Aplikasi Memantau Sales; Apa Tujuannya dan Manfaatnya?

skill sales

Aplikasi memantau sales tampaknya di masa sekarang ini sangat diperlukan sehingga pihak perusahaan bisa memantau kinerja sales. Mobilitas sales yang tergolong tinggi memang sering kali mendorong Anda untuk ingin lebih memonitor kinerja sales. Kini Anda bisa memonitor kinerja sales bisa dilakukan dengan aplikasi memantau sales.

Cara ini lebih mudah sekalipun sales melakukan pekerjaannya di luar kantor atau di lapangan. bahkan Anda juga bisa melakukan monitoring terhadap sales yang sedang bekerja dengan posisi jauh dari area kantor. Aplikasi untuk melakukan monitoring terhadap sales terdiri dari berbagai macam variasi.

Apa itu Aplikasi Memantau Sales ?

Perkembangan teknologi saat ini sangat memungkinkan untuk melakukan tracking bagi para Sales Lapangan yang memiliki mobilitas tinggi. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui apa saja tugas dan pekerjaan yang dilakukan oleh Sales Lapangan selama tidak berada di dalam lingkungan kantor.

Bagi Perusahaan distributor baik itu yang bergerak dalam bidang FMCG, Farmasi, Manufaktur, dan lain sebagainya sangat perlu untuk melakukan tracking bagi Sales Lapangan untuk tetap dapat memantau aktifitas Sales secara realtime. Melakukan tracking untuk Sales Lapangan juga dapat meningkatkan kinerja para Sales karena mereka tidak perlu lagi kekantor hanya untuk melakukan reporting penjualan dan fokus untuk melakukan penjualan ke outlet/ retail serta dapat melakukan survey pelanggan.

Goodsales memiliki Aplikasi berbasis Mobile Android yang dapat digunakan oleh Sales Lapangan serta Sales Manager untuk dapat melakukan proses penjualan yang lebih efektif dan memperluas cakupan pasar.

Berikut beberapa fitur yang ada pada Aplikasi Memantau Sales :

  1. Pelacakan Aktifitas Sales secara realtime
  2. Penjadwalan Otomatis
  3. Pemesanan, Pengiriman Barang, dan Pengumpulan Pembayaran
  4. Persetujuan Harga dan Diskon
  5. Survey yang lebih dinamis
  6. Update Berita, Promosi, Pemberitahuan
  7. Laporan dan Analisa
  8. Konfigurasi Hak Akses
  9. Mode Online dan Offline

Aplikasi Sales Sebagai Inovasi Terbaru

Sebelum adanya inovasi aplikasi sales, tim sales lapangan biasanya merencanakan rute secara manual dan menjalaninya dengan melihat peta. Saat ini, semuanya telah terkoneksi berkat aplikasi sales yang berbasis sistem cloud. Sales lapangan dapat menavigasikan rute perjalanan dengan built in GPS system yang terdapat pada perangkat masing-masing. Aplikasi sales juga sudah diciptakan dengan banyak fitur termasuk manajemen komplain yang memudahkan para sales lapangan untuk mempercepat proses laporannya.

Saat ini, semua dokumen dapat dicatat secara digital dengan cepat dan interaktif dari perangkat yang terhubung dengan jaringan internet seperti handphone atau smartphone yang digunakan oleh sales lapangan. Dengan demikian, setiap dokumen dapat diproses oleh supervisor secara real-time dan kemungkinan terjadi human error dapat diminimalisir. Aplikasi sales akan mendorong karyawan untuk menjadi lebih produktif, mengurangi biaya operasi, dan meningkatkan layanan pelanggan.

Adanya aplikasi sales ternyata sangat penting untuk penilaian kinerja yang efektif. Perusahaan bisa membuat keputusan-keputusan penting untuk meningkat kanproduktivitas dan profit. Aplikasi sales menyediakan data-data dari pemantauan kinerja paras sales lapangan. Sistem penilaian kinerja yang dihasilkan akan sangat membantu para supervisor/ manajer penjualan untuk mengukur kinerja para sales lapangan secara akurat. Data-data yang diperoleh sudah pasti dapat dipertanggungjawabkan karena berdasarkan fakta sesungguhnya di lapangan. Supervisor dapat menggunakan aplikasi sales untuk mengakses dan menganalisa kinerja para karyawan dari berbagai perspektif, misalnya kehadiran, penjualan, dan kuantitatif kunjungan kepada konsumen.

Perlukah Menggunakan Aplikasi untuk Memantau Sales?

Aplikasi memantau sales sepertinya sudah wajib dimiliki oleh perusahaan untuk memantau kinerja atau KPI karyawan, terutama pada sales atau penjualan. Biasanya, aplikasi pantau sales digunakan untuk memonitoring kerja sales dan supaya bisa melihat pergerakan sales. Sudah pasti, aplikasi pemantau sales atau aplikasi sales order tentu dapat membantu mengembangkan bisnis Anda.

Kebanyakan orang berpikir bahwa Anda tidak mempercayai tenaga penjualan (sales) Anda sendiri jika Anda menggunakan sebuah aplikasi memantau sales. Pada kenyataannya, aplikasi sales lapangan merupakan sebuah teknologi yang bermanfaat bagi para pebisnis untuk menciptakan budaya yang lebih baik serta meningkatkan produktivitas dan menghemat biaya. Dengan maraknya bisnis yang mengadopsi teknologi tersebut, maka bisnis yang tetap dijalankan secara tradisional akan tertinggal.

Aplikasi mapping sales yang baik tidak hanya memantau sales saja tetapi juga memantau KPI di seluruh perusahaan bisnis Anda terhadap hal yang berkaitan dengan operasional, tunjangan, logistik, dan tim administrasi. Biasanya bisnis juga memanfaatkannya sebagai aplikasi sales order untuk mengelola pesanan dan mengontrol inventaris. Selain itu, sistem ini harus mudah digunakan dan dapat langsung disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Apa Aplikasi Monitoring KPI yang Terbaik?

Jenis sistem terbaik untuk digunakan dalam memantau kunjungan sales adalah CRM Sosial yang dapat berfungsi sebagai sales tracking system bagi perusahaan. Sistem ini memiliki fitur lokal unik, yaitu:

  1. Memantau kunjungan sales menggunakan pelacakan GPS secara langsung (live) untuk melihat posisi tenaga penjualan (sales) setiap menit melalui aplikasi seluler.
  2. Melacak lokasi GPS bahkan saat offline (tanpa koneksi internet) dalam waktu yang sebenarnya.
  3. Memantau GPS check-in dan check-out
  4. aplikasi memantau sales dengan GPS
  5. Membuat KPI khusus untuk mengukur kinerja tim penjualan dan operasional Anda, seperti # rapat, # survei atau KPI apapun misalnya KPI sales yang perlu Anda ukur.

Aplikasi sales aplikasi KPI

Sistem yang terintegrasi dengan aplikasi obrolan seperti WhatsApp yang dapat digunakan untuk memantau apa yang sedang dibicarakan oleh tim Anda dengan calon pelanggan dan pelanggan Anda.

Sistem untuk memonitor panggilan melalui rekaman panggilan, yaitu panggilan masuk dan panggilan keluar.

Memantau semua basis data bisnis Anda dan menetapkan kontrol akses yang ketat agar tidak ada seorangpun yang dapat dengan mudah mengambil data Anda dalam bisnis Anda tersebut.

Apakah ada Aplikasi Sales Tracking Lainnya?

Di Indonesia, aplikasi sales order (aplikasi untuk pantau sales) tentunya banyak sekali pilihannya, seperti:

  1. SalesForce
  2. Oracle
  3. Microsoft Dynamics
  4. Freshsales
  5. Zoho

Bisnis Anda dapat memperoleh manfaat saat menggunakan alat CRM Sosial, Anda dapat membaca lebih lanjut tentang CRM disini. Fitur CRM tradisional tidak mencakup aplikasi pemantauan sales atau aplikasi pemantauan kunjungan sales. Jadi yang terbaik adalah menggunakan sistem CRM Sosial yang lengkap.

Cara Kerja Aplikasi Sales

Aplikasi sales sangat penting untuk mengelola kinerja tim sales lapangan. Biasanya, ketika akan mengunjungi lokasi konsumen dengan rutin, maka tim sales akan meminta form tugas pelayanan (maintenance request) melalui aplikasi sales yang digunakan. Request tersebut akan diterima oleh supervisor dan kemudian akan dikirim secara elektronik kepada tim sales yang akan bertugas.

Selanjutnya, tim sales perusahaan akan memperoleh seluruh informasi yang berkaitan dengan tugasnya seperti perencanaan rute yang paling efisien dan semua deskripsi permintaan layanan yang dibutuhkan. Supervisor juga menjadi sangat dimudahkan karena bisa melihat real-time updates dari hasil perkembangan tugas dari tim sales. Misalnya, tugas-tugas yang sedang berlangsung, sedang diminta, dan tugas yang telah usai. Aplikasi sales juga akan meringankan beban kerja para supervisor ketika harus mengerjakan revisi secara mendadak.

Dengan aplikasi sales, tim sales yang akan merotasi lokasi kerja tidak akan lagi mengalami hambatan. Bahkan, supervisor juga menjadi lebih mudah jika harus mengganti tugas dan peran tim sales di lapangan. Tim sales di lapangan juga tidak akan sulit mengubah tugasnya karena semua informasi yang dibutuhkan dapat diakses melalui aplikasi sales yang terinstal di perangkatnya.

Supervisor dapat memantau lokasi beberapa sales lapangan dalam waktu yang bersamaan, karena umumnya aplikasi sales telah terintegrasi dengan GPS. Dengan demikian, supervisor bis lebih fokus dalam menyusun strategi kedepannya.Jika Anda mencari sebuah sistem yang mudah untuk digunakan dalam sebuah aplikasi seluler dan web untuk memenuhi semua kebutuhan tenaga penjualan (sales) dan operasional Anda.

Dengan adanya berbagai aplikasi ini maka Anda bisa melakukan pelacakan pada sales yang merupakan karyawan Anda. Sistem pemantauan dan pelacakan terhadap sales ini merupakan salah satu cara untuk memonitor kinerja karyawan sales sehingga bisa dilakukan peningkatan kinerja sales dan peningkatan hasil penjualan oleh perusahaan Anda.

1. CRM

Aplikasi CRM dibuat oleh Barantum.com dan aplikasi ini sudah digunakan oleh ratusan perusahaan di tanah air. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan monitoring terhadap sales yang bekerja dengan jarak jauh dari kantor. Melalui aplikasi ini maka Anda bisa mengelola seluruh tim yang ada di dalamnya sehingga proses pekerjaan bisa terlaksana dengan baik. memang pada saat bekerja umumnya muncul suatu permasalahan baik pada individu pekerja maupun masalah pada tim.

Masalah juga bisa muncul saat tim sedang berada di posisi yang saling berjauhan. Oleh karena itu dibutuhkan pengelolaan tim yang bisa dilakukan sekalipun dari jarak jauh. Aplikasi CRM tentunya bisa membantu Anda dalam melakukan pengelolaan tim. Pada aplikasi ini terdapat fitur pelacakan sales dengan menggunakan GP berbasis cloud. Dengan adanya sistem pelacakan ini Maka posisi sales atau tim dapat diketahui dengan jelas sehingga kondisi tim saat berada di lapangan bisa tampak dengan jelas.

2. Mysales

Aplikasi Mysales adalah aplikasi yang berbasis Android dan bisa digunakan untuk melakukan GPS tracking. Oleh karena itu aplikasi ini sering kali digunakan untuk memantau sales karena aplikasi ini dapat digunakan untuk memonitor lokasi kerja sales. Tidak hanya itu saja tetapi aplikasi ini juga dapat membantu mempermudah pekerjaan Anda dalam melakukan cek kinerja sales. Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk melakukan cek sales order dan cek stock barang serta taking order dan point of interest. Daftar kunjungan sales saat di lapangan juga bisa dipantau secara online tepatnya dengan menggunakan fitur realtime yang ada pada aplikasi ini. Fitur realtime tentu bisa dilakukan dengan mudah sekalipun dari smartphone Android yang digunakan oleh Anda dan pihak sales. Aplikasi ini tampaknya perlu dimiliki di smartphone seorang admin sales agar proses kerja sama antara admin sales dan sales bisa berlangsung dengan baik.

Oops! We could not locate your form.

3. Sales Tracker

Aplikasi Sales Tracker merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengikuti jejak sales. Posisi sales bisa diketahui dengan jelas melalui aplikasi ini. Bahkan saat sales sedang berhenti di toko mana saja maka Anda bisa mengetahuinya dengan jelas. melalui aplikasi ini rupanya sales juga dapat memberikan laporan kunjungan saat itu juga sehingga sales tidak perlu memberikan laporan setelah ia mengunjungi berbagai macam toko. Aplikasi ini tentu akan mempermudah pekerjaan sales yang diharuskan memberikan laporan hasil kunjungan. Aplikasi ini menggunakan teknologi yang akurat serta anti fake GPS. Selain itu aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat menarik sehingga enak dipandang. pada aplikasi ini terdapat dua role yaitu admin dan sales. Admin memiliki tugas untuk memantau aktifitas sales dan mendaftarkan sales yang baru bergabung dengan tim. Sedangkan sales sendiri bisa menggunakan switch untuk mengaktifkan lokasi yang bisa digunakan pula untuk melakukan realtime tracking.

4. Sales Tracking

Aplikasi Sales Tracking juga menjadi salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk memantau sales. Melalui aplikasi ini maka Anda dapat memastikan bahwa sales atau tim Anda telah mengunjungi tempat yang memang seharusnya dikunjungi. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan fitur realtime pada peta yang dilakukan oleh pihak admin sales atau supervisor atau bahkan pimpinan perusahaan. Jadi jika seorang sales telah keluar dari jalur lokasi kunjungan maka pihak kantor bisa mengetahuinya sejak awal. Pihak kantor juga bisa memberikan pesan kepada sales dengan menggunakan aplikasi Sales Tracking ini. Selain itu pada aplikasi ini terdapat pula aplikasi sales order yang dapat membantu pihak kantor untuk segera menindaklanjuti pesanan tersebut tanpa harus menunggu kedatangan sales dari lokasi kunjungannya. Dengan kata lain proses pelayanan terhadap pelanggan bisa dilakukan dalam waktu yang lebih cepat melalui penggunaan aplikasi ini.

5. BOSS

Aplikasi Boss menjadi suatu aplikasi pilihan yang bisa berguna untuk memanajemen SDM dengan baik. Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk melakukan kontak dengan sales walaupun berada di jarak yang cukup jauh. Sehingga bila diperhatikan ini merupakan aplikasi yang cukup praktis dan efisien. Aplikasi Boss ini bisa berfungsi untuk absensi secara mobile sehingga proses absensi bisa dilakukan dengan lebih mudah dan lebih praktis. Aplikasi ini juga sangat cocok bila digunakan untuk melakukan monitoring sales yang sedang bekerja di lapangan. Melalui aplikasi ini maka sales atau pekerja dapat melakukan check-in saat datang dan check-out saat pulang dan hal ini bisa dilakukan saat sales berada di lokasi kunjungan. Aplikasi ini menggunakan teknologi GPS di dalamnya sehingga sales bisa melakukan absensi saat berada di lokasi yang telah ditentukan dengan bantuan dari fitur GPS.

6. JojoTimes

Selain beberapa aplikasi di atas, perusahaan juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan JojoTimes, dimana aplikasi yang satu ini juga dapat membantu mempermudah perusahaan dalam memantau aktivitas pekerjaan para tenaga pemasar mereka sekaligus bisa memasukkan data-data karyawan secara jelas. Bahkan aplikasi ini juga sanggup memantau keberadaan para sales dimana saja, termasuk mengetahui apakah laporan kehadiran yang diberikan palsu atau tidak. Segala pencapaian sales perusahaan juga bisa tercatat dengan rapi dan otomatis. Selain itu kehadiran harian sales di kantor juga mudah untuk diketahui tanpa harus melakukannya dari dalam kantor sendiri. Hal ini berkat beberapa fitur-fitur menarik yang terdapat di dalamnya, seperti misalnya Check In and Check Out Monitoring, Integrated Attendance System, Schedules and Job Shifts, Fake ID Detection, Fingerprint Feature, dan masih banyak lagi.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Nah, sudah tahu kan besarnya manfaat aplikasi di atas, terutama tidak hanya aplikasi memantau sales yang bisa membantu menaikkan kinerja karyawan serta meningkatkan disiplin absensi secara real time. Bahkan karyawan atau staff lain juga bisa tetap produktif dan disiplin dengan memakai aplikasi absensi yang populer dari Jojonomic yaitu aplikasi HR JojoTimes.

aplikasi memantau sales

JojoTimes sangat mudah aplikasinya dan cukup efektif digunakan untuk absensi karyawan dalam sebuah perusahaan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera uji kinerja aplikasi JojoTimes.

Dengan klik coba gratis sekarang dan rasakan sendiri berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan dari aplikasi tersebut. Jangan sampai perusahaan kesulitan memantau para tenaga pemasar atau sales dalam hal pencapaian dan kehadiran. Serahkan semua kebutuhan pemantauan sales perusahaan pada JojoTimes dan biarkan produktivitas perusahaan Anda makin meningkat tajam.