Mengenal Backlink Checker, Cara untuk Melihat Kekuatan Kompetitor

backlink checker

Makin perkembangan dunia digital, tiap orang tentu saja memiliki kesempatan yang sama untuk mencari peluang bisnis di dunia maya. Sebagai seorang pebisnis tentu kita ingin mengetahui seberapa kuat kompetitor kita bermain di dunia maya salah satunya menggunakan backlink checker.

Keuntungan memakai tools backlink checker kita bisa melacak seberapa kuat tautan balik yang dibangun sebuah website. Berikut adalah pembahasan lengkap terkait cara cek backlink website kompetitor dan manfaat yang bisa kita dapatkan.

backlink checker

Apa itu Backlink Checker ?

Dibidang SEO (Search Engine Optimization) ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk melakukan optimasi website. Misalnya saja dengan memanfaatkan backlink dari website lain. Jadi tidak heran jika saat ini banyak tools cek backlink website yang tersedia di pasaran.

Backlink Checker saat ini seperti layaknya referensi dari situs lain yang mengarah ke website kita. Sehingga Google akan memprioritaskan web kita ketika ada pengguna lain yang mencari informasi serupa.

Saat ini fungsi backlink sendiri sebenarnya semakin bergeser. Dari yang tadinya sebagai penguat metrik di mata Google, kini menjadi salah satu lead generator untuk melakukan soft selling sekaligus personal branding kepada calon konsumen.

Manfaat Backlink Checker kompetitor

1. Mengantisipasi Penurunan Keyword

Perlu diketahui, posisi keyword di mesin pencari sifatnya tidaklah abadi. Sebagus apapun metrik website dan strategi SEO yang sudah dilakukan, suatu saat pasti akan tergusur dari mesin pencari jika ada kompetitor yang melakukan cara optimasi lebih baik.

Cek backlink website kompetitor bisa menjadi salah satu alarm atau penanda apakah kompetitor sedang aktif melakukan optimasi atau masih nyaman di posisi saat ini.

2. Melakukan Outranking Website Lain

Selain untuk mengantisipasi ancaman dari website orang lain, kita juga bisa menyusun strategi untuk menggeser posisi website lain di halaman pertama mesin pencari.

Setelah melakukan cek backlink, website kompetitor berhasil menempati posisi pertama dengan dukungan 10 backlink. Sebaiknya kita memiliki suntikan backlink lebih banyak atau minimal sama jika ingin merebut posisi tersebut.

3. Melakukan Strategi ATM

Singkatan dari Amati, Tiru, dan Modifikasi, trik paling lumrah dalam persaingan bisnis online dan offline. Menariknya, strategi ini juga bisa digunakan untuk optimasi website di mesin pencari, terutama setelah kita mengetahui tipe-tipe backlink milik website orang lain.

backlink checker

Jenis Tools Cek Backlink Website

1. Tools Ahrefs

Ahrefs adalah salah satu tools cek backlink website yang paling banyak digunakan. Dari sisi pengguna, tools ini memang memberikan banyak fitur powerful yang bisa digunakan untuk menganalisa kompetitor. Sayangnya, biaya berlangganan Ahrefs cukup mahal untuk sebagian orang.

2. SEMrush

SEMrush adalah tools cek backlink dengan fitur yang cukup lengkap guna mendukung berbagai kebutuhan. Selain berfungsi untuk melakukan analisa backlink website kompetitor, tools ini juga bisa digunakan untuk melakukan riset keyword, lengkap dengan saran jumlah kata dan jumlah backlink yang harus diberikan untuk berada di posisi teratas.

3. Moz

Moz sangat cocok bagi Anda yang ingin tahu seberapa banyak backlink website kompetitor yang sudah ditanam. Melalui situs ini Anda juga bisa mengecek kualitas backlink berdasarkan metrik Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA), sebuah patokan yang populer digunakan setelah Google menghapus PR (Page Rank) beberapa tahun silam.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

4. Ubersuggest by NeilPatel

Siapa sih yang tidak kenal dengan tools yang satu ini? Ubersuggest by Neil Patel merupakan tools SEO sejuta umat karena terkenal powerfull serta bebas digunakan tanpa perlu membayar biaya langganan. Cara kerja Ubersuggest relatif sama dengan tools berbayar lain, seperti Ahrefs maupun SEMrush.

5. Majestic

Tidak diragukan lagi, Majestic adalah tools backlink checker dengan reputasi tingkat tinggi. Dengan metrik bernama Trust Flow (TF) dan Citation Flow (CF), Majestic mampu memberikan analisis kualitas website berdasarkan strategi link building yang sebelumnya sudah dilakukan.

6. Pi Datametrics

Pi Data Metrics adalah tools yang bisa menjawab kebutuhan perusahaan dalam mengukur strategi SEO yang sudah dijalankan. Melalui tools SEO ini, Anda bisa mendapatkan ringkasan performa traffic, posisi peringkat halaman website di mesin pencari, hingga efektifitas campaign.

7. SEO Spyglass

SEO Spyglass dikenal sebagai tools SEO yang mampu memberikan data backlink website lain dengan cukup baik. Jadi, sangat cocok bagi Anda yang saat ini sedang menyusun strategi untuk melakukan outranking website orang lain.

backlink checker

Kekuatan Tools Cek Backlink

Dalam pembuatan website yang ditujukan untuk bisnis, penggunaan backlink untuk optimasi sangat diperlukan. Baik itu backlink yang berkualitas yang ada di dalam postingan atau backlink profile.

Backlink dalam dunia nyata adalah semacam poster yang kita tempelkan di berbagai tempat strategis. Semakin banyak poster yang tertempel semakin baik bagi marketing kita.

Begitu juga dalam meletakkan backlink juga harus di tempat yang strategis. Seperti halnya poster promosi meletakkan backlink (poster) juga harus ditempat yang tidak sembarangan agar tidak ditertibkan oleh pihak yang berwajib, dan dalam hal ini adalah Algoritma Google.

Tools Backlink yang buruk

Ada beberapa sebab sebuah web terkena penalty Google dikarenakan penggunaan backlink yang tidak sesuai aturan yang ditetapkan Google Webmaster baik penalty secara otomatis melalui saringan algoritma atau penalty secara manual.

Jual beli backlink

Jual beli backlink dengan uang, menukar backlink dengan artikel atau menukar dengan jasa sangat dilarang oleh Google webmaster.

Tukar menukar link berlebihan

Untuk pertukaran link secara berlebihan akan terkena sanksi dari Google wenmaster. Situs A memasang tautan dari situs B dan sitis B memasang tautan dari situs A dan itu dilakukan berlebih akan diketahui oleh algoritma Google.

Posting Keyword di blog tamu berlebihan

hal yang dilarang selanjutnya adalah posting di blog tamu secara masif dan menggunakan banyak keyword. Hal ini akan mudah terlacak oleh Google.

Tautan tak wajar lainnya

Penggunaan backlink yang tak wajar baik secara jumlah, penempatan ataupun konteks dari backlink yang tidak sesuai akan memudahkan mesin pencari mengetahui bahwa hal tersebut nerupakan skema tautan yang tidak diperbolehkan.

backlink checker

Perlukah mengetahui backlink kompetitor ?

Sebagai pelaku bisnis tentu saja kita harus memetakan pola atau kekuatan kompetitor. Hal ini dikarenakan dalam dunia maya seolah tidak ada ‘batasan’ dalam melakukan optimalisasi selama masih dalam lingkaran aturan yang telah ditentukan.

Oleh karena itu kita tentu harus memperhatikan gerak-gerik kompetitor dan juga pilihan cara yang dipakai oleh mereka. Ada beberapa hal yang menjadikan pentingnya kita mengetahui backlink kompetitor.

Jumlah Tools Cek backlink

Semakin banyak backlink menjadi semakin bagus? Itu bisa benar dan bisa pula salah. Yang jelas ketika kita mengetahui berapa jumlah backlink yang kompetitor bangun maka paling tidak kita bisa menganalisa seberapa kuat mereka.

Kualitas Tools Cek backlink

Gunanya melihat backlink kompetitor dari backlink checker kita bisa mengetahui backlink seperti apa yang dipakai, dimana mereka menanamkan backlink maka dari situ kita bisa meniru gaya mereka dalam membuat backlink.

Pemilihan Keyword yang tepat

Ketika kita sudah mendapatkan beberapa backlink dari kompetitor menggunakan backlink checker maka kita bisa menganalisa kata kunci seperti apa yang mereka pakai. Jangan sampai kata kunci yang kita pilih kalah pasaran dengan mereka.

Caranya adalah dengan menggunakan kata kunci alternatif. Misal perusahaan kompetitor kita menggunakan kata kunci sewa mobil Jogja dan kita sebagai perusahaan sewa mobil di Jogja bisa beralih menggunakan kata kaunci rental mobil Jogja atau frasa yang lainnya.

backlink checker

Dalam dunia digital tidak hanya dituntut menguasai teknik promosi dengan memanfaatkan tools cek backlink secara digital, tetapi juga mampu mengoptimalkan kinerja sumber daya manusia di perusahaan dengan membuat hasil laporan yang tepat waktu dan akurat.

Untuk itu selain tools, diperlukan juga aplikasi keuangan dan HRD JojoTimes. Kinerja karyawan terpantau dengan baik, dan promosi bisa berjalan lancar berkat bantuan cek backlink.

Software dari Jojonomic ini memiliki fitur yang populer

  1. Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  2. Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  3. Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  4. Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Coba Gratis Sekarang