Aplikasi Hitung Gaji Dan Bonus Karyawan Terbaik di Indonesia

Sekarang, Aplikasi Hitung Gaji sekarang sudah umum digunakan oleh banyak perusahaan. Masalah gaji sangat penting bagi perusahaan karena menyangkut hak-hak dasar karyawan. Oleh karena itu, upah harus dihitung dengan benar.

Setiap bulan, Human Resources (HR) memiliki tugas rutin untuk menghitung gaji yang harus dibayarkan kepada seluruh karyawan berdasarkan gaji pokok, berbagai tunjangan, tunjangan makan, uang lembur dan bonus (jika ada).

Ada risiko kesalahan yang tinggi dalam proses perhitungan manual. Untuk itu dengan adanya aplikasi perhitungan gaji atau program perhitungan gaji karyawan secara online dapat mempermudah proses penggajian karyawan dan sangat membantu pekerjaan HR.

Cara Menghitung Gaji Karyawan dengan Aplikasi Hitung Gaji Karyawan

Aplikasi Hitung Gaji

Sebelum menggunakan aplikasi perhitungan gaji yang telah ditentukan untuk menghitung gaji karyawan, Human Resources (HR) perlu mengetahui hal-hal berikut:

Menetapkan Kebijakan Gaji Karyawan Perusahaan

Penetapan gaji yang diterima oleh karyawan ditentukan pada saat karyawan tersebut diterima bekerja secara formal oleh perusahaan. Karyawan yang diterima dalam status tetap atau kontrak wajib menandatangani perjanjian kerja. Perjanjian kerja berisi informasi tentang gaji yang akan diterima karyawan.

HR perlu memastikan bahwa upah yang diterima pegawai sesuai dengan peraturan upah minimum regional, jabatan dan status pegawai. Agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari, semua hal tersebut perlu dicantumkan dalam perjanjian kerja.

Penandatanganan perjanjian kerja berarti adanya kesepakatan antara perusahaan dengan karyawan.

Menentukan Komponen Gaji Menggunakan Program Perhitungan Gaji Karyawan

Upah karyawan biasanya mencakup upah pokok dan berbagai tunjangan. Misalnya, beberapa tunjangan umum seperti uang lembur, tunjangan makan, biaya transportasi dan asuransi.

Selain itu, perusahaan biasanya memberikan tunjangan lain seperti THR (Tunjangan Hari Raya), bonus kinerja, dan pembayaran gaji penuh meskipun karyawan sedang berlibur.

Semua komponen gaji adalah untuk memotivasi kinerja karyawan. Jika Anda menggunakan program perhitungan gaji karyawan online yang dapat diakses kapan saja, di mana saja, menghitung semua komponen tersebut pasti akan lebih mudah dan cepat.

Perhatikan Iuran atau Potongan Gaji

Saat menghitung upah, selain tunjangan yang akan diterima karyawan, juga perlu mempertimbangkan pemotongan, seperti kontribusi atau pemotongan gaji karyawan. Misalnya seperti membayar pajak PPh 21 dan iuran BPJS kesehatan atau ketenagakerjaan.

Namun ada juga perusahaan yang menerapkan pemotongan gaji pada saat pekerjaan tertunda, tidak masuk kerja tanpa alasan, atau ketika pekerjaan tidak mencapai target yang perlu dimasukkan dalam upah.

Menggunakan Aplikasi Penghitungan Gaji dengan Fitur Lengkap

Agar lebih praktis dan efisien, disarankan agar perusahaan menggunakan aplikasi yang berfungsi penuh, seperti aplikasi yang terintegrasi dengan absensi online.

Menggunakan aplikasi perhitungan gaji berfitur lengkap hampir dapat membantu menyederhanakan proses akuntansi.

HRD dapat fokus pada hal lain untuk mengembangkan perusahaan, karena aplikasi secara otomatis dapat menyelesaikan masalah kompleks penghitungan gaji karyawan.

Manfaat Aplikasi Hitung Gaji Untuk Perusahaan

Aplikasi Hitung Gaji

Terhindar dari Kesalahan Perhitungan Gaji

Kesalahan dalam sistem pembayaran bisa menjadi mimpi buruk. Saat menggunakan aplikasi penggajian, kemungkinan kesalahan yang mahal lebih kecil.

Jika Anda melakukan kesalahan yang berdampak pada karyawan, maka akan menurunkan kinerja karyawan, dan dalam keadaan buruk akan menimbulkan masalah hukum bagi perusahaan Anda.

Jika Anda membuat beberapa kesalahan, seperti gaji karyawan Anda terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka hal-hal yang seharusnya tidak menjadi rumit.

Manfaat perangkat lunak penggajian berarti Anda dapat sangat mengurangi risiko kesalahan manusia dan memastikan bahwa karyawan Anda dibayar dengan benar.

Keamanan Data Terjamin Ketika Menggunakan Aplikasi

Keamanan data Anda dan karyawan Anda sangat penting, dan data gaji adalah masalah yang sangat sensitif.

File gaji akan berisi informasi pribadi yang perlu dilindungi, seperti alamat surat, tanggal lahir, detail bank, dll.

Jika Anda menggunakan Microsoft Excel, data mungkin terinfeksi virus atau bahkan hilang.

Dengan menggunakan aplikasi penggajian berkualitas tinggi, Anda dapat memastikan bahwa informasi ini terkunci dengan aman dan tidak ada orang di luar perusahaan Anda yang dapat mengaksesnya.

Menggunakan Aplikasi Perhitungan Gaji Karyawan Bisa Hemat Biaya

Sebagai pemilik usaha kecil, Anda berkepentingan untuk mempertahankan keuntungan tinggi dengan biaya serendah mungkin.

Beralih dari sistem penggajian berbasis Excel ke perangkat lunak dapat menghemat banyak uang dan memungkinkan anggaran ini digunakan di tempat lain dalam bisnis kecil Anda untuk membantunya tumbuh dan berhasil.

Seiring pertumbuhan bisnis Anda, penghematan biaya yang Anda hemat dari beralih ke aplikasi penggajian akan meningkat.

Hanya dengan satu kali pembayaran, Anda dapat menghemat biaya perusahaan tanpa batas, terutama jika Anda memiliki karyawan baru.

Anda hanya perlu memasukkan data dan membiarkan aplikasi bekerja untuk Anda. Pada akhirnya, ini akan mengurangi biaya dan membuat bisnis Anda lebih strategis.

Contoh Aplikasi Hitung Gaji

Aplikasi Hitung Gaji

Berikut adalah beberapa aplikasi penghitungan gaji dan bonus karyawan terbaik yang bisa Anda pertimbangkan.

Talenta

Talenta adalah perangkat lunak HRIS yang melepaskan diri dari kebutuhan perusahaan dan bertujuan untuk menjadi solusi manajemen sumber daya manusia bagi perusahaan dengan fungsi yang mumpuni.

Salah satu fitur unggulan dari perangkat lunak HRIS Talenta adalah cloud, yang memudahkan tim SDM dan karyawan untuk mengakses informasi dan data pribadi kapan saja, di mana saja.

Fitur-fitur dari software HRIS Talenta adalah:

  • Mekari Benefit

Dengan fungsi Mekari Benefit, tim HR dapat memperoleh manfaat dari pembelajaran menggunakan teknologi dari software HRIS Talenta itu sendiri, dan disediakan fungsi live chat untuk memudahkan tim HR mendapatkan jawaban atas pertanyaan terkait operasional Talenta.

  • Reimbursement

Dulu, proses reimbursement tidak bisa dikatakan singkat dan terkesan sulit, dengan adanya fungsi reimbursement talenta, proses administrasi reimbursement dapat disederhanakan sehingga memudahkan karyawan dan tim HR.

  • Time Off Aplikasi HRIS Talenta Untuk Cuti Online

Fungsi Time off memungkinkan karyawan untuk mengatur cuti mereka kapan saja dan di mana saja hanya dengan ponsel melalui aplikasi cuti online.

Jika proses pengajuan cuti sebelumnya telah melalui banyak proses persetujuan yang memakan waktu oleh supervisor dan tim HR, fungsi ini dapat digunakan untuk mempersingkat proses tersebut.

  • Attendance

Data absensi karyawan merupakan data penting yang dibutuhkan oleh HR dalam proses pelaksanaan pengupahan, dan juga menjadi salah satu landasan dalam pelaksanaan kebijakan perusahaan. Oleh karena itu, fungsi absensi dapat membantu tim HR memperoleh data absensi karyawan yang lebih lengkap dan efektif.

Sebelum memilih software HRIS yang tepat, tentunya tim HR terlebih dahulu harus memahami karakteristik dari software HRIS tersebut. Apakah fungsinya sudah lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.

Aplikasi Hitung Gaji

GadjianKu

Aplikasi bernama GadjianKu merupakan penyempurnaan dari dashboard karyawan Gadjian yang sebelumnya hanya dapat diakses melalui browser. Pengguna GadjianKu dapat merasakan kemudahan mengunduh penggajian, mengajukan aplikasi dan persetujuan cuti, memantau catatan kehadiran, dan memperbarui data pribadi.

Aplikasi Gadjian pertama kali diluncurkan pada Mei 2016. Ini adalah aplikasi SaaS (Software as a service) berbasis cloud, dan Gadjian menyediakan layanan manajemen sumber daya manusia untuk UMKM.

Bagi perusahaan yang ingin menggunakan layanan aplikasi Gadjian, disediakan dua layanan. Pertama, paket standar dengan harga Rp. 12.500 per karyawan per bulan.

Tarif untuk layanan kedua atau premium adalah Rp. 20.000 Setiap karyawan per bulan. Sementara itu, layanan premium yang dapat dinikmati antara lain pengelolaan BPJS, pajak penghasilan PPh 21  dan pencatatan kasbon.

Aplikasi gadjianku memiliki keamanan yang terjamin, karena server yang digunakan merupakan sever kualitas terbaik.

Kesimpulan Aplikasi Hitung Gaji

Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Anda—semua hanya dengan satu kumpulan aplikasi.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas yang konvensional, dan ucapkan selamat datang pada manajemen efisien, hanya dengan menggunakan satu rangkai alat-alat yang terintegrasi dengan satu sama lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kepraktisan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial.

Cobalah sebelum Anda membeli dengan uji coba gratis atau minta penawaran demo untuk menemukan opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Tersedia melalui berbagai macam opsi harga, JojoPayroll menyediakan benefit khusus yang dibutuhkan bisnis Anda: waktu implementasi yang lebih cepat, kemampuan rapid innovation, dan kelincahan bisnis yang luar biasa. Manfaatkan aplikasi terbaik yang dikembangkan melalui kemitraan dengan ribuan perusahaan terkemuka di setiap industri, di seluruh Indonesia. “Yuk pakai aplikasi payroll dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”