Aturan PSBB Perusahaan Dan Langkah Penerapannya

aturan PSBB perusahaan

Aturan PSBB perusahaan tentu saja dibutuhkan pada masa pandemi ini. Supaya adanya virus Corona tidak tersebar dan dalam rangka memutuskan rantai corona di sekitar kantor. Tidak mungkinkan bila mana kita harus lockdown terus-menerus. Sedangkan keluarga perlu banyak pengeluaran dan kebutuhan yang harus dibeli. Dari bekerja di rumah sekarang pemerintah sudah menganjurkan bekerja dengan tatap muka. Tetapi tetap dilakukan protocol kesehatan di kantor. Contohnya memakai masker, membawa bekal dari rumah atau membawa alat / perlengkapan makan sendiri, mencuci tangan sebelum masuk ke area kantor, mengecek suhu tubuh sebelum masuk ke area kantor, dan sebagainya. Jika aturan PSBB perusahaan dilanggar tentu ada sanksi yang harus ditanggung.

Tentang Aturan PSBB Perusahaan

PSBB perusahaan adalah Pembatasan Sosial Berskala Besar di area kantor atau perusahaan untuk mengurangi pengebaran virus Corona tetapi masih bisa untuk bekerja. Agar tidak menurunkan ekonomi di Indonesia, pemerintah tetap melaksanakan bekerja tatap muka tetapi tetap mematuhi protocol kesehatan. Agar tidak semakin banyak orang yang terinfeksi dan semua dapat bekerja tetapi tetap menjaga satu dengan lainnya dengan melakukan protokol kesehatan. Semua warga perusahaan atau kantor wajib semua melakukan protkcol kesehatan atau PSBB. Bisa juga dilakukannya ganjil genap kendaraan pada para karyawan. Jadi tidak semuanya penuh berada di dalam kantor, agar PSBB tertap terjaga walau di dalam kantor.

Manfaat Dan Protokol Aturan PSBB Perusahaan

Tentu saja aturan PSBB perusahaan dapat membantu memutus rantai virus Corona agar tidak terus menyebar dan segera berhenti. Di mulai dari yang ter kecil yaitu memakai masker diarea perusahaan atau kantor. Mencuci tangan sering dengan sabun dan di tempat air yang mengalir. Walau itu semua sederhana tapi itu sangat penting untuk saat ini. Jangan lakukan jabat tangan dengan orang lain. Cukup dengan menundukkan badan atau kepala.

Semakin dekat dengan keluarga, karena jika dilakukan langkah bekerja di rumah maka Anda bisa mempunyai waktu dengan keluarga lebih banyak. Anda bisa lebih dekat lagi dengan keluarga. Tetapi untuk hari libur jangan dibuat untuk berlibur ya, karena situasi masih belum aman virus bisa saja menempel pada Anda kapanpun. Jadi biasakan dari luar rumah (jika itu mendesak) harus memakai masker, jika sampai rumah harus membersihkan diri sampai bersih, mandi atau cuci tangan dan cuci kaki.

Untuk Anda yang tidak suka keramaian mungkin akan cocok dengan dilakukannya aturan PSBB perusahaan. Karena tidak boleh ada banyak orang di dalam kantor. Untuk berbicara akan di batasi juga. Jadi suasananya akan menjadi lebih tenang. Hal ini membantu karyawan bekerja lebih fokus.

Protokol Kesehatan Mencuci Tangan

Saat ini kita diharuskan untuk sering mencuci tangan dengan sabun dan juga di tempat air yang mengalir. Ketika kita memegang sesuatu belum tentu barang tersebut bersih atau tidak. Bisa saja terdapat virus yang menempel di situ lalu Andamemegangnya. Apalagi virus Corona berawal dari menempel pada barang-barang.

Protokol Kesehatan Dilarang Bepergian

Karena virus Corona ini belum saja mereda, maka kalau bisa karyawan diminta untuk di rumah saja sesuai anjuran pemerintah. Apalagi virus yang tidak terlihat dan tidak tahu keberadaannya. Masih rawan untuk sekarang untuk melakukan liburan dengan keluarga. Lebih baik menjaga keluarga dari virus Corona dan memutus rantai penyebaran virus tersebut.

Protokol Kesehatan Menggunakan Alat Makan Pribadi

Tentu saja dengan menggunakan alat makan pribadi lebih aman karena hanya kita yang menggunakan. Kalau kita menggunakan alat makan bekas orang lain maka belum tentu orang yang memakainya sebelum kita membawa virus atau tidak. Apalagi belum tentu setelah digunakan lalu dicuci dengan bersih. Karena itu perusahaan meminta karyawan membawa alat makannya sendiri.

#1 Aplikasi HR Suites di Indonesia

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Protokol Kesehatan Menjaga Jarak

Pemerintah menganjurkan kita untuk menjaga jarak satu dengan yang lain minimal satu meter. Tentu saja untuk memutus rantai virus Corona. Karena Virus Corona tidak terlihat sehingga kita tidak tahu bahwa orang yang di sebelah kita membawa virus atau tidak. Lebih baik mencegah dan mematuhi protokol tersebut, termasuk dalam perusahaan sebisa mungkin pengaturan lokasi kerja minimal satu meter antara satu orang dengan orang yang lain.

Protokol Kesehatan Rapid Test dan Swab Test

Rapid test adalah test darah dengan darah yang diambil lalu dilakukan pengecekam. Rapid test dilakukan di awal atau permulaan apakah orang itu sakit atau tidak melalui darah yang diambil tersebut. Ketika orang yang dilakukan rapid test tersebut positif maka barulah dilakukan tindakan berikutnya berupa swab test. Swab test adalah test yang dilakukan untuk mendapatkan sampel atau bahan pemeriksaan. Swab test ini dilakukan melalui rongga nasofaring yang diusap dengan alat yang menyerupai lidi kapas khusus. Tentu saja setiap orang menggunakan lidi kapas yang berbeda sehingga dijamin higienis dan tidak bercampur sampel yang satu dengan yang lain.

Sanksi Pelanggaran Aturan PSBB Perusahaan

Tentu saja jika ada yang melanggar aturan PSBB perusahaan akan di berikan sanksi. Maupun itu di area perkantoran atau perusahaan dan juga di area masyarakat. Pada area masyarakat biasanya akan di beri sanksi sosial ataupun denda. Sedangkan pada area perkantoran atau perusahaan juga ada sanksinya lo! Sanksi yang didapat bagi karyawan yang melanggar antara lain mendapatkan skorsing dan juga pemotongan upah atau gaji. Hal itu dilakukan agar yang melanggar jera dan dapat melakukan protokol kesehatan dengan benar. Itu pun demi kebaikan dirinya sendiri agar tidak terpapar virus Corona. Hal tersebut sesuai dengan peraturan perusahaan yang ditempati.

Sangat efektif untuk melakukan aturan PSBB perusahaan di lingkungan perkantoran atau perusahaan. Andadapat memutus rantai virus dan juga dapat bekerja untuk medapatkan gaji untuk kebutuhan terpenuhi. Tetapi tetap ya, protokol kesehatan harus dilakukan dengan benar agar tidak terpapar virus serta tidak mendapatkan sanksi. Semuanya itu dilakukan untuk kesehatan para karyawan yang tentu bukan hanya menguntungkan perusahaan tapi juga menguntungkan bagi karyawan sendiri. Dengan menggunakan masker di dalam kantor, sering mencuci tangan, melakukan pengecekan suhu terlebih dahulu sebelum masuk area kantor, menjaga jarak satu dengan yang lainnya, membawa bekal atau alat makan dari rumah, maka kondisi kesehatan yang kondusif bisa terjaga.

Menerapkan aturan PSBB perusahaan dengan tepat sama pentingnya dengan memilih sistem keuangan perusahaan yang paling efektif. Salah satunya dengan memilih untuk menggunakan JojoExpense. Dengan sistem tersebut maka pengeluaran dan pemasukan perusahaan dapat dimonitor lebih baik dan terhindar dari resiko kecurangan. Terutama berkat fitur-fitur yang terselip di JojoExpense. Baik itu fitur monitor disbursement uang panjar kerja, maupun fitur pengaturan cash advance perusahaan.

Karena itu sebaiknya jangan ragu untuk beralih pada JojoExpense. Segera saja daftarkan perusahaan Anda untuk memperoleh coba gratis selama 14 hari ke depan. Buktikan kehebatan JojoExpense dan dapatkan sistem keuangan perusahaan yang jauh lebih baik.