Mengenal Baclink yang Membantu Meningkatkan Kualitas Website

backlink

Backlink adalah sebuah link internal yang ditanamkan di berbagai website lain dan mengarahkannya ke website Anda atau website lain yang sedang di optimasi. Fungsi dan manfaat dari backlink adalah meningkatkan tingkatan website Anda di mesin pencari dan dapat meningkatkan popularitas website Anda serta menaikkan page rank.

Bagaimana caranya ? Selengkapnya bisa Anda simak dalam lanjutan artikel dibawah ini !

Manfaat dari Backlink

Manfaat Backlink adalah sebagai inbound link dimana pengertiannya adalah link yang masuk ke sebuah post, halaman atau website. BackLink manfaatnya sangat penting untuk navigasi sebuah website sebelum adanya search engine.

Jumlah backlink adalah merupakan indikator dari popularitas sebuah situs, asal backlink tersebut terkait dengan konten yang berkualitas, website yang berkualitas, dan bukan berasal dari website spam. Jika Anda ingin membuat website berkualitas, Anda kunjungi saja Jetorbit.

Apa saja fungsi Backlink ?

Fungsi Backlink adalah sebagai berikut:

  1. Menaikan page rank dari website tersebut.
  2. Meningkatkan kualitas SEO dan SERP.
  3. Menambah jumlah pengunjung website
  4. Banyak cara untuk mendapatkan backlink adalah dengan White Hat dan Black Hat. Cara White Hat biasanya seperti BlogWalking, Tukar Link, Comment, dan lain-lain. Cara Black Hat ada Blog Dummy, Pyramid, Link Wheel, dan lain-lain.
backlink

2 Kategori Backlink adalah :

1. One Way Backlink

One way backlink merupakan backlink satu arah, dimana hanya Anda yang menanamkan link ke website-website yang dapat ditanam url website Anda tanpa harus menyertakan backlink kembali ke website tersebut. Contoh teknik one way backlink yang dapat di tanam backlink satu arah yaitu :

Blog Comment. 

Anda dapat menyertakan url website Anda pada setiap blog comment sesuatu dengan anchor text yang akan Anda optimasi

Signature Forum. 

Beberapa forum memiliki signature yang akan terpasang setiap Anda melakukan post, hal ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan backlink 1 arah untuk website Anda.

Social Bookmark. 

Merupakan sebuah website dimana Anda dapat menSubmit website Anda ke website tersebut dan menjadikannya “Bookmark”. Biasanya jika ada orang yang mem-bookmark di browser kini Anda dapat mem-bookmark di suatu website tertentu

2. Reciprocal Backlink

Contoh reciprocal link atau backlink 2 arah yang dapat Anda dapatkan adalah :

Direktori Submit. 

Direktori submit merupakan sebuah website dimana website tersebut mengklasifikasikan berbagai website dalam kategori-kategori tertentu dan meletakan url website yang di submit ke dalam kategori tersebut.

Namun biasanya banyak direktori website yang mengharuskan adalah reciprocal link, jadi Anda harus memasang banner, link, dan sebagainya pada website Anda.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tukar Link. 

Dari berbagai contoh di atas, masih banyak beberapa hal yang dapat Anda dikembangkan untuk mendapatkan backlink, pada dasarnya setiap  orang menginginkan hanya one way backlink karena kita hanya menanam backlink tanpa harus memberikan backlink juga ke website tersebut. 

Namun tidak ada salahnya untuk sesekali mencari 2 way backlink jika memang benar dirasa website yang akan kita tanam backlink tersebut relevan dan baik di mata search engine .

backlink

Daftar istilah umum yang berkaitan dengan Backlink adalah sebagai berikut :

Juice Link: 

Ketika sebuah halaman web ngelink ke artikel atau beranda situs web Anda atau sering disebut sebagai inbound link. Juice link ini dapat membantu meningkatkan peringkat artikel dan meningkatkan otoritas domain.

Nofollow Link: 

Jika ada situs web link ke website lain tetapi link memiliki tag nofollow maka link ini tidak dianggap sebagai juice link. Secara umum, webmaster menggunakan tag nofollow saat ia menghubungkan ke situs yang tidak relevan. Contoh, link dari komentar di blog lain.

Dofollow Link: 

Secara default, semua link yang Anda tambahkan dalam sebuah posting blog adalah link dofollow dan ini akan lulus juice link.

Linking Root Domain: 

Link ini mengacu pada jumlah backlink yang menuju ke website Anda dari nama domain utama yang unik. Apabila sebuah situs web telah dikaitkan dengan website Anda sepuluh kali maka itu akan dianggap sebagai link dari satu root domain.

Low-Quality Link: 

Link berkualitas rendah adalah link yang berasal dari situs otomatis, situs spam atau situs-situs porno. Link tersebut melakukan jauh lebih berbahaya daripada baiknya. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat membeli backlink.

Internal Link: 

link yang pergi dari satu halaman ke halaman lain dalam domain yang sama disebut link internal dan proses itu sendiri disebut linking sebagai internal. Contohnya adalah saat Anda menghubungkan artikel Anda satu dengan artikel lainnya.

Anchor Text:

teks yang digunakan untuk hyperlink disebut anchor text. Backlink dengan anchor text bekerja saat Anda mencoba mengoptimasi untuk hasil pencarian lebih baik dengan kata kunci tertentu.

backlink

Perbedaan dari External Link dan Internal Link

A.      External link (Backlinks)

Merupakan link / tautan yang mengarah ke website lain. Faktanya adalah banyak ahli SEO mengatakan bahwa external linking merupakan suatu metode yang sangat penting dalam membantu suatu website mendapatkan rangkin power (Dorongan agar suatu halaman website mendapatkan halaman 1 Google)

Setelah Anda mengerti bagaimana external linking dan internal linking bekerja, maka sekarang adalah saatnya untuk memahami mengapa external linking harus patut untuk Anda upayakan.

B.      Internal Link

Link Internal adalah hyperlink yang menunjuk pada (target) domain yang sama dengan domain yang ada pada link (sumber). Dalam istilah awam, tautan internal adalah tautan yang mengarah ke halaman lain di situs web yang sama.

Pada dasarnya internal link juga berpengaruh untuk upaya SEO, yaitu dengan selalu menautkan konten yang terkait dalam artikel website atau halaman web. Hal ini dapat membantu Search Engine dalam meng-crawl atau menganalisa banyaknya halaman pada situs Anda.

Mengapa Backlink sangatlah penting?

Backlink adalah merupakan sinyal ke mesin pencari yang lain yang memberikan jaminan bahwa konten Anda bagus, relevan, dan juga dapat membantu mereka.

Jika banyak situs yang menautkan link ke halaman yang sama, mesin telusur dapat menyimpulkan bahwa konten tersebut layak ditampilkan pada halaman pertama pada keyword yang berhubungan. Jadi, mendapatkan backlink dapat memberikan efek positif pada posisi peringkat suatu situs website dalam hal visibilitas pencarian.

Backlink dengan anchor text yang relevan

Anchor Text merupakan  teks yang terlihat dan dapat diklik dalam hyperlink. Di browser, anchor text terlihat berwarna biru dan seringkali digarisbawahi, seperti Link ini yang mengarah ke halaman beranda Indonesia Go Digital.

Menurut para pakar SEO anchor text merupakan faktor yang mempengaruhi SERP (Search Engine Ranking Point). Dimana mesin pencari akan menilai keakuratan informasi antara link dengan anchor textnya. Anchor text memiliki beberapa tipe yaitu: exact match, partial-match, branded, naked link, generic, dan images. Untuk penjelasannya Anda dapat melihatnya disini tentang Anchor Text.

backlink

Manfaatkan Backlink untuk membangun relasi dengan mereka yang berada di Industri yang sama dengan Anda, dan pastikan Anda terus membuat konten yang berkualitas, dan berguna untuk orang banyak.

Hal ini memungkinkan Anda  akan mendapatkan backlink otomatis dengan sendirinya tanpa harus Anda minta, apabila konten Anda bagus, maka orang-orang akan senang untuk menyertakan link Anda pada website mereka.

Manfaatkan Backlink untuk meningkatkan kinerja aplikasi perusahaan

Bukan hanya peringkat SEO yang harus optimal untuk meningkatkan pengunjung website Anda, kinerja aplikasi untuk laporan keuanganpun perlu diperhatikan.

Gunakan Platform bisnis all-in-one seperti JojoTimes untuk permudah kelola perusahaan. Suite aplikasi JojoTimes yang unik dan canggih untuk menjalankan seluruh bisnis & membantu tiap tim memberikan hasil kerja terbaik

backlink

JojoTimes
Solusi Sistem HR Termudah untuk Memantau Kehadiran Karyawan Kapan Saja Di Mana Saja, JojoTimes meningkatkan kinerja perusahaan hingga 98% untuk mendukung perkembangan perusahaan, dengan mengelola administrasi secara otomatis dan memonitor karyawan.

FITUR POPULER

  1. Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akur
  2. Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  3. Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  4. Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Coba Gratis Sekarang