Bagaimana Sih 10 Cara Kerja Efektif Pasca Lebaran

Biasanya setelah Idul Fitri biasanya digunakan orang untuk mencari pekerjaan pada 10 cara kerja efektif pasca lebaran.

Hal tersebut disebabkan banyaknya karyawan yang melakukan resign setelah mendapat tunjangan hari raya (THR), dan kasus ini masih sangat populer di Tanah Air.

Menjelang Idul Fitri, beberapa instansi perusahaan akan memberikan waktu libur untuk karyawannya. Sehingga, waktu tersebut akan dimanfaatkan seseorang untuk melepas rasa lelah pasca bekerja di kantor, dengan berkumpul bersama keluarga.

Namun, tak jarang seseorang yang telah merasakan libur panjang, justru mengalami penurunan tingkat produktivitas. Rasa malas untuk pergi ke kantor pun akan muncul secara tiba-tiba.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, cobalah lakukan beberapa tips dari artikel di bawah ini untuk mengembalikan semangat kerja setelah liburan Lebaran seperti berikut ini.

kerja efektif pasca lebaran

Nah, tentunya bagi kamu yang melakukan resign setelah mendapat THR, yang menjadi PR adalah kamu harus mencari pekerjaan yang baru. Kamu tentunya harus mempersiapkan segala setuatunya.

10 Cara Kerja Efektif Pasca Lebaran

1.      Jadikan pekerjaan sebagai prioritas pertama

Meskipun liburan Lebaran adalah waktu yang penting untuk berkumpul bersama keluarga, tetapi jangan melupakan pekerjaan yang ada di kantor, kawan.

Oleh karena itu, menjadikan pekerjaan sebagai prioritas pertama adalah salah satu cara efektif yang dapat mewujudkan hal tersebut. Jangan pernah ragu meyakinkan diri agar bisa kembali produktif setelah liburan.

Misalnya, memikirkan pekerjaan yang ada di kantor setelah satu atau dua hari sebelum waktu liburan akan usai. Selain itu, memikirkan keseruan yang terjadi di tempat kerja juga bisa kamu lakukan.

kerja efektif pasca lebaran

2.      Hiasi tempat kerja untuk kembali semangat

Saat datang ke kantor mungkin merasa lesu dan bosan, tapi perasaan tersebut akan kembali bersemangat setelah melihat beberapa hiasan yang menjadi dekorasi di meja kerja. Pasalnya, mendekorasi tempat kerja menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan mood karena kesan ceria yang muncul.

Apalagi, jika hiasan yang ada berupa foto buah hati atau keluarga. Tentu rasa semangat kerja akan semakin bertambah. Karena umumnya, keluarga adalah alasan utama seseorang bekerja.

Oleh karena itu, cobalah hiasi meja kerjamu dengan beberapa dekorasi yang sesuai gayamu, ya.

3.      Atur kembali jadwal kerja

Selama liburan, tak jarang seseorang yang mengalami jadwal kegiatan yang terbengkalai. Oleh karena itu, penting mengatur kembali jadwal kerja, sebelum waktu libur berakhir.

Jadwal kerja yang teratur, akan membuatmu melakukan pekerjaan dengan mudah sesuai aturan dan melatih rasa tanggung jawab. Selain mengambalikan semangat kerja, cara ini juga akan membuatmu menjadi karyawan yang disiplin.

Jadwal kerja juga sebenarnya dapat dirancang sejak sebelum liburan. Tinggal bagaimana menjaga komitmen untuk disiplin dengan jadwal yang sudah dibuat.

kerja efektif pasca lebaran

4.      Membuat acara di hari pertama kerja setelah Lebaran

Hari Lebaran identik dengan perayaan halalbihalal antar sesama. Tujuannya, untuk menjalin hubungan baik dan persaudaraan, serta membangun kepedulian antar sesama.

Mengadakan acara tersebut di kantor saat hari pertama masuk kerja tidak ada salahnya, lho. Selain mempererat hubungan antar rekan kerja, cara ini juga dapat mengembalikan kembali rasa semangat bekerja, karena adanya suasana yang menyegarkan pikiran.

5.      Tidak mengikuti teman yang malas

Tidak bisa dipungkiri, dalam sebuah perusahaan tentu akan ada beberapa karyawan yang melakukan pekerjaan dengan malas-malasan. Sehingga, kondisi tersebut akan menjadi sebuah tantangan untuk rekan kerja lainnya, agar tidak mencontohnya.

Apabila kamu mendapatkan masalah tersebut saat hari pertama kerja setelah libur Lebaran, sebaiknya tidak terbawa rasa malas, ya. Memotivasi diri untuk terus bersemangat adalah hal yang harus kawan lakukan.

Sehingga, secara perlahan hatimu akan terus semangat untuk bekerja dan dapat menyelesaikan semua pekerjaan yang telah terjadwal.

Oke kawan, jadi itulah beberapa tips mengembalikan semangat kerja setelah libur Lebaran. Meskipun liburan adalah waktu prioritas untuk keluarga, namun kamu juga harus ingat kewajiban di luar rumah, ya.

6.      Siapkan CV dan portofolio terbaikmu

Curriculum vitae (CV) dan portofolio menjadi hal terpenting yang harus kamu persiapkan. Untuk itu, perbaiki keduanya agar nantinya perusahaan yang kamu lamar akan melihatmu menjadi pribadi yang penuh talenta dan pekerja keras. Kedua hal tersebut ibaratnya adalah senjata yang digunakan untuk mencari pekerjaan.

Ingatlah bahwa bukan kamu saja yang mencari pekerjaan, jadi pastikan kamu memiliki CV dan portofolio sebaik-baiknya.

7.      Gunakan Platform Terbaik Untuk Cari Kerja

Selain melihat lowongan pekerjaan di laman resmi perusahan tersebut, kamu juga bisa mencari di platform yang menyediakan lowongan pekerjaan lainnya, seperti bergabung di grup lowongan pekerjaan telegram, mencari daftar di Instagram atau twitter.

8.      Buat Daftar Perusahaan yang Ingin Dilamar

Buatlah daftar perusahaan yang ingin kamu lamar. Pastikan perusahaan tersebut sedang kerja efektif pasca lebaran. Dalami informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut. daftar ini pastinya bisa memudahkanmu untuk memantau lamaran pekerjaan yang sudah dikirimkan.

Kamu bisa mulai mencari info lowongan pekerjaan dengan memeriksa website dari perusahaan. Jika memang perusahaan impianmu itu sedang membuka kesempatan kerja yang sesuai bidangmu, jangan ragu untuk segera mengirim lamaran.

9.      Manfaatkan Kenalan atau Relasi

Memanfaatkan kenalan dalam mencari pekerjaan masih dianggap efektif. Adanya koneksi bisa memudahkan kita dalam mencari peluang karier yang baru. Kamu bisa menanyakan apakah ada lowongan pekerjaan yang diketahui teman atau keluargamu.

10.  Jangan Menyerah, Tetap Usaha, dan Perdalam Kemampuan

Mencari kerja saat lebaran atau dimasa pandemi bukan sesuatu yang mudah. Ada banyak kandidat pencari kerja lain yang akan jadi sainganmu. Saat kamu sudah mengirim diberbagai perusahaan namun belum ada panggilan, tetaplah bersabar dan jangan putus asa. Kamu harus tetap melakukan usahamu.

Di sela-sela waktu menunggu panggilan kamu bisa mencoba melakukan aktivitas untuk mengembangkan diri. Misalnya melatih kemampuan wawancara atau upgrade skill yang dimiliki.

Solusi terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan menggunakan aplikasi JojoTimes. Aplikasi ini dilengkapi berbagai fitur yang mampu meningkatkan performa perusahaan. Seperti contohnya fitur Mobile Leave Request and Approval, Secured Cloud Based Storage, maupun Import and Export Employee Data.

Dengan aplikasi ini akan mempermudah perusahaan menyimpan dan mengatur data-data karyawan. Dimana akses terhadap data-data tersebut dapat dicek kapan dan dimana saja. Sehingga perusahaan kinera akan lebih efektif, efisien dan rapi.