Bagaimana Metode Kakeibo Dapat Menghemat Lebih Banyak Uang Anda?

Kita hidup di dunia di mana hampir semua hal dapat diotomatisasi dengan Metode Kakeibo. Anda dapat berlangganan pengiriman bahan makanan sehingga makanan segar muncul di depan pintu Anda setiap minggu, tanpa Anda harus membuat daftar belanjaan atau pergi ke toko.

Anda dapat memprogram sistem pemanas dan pendingin rumah Anda untuk hidup dan mati pada waktu yang ditentukan dan memberi tahu lampu eksterior Anda kapan harus menyala. Anda bisa mendapatkan aplikasi di ponsel Anda yang melacak setiap pembelian yang Anda lakukan, lalu ada notifikasi yang bisa memberi tahu Anda jika Anda sudah melebihi anggaran yang Anda buat.

Otomatisasi dapat membuat hidup menjadi nyaman. Namun terkadang, ada baiknya untuk bertindak konvensional dengan melacak keuangan Anda secara manual. Jika repot pake saja metode Kakeibo.

Metode Kakeibo – yang diucapkan “kah-keh-boh” – adalah kata dalam bahasa Jepang yang diterjemahkan menjadi “buku rekening rumah tangga.” Beberapa jurnal kakeibo versi bahasa Inggris baru-baru ini diterbitkan, tetapi jika Anda memiliki buku catatan kosong, tidak ada alasan untuk terburu-buru membeli buku besar khusus. Inilah semua yang perlu Anda ketahui agar kakeibo bekerja untuk Anda.

Apa itu Metode Kakeibo?

Metode Kakeibo adalah cara melacak keuangan Anda secara manual untuk membantu Anda tetap pada anggaran dan mencapai tujuan tabungan Anda. Menurut The Journal of Japanese Studies, konsep kakeibo dikreditkan ke Hani Makoto, jurnalis wanita pertama di Jepang, yang menerbitkan salah satu majalah pertama yang ditargetkan untuk audiens ibu rumah tangga, “Fujin No Tomo,” pada tahun 1908.

Di halaman majalahnya, Makoto mendorong pembacanya untuk mengembangkan jadwal dan sistem untuk tugas-tugas rumah tangga. Dia juga mempromosikan konsep ibu rumah tangga sebagai pengelola keuangan rumah tangga dan menyarankan mereka untuk menyisihkan tabungan untuk keluarga mereka.

Metode Kakeibo berkisar pada empat pertanyaan kunci:

  • Berapa banyak uang yang Anda miliki?
  • Berapa banyak yang ingin Anda hemat?
  • Berapa banyak uang yang Anda habiskan?
  • Bagaimana Anda bisa meningkatkan anggaran Anda?

Dengan mencermati apa yang Anda lakukan dengan uang Anda dan bertanya pada diri sendiri secara mendalam, pertanyaan reflektif, Anda dapat mengubah kebiasaan finansial Anda dan mencapai tujuan keuangan Anda.

Mengapa repot-repot dengan Metode Kakeibo  untuk Mengelola Anggaran?

Bayangkan mencoba menurunkan berat badan tanpa memperhatikan apa yang Anda makan dan mengontrol lewat timbangan dari waktu ke waktu. Anda mungkin turun beberapa kilogram, tetapi Anda tidak memiliki cara untuk mengetahui dengan pasti atau mengidentifikasi perubahan apa yang menyebabkan penurunan berat badan Anda.

Hal yang sama berlaku dalam hal uang. Jika Anda ingin menetapkan dan mencapai tujuan keuangan apa pun, Anda perlu tahu apa yang terjadi dengan uang Anda. Anda tidak bisa hanya mendapatkan gaji setiap bulan, berbelanja, dan berharap yang terbaik.

Duduk dan perhatikan keuangan Anda di awal setiap bulan, lalu luangkan waktu untuk menuliskan semua yang masuk dan keluar, mungkin tampak seperti hambatan, tetapi itu suatu keharusan jika Anda ingin menjinakkan binatang uang sekali dan untuk semua.

Manfaat lain dari melacak pengeluaran, pendapatan, dan tujuan tabungan Anda secara manual adalah mendorong perhatian agar fokus. Anda harus mencermati uang Anda dan meminta pertanggungjawaban atas apa yang Anda belanjakan. Jika Anda tahu Anda ingin menghemat 1 juta satu bulan, misalnya, Anda cenderung berpikir dengan hati-hati sebelum membelanjakan sebagian dari pendapatan terbatas Anda untuk sesuatu yang tidak Anda butuhkan atau bahkan inginkan.

Mengapa Perlu Melacak Uang Anda Secara Manual dengan Metode Kakeibo?

Meskipun dapat lebih mudah untuk mengandalkan aplikasi penganggaran otomatis, Anda lebih cenderung memproses informasi yang Anda rekam saat melakukannya dengan tangan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Psychological Science menemukan bahwa siswa yang mencatat di kelas menggunakan tulisan tangan lebih mampu menjawab pertanyaan konseptual mendalam tentang suatu subjek dibandingkan dengan siswa yang mencatat di laptop mereka. Para siswa yang menulis catatan mereka dengan tangan memparafrasekan dan menyesuaikan apa yang mereka dengar, meluangkan waktu untuk memproses informasi saat mereka merekamnya.

Mencatat tujuan Anda secara manual, termasuk tujuan keuangan Anda, juga dapat membuat Anda lebih mungkin untuk mencapainya. Ketika Anda menghabiskan beberapa menit setiap bulan untuk memikirkan dan menuliskan apa yang ingin Anda simpan, Anda membuat catatan yang mudah diakses dari tujuan spesifik tersebut.

Proses menuliskan sesuatu juga bisa memperkuat ide di otak Anda. Saat Anda menuliskan tujuan untuk menghemat 1 juta, Anda menganalisisnya dan mulai memikirkan cara untuk mencapainya. Ini bisa menjadi apa yang memulai tindakan yang Anda ambil untuk mencapai tujuan itu.

Cara Menggunakan

Anda telah membeli buku kakeibo resmi atau sedang merekam detail Anda di jurnal atau buku catatan kosong. Sekarang apa?

Menggunakan kakeibo adalah proses multi-langkah. Beberapa langkah Anda lakukan di awal tahun baru, beberapa Anda lakukan di awal setiap bulan, dan lainnya Anda lakukan sepanjang bulan. Pada akhir setiap bulan, Anda meluangkan waktu untuk meninjau pengeluaran dan tujuan Anda. Proses ini memberi Anda gambaran besar tentang keuangan Anda dan pandangan mendalam dan terperinci tentang bagaimana pengeluaran Anda sehari-hari. Inilah cara kerjanya.

Langkah 1: Lakukan Tinjauan Tahunan

Jurnal kakeibo komersial yang tersedia dalam bahasa Inggris termasuk agenda tahunan, yang meminta Anda untuk memulai buku besar Anda dengan gambaran umum tentang pendapatan dan pengeluaran Anda untuk tahun depan. Di bagian ini, Anda bisa mencatat pengeluaran yang mungkin terjadi hanya setahun sekali, seperti membayar liburan atau asuransi mobil Anda. Anda juga dapat merekam rencana pengeluaran liburan di sini.

Lihatlah pengeluaran Anda tahun sebelumnya untuk mendapatkan ide tentang apa yang harus disertakan dalam tinjauan tahunan Anda. Juga pikirkan tentang apa yang Anda rencanakan untuk dicapai selama 12 bulan ke depan dan tagihan yang jarang jatuh tempo.

Langkah 2: Buat Rencana Pengeluaran Bulanan

Di awal bagian ini, Anda akan menjawab dua pertanyaan:

Berapa Banyak Uang yang Akan Masuk? Catat sumber penghasilan Anda untuk bulan itu, identifikasi setiap sumber – gaji, penghasilan lepas, penghasilan sampingan – dan kapan Anda mengharapkan uang itu. Tambahkan jumlah totalnya.

Berapa Banyak Uang yang Akan Keluar? Catat pengeluaran tetap bulanan Anda, seperti sewa, tagihan listrik, asuransi kesehatan, dan pembayaran utang.

Kurangi pengeluaran tetap Anda dari penghasilan Anda untuk menjawab pertanyaan pertama kakeibo, “Berapa banyak uang yang Anda miliki?”

Selanjutnya, pikirkan tentang tujuan tabungan Anda untuk bulan itu. Berapa banyak yang ingin Anda hemat, dan untuk apa Anda menabung? Catat baik jumlah tujuan tabungan Anda maupun tujuannya. Kemudian, kurangi jumlah ini dari jumlah yang Anda miliki. Idealnya, tujuan tabungan Anda tidak akan menjadi jumlah penuh dari uang Anda yang tersedia.

Pada titik ini, Anda telah menanggung biaya tetap Anda, tetapi Anda belum menganggarkan biaya lain-lain, seperti bahan makanan, perawatan pribadi, dan hal-hal menyenangkan sesekali. Untuk itulah langkah selanjutnya.

Langkah 3: Tentukan Pengeluaran Mingguan Anda

Setelah Anda mengetahui gambaran besar pengeluaran tahunan dan bulanan Anda, saatnya untuk membidik pengeluaran mingguan Anda. Untuk menentukan berapa banyak yang harus Anda keluarkan setiap bulan, ambil sisa uang yang tersedia setelah dikurangi dengan tujuan tabungan Anda. Kemudian, bagi jumlah itu dengan jumlah minggu dalam sebulan, dengan mengingat bahwa beberapa bulan memiliki lima minggu. Jumlah yang Anda dapatkan adalah berapa banyak yang dapat Anda belanjakan setiap minggu.

Catat pengeluaran mingguan Anda saat itu terjadi. Anda dapat membagi pengeluaran mingguan Anda ke dalam kategori untuk membantu Anda melacak apa yang terjadi di mana dan di mana Anda mungkin memiliki ruang untuk ditingkatkan. Yang terbaik adalah menjaga kategori Anda tetap sederhana. Misalnya, beberapa perencana kakeibo merekomendasikan penggunaan kategori berikut:

Bertahan hidup. Ini adalah pengeluaran tidak tetap yang benar-benar tidak dapat Anda jalani, seperti makanan dan sabun.

Opsional/Keinginan. Ini adalah hal-hal yang Anda bisa hidup tanpanya, seperti pakaian ekstra atau makan malam di luar.

Tambahan. Ini adalah pengeluaran sporadis yang tidak dapat Anda rencanakan selama peninjauan tahunan Anda. Ekstra mungkin termasuk hadiah pernikahan teman, tagihan perbaikan untuk mobil Anda, atau tagihan medis.

Kultural. Anda mungkin menggabungkan pengeluaran budaya – seperti buku, kunjungan museum, atau langganan Hulu Anda – ke dalam kategori “opsional/keinginan”, tetapi beberapa buku kakeibo memiliki pengeluaran terkait budaya sebagai kategori terpisah.

Untuk membantu Anda melihat sekilas ke mana pengeluaran Anda, Anda dapat memberi kode warna pada kategori Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan pena biru untuk biaya kelangsungan hidup, pena merah untuk keinginan/opsional, dan pena hijau untuk tambahan.

Langkah 4: Lakukan Tinjauan & Analisis Bulanan

Di akhir setiap bulan, luangkan beberapa menit untuk meninjau pengeluaran dan tabungan Anda untuk bulan tersebut. Ulasan ini membantu Anda menjawab pertanyaan “Bagaimana Anda dapat meningkatkannya?”

Catat berapa banyak yang harus Anda belanjakan, berapa banyak yang sebenarnya Anda belanjakan, dan berapa banyak yang Anda hemat. Untuk menemukan cara meningkatkan, tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan mendetail:

  • Apakah Anda mencapai tujuan tabungan Anda?
  • Apa yang Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda?
  • Apakah Anda menghabiskan terlalu banyak dalam beberapa kategori?
  • Bagaimana Anda bisa meningkatkan bulan depan?

Setelah bertanya pada diri sendiri setiap pertanyaan, tuliskan tanggapan Anda di jurnal Anda sehingga Anda memiliki sesuatu untuk referensi bulan depan saat Anda merencanakan pengeluaran Anda atau jika Anda mendapati diri Anda akan melakukan pembelian yang tidak Anda perlukan.

Selain itu, sebagai pengusaha yang profesional, Anda juga perlu menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam memanajemen pengeluaran untuk kepentingan usaha secara efisien dan efektif. Anda dapat mengontrol anggaran usaha dengan baik hanya dengan modal smartphone.

strategi pemasaran kewirausahaan

Aplikasi JojoExpense dilengkapi dengan beragam fitur unggulan, seperti mobile approval, capture expenses, budget controlling, reimburse via app & web dan cash advanced. Beragam fitur unggulan ini berperan penting dalam mencapai tujuan sebagaimana disebut di atas.

Yuk gunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.