Aplikasi Slip Gaji : Pentingnya, Format, dan Manfaatnya

Aplikasi Slip Gaji

Aplikasi Slip Gaji yang terintegrasi dengan aplikasi penggajian dalam Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (HRIS) bisa dikatakan merupakan fungsi yang sangat penting bagi perusahaan. Namun, karena sistemnya otomatis, penerapannya dapat membuat proses akuntansi penggajian yang rumit menjadi lebih praktis. Selain itu, software HRIS membuat proses penghitungan gaji pokok, tunjangan, upah lembur, pajak, dan pengiriman gaji kepada karyawan menjadi lebih mudah dan cepat.

Penerapan penggajian merupakan salah satu inovasi baru untuk mengatur distribusi upah. Bagi karyawan suatu perusahaan, gaji merupakan remunerasi yang harus diberikan perusahaan atas pekerjaannya. Ada banyak elemen dalam upah, ukuran dan jenisnya bervariasi, dan harus dijelaskan kepada karyawan. Oleh karena itu, penting untuk membuat manajer penggajian mengetahui contoh slip gaji karyawan yang dapat diedit untuk memudahkan pembuatan slip gaji.

Pentingnya potongan gaji sebagai bukti gaji

Aplikasi Slip Gaji

Mengenai pengiriman gaji, tampaknya sangat sederhana. Namun ternyata hal ini sangat penting karena mempengaruhi kepuasan karyawan dan persepsi terhadap transparansi atau kewajaran upah yang diterima. Selain itu, slip gaji ini juga merupakan bukti nyata bahwa perusahaan telah membayar karyawannya.

Padahal, karena pentingnya dokumen penggajian, pemerintah telah mengaturnya dalam peraturan perundang-undangan Indonesia saat ini. Memang kewajiban memberikan penggajian tidak diatur secara jelas dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Peraturan tersebut menetapkan bahwa pemberi kerja (pemberi kerja) harus memberikan bukti pembayaran gaji kepada karyawan. Sertifikat pembayaran gaji berisi rincian gaji, termasuk potongan dari karyawan. Oleh karena itu, dalam rangka memenuhi ketentuan pemerintah, perusahaan harus secara berkala memberikan slip gaji sebagai bukti pembayaran kepada karyawan, tanpa mensyaratkan persyaratan karyawan yang bersangkutan.

Pentingnya penggajian perusahaan karyawan

Gaji karyawan diberikan sesuai dengan kesepakatan yang disepakati di awal kontrak kerja. Jumlah ini dipengaruhi oleh banyak faktor dalam gaji itu sendiri, yang akan dijelaskan dalam penggajian karyawan. Umumnya, penggajian diartikan sebagai daftar rinci dari elemen gaji dan semua pemotongan yang harus dibayar.

Kedua belah pihak (perusahaan dan karyawan itu sendiri) membutuhkan penggajian sebagai pengatur keuangan. Sementara bagi pegawai yang digaji, slip gaji juga digunakan sebagai kontrol atas nominal gaji yang harus dibawa pulang. Dalam penggajian semuanya dijelaskan secara detail, mulai dari gaji pokok, tunjangan, limit kredit, pemotongan BPJS atau lainnya.

Format penggajian yang benar sesuai Aplikasi Slip Gaji

Aplikasi Slip Gaji

Semua elemen pendapatan dan pemotongan harus dituliskan di daftar penggajian sehingga format penggajian yang jelas dapat ditulis. Ada banyak contoh slip gaji karyawan yang dapat diedit dan diperoleh secara online kapan saja, yang dapat digunakan oleh siapa saja.

Format penggajian itu sendiri sangat berbeda, dan setiap perusahaan berbeda. Biasanya, format slip gaji memuat beberapa elemen penting yang termasuk dalam gaji karyawan. Berikut adalah data pada contoh penggajian karyawan yang dapat diedit sesuai kebutuhan:

  • Gaji pokok. Gaji pokok adalah besarnya gaji pokok yang harus dibayarkan pengusaha kepada karyawannya berdasarkan posisi dan jenis pekerjaannya. Bagaimanapun, pembayaran bulanan dibayarkan kepada karyawan, termasuk karyawan yang meminta cuti.
  • tunjangan. Tunjangan adalah segala manfaat yang diberikan kepada karyawan dan dibayarkan dalam bentuk gaji setiap bulan. Misalnya subsidi transportasi, subsidi pangan, kesehatan dan tunjangan lainnya.
  • Penghasilan lain. Penghasilan lain mengacu pada pendapatan selain gaji pokok yang pasti dapat diperoleh seorang karyawan. Misalnya, seorang wiraniaga akan mendapatkan penghasilan tambahan untuk penjualan. Nah, inilah yang disebut pendapatan lain dari karyawan tersebut, dan itu juga harus dicantumkan dalam daftar gaji.
  • Kurangi hutang. Jika karyawan tersebut memiliki pinjaman yang baik dari bank dan pembayarannya merupakan hutang otomatis dari gaji, elemen “potongan hutang” akan muncul. Biasanya, pinjaman seperti ini adalah pinjaman bank penggajian, dan gaji karyawan dibayarkan melalui bank.
  • Pajak penghasilan. Unsur yang sama pentingnya adalah pajak penghasilan, yang harus dibayar setiap tahun dan biasanya dipotong sebulan sekali. Pajak penghasilan akan ditampilkan pada daftar gaji karyawan yang penghasilannya melebihi penghasilan tidak kena pajak yang ditentukan oleh pemerintah.

Manfaat Menggunakan Pembuat Penggajian Aplikasi Slip Gaji

Aplikasi Slip Gaji

Peraturan di Indonesia tidak mengatur bukti pembayaran gaji yang harus diberikan kepada karyawan. Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 hanya mengatur rincian gaji yang harus dimasukkan dalam daftar gaji. Mengenai dokumen yang harus berupa dokumen kertas atau bentuk lainnya tidak tunduk pada pengawasan. Saat ini, aplikasi pembuat penggajian dapat menampung produksi penggajian dalam bentuk salinan kertas atau file digital. Penggunaannya setidaknya dapat memberikan 5 manfaat berikut:

Buat penggajian lebih efisien

Penggunaan aplikasi pembangkitan penggajian yang terintegrasi dengan aplikasi penggajian akan membuat proses pembuatan penggajian menjadi lebih efisien. Karena tidak perlu memasukkan data gaji pokok, tunjangan, upah lembur dan pemotongan secara manual. Klik sekali atau dua kali untuk menghasilkan gaji untuk semua karyawan. Bentuk digitalnya juga dapat mempermudah biaya cetak slip gaji karyawan, karena tidak semua slip gaji perlu dicetak.

Aplikasi penggajian lebih aman karena berbasis cloud

Dengan menggunakan aplikasi pembuatan penggajian, data pendapatan karyawan akan lebih aman karena dienkripsi di cloud. Gunakan fitur Payroll untuk menghemat uang dan mentransfer gaji ke semua akun tanpa harus membayar biaya administrator. Pihak lain yang tidak berwenang tidak dapat mengakses data pendapatan karyawan.

Sistem online membuatnya lebih mudah diakses (mudah diakses)

Untuk proses pengajuan gaji karyawan, gunakan aplikasi seperti Talenta yang memiliki sistem layanan mandiri karyawan. Oleh karena itu, penggajian dapat dikirim ke setiap karyawan melalui aplikasi. Dengan cara ini, karyawan dapat menggunakan peralatan yang mereka gunakan untuk memeriksa penghasilan mereka kapan saja dan di mana saja tanpa harus pergi ke departemen keuangan atau pengembangan sumber daya manusia.

Aplikasi generator penggajian memudahkan HR untuk mengelola dan mengalokasikan gaji.

Dengan aplikasi pembuatan penggajian, HRD dapat dengan mudah mengatur dan mengalokasikan gaji karyawan. Karena proses otomatis dalam aplikasi, Anda dapat mengurangi tugas yang menghabiskan waktu dan sumber daya sebelumnya. Beberapa fitur aplikasi juga dapat meminimalkan kesalahan, sehingga membuat pekerjaan lebih efektif.

Integrasi dengan sistem HRIS

Integrasi data adalah keuntungan utama dari aplikasi penggajian. Misalnya, aplikasi penggajian terintegrasi dengan aplikasi penggajian dan database karyawan di HRIS. Ini akan memudahkan departemen HRD untuk mengakses data tentang jumlah gaji, nomor rekening, dan alamat email karyawan, yang sangat berguna untuk pengiriman gaji dan pengiriman gaji.

Kesimpulan Aplikasi Slip Gaji

Tidak semua aplikasi HRIS memiliki aplikasi penggajian yang terintegrasi dengan aplikasi penggajian. Yang memiliki fitur ini adalah aplikasi HRD JojoPayroll. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang aplikasi JojoPayroll, Anda dapat mempelajari fitur-fitur yang ada di Jojonomic.

Aplikasi Slip Gaji


JojoPayroll Membantu Anda Mengelola Payroll Perusahaan dengan Cara Baru yang Lebih Baik. Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Anda semua hanya dengan satu kumpulan aplikasi.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas yang konvensional, dan ucapkan selamat datang pada manajemen efisien, hanya dengan menggunakan satu rangkai alat-alat yang terintegrasi dengan satu sama lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kepraktisan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. Yuk pakai aplikasi payroll dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!