Aplikasi Slack : Kelebihan dan kekurangannya yang perlu kamu Ketahui

aplikasi slack

Beberapa pekerja kantoran mungkin sudah familiar dengan aplikasi Slack. Slack adalah salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh karena berperan dalam komunikasi internal tim Adanya aplikasi Slack memudahkan kita sebagai pekerja untuk berkomunikasi mengenai berbagai hal terutama masalah pekerjaan.

Tak heran, banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi ini sebagai sarana komunikasi tim. Dengan Slack, Anda dapat membuat departemen kerja di grup Anda sendiri, yang sangat mudah. Jadi apa sebenarnya aplikasi Slack itu?

Apa itu aplikasi Slack?

aplikasi slack

Seperti yang disebutkan di atas, jika ada pertanyaan atau hal lain yang ingin Anda diskusikan, aplikasi Slack berperan penting dalam berkomunikasi di dalam tim. Slack adalah aplikasi yang digunakan sebagai alat komunikasi di tempat kerja. Anda dapat mengirim pesan, file, dll di satu tempat.

Artinya Slack merupakan aplikasi instant messaging yang sangat berguna bagi para pekerja kantoran khususnya pekerja kantoran. Di Slack, Anda dapat menggunakan dua metode obrolan, yaitu:

  • Saluran (obrolan grup)
  • Pesan langsung (pesan langsung)
  • Tampilan dari aplikasi Slack sendiri cukup memanjakan mata sehingga sangat nyaman digunakan oleh pengguna.

Ada empat hal utama yang perlu diperhatikan dalam Slack:

  • Nama organisasi kendur
  • Daftar saluran tempat Anda menjadi anggota
  • Daftar orang di DM Anda
  • jendela obrolan
  • Saat Anda ingin menggunakan Slack untuk proxy Anda, nama proxy Anda akan disertakan dalam URL Slack itu sendiri.

Misalnya, jika nama organisasi Anda adalah Good News, URL di aplikasi Slack akan menjadi goodnews.slack.com Melalui URL ini, Anda dapat mengundang anggota Anda ke Slack yang Anda buat di masa mendatang.

Slack memang bersifat publik. Setiap anggota dapat bergabung dengan saluran besar. Namun, Anda juga dapat membuat lebih banyak saluran untuk departemen Anda. Misalnya, jika Anda adalah anggota departemen kreatif, maka Anda dapat membuat saluran departemen kreatif dan mengundang anggota Anda.

Aplikasi Slack Gratis?

aplikasi slack

Slack memberi pengguna berbagai tingkat fungsionalitas. Ada yang gratis, ada yang berbayar. Menurut laporan dari Business Insider, untuk versi gratis Slack, Anda dapat menyimpan hingga 10.000 pesan terbaru dan menambahkan beberapa orang ke saluran Slack.

Namun, ada juga Slack dengan paket berbayar sehingga Anda dapat menikmati fitur-fitur canggih lainnya dari Slack. Dari laporan Slack, mereka menyediakan tiga paket berbayar, yaitu paket standar, paket plus, dan paket enterprise grid.

Untuk paket standar, Anda harus membayar Rp. Setiap pengguna aktif dan 99.000 per bulan. Dalam paket ini, fitur aplikasi Slack yang Anda dapatkan adalah pengarsipan pesan tanpa batas, panggilan grup dengan berbagi layar, saluran bersama, dll.

Sedangkan untuk paket plus harga yang harus Anda bayarkan adalah Rp 186.000 per pengguna aktif per bulan. Dalam paket ini, Anda akan mendapatkan 20 GB ruang penyimpanan untuk setiap anggota, akses ke seluruh riwayat pesan, dan banyak lagi.

Kemudian, khusus untuk paket enterprise grid, jika ingin membeli paket tersebut harus terlebih dahulu menghubungi tim penjualan Slack. Dengan melihat berbagai paket tersebut, Anda dapat menentukan paket Slack yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Kelebihan Aplikasi Slack

Ketika Anda menggunakan Slack sebagai alat komunikasi di perusahaan Anda, Anda akan mendapatkan banyak manfaat. Salah satu kelebihan dari aplikasi Slack adalah dapat digunakan oleh banyak orang. Dari laporan The Balance SMB, Anda bisa mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

  1. Pesan instan
    Tidak dapat disangkal bahwa dengan menggunakan Slack, Anda dapat berkomunikasi secara instan dengan rekan kerja di kantor. Pasalnya, Slack dapat terhubung ke semua perangkat, termasuk laptop/komputer atau ponsel. Dengan cara ini, semua orang harus mudah diakses. Jika Anda ingin menggunakan Slack di ponsel, Anda dapat mengunduh Slack di desktop atau di Google Play Store dan App Store.
  2. Dapat berbagi file
    Anda dapat berbagi berbagai file di Slack, seperti berbagi file spreadsheet, presentasi, dan file lainnya melalui Slack. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot membagikan file ke alamat email masing-masing anggota. Melalui Slack, nantinya anggota saluran juga dapat mengomentari file tersebut.
  3. Ada notifikasi
    Jika Anda tidak mengetahui pembaruan tentang perusahaan atau departemen Anda, jangan khawatir. Slack memberikan peringatan notifikasi kepada penggunanya sehingga mereka tahu kapan pesan itu masuk.

Kekurangan Aplikasi Slack

  1. Menjadi adiktif
    Slack memang dilengkapi dengan fitur media sosial, seperti emoji dan notifikasi notifikasi. Ini sangat membuat ketagihan bagi pengguna sehingga terkadang mereka membuka Slack lebih sering daripada menyelesaikan pekerjaannya.
  2. Berita itu dengan cepat terkubur
    Ketika Anda memiliki proyek di dalam perusahaan Anda, akan ada percakapan yang intens di dalam Slack. Dalam hal ini, informasi penting akan segera terkubur dan sulit ditemukan. Anda dapat mencarinya menggunakan fungsi pencarian, tetapi tidak mudah untuk menemukan pesan penting.

Kesimpulan

aplikasi slack

Setiap anggota tim pengembangan atau tim lapangan lainnya harus memiliki tanggung jawab dan kegiatannya masing-masing. Namun, tanggung jawab dan pekerjaan masing-masing anggota harus disinkronkan dan dikoordinasikan satu sama lain. Apalagi jika lokasi setiap anggota tim berada di tempat yang berbeda. Diperlukan alat komunikasi yang tidak hanya mendukung komunikasi dan diskusi jarak jauh secara real-time, tetapi juga memenuhi kebutuhan diskusi dan koordinasi kerja.

Slack adalah aplikasi yang mendukung komunikasi tim. Perusahaan dengan banyak karyawan biasanya mengelompokkan karyawan sesuai dengan perannya. Di Slack, kita dapat membuat tim yang berisi beberapa anggota yang terkait dengan tim. Sebagai media komunikasi, Slack memiliki fungsi lain selain mengirim pesan/chat secara real-time, seperti melihat kinerja proses pengelolaan proyek, berbagi file, dan fungsi lain yang diperlukan untuk produktivitas tim.

Slack memudahkan kita untuk langsung berkomunikasi dan terhubung dengan tim lain. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan memberikan efisiensi untuk kinerja tim. Slack dapat membantu tim berkomunikasi satu sama lain dan bersikap transparan saat menyelesaikan proyek. Masih banyak tim yang menggunakan email sebagai media utama komunikasi tim, dan Slack memberikan opsi baru dan lebih segar sesuai perkembangan zaman.

Ini adalah aneka Slack yang perlu Anda ketahui. Anda dapat mengatakan bahwa aplikasi Slack adalah solusi untuk komunikasi internal perusahaan Anda, jadi Anda mungkin perlu mengunduhnya. Nah, sekarang Anda juga bisa bergabung dengan komunitas dan berdiskusi dengan pengguna atau profesional lain yang terkait dengan dunia kerja dan bidang lainnya.

Tingkatkan Efisiensi Manajemen Pengeluaran Perusahaan Anda Hingga 76%

Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot.

Mengelola Data Klien Menjadi Lebih Mudah

JojoExpense memberi Anda akses mudah menuju keuangan perusahaan Anda tidak peduli tempat dan waktu.
 
Baik Anda mau mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan melalui telepon genggam Anda.
 
Anda dapat mengajukan request Anda secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya Anda ingin cek ulang aplikasi Anda. Semuanya tergantung Anda—Anda yang berkuasa soal manajemen finansial Anda sendiri.
 
Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis. “Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”