tujuan yang telah ditentukan.

Dari situ, kita bisa menentukan tindakan yang lebih fokus pada manajemen pemasaran untuk mempromosikan produk bisnis kita.

Adanya pencatatan keuangan juga memudahkan kita untuk memperkirakan banyak hal. Misalnya, apakah perusahaan kita perlu berinvestasi dalam peralatan produksi, menambah jumlah pekerja, atau kebijakan lainnya.

3. Menyederhanakan proses pelaporan pajak

Aplikasi Audit Keuangan

Sebagai warga negara Indonesia dan pelaku usaha yang baik, sudah seharusnya kita membayar dan menyatakan pajak penghasilan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Cara menghitung pajak dari neraca dan laporan laba rugi adalah berdasarkan laporan keuangan.

Oleh karena itu, kita harus menyimpan catatan keuangan sedetail mungkin. Jika kita tidak menyimpan catatan keuangan, kita mungkin mengabaikan masalah pajak dan lupa menyerahkan laporan pajak tepat waktu.

4. Memberikan peraturan tentang kualifikasi bisnis

Setiap perusahaan besar pasti membutuhkan bantuan pihak lain untuk menyediakan dana bagi perusahaan tersebut. Sebagian besar perusahaan biasanya memperoleh dana komersial dari investor untuk mengembangkan usahanya.

Usaha kecil dan menengah memiliki peluang yang sama. Dengan kata lain, UKM juga dapat memperoleh bantuan modal tambahan dari sumber lain. Untuk itu, tentunya investor perlu melakukan uji kelayakan bisnis untuk memahami kelayakan bisnis Anda.

Status UKM tentu saja tercermin dari laporan keuangan yang dibuat. Jika laporan keuangan sudah lengkap, maka investor pasti akan menginvestasikan dananya di bisnis Anda.

5. Dapatkan keringanan pajak

Setiap badan usaha berhak atas keringanan pajak. Namun, catatan keuangan yang tidak konsisten dan lambat dapat mengakibatkan hilangnya potensi kredit pajak legal. Pemeriksa dapat melarang pemotongan pajak karena kurangnya dokumen atau isi yang tidak dicatat dalam pembukuan. Karena ini akan mempersulit pelacakan.

Untuk melakukan ini, Anda perlu menyimpan faktur dan tanda terima yang ada selama 6 tahun. Jika tidak, maka pemeriksa pajak berhak untuk menolak pemotongan pajak Anda.

Pembukuan dianggap sebagai hal yang sangat penting karena membantu mencatat semua pemasukan dan pengeluaran. Hal ini untuk memudahkan pelacakan bukti transaksi dan nominal potongan pajak yang bisa diperoleh perusahaan.

Contoh Aplikasi Audit Keuangan

Aplikasi Audit Keuangan

EQUIP

EQUIP adalah software akuntansi dari Singapura yang dikembangkan oleh HashMicro sejak tahun 2008. Meskipun aplikasi keuangan EQUIP tergolong baru di Indonesia, namun telah digunakan oleh perusahaan di berbagai industri di Indonesia, seperti Astra Finance, The Face Shop, Hino Trucks, Yokohama dan lain sebagainya.

Sistem akuntansi EQUIP dilengkapi dengan banyak fungsi yang dibutuhkan perusahaan untuk mengelola proses keuangan mereka, termasuk manajemen faktur dan pembayaran, manajemen nota kredit dan debit, manajemen pajak lokal, pembuatan berbagai laporan keuangan, manajemen multi-mata uang, rekonsiliasi rekening bank, Analisis dari akun, dll.

Keuntungan lain dari sistem manajemen keuangan EQUIP adalah bahwa perangkat lunak on-premise berbasis cloud ini memungkinkan perusahaan untuk memprediksi kinerja keuangan mereka melalui fungsi prakiraan keuangan, dan memudahkan mereka untuk melacak keuntungan dan kerugian setiap departemen dan bahkan lokasi perusahaan.

Selain itu, tidak seperti software akuntansi terkenal lainnya di Indonesia, EQUIP Accounting memberikan lisensi yang tidak terbatas untuk setiap perusahaan sehingga sebanyak mungkin pengguna dapat menggunakannya dan mendapatkan akses tanpa biaya tambahan.

Sistem akuntansi yang terintegrasi dengan modul penggajian, penjualan dan persediaan juga memberikan kemudahan untuk kustomisasi pengguna karena sistem ini dikembangkan secara in-house.

SAP

Siapa yang tidak tahu tentang SAP? Software asal Jerman ini memiliki lebih dari 300.000 pelanggan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Melalui S/4HANA Finance, SAP menyediakan solusi otomatisasi berbasis cloud dan on-premise kepada perusahaan-perusahaan besar Indonesia untuk menyederhanakan pengelolaan keuangan mereka.

Beberapa fungsi utama SAP S/4HANA Finance adalah pembuatan laporan keuangan real-time, pengelolaan utang dan piutang, pengelolaan kredit, perencanaan keuangan, dan pengelolaan anggaran.

Sama seperti EQUIP Accounting, perangkat lunak ini juga memiliki alat pelaporan canggih yang memudahkan perusahaan untuk memprediksi pendapatan dan pengeluaran mereka di masa depan.

SAP S/4HANA Finance dapat diintegrasikan dengan SAPSuccess Factors untuk mengotomatisasi pengelolaan sumber daya manusia perusahaan. Di Indonesia sendiri, sistem akuntansi ini lebih cocok untuk perusahaan besar.

Zahir

Zahir adalah salah satu software akuntansi tertua di Indonesia, menyediakan layanan untuk semua jenis bisnis. Aplikasi ini menyediakan banyak jenis paket yaitu paket online untuk perusahaan jasa dan manufaktur, paket essential untuk distribusi dan perdagangan, paket professional untuk kontraktor dan manufaktur, paket corporate untuk perusahaan besar, dan paket internal untuk perusahaan besar dan menengah.

Beberapa fungsi utama yang disediakan Zahir untuk usaha kecil dan menengah meliputi manajemen penjualan, manajemen pembelian, pembayaran hutang dan piutang, dan manajemen kas. Untuk perusahaan enterprise, Zahir menyediakan lebih banyak fungsi, termasuk inventaris, manajemen gudang, dan manajemen aset.

Accurate

Accurate menyediakan dua jenis paket software akuntansi bagi para pebisnis yang ingin mengotomatisasi pengelolaan keuangan, yaitu Accurate Online dan Accurate 5 Desktop. Aplikasi ini hanya mengharuskan pelanggannya untuk berlangganan bulanan dan menyimpan data mereka di sistem cloud, sedangkan Accurate 5 Desktop mengharuskan pengguna untuk membeli perangkat lunak terlebih dahulu dan menyimpan data di komputer mereka.

Accurate lebih cocok sebagai sistem akuntansi back-end, tetapi software ini juga dapat digunakan untuk mengelola penjualan. Beberapa fungsi utama dari perangkat lunak ini antara lain manajemen surat penawaran, manajemen pesanan penjualan, pembuatan dokumen perjalanan, pembuatan faktur, dan manajemen piutang. Meskipun ini juga dapat membaca kode batang melalui pemindai, sistem tidak dapat mencetaknya.

Jurnal

Jurnal menyediakan software akuntansi berbasis cloud, yang lebih cocok untuk berbagai usaha kecil dan menengah di Indonesia. Tidak diperlukan biaya instalasi awal, dan aplikasi keuangan Jurnal dapat diakses dari mana saja di Internet.

Jurnal menyediakan berbagai fungsi penting seperti laporan lengkap dan real-time, faktur, catatan pengeluaran, pelacakan inventaris, dan manajemen aset. Aplikasi akuntansi ini juga memungkinkan pengguna untuk menautkan rekening bank mereka melalui fungsi tautan tunai.

Kesimpulan Aplikasi Audit Keuangan

Tingkatkan Efisiensi Manajemen Pengeluaran Perusahaan Anda Hingga 76%. Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot.

Mengelola Data Klien Menjadi Lebih Mudah. JojoExpense memberi Anda akses mudah menuju keuangan perusahaan Anda tidak peduli tempat dan waktu.

Baik Anda mau mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan melalui telepon genggam Anda.

Anda dapat mengajukan request Anda secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya Anda ingin cek ulang aplikasi Anda. Semuanya tergantung Anda—Anda yang berkuasa soal manajemen finansial Anda sendiri.

Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis. “Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”