Aplikasi Pelatihan SDM (Sumber Daya Manusia) Terbaik di Indonesia

Sumber daya manusia (SDM) adalah individu yang bekerja dalam suatu organisasi/perusahaan. Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) adalah bidang manajemen dalam organisasi perusahaan yang mengkhususkan diri dalam hubungan dan peran sumber daya manusia/karyawan dan terkait dengan aplikasi pelatihan SDM.

Tujuan dari manajemen sumber daya manusia dalam sebuah organisasi

Aplikasi Pelatihan SDM

Manajemen sumber daya manusia memeiliki tujuan dalam organisasi dikutip dari buku “Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja” (2009).Sedarmayanti adalah:

Sosial

Ini agar organisasi mengambil tanggung jawab sosial atas tantangan dan kebutuhan yang terjadi di masyarakat, terutama dalam lingkup organisasi, dan untuk mengurangi dampak negatif atau dampak buruk yang akan terjadi.

Organisasi

Sebagai tujuan manajemen organisasi, itu adalah tujuan formal yang disusun untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya. Ini memperkenalkan adanya manajemen sumber daya manusia.

Fungsional

Manajemen sumber daya manusia selanjutnya adalah tujuan fungsional. Yaitu untuk menjaga kontribusi sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh berbagai departemen perusahaan. Sumber daya ini dipelihara untuk memberikan kontribusi terbaik.

Pribadi

Dalam organisasi juga harus diperhatikan oleh setiap manajer khususnya manajemen sumber daya manusia, dan harus ditujukan pada tujuan organisasi secara keseluruhan (overall, organization goals).

Fungsi dari manajemen Aplikasi Pelatihan SDM

Aplikasi Pelatihan SDM

Fungsi manajemen sumber daya manusia adalah:

  • Merencanakan apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan mencapai tujuan perusahaan.
  • Rekrutmen/seleksi calon karyawan yang sesuai dengan posisi yang dibutuhkan
  • Meningkatkan kinerja seluruh sumber daya manusia perusahaan melalui pelatihan, sehingga mendorong pengembangan karyawan
  • Mengevaluasi kinerja karyawan agar dapat melakukan semua pekerjaan sesuai dengan keahliannya.
  • Kompensasi langsung atau tidak langsung atas pencapaian sumber daya manusia perusahaan.
  • Mengintegrasikan kebutuhan karyawan dan kepentingan perusahaan, sehingga kedua belah pihak bekerja sama saling menguntungkan.
  • Menjaga seluruh aset perusahaan yang berkaitan dengan sumber daya manusia, kondisi psikologis dan loyalitas karyawan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan.
  • Pemberhentian atau pemutusan hubungan kerja karena sesuatu (PHK).

Cara Profesional Membangun SDM dengan Aplikasi Pelatihan SDM

Aplikasi Pelatihan SDM

Bagaimana profesional SDM membangun tenaga kerja yang lebih baik
Profesional sumber daya manusia sering merasa sulit untuk mendapatkan hasil maksimal dari tenaga kerja terbaik mereka. Misalnya, Anda mungkin memiliki banyak kandidat, tetapi tidak cukup kandidat yang memiliki keterampilan, pengalaman, etika profesional, dan sikap yang sesuai untuk melakukan yang terbaik, dll.

Pada dasarnya, tujuan HRD harus membantu perusahaan mereka menjadi “karyawan pilihan” dan mendorong partisipasi karyawan. Ini tidak akan mudah dan tidak akan terjadi dalam semalam, tetapi perusahaan Anda dapat membangun reputasi sebagai perusahaan pilihan bagi karyawan. Anda membutuhkan kepemimpinan dan visi dari manajemen puncak perusahaan dan upaya aktif dari semua orang. Anda juga membutuhkan software atau solusi HR yang tepat.

Tetapi imbalannya sepadan-majikan yang dipilih oleh karyawan cenderung memiliki karyawan yang lebih berdedikasi dan hasil rekrutmen yang lebih baik. Dimulai dengan proses yang mulus, Anda akan meninggalkan kesan awal yang baik pada calon karyawan dan menjadikan organisasi Anda sebagai perusahaan pilihan mereka.

Lacak kemajuan karyawan di setiap tahap. Pelacakan yang efektif dari awal, seluruh proses rekrutmen dan perekrutan, dan seluruh karir semua karyawan sangat penting untuk membuat karyawan Anda bahagia dan efisien.

Dengan bantuan fungsi sistem absensi otomatis karyawan, Anda juga dapat memperoleh wawasan tentang pola kerja karyawan: jam lembur, hari cuti karyawan, dan apakah departemen tertentu memiliki tingkat ketidakhadiran yang lebih tinggi dari biasanya. .

Gunakan aplikasi pelatihan SDM untuk membuat karyawan Anda senang

Aplikasi Pelatihan SDM

Dapatkan pemahaman yang komprehensif tentang waktu dan kehadiran karyawan Melalui sistem absensi karyawan, Anda dapat melacak departemen mana yang mengalami kesulitan dalam manajemen personalia dan di mana bantuan tambahan mungkin diperlukan, sehingga karyawan dapat memperoleh kepuasan kerja yang nyata dan merasa bahwa perusahaan Anda menghargai​ itu.

Menggunakan perangkat lunak SDM yang tepat juga memungkinkan Anda untuk merencanakan sebelum lonjakan permintaan, jika ada peningkatan tajam dalam permintaan produk atau layanan, seperti pengenalan produk dan layanan musiman atau baru.

Temukan solusi perangkat lunak SDM yang tepat untuk bisnis Anda
Anda memerlukan solusi untuk mengintegrasikan perangkat lunak lain yang Anda andalkan, dan kemudian membuat bisnis Anda tumbuh lebih cepat dan lebih efisien.

Solusi SDM yang ideal harus menjadi bagian dari rangkaian alat harian Anda dan alat yang Anda gunakan untuk membantu Anda melakukan pekerjaan terbaik. Yang terpenting, solusi perangkat lunak atau sumber daya manusia Anda harus membantu melayani karyawan Anda, yang merupakan kunci kesuksesan jangka panjang bisnis Anda

Jenis pelatihan sumber daya manusia

Berikut ini adalah jenis pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia yang dapat Anda lakukan:

  1. Pelatihan Keterampilan SDM
    Pelatihan keterampilan merupakan salah satu jenis pelatihan yang sering dilakukan di setiap perusahaan. Program pelatihan keterampilan relatif sederhana, karena Anda menilai kebutuhan atau kekurangan, dan kemudian menentukannya melalui evaluasi yang cermat.
  1. Pelatihan ulang SDM
    Pelatihan ulang atau retraining adalah untuk menyediakan karyawan dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk menanggapi tuntutan pekerjaan yang berubah. Dengan cara ini, karyawan dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih percaya diri.
  1. Pelatihan lintas fungsi
    Pelatihan lintas fungsi atau pelatihan lintas fungsi mengacu pada pelatihan yang melibatkan sumber daya manusia atau karyawan yang melakukan aktivitas kerja di bidang selain pekerjaan yang ditentukan. Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan sinergi antar fungsi.
  1. Pelatihan Tim
    Pelatihan tim dilakukan oleh sekelompok individu yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dari tim kerja. Tim biasanya dilakukan di luar ruangan melalui pelaksanaan beberapa permainan, tetapi pelatihan tim juga sering dilakukan di kantor.
  1. Pelatihan Bahasa
    Bahasa sumber daya manusia sangat penting, karena di masa depan dan bahkan sekarang, beberapa perusahaan lokal telah menjalin kontak dengan perusahaan asing. Melalui pelatihan bahasa, karyawan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa asing mereka dan memberikan nilai tambah bagi mereka.
  1. Pelatihan teknis
    Beberapa perusahaan atau departemen fungsional pasti akan menerapkan teknologi ini. Misalnya, pemasaran digital, pengembang, dan manajemen. Pelatihan teknis bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan keterampilan karyawan.

Solusinya JojoTimes

Pantau kehadiran karyawan Anda di mana saja. JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar dari mana saja.

Dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik, lokasi GPS yang akurat dan deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan dan bermain bohong.

Karyawan Anda dapat diminta untuk melaporkan kegiatan mereka ketika mereka bekerja dari jarak jauh. Dengan cara ini Anda selalu dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja dengan seharusnya.

Jadwal dan shift kerja karyawan juga dapat dikelola dan diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing divisi untuk mengoptimalkan sinkronisasi antara pengusaha dan karyawan.

Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Anda—semua hanya dengan satu kumpulan aplikasi.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas yang konvensional, dan ucapkan selamat datang pada manajemen efisien, hanya dengan menggunakan satu rangkai alat-alat yang terintegrasi dengan satu sama lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kepraktisan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. “Yuk pakai software hris dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”