Backend Developer Sebagai Pendukung Program Perusahaan

Backend developer mungkin selama beberapa tahun ini menjadi salah satu profesi yang digemari dan diinginkan oleh kebanyakan orang terutama generasi muda. Di era ini memang kita dihadapkan pada suatu teknologi yang berkembang cengan sangat cepat dan pesat. Maka tak heran bila sekarang ini semakin banyak dijumpai generasi muda yang mengaku sebagai generasi milenial dengan tingkat kecerdasan digital yang luar biasa. Banyak generasi muda yang sekarang ini semakin canggih dalam mengoperasionalkan berbagai sistem komputasi. Para profesional muda ini bahkan tumbuh dengan dibekali kemampuan untuk mengembangkan sistem komputasi yang ada termasuk pula segala aplikasi yang berkaitan dengannya.

Web developer muda kini semakin banyak jumlahnya dengan keahlian yang tentunya juga semakin tinggi dan berkembang. Web developer sendiri mengacu pada istilah yang memiliki kaitan erat dengan web. Mulai dari kegiatan desain web dan pengembangan konten web hingga penyediaan web server dan pengaman jaringan konfigurasi. Backend developer menjadi bagian dari web developer tentunya dengan spesifikasi yang berbeda. Istilah backend sendiri seringkali disebut juga dengan istilah server side dan tentunya ia harus berinteraksi dengan frontend. Jadi posisi server side bekerja dengan mengacu pada segala sesuatu yang berhubungan dengan server seperti misalnya pada sebuah situs dan cloud serta database.

Baik situs dan cloud serta database pada dasarnya merupakan hal sejenis mesin yang berkerja di balik layar. Semua bagian yang ada di balik layar dan tidak terlihat ini tetap saja memiliki peranan yang sangat penting dan selalu dibutuhkan di dalam dunia digital. Oleh karena itu posisi sebagai server side ini sebenarnya penting dan sangat dibutuhkan. Kemampuannya dalam mengolah suatu program sangat diperlukan di mana saja bahkan di semua perusahaan.

Tugas Backend Developer

Adapun secara prinsip, seorang backend developer memiliki tugas-tugas seperti berikut ini.

1. Menulis kode

Istilah kode atau coding sangat populer di dunia komputasi dan web. Kode ini harus dilakukan oleh orang yang ahli sehingga bisa dimanfaatkan dengan sangat tepat. Keahlian dalam membuat kode harus dimiliki oleh server side sehingga proses coding bisa berjalan dengan baik dan dapat difungsikan oleh siapa saja yang membutuhkannya.

2. Memastikan kode aman

Kode haruslah dipastikan dengan aman sehingga bisa digunakan secara optimal. Dengan adanya kode maka proses pemrograman bisa berjalan dengan lancar dan lebih baik lagi. Jadi Anda sebagai server side harus bisa memastikan bahwa kode yang dibuat itu sudah aman. Jangan sampai kode ini mengalami kerusakan sehingga tidakbisa difungsikan.

3. Web bisa dioperasikan secara online

Web tentu dibuat dengan membutuhkan keahlian di bidang server. Seorang server side tentu membekali dirinya dengan kemampuan untuk membuat situs atau web. Ia juga dapat memastikan bahwa web dapat difungsikan secara online sehingga bisa difungsikan dengan benar dan tepat. Membuat web agar bisa dioperasikan secara online menjadi tanggung jawab seorang backend developer.

Kualifikasi Backend Developer

Untuk dapat menjadi seorang backend developer berkualitas, tentu dibutuhkan kualifikasi yang tepat dan sesuai, misalnya meliputi kualifikasi di bawah ini.

1. Paham mengenai server

Pengembang web sudah tentu harus paham benar mengenai server. Apa itu server dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya harus dpahami secara tuntas oleh seorang web developer. Termasuk pula oleh backend developer yang juga memiki tugas dan tanggung jawab untuk turut mengembangkan web. Server menjadi bagian dari hal ini sehingga haruslah dipahami.

2. Mampu mempelajari database

Database mungkin saja terasa sulit untuk dipelajari dan dipahami secara lebih lanjut serta terperinci. Namun bagi Anda yang bekerja sebagai seorang developer maka Anda harus menguasai database. Pemahaman akan segala sesuatu yang berkaitan dengan database perlu ditingkatkan. Dengan demikian maka Anda bisa memiliki keahlian di biadang database dan bisa membuat web secara maksimal.

3. Mampu mempelajari http

Siapa saja tentu pernah melihat http saat sedang mengakses situs website. Namun membuatnya tidak semudah yang dibayangkan dan diperlukan keahlian khusus dari seorang developer. Dengan adanya http maka Anda bisa menelusuri segala situs yang ada dan bisa diakses oleh internet sehingga segala kebutuhan anda bisa jadi lebih dipermudah.

4. Paham mengenai Application Programming Interface atau API

Istilah Application Programming Interface pasti asing bagi masyarakat awam. Bahkan kaum intelektual saja belum tentu memahaminya. Namun menjadi suatu keharusan bagi seorang backend developer untukmemahami API ini. Berbagai ilmu dan wawasan yang berkaitan dengan API ini haruslah dipelajari dan dipahami secara lebih lanjut agar pekerjaan Anda sebagai developer menjadi semakin sempurna.

Menjadi Backend Developer

Backend yang handal sangatlah diperlukan peranannya di mana saja. Sebab hampir semua hal sekarang ini dikerjakan dengan menggunakan sistem komputasi. Posisi ini memiliki kewajiban untuk bisa melakukan penghitungan dan proses form hingga ke penyimpanan data serta lainnya. Tugas ini tentulah sangat rumit sehingga dibutuhkan tenaga handal dengan keahlian jenis tertentu untuk mengerjakannya. Keahlian server side ini memang dibutuhkan dalam suatu pemrograman sehingga sistem komputasi bisa berjalan dengan baik dan optimal.

Anda mungkin memahami beberapa bahasa dalam dunia pemrograman seperti misalnya PHP dan phyton serta node js atau bahkan SQL. Kehadiran sistem pemrograman ini juga membutuhkan posisi server side agar bisa dijalankan secara optimal. Dalam bidang pemrograman ini tampaknya PHP menjadi suatu sistem yang seringkali menjadi pilihan bagi server side. Sebab PHP ini dapat digunakan secara masif dan dinilai sangat menguntungkan bagi server side. PHP ini cukup mudah untuk dipelajari bila dibandingkan dengan yang lainnya.

Oleh karena itu sistem yang satu ini seringkali digunakan di banyak perusahaan tentunya sebagai bahasa pemrograman mendasar. Menjadi server side memang tidak begitu mudah. Namun tentu saja hal ini bisa dilakukan dengan lebih mudah oleh orang yang memang memiliki keahlian dan kemampuan dalam bidangnya. Terutama keahlian dan kemampuan di bidang web developer atau pemrograman.

Tugas seorang backend developer memang tidak mudah, namun hal ini memudahkan sistem bekerja lebih efektif dan efisien. Sama halnya jika menggunakan produk yang tepat untuk pembayaran payroll karyawan. Misalnya dengan beralih pada produk Jojopayroll. Dimana produk ini memberikan manfaat seperti misalnya:

  • Cetak slip gaji dan pemotongan secara otomatis, sehingga tidak perlu perhitungan manual.
  • Pembayaran payroll karyawan yang tersistem secara otomatis, sehingga lebih efektif dan efisien.

Tentu saja semua manfaat di atas berkat adanya fitur menarik yang terselip di dalam JojoPayroll. Beberapa fiturnya antara lain yaitu:

  • One-Click Generate Payroll Data
  • Progressive Tax Calculation
  • Adjustable Payday & Working Period
  • Adjustable Tax Configuration

Dengan fitur andalan tersebut, tentu tidak diragukan lagi kemampuan JojoPayroll. Jadi, jangan ragu dan dapatkan coba gratis diperusahaan Anda sekarang juga. Buktikan dan dapatkan manfaat yang lebih hanya bersama dengan JojoPayroll.