Aplikasi Software untuk Membuat Tanda Tangan Elektronik Terbaik

Dokumen tidak lagi harus diisi di atas kertas untuk mengikat secara hukum, software untuk membuat tanda tangan bisa membantu. Semakin banyak bisnis yang tidak menggunakan kertas, mengirim dan menandatangani dokumen penting seperti kontrak secara elektronik. Namun, untuk melakukannya, Anda memerlukan aplikasi eSign.

eSign atau aplikasi tanda tangan elektronik memungkinkan Anda menandatangani dokumen secara resmi secara digital. Tapi, sebelum menyelam, ada perbedaan penting yang harus dibuat. Tanda tangan elektronik hanyalah tanda tangan Anda yang diketik, digambar, atau ditambahkan secara digital pada dokumen. Secara teori, Anda dapat menambahkan satu dengan ratusan aplikasi, dari Microsoft Word hingga Photoshop, tergantung pada cara pengaturannya. Mereka masih bisa mengikat secara hukum.

Tanda tangan digital

Tanda tangan digital adalah jenis khusus dari tanda tangan elektronik. Ini adalah yang dibuat menggunakan aplikasi eSign khusus. Mereka menggunakan kriptografi untuk melindungi dokumen dan juga menyematkan detail seperti alamat email Anda, kapan dan di mana Anda menandatangani dokumen apa pun, dan perangkat apa yang Anda gunakan untuk melakukannya. Ini menciptakan “sidik jari” yang membuat dokumen itu unik dan jejak kertas yang dapat diverifikasi secara independen jika, katakanlah, pernah ada kasus pengadilan. Mereka jauh lebih aman dan diakui secara hukum di seluruh dunia.

Jika Anda membaca artikel ini, Anda mungkin sedang mencari cara untuk menandatangani dokumen yang baru saja dikirimkan kepada Anda secara elektronik atau ingin mengirim dokumen untuk ditandatangani secara digital oleh kontraktor dan mitra bisnis lainnya. Apa pun itu, kami memiliki rekomendasi untuk aplikasi yang tepat untuk digunakan. Kami memilah-milah lebih dari 35 aplikasi tanda tangan elektronik—ini adalah delapan yang terbaik.

8 Aplikasi eSignature Terbaik

  • DocuSign untuk bisnis yang menandatangani banyak hal
  • HelloSign untuk integrasi dengan penyimpanan cloud
  • Pratinjau untuk sesekali menandatangani dokumen di Mac
  • Adobe Acrobat Reader untuk sesekali menandatangani dokumen di PC
  • eSignatures.io untuk opsi bayar sesuai pemakaian
  • Docsketch untuk paket gratis selamanya
  • PandaDoc untuk mengumpulkan pembayaran saat orang menandatangani

Apa yang membuat aplikasi tanda tangan elektronik hebat?

Anda jelas harus benar-benar dapat menambahkan tanda tangan elektronik ke dokumen—itulah inti dari aplikasi ini. Namun, semakin sederhana dan mudah dilakukan, semakin beragam jenis dokumen dan perangkat yang didukung, dan semakin dalam integrasi dengan aplikasi dan platform perangkat lunak lain, semakin baik. Sementara banyak aplikasi hanya dapat menambahkan tanda tangan, kami mencari aplikasi yang bagus untuk digunakan yang dapat masuk ke banyak alur kerja yang berbeda.

Sebagian besar aplikasi yang ditampilkan memungkinkan Anda mengirim dokumen ke orang lain agar mereka menandatanganinya. Ini adalah fitur yang sangat penting untuk aplikasi eSign khusus dan, seperti saat menandatangani dokumen sendiri, kami ingin membuatnya mudah dan menyenangkan bagi penerima. Penerima juga harus dapat melakukannya tanpa dipaksa untuk mendaftar akun atau menginstal aplikasi apa pun.

Kami sedang mencari aplikasi yang akan bekerja untuk usaha kecil. Anda dapat menemukan banyak aplikasi eSign dengan paket mahal, penguncian kontrak gila, dan fokus pada klien perusahaan—tetapi tidak ada dalam daftar kami.

Keamanan menjadi perhatian. Meskipun kami tidak mencari serangkaian fitur tertentu, aplikasi apa pun yang dapat menyimpan dokumen sensitif seperti kontrak diperlukan untuk mengatasinya. Hal-hal seperti dokumen yang dienkripsi atau dilindungi kata sandi, kepatuhan pemerintah AS atau UE, dan dukungan tanda tangan digital semuanya cukup untuk membuat nilai. (Dengan itu, pastikan aplikasi apa pun yang Anda gunakan memenuhi standar kepatuhan negara atau industri Anda.)

Anda harus dapat memeriksa aplikasi yang berbeda sebelum melakukan satu. Ini adalah bidang yang penuh dengan pesaing yang berbeda, dan menceritakan yang baik dari yang buruk hanya dari situs web mereka hampir tidak mungkin (percayalah, saya tahu). Uji coba gratis yang layak — atau lebih baik lagi, paket gratis — diperlukan untuk membuat daftar ini. Prioritas juga diberikan kepada aplikasi yang tidak mengumpulkan detail kartu kredit. Mereka hanya tidak perlu.

Sekarang, dengan semua itu, mari kita lihat delapan aplikasi eSign terbaik.

Aplikasi tanda tangan elektronik terbaik untuk bisnis yang menandatangani banyak hal

DocuSign (Web, iOS, Android, Windows)

DocuSign adalah salah satu aplikasi tanda tangan elektronik paling populer yang tersedia. Memulai dengan DocuSign cukup mudah: mendaftar untuk uji coba gratis dan, segera, itu meminta Anda untuk mengunggah dokumen, menyiapkannya untuk tanda tangan, dan mengirimkannya ke penerima.

DocuSign diatur sehingga mudah untuk melacak banyak dokumen yang berbeda pada tahap yang berbeda dalam proses penandatanganan. Di dasbor Kelola, ada bilah sisi dengan Kotak Masuk, untuk dokumen atau “amplop” apa pun yang Anda terima, kotak Terkirim untuk dokumen yang telah Anda kirim, dan tab Draf untuk dokumen yang sedang Anda kerjakan.

Ada juga opsi Tampilan Cepat, sehingga Anda dapat dengan cepat melihat dokumen apa pun yang perlu Anda lakukan sesuatu, dokumen yang Anda tunggu, dokumen yang akan segera kedaluwarsa atau di mana penerima gagal menandatangani, dan semua dokumen Anda yang sudah selesai.

DocuSign juga memiliki template yang kuat

DocuSign juga memiliki template yang kuat dan fitur pelaporan. Jika Anda mengirim kontrak yang sama berulang kali, Anda dapat menyiapkan template di dasbor Template. Cukup unggah file (atau gunakan yang sudah Anda kirim sebagai basis), tambahkan semua bidang tanda tangan dan informasi, dan simpan—prosesnya hampir sama dengan mengirimkan dokumen individual dan benar-benar mempercepat segalanya.

Jika Anda hanya mengirim beberapa amplop dalam sebulan, fitur laporan tidak akan banyak berguna. Anda tahu siapa yang telah dan belum menandatangani kontrak mereka! Namun, jika Anda mengelola lusinan kontraktor atau pekerja lepas, atau mengharuskan semua klien Anda untuk menandatangani kontrak, maka mereka dapat memberi Anda gambaran umum yang berguna tentang posisi bisnis Anda.

Klik pada tab Laporan, dan Anda akan melihat hal-hal seperti berapa banyak amplop yang telah Anda kirim, seberapa cepat orang menandatanganinya, dan nomor yang masih belum ditandatangani.

DocuSign juga terintegrasi dengan Zapier, sehingga Anda dapat melakukan hal-hal seperti mengirim kontrak secara otomatis kepada seseorang yang mengisi Typeform atau memberi tahu tim Anda di Slack saat kontrak telah ditandatangani.

Selain itu, sebagai pengusaha yang profesional, Anda juga perlu menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam memanajemen pengeluaran untuk kepentingan usaha secara efisien dan efektif. Anda dapat mengontrol anggaran usaha dengan baik hanya dengan modal smartphone.

strategi pemasaran kewirausahaan

Aplikasi JojoExpense dilengkapi dengan beragam fitur unggulan, seperti mobile approval, capture expenses, budget controlling, reimburse via app & web dan cash advanced. Beragam fitur unggulan ini berperan penting dalam mencapai tujuan sebagaimana disebut di atas.

Yuk gunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.