Aspek Pemasaran dalam Pengelolaan Bisnis

Permintaan pasar adalah satu hal yang penting dalam sebuah bisnis. Dan permintaan pasar tersebut akan terjadi jika produk atau jasa dari sebuah bisnis dikenal oleh pangsa pasar. Nah cara mengenalkan produk atau jasa tersebut adalah dengan pemasaran. Sehingga dalam pengelolaan bisnis, aspek pemasaran adalah salah satu hal yang penting agar terjadi kelayakan bisnis.

Pengertian aspek pemasaran

Aspek pemasaran termasuk satu hal yang paling penting dan menjadi faktor utama dalam proses pemetaan pasar. Aspek pemasaran adalah segala sesuatu yang menyangkut ada atau tidaknya peluan pasar untuk produk yang dibuat oleh sebuah perusahaan. Sehingga aspek pemasaran ini bisa menjadi kunci keberhasilan bagi perusahaan dalam memetakan pasar.

Ketika berusaha memahami tentang pemasaran bisnis, pasti selalu dihadapkan dengan aspek-aspek pemasaran. Karena aspek pemasaran adalah hal-hal dasar yang memiliki koneksi antara satu dengan yang lainnya sehingga tidak bisa ditinggalkan.

Tujuan pemasaran

Sebagai ilmu dasar dalam pemasaran, menganalisis aspek pemasaran memiliki beberapa tujuan yang pastinya akan menguntungkan perusahaan, yaitu diantaranya :

1. Bisa meningkatkan penjualan dan laba bisnis / perusahaan

Semua bisnis atau perusahaan pastinya akan berusaha untuk meningkatkan omset dan keuntungannya. Sehingga dengan pemasaran yang tepat, maka keuntungan dan laba yang didapatkan juga akan meningkat.

2. Bisa mengurangi persaingan

Dengan mengetahui pangsa pasar, nantinya bisnis atau perusahaan bisa membuat produk yang lebih memiliki ciri khas, unik, atau memiliki nilai tambah. Sehingga dengan begitu, bisa menetapkan harga yang lebih kompetitif dan bisa mengurangi persaingan dengan bisnis atau perusahaan lainnya.

3. Bisa menguasai pasar

Menguasai pasar bisa dilakukan dengan menciptakan peluang baru atau mengambil market share kompetitor sendiri. Karena jika mengetahui target pasar atau keadaan pasar, perusahaan atau bisnis bisa menyesuaikan pproduk dengan permintaan pasar, sehingga bisa memperbesar market share dan bisa menguasai pasar.

4. Untuk melayani pihak tertentu

Sebuah perusahaan bisa saja membuat produk dengan tujuan tertentu seperti memenuhi kebutuhan pihak tertentu, permintaan lembaga pemerintah, dan sebagainya.

5. Untuk menaikkan jumlah produk di pasar

Dengan mengetahui keadaan pasar atau aspek pemasaran, perusahaan atau bisnis bisa membuat produk untuk meningkatkan prestise produk kepada pelanggannya, baik denan cara promosi atau lainnya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan brand awareness sebuah produk.

4 Aspek pemasaran yang penting dalam pengelolaan bisnis

Telah diketahui bahwa aspek pemasaran adalah hal penting untuk meningkatkan kualitas produk bisnis atau perusahaan yang bisa tepat sasaran dan mengenali pangsa pasar. Nah dari hal tersebut diketahui terdapat 4 aspek pemasaran yang penting dilakukan, yaitu :

1. Segmentasi pasar

Segmentasi pasar merupakan kegiatan pembagian dan pengidentifikasian segmen pasar berdasarkan karakteristik konsumen. Pembagian tersebut seperti pembagian demografi, tingkat penghasilan, psikografis, kekhasan daerah dan juga kelas sosial, serta keadaan-keadaan khusus konsumen.

Pembagian atau segmentasi pasar ini akan memberikan gambaran khusus terhadap perusahaan tentang produk yang harus dihasilkan yang sesuai dengan keadaan pasar. Selain itu, kegiatan ini juga bisa mengoptimalkan sumber daya perusahaan, sehingga produk yang dihasilkan akan berdaya guna dan yang terpenting adalah tepat sasaran. Sehingga hal tersebut akan berakibat bisnis dan perusahaan bisa meraih laba maksimum dan strategi pemasaran bisa berjalan dengan lancar.

2. Analisa kondisi pasar

Kegiatan analisa kondisi pasar adalah hal yang cukup penting karena bisa membuat pemasaran semakin tepat sasaran. Dalam hal ini, kondisi pasar digunakan untuk mengetahui kecenderungan konsumen terhadap produk atau jasa tertentu. Sehingga dengan melakukan analisa kondisi pasar, bisnis atau perusahaan bisa memahami kemampuan daya beli konsumen dalam memenuhi kebutuhannya hingga mendapatkan kepuasan.

Analisa kondisi pasar yang diimbangi dengan segmentasi pasar akan berjalan efektif jika dilakukan dalam wilayah yang cukup luas, terukur, terjangkau dan mencakup semua program yang telah direncanakan perusahaan. Dengan begitu, kebutuhan konsumen bisa diketahui secara spesifik dan perusahaan bisa memenuhinya secara tepat dan optimal, dan bisa meningkatkan penjualan, permintaan, dan laba bisnis atau perusahaan.

3. Analisa Pesaing

Selanjutnya adalah kegiatan analisa pesaing, yang merupakan hal yang cukup signifikan. Karena dengan melakukan analisa pesaing, sebuah bisnis atau perusahaan bisa mengetahui posisi produk dalam suatu pasar.

Pesaing adalah tandingan dalam memproduksi produk yang hampir sama atau memiliki daya guna yang serupa dengan yang diproduksi. Sehingga dengan analisa pesaing ini, bisa mengetahui kekuatan dan kelemahan suatu produk yang dihasilkan sehingga bisa menentukan strategi pemasaran yang tepat terhadap produk atau jasa yang disediakan. Sehingga bisa melakukan inovasi yang tepat terhadap produk atau jasa yang dihasilkan.

4. Strategi Promosi

Dalam hal marketing, promosi adalah kegiatan yang penting. Promosi adalah upaya penjual dalam menawarkan produk atau jasa yang disediakan kepada calon konsumen agar melakukan pembelian. Promosi dilakukan dengan memberikan informasi secara lengkap mengenai produk atau jasa yang disediakan, dengan menggunakan kata-kata atau aksi yang persuasif dan menarik perhatian konsumen. Sehingga, dengan hal ini bisa membangun kepercayaan konsumen terhadap produk atau jasa yang diberikan, dan bisa meningkatkan penjualan, permintaan, laba, dan nilai dari produk yang dihasilkan.

Promosi harus memperhatikan strategi promosi. Biasanya, strategi promosi yang dilakukan bisa dengan memberikan promo-promo khusus di hari tertentu, promo pembelian ekstra, promo kualitas produk, atau promo keguanaan tertentu, dan sebagainya. Dan promosi ini bisa dilakukan dengan iklan di media cetak maupun media sosial, dan juga penyebaran brosur-brosur.

Di era digital saat ini, kegiatan promosi bisa dimaksimalkan dengan mengutamakan promosi online melalui internet. Karena pasti lebih banyak peminat pengguna internet daripada offline. Promosi secara online bisa dengan membuat website yang berisi tentang informasi katalog produk dan jasa yang disediakan, dan juga dengan mengoptimalkan SEO. Selain itu, bisa dengan menggunakan media sosial seperti instagram, facebook, tiktok, dan youtube, dengan menampilkan konten-konten dan tampilan produk yang menarik. Dan juga, bisa dengan menyediakan marketplace yang banyak digunakan saat ini seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli, dan sebagainya.

Kesimpulan

Nah dari penjelasan tersebut bisa diketahui bahwa aspek pemasaran adalah komponen yang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan sebuah bisnis atau perusahaan, terlepas dari produk atau jasa yang disediakan. Dengan menganalisa aspek pemasaran, bisa mengoptimalkan sumberdaya perusahaan mulai dari manusia, dan juga produknya, sehingga bisa meningkatkan permintaan, penjualan, dan laba dari produk atau jasa yang disediakan.

Pastinya ketika melakukan marketing atau pemasaran, karyawan perusahaan ataupun pimpinan tidak selalu berada di kantor. Dan sebagai pimpinan, harus melakukan pengawasan terhadap karyawannya agar mereka bisa tetap bertanggungjawab menyelesaikan pekerjaannya walaupun tidak berada di tempat yang sama dengan pimpinannya. Nah cara yang bisa dilakukan adalah dengan Jojo Times.

Jojo times adalah sebuah software yang bisa mempermudah dalam pemantauan kinerja karyawan. Software ini tidak hanya dapat digunakan sebagai perangkat yang mempermudah akses check-in dan check-out karyawan saat melakukan absensi. Namun juga dapat dijadikan solusi untuk memantau karyawan dari mana pun secara real time.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk coba Jojo Times agar bisa dengan mudah memantau absensi karyawan perusahaan dari manapun secara real time.