Asisten Brand Manager : Definsi, Skill, dan Tugas Yang Dimiliki

asisten brand manager

Asisten Brand Manager adalah posisi yang bertanggung jawab atas keseluruhan citra produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan. Bagi banyak perusahaan, pekerjaan ini adalah pekerjaan yang paling penting. Hal ini karena posisi ini bertanggung jawab untuk mengawasi seluruh proses kreatif.

Definisi Asisten Brand Manager

asisten brand manager

Elemen penting dari Brand Manager adalah melakukan riset pasar, seperti menganalisis posisi kompetitif, produk, merek, dan pengeluaran. Selain itu, pekerjaan ini juga mengembangkan strategi pemasaran dan periklanan serta mengelola anggaran tersebut.

Dia juga membantu membuat konsep dan desain dan tata letak iklan, mengawasi kegiatan promosi, menganalisis harga dan penjualan. Selain itu, profesi juga menilai bagaimana merek dapat menyasar kelompok konsumen yang lebih luas.

Skill Seorang Asisten Brand Manager

asisten brand manager

Keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi manajer merek. Memang disebutkan bahwa untuk menjadi seorang brand manager harus memiliki empat keterampilan.

  1. Komunikasi
    Manajer merek bekerja di berbagai bidang dan mempromosikan kolaborasi pada proyek merek di seluruh perusahaan. Oleh karena itu, akan lebih mudah jika ia memiliki keterampilan komunikasi yang efektif. Pekerjaan ini juga mengharuskan Anda untuk menjawab pertanyaan dan mengklarifikasi tugas dan tujuan untuk memastikan bahwa kohesi pesan merek yang dibuat dan dikomunikasikan dengan target pasar sudah benar.
  2. Strategi Kreatif
    Saat merumuskan strategi kreatif baru, manajer merek harus dapat menyeimbangkan struktur dan inovasi untuk memastikan efisiensi dan efektivitas strategi yang maksimal.
  3. Analisis data
    Pekerjaan ini mengharuskan Anda untuk menunjukkan upaya branding Anda kepada manajemen senior, termasuk data pendukung. Dari sudut pandang kualitatif, promosi merek biasanya mudah dipahami. Namun, manajer merek bertanggung jawab untuk menghitung tingkat konversi dan secara dinamis menampilkannya dengan contoh dunia nyata untuk membuktikan keefektifan strategi.
  4. Fleksibilitas
    Manajer merek harus dapat dengan cepat beradaptasi dengan evolusi dan tren pasar. Ini harus dilakukan dengan tetap menjaga konsistensi informasi merek. Dan, dengan perkembangan tren yang begitu pesat, Anda harus mampu bersaing agar dapat bersaing dengan kompetitor Anda.

Tugas Asisten Brand Manager

asisten brand manager

Menurut Brand Magazine, ada lima hal tentang karya ini.

  1. Lindungi merek
    Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua produk, layanan, dan lini produk di bawah merek beresonansi dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan.
  2. Kerjasama dengan berbagai bidang di dalam perusahaan
    Posisi ini bekerja dengan departemen pemasaran untuk memastikan bahwa setiap aspek dari strategi merek sejalan dengan tujuan. Manajer merek juga harus tetap berhubungan dengan departemen lain seperti keuangan, komunikasi pemasaran, penjualan, dan pengembangan produk. Hal ini dilakukan untuk memastikan gambaran strategis peluang bisnis dan pasar di masa depan.
  3. Berkoordinasi dengan berbagai instansi pemasaran
    Jika perusahaan tidak memiliki area pemasaran yang dapat menangani semua aspek, maka bertanggung jawab untuk bekerja sama dengan agen pemasaran. Hal ini untuk memastikan bahwa agensi memahami tujuan dan pedoman merek dalam setiap proses pemasaran.
  4. Fokus pada konsumen
    Bagaimana reaksi mereka terhadap kampanye pemilu? Apa yang dibicarakan konsumen di media sosial dan bagaimana orang membicarakan merek. Bagaimana perusahaan mengelola atau memantau proses ini? Manajer merek harus dapat menggunakan riset pasar dan memantau tren pasar. Oleh karena itu, penting untuk memahami target pasar dan target pasar potensial.
  5. Membuat keputusan bisnis yang penting
    Dalam memberikan umpan balik dan analisis aktivitas merek, manajer merek juga dapat memainkan peran penting dalam tim manajemen. Misalnya, pengembalian investasi apa yang dapat dilihat dari aktivitas tertentu? Apa yang efektif untuk produk tertentu dari merek tersebut? Pelajaran apa yang bisa dipetik dari orang lain? Selain itu, beliau juga dapat membantu memberikan masukan untuk kegiatan ke depan dan membantu mendukung strategi dan arah perusahaan.

Pentingnya seorang asisten brand manager (Ex: Asuransi)

Branding atau branding adalah fungsi perekat dalam bidang pemasaran organisasi (termasuk industri asuransi). Dengan banyaknya perusahaan asuransi yang berkembang di Indonesia, kekuatan aset tidak lagi menjadi jaminan utama untuk menarik pasar. Bagi konsumen, merek seringkali menjadi acuan dalam memilih produk. Yang bisa membangun brand adalah pemimpin di industri asuransi ini.

Industri asuransi masih merupakan industri yang sangat terbuka terhadap inovasi dan diferensiasi. Selain bermain dengan tarif premi, perusahaan asuransi juga harus mampu mengembangkan strategi brand positioning bagi masyarakat. Di bidang asuransi, brand positioning menjadi semakin penting karena orang semakin bisa memilih. Selain itu, perang suku bunga saat ini telah menciptakan persaingan tidak sehat di antara puluhan perusahaan asuransi yang menawarkan bidang usaha yang sama. Manajer merek memainkan peran yang sangat penting di sini.

Menurut Kevin Lane Keller (2008), brand positioning adalah aktivitas perusahaan yang bertujuan untuk merancang produk dan citra untuk memberikan nilai yang berbeda di benak konsumen. Bagaimana membangun positioning merek? Untuk menetapkan positioning, seorang manajer merek harus mengetahui setidaknya tiga hal, yaitu pasar sasaran, pesaing utama, dan strategi pemasaran.

Pesaing utama

Pengelola merek asuransi harus benar-benar memahami produk yang dimiliki oleh pesaing utama di setiap lini bisnis. Manajer merek harus tahu siapa pemimpin merek asuransi mobil, asuransi properti, kesehatan, pendidikan, jiwa, dll. Dengan memahami produk pesaing utama, manajer merek dapat mempertimbangkan inovasi dan diferensiasi untuk menciptakan keunggulan kompetitif.

Strategi pemasaran

Dengan memahami pasar sasaran, segmentasi pasar, dan dengan menciptakan inovasi dan diferensiasi, manajer merek harus mempertimbangkan strategi pemasaran. Kreativitas untuk menyampaikan informasi brand produk asuransi kepada masyarakat pasar menjadi kunci utama terciptanya brand positioning. Misalnya, iklan TV menjadi salah satu media yang efektif untuk menyebarluaskan produk asuransi.

Pasar yang dituju

Perlu menentukan target pasar, karena setiap konsumen memiliki brand knowledge yang berbeda-beda. Untuk menemukan target pasar, manajer merek asuransi harus menganalisis segmentasi pasar. Segmentasi ini dapat terdiri dari empat bagian, yaitu: segmentasi perilaku (status pengguna, tingkat penggunaan, kesempatan penggunaan, dan loyalitas merek), demografi, psikologi, dan geografi. Pasar asuransi dan pesaingnya yang besar membutuhkan kemampuan manajer merek untuk menganalisis segmen pasar.

Kesimpulan

Lebih penting lagi, brand positioning seharusnya tidak hanya dilihat sebagai bentuk komunikasi eksternal antara perusahaan dengan publik atau konsumen. Pertama, merek harus dilihat dan direncanakan sebagai komunikasi internal. Masyarakat sekitar pendirian perusahaan inovatif ini perlu menjalin komunikasi dengan masyarakat tentang branding dan inovasi.

Merek adalah jiwa dari suatu perusahaan. Jika perusahaan asuransi tidak memiliki brand positioning yang baik, maka harapan untuk menjadi yang terdepan dalam persaingan di antara banyak pesaing dalam bisnis asuransi akan hilang.

Tingkatkan Efisiensi Manajemen Pengeluaran Perusahaan Anda Hingga 76%

Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot.

Mengelola Data Klien Menjadi Lebih Mudah

JojoExpense memberi Anda akses mudah menuju keuangan perusahaan Anda tidak peduli tempat dan waktu.
 
Baik Anda mau mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan melalui telepon genggam Anda.
 
Anda dapat mengajukan request Anda secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya Anda ingin cek ulang aplikasi Anda. Semuanya tergantung Anda—Anda yang berkuasa soal manajemen finansial Anda sendiri.
 
Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis. “Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”